panduan memilih jasa desain logo online profesional untuk brand perusahaan, harga pasaran desain logo website komunitas yayasan jasa desain branding

Hampir semua orang yang mulai membangun suatu komunitas pasti ingin membuat sebuah logo agar nampak lebih bisa dikenal oleh masyarakat.

Tak peduli besaran komunitas yang mereka buat, dimulai dari organisasi kecil hingga perusahaan super besar, semuanya ramai-ramai ingin memiliki gambar yang menjadi identitas mereka tersebut.

Sekalipun nampak sederhana dan bisa digambar dengan tangan kosong saja, akan tetapi menciptakan sebuah logo baru belum tentu bisa dilakukan oleh semua orang.

Apalagi jika logo tersebut ingin mewakili segala macam hal yang ada pada komunitas kita, maka wajib dipikirkan secara matang.

Jasa Desain Logo Online Perusahaan

Beberapa perusahaan besar bahkan rela mengocek kantong yang begitu dalam untuk menyewa ahli desain grafis demi menghasilkan desain yang benar-benar menggambarkan perusahaan dan produk yang mereka jual.

Tapi jika kita cermati lebih lanjut, sebenarnya para ahli desain juga sekarang saling membanting harga akan jasa yang mereka tawarkan, terlebih buat orang yang baru terjun di dunia tersebut.

Salah satu yang mereka tawarkan adalah jasa desain logo yang hanya bisa didapatkan kurang dari 70 ribuan saja per sekali desain.

Namun perlu dipahami juga bahwa harga berbanding lurus dengan hasil yang didapatkan. Makanya para penyedia jasa yang sudah memiliki nama pastinya tak akan membanting harga terlalu drastis. Anda bisa menghubungi whatsapp 0822-1914-1914 untuk jasa desain logo perusahaan.

Namun siapapun jenis penyedia jasa yang ingin kamu pilih nantinya, akan lebih baik untuk mulai mempersiapkan terlebih dulu hal penting mengenai desain logo yang ingin kamu buat, sebelum diubah menjadi bentuk digital oleh para ahli desain grafis profesional.

1. Hal Penting Tentang Logo

Hal Penting Tentang Logo

Sebelum kita mulai menggunakan jasa desain logo online, maka kita harus samakan dulu persepsi mengenai “apa sih logo itu?”. Dengan begitu, hasil akhirnya tak akan jauh berbeda dari yang kamu bayangkan saat ini.

Menurut kamus besar, logo merupakan sebuah simbol atau desain yang digunakan untuk mengindentifikasi perusahaan atau organisasi, serta produk, layanan, karyawan, dan lain sebagainya.

Dalam defisini sederhananya, logo ini bisa kita sebut sebagai “identifikasi”, agar organisasi atau perusahaan kita memiliki keunikan dan lebih gampang diingat oleh khalayak umum.

Sekalipun logo memainkan peran penting terhadap kegiatan bisnis, marketing, dan brand awareness kita, tetapi sebenarnya bukanlah segalanya.

Perlu diingat pula bahwa logo BUKANLAH:

  • Sekalipun selalu menyertakan merk, tetapi secara wujudnya logo bukanlah merk produk yang ingin kita pasarkan. Sehingga kita pun tak selalu harus menyertakan tulisan di dalamnya.
  • Identitas visual. Logo memang bagian dari merek produk kita, tetapi bukanlah segalanya. Kita masih membutuhkan identitas perusahaan, organisasi, hingga merek produk, sebelum akhirnya logo baru dibuat.
  • Salah satu indikator kesuksesan. Padahal sebenarnya banyak perusahaan yang tak memiliki logo tapi benar-benar sukses di pasaran.

Ketiga indikator di atas tentunya bisa menjadi acuan bagi kita apakah perusahaan atau organisasi kita memang benar-benar membutuhkan logo atau tidak?

Jika memang masih butuh, maka ada baiknya untuk menggunakan jasa desain logo profesional agar tak perlu capek-capek mencari ahlinya secara fisik. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, maka akan lebih baik untuk berhubungan dengan penyedia jasa secara online sementara waktu.

