Panduan Memilih Jasa Security Website Profesional

Jangan pernah mencoba untuk mengabaikan masalah security sebuah website, karena akan menentukan keberlangsungan bisnis kita dalam jangka panjang. Bahkan tak hanya bagi kita saja, security sebuah situs juga menentukan keamanan bagi setiap pengunjung kita.

Jika katakanlah website kita diambil alih oleh orang yang tak bertanggung jawab, maka data-data di dalamnya sudah pasti akan diobrak-abrik