2. Cara Menghubungi Jasa Desain Logo Online

Cara Menghubungi

Sebelum kita menghubungi penyedia jasa desain logo  yang ada di internet, maka kita harus tahu aturan mainnya agar proses kerja mereka tak terhambat oleh kesalahpahaman atau ketidakmampuan saat sesi komunikasi berlangsung.

Ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan dan perhitungkan terlebih dahulu. Ini karena setiap fase pasti memiliki tujuan, proses, dan penyampaiannya sendiri, begitupun dengan logo yang ingin kita buat. Anda bisa menghubungi whatsapp 0822-1914-1914 untuk jasa desain logo perusahaan.

Beberapa fase penting tersebut harus kamu jalani dengan sebaik-baiknya agar desain logo yang kamu inginkan nampak lebih menarik dan memuaskan, sambil tak harus membebani anggaran pengeluaran kita.

Beberapa diantaranya sudah dijelaskan secara panjang lebar di bawah ini.

1. Tujuan Membuat Logo

Jika tujuan kamu hanyalah ingin sebatas ikut-ikutan trend saja agar nampak lebih keren, maka kemungkinan besar kamu tak akan bisa memanfaatkan pentingnya logo bagi pemasaran dan marketing.

Sebaliknya, jika pembuatan logo tersebut untuk menitikberatkan pada tujuan tertentu, maka pembuatan desainnya pun akan disesuaikan.

Misalnya, logo hitam putih dan sederhana akan membuat orang lebih mudah mengingat sehingga tujuan brand awareness akan tercipta.

Ada pula logo yang dibuat untuk menggelitik psikologi calon pelanggan dengan warna-warna tertentu agar mampu menghasilkan konversi.

Ada juga logo yang dibuat untuk menggambarkan identitas perusahaan sekaligus visi dan misi dengan gambar-gambar dan simbol secara tersirat.

Semakin jelas tujuan kamu, maka penyedia jasa desain logo online akan berupaya keras untuk menyesuaikannya agar mencapai hasil yang kamu inginkan.

2. Lakukan Eksplorasi

Padahal hanya buat logo, kenapa harus seribet ini, sih? Mungkin ada diantara kamu yang berpikir demikian.

Ini karena logo tersebut akan digunakan dalam jangka panjang selama perusahaan kamu beropresi atau produk kamu masih aktif dijual di pasaran.

Jangan sampai kamu kurang begitu suka dengan desain logo yang sudah ada, sehingga akhirnya mengganti di tengah-tengah layanan berjalan.

Memang ada yang berhasil dan sukses melakukan perubahan tersebut (misalnya Google), namun tidak semua perusahaan mampu menciptakan brand awareness berulang dengan logo baru, apalagi jika perusahaan kamu baru jalan beberapa bulan saja.

Maka dari itulah, tahap eksplorasi juga wajib dilakukan agar kita bisa membuat desain logo yang paling cocok dengan kita.

Kita memang bisa menyerahkan pembuatannya secara total kepada jasa desain logo online, akan tetapi terlalu riskan karena bisa saja kamu kurang begitu suka dengan desain yang mereka buat.

Jadi alangkah baiknya jika sketsa tersebut tetap berasal dari diri kita. Bersenang-senanglah saat membuatnya, dan gunakan coretan-coretan sederhana di atas kertas.

Cari pula informasi mengenai warna-warna yang berhubungan erat dengan perusahaan dan produk kamu.

Misalnya ada warna biru yang menginspirasi, memberi kepercayaan, ketergantungan, dan otoritas. Bahkan warna ini seringkali digunakan untuk perbankan (mandiri, BCA, BRI, CitiBank, BTPN Jenius), kartu kredit, dan perangkat lunak.

Lain lagi dengan warna hijau yang membangkitkan perasaan damai, pertumbuhan, dan kesehatan. Pokoknya, pastikan kamu sematkan dan gabungkan dengan garis-garis gambar sederhana lengkap dengan font jika ingin menambahkan tulisan di sana.

3. Mulai Desain

Setelah kamu berhasil menciptakan sketsa dan warna yang diinginkan, maka saatnya menyerahkan hasil karya tangan kamu kepada penyedia jasa desain logo online.

Kamu bisa memberikannya melalui email atau formulir yang telah mereka sediakan. Biasanya, kita harus membayar uang di muka. Maka dari itulah, cari penyedia jasa yang terpercaya.

Sekalipun para ahli yang sudah terpercaya dan memiliki nama seringkali mematok harga yang lumayan mahal, akan tetapi jika hasilnya bagus dan tak menipu, kenapa tak dipilih saja?

Daripada harus memilih penyedia jasa baru dan murah yang terkadang hasilnya acak-acakan atau bahkan pekerjaannya tak sampai kepada kita, maka kita pun bisa rugi waktu dan uang.

Semakin sederhana desain yang kamu berikan, maka akan semakin murah biaya yang harus dikeluarkan. Selain itu, desain logo yang kamu inginkan pun akan jauh lebih cepat selesai.

4. Nilai Hasil Logo yang Diberikan

Penilaian ini begitu penting, agar hasil akhir yang mereka berikan kepada kita sesuai dengan ekspektasi dan bayangan kita saat masih dalam tahap sketsa.

Jika memang belum sesuai dan ada yang perlu diedit lagi, maka mintalah revisi kepada penyedia jasa desain logo online yang telah kamu pilih tersebut.

Jadi, pastikan pula kamu memilih penyedia jasa yang menyediakan fitur revisi. Biasanya mereka akan memberikan jatah revisi maksimal 3 kali, tetapi jika ada yang lebih daripada itu, mungkin wajib dipertimbangkan untuk digunakan.

Bagian revisi ini begitu penting, karena gambar beda dengan tulisan yang terkadang membutuhkan detail yang jauh lebih spesifik.

Selain itu, mintalah kepada para penyedia jasa untuk memberikan kualitas terbaik dari gambar desain yang mereka buat.

Ukuran file juga merupakan faktor penting agar gambar tidak pecah saat diperbesar atau dicetak pada media yang lebar seperti banner dan spanduk.

3. Logo yang Bagus Memberikan Hasil Memuaskan

Logo Yang Memuaskan

Sekalipun di atas disebutkan bahwa logo bukanlah segalanya dalam dunia bisnis, akan tetapi proses pemasaran dan perkenalan perusahaan kita akan jauh lebih efektif jika memiliki sebuah logo. Alhasil, hampir tak ada perusahaan yang tak memiliki logo di dunia ini.

Logo sendiri merupakan kombinasi dari teks dan citra gambar yang ditujukan untuk memberitahu orang-orang akan bisnis kita. Tentunya penting sekali bagi perusahaan start-up yang membutuhkan perhatian lebih dari publik.

Sebagai pemilik bisnis, tentunya kepengen dong jika perusahaan kita nampak menonjol diantara keramaian sehingga mampu menghasilkan keuntungan yang cukup besar.

Di pasar yang kompetitif bahkan mengharuskan kita untuk selangkah lebih maju dari para pesaing yang sudah lama bermain di lahan tersebut.

Logo perusahaan yang bagus bisa menjadi tumpuan pertama utntuk menarik perhatian pelanggan potensial yang kita cari-cari dan targetkan.

Para penyedia jasa desain logo online akan mampu merancang gambar dengan begitu teliti, hati-hati, dan berkualitas baik sebagai bagian dari identitas bisnis kita, atau cerminan dari perusahaan yang tengah kita bangun dan kembangkan.

Setiap elemen dalam desain seperti warna, font, dan bentuk akan berbicara kepada calon pelanggan dengan caranya tersendiri.

Alhasil, desain logo yang bagus akan menghasilkan kekuatan yang jauh lebih baik dan memuaskan.

Adapun alasan kenapa kita harus memiliki desain logo dan dibuat oleh para ahlinya adalah sebagai berikut:

4. Logo Membantu Menciptakan Loyalitas Merek

Backg 3 2

Tak peduli apakah itu bisnis baru atau yang sudah mapan, loyalitas merek akan terus menjadi perhatian utama kita.

Nah, loyalitas sendiri dikaitkan dengan banyak sekali elemen, termasuk logo yang mampu mempengaruhi identitas merek dari produk yang kita pasarkan dan jual.

Jika kamu memiliki website profil perusahaan, maka hal pertama yang akan terlihat tentunya adalah logo kita. Jika kita mampu membuat pelanggan terkesan dengan lekukan desain yang kita buat, maka akan masuk ke dalam alam bawah sadar sehingga bisa menciptakan brand awareness secara perlahan namun pasti.

Tapi perlu diingat pula bahwa logo hanyalah bermain-main dengan keindahan visual serta ingatan dari pada calon pelanggan kita. Sementara beberapa aspek penting lainnya tak boleh kita abaikan, yang mana termasuk:

  • Komitmen dan kualitas kerja.
  • Pelayanan pelanggan.
  • Memenuhi setiap harapan pelanggan.
  • Jangkauan serta distribusi.

Jika keempat faktor tersebut mampu kamu penuhi, maka logo kita akan menguatkan citra perusahaan agar lebih memberikan ciri khas yang bisa menjadi pembeda dengan perusahaan dan layanan sejenis di luaran sana.

Maka dari itulah, logo yang baik akan menciptakan hasil yang memuaskan pula, dan logo yang baik bisa dibantu dibuatkan oleh para penyedia jasa desain logo online yang ada di sekitar kita.

5. Logo membantu Menonjol Dari yang Lain

Ada ribuan layanan sejenis yang sama dengan perusahaan kita, dan semua pesaing itu bisa terlihat jelas melalui internet dengan kata kunci tertentu.

Agar bisa membedakan antara satu perusahaan dengan yang lainnya, maka kita wajib memiliki logo unik yang sederhana tetapi memiliki nilai seni dan makna yang tinggi.

Bahkan logo super simple saja mampu mengalahkan para pesaing dengan begitu mudahnya. Sebut saja pasar sepatu yang dikuasai oleh logo Nike, minuman dingin berkarbonasi oleh Coca Cola, dan lain sebagainya.

Jadi, pastikan kamu mendesain logo perusahaan se-simple mungkin namun masih membawa emosi dan makna yang dalam. Dengan begitu, calon konsumen kita akan mudah mengingat sekaligus menggocek psikologi mereka di saat yang bersamaan.

6. Logo Dapat Digunakan Sebagai Alat Marketing

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa logo juga bisa menjadi media yang begitu bagus untuk meningkatkan brand awareness dan marketing, sementara pemasaran yang kuat merupakan suatu keharusan bagi semua perusahaan yang ada.

Jika tak percaya, silahkan tengok beberapa merek yang ada di mall-mall. Dari sekian banyaknya merek produk yang ada, pasti selalu tersemat logo di sana.

Ini menjadi bukti kuat bahwa kita tak boleh secara sembarangan memiliki jasa desain logo online, karena bisa berpengaruh terhadap aktivitas pemasaran kita dalam jangka panjang.

7. Menciptakan Kesan Pertama yang Luar Biasa

Orang akan menilai perusahaan dan produk kita dari lirikan pertama. Itu berarti, desain logo yang terlihat unik dan ciamik memiliki perannya tersendiri.

Perlu diingat bahwa kesan yang tepat sepadan dengan uang yang kita keluarkan. Sementara ada diantara calon pelanggan kita yang ingin membeli produk berdasarkan merek, tak peduli semahal apapun harga yang ditawarkan.

Buktinya, barang apparel seperti Chanel, Louis Vuitton, dan Hermes jauh lebih diburu orang sekalipun harganya sangat mahal.

Nah, jika kamu sudah mampu menciptakan kesan pertama dengan para calon pelanggan, maka bisa-bisa produk kita pun akan selalu diburu tak peduli semahal apapun harga yang kita bandrol.

8. Mengekspresikan Pesan Dari Merek Kita

Logo yang baik juga tak hanya menampilkan gambar, warna, dan font saja, juga harus memberikan pesan dari merek yang kita miliki.

Sekalipun gambar memiliki seribu makna dibandingkan dengan kata-kata, tetapi desain yang jelas dan sederhana akan mampu menyampaikan pesan yang ingin kita sampaikan kepada publik.

Bukan hanya dari sisi sketsa saja yang kita bikin, melainkan pengaplikasiannya terhadap bentuk digital.

Dan lagi-lagi, para penyedia jasa desain logo online sangatlah terlibat dalam bagian tersebut. Jadi jangan sampai salah pilih ya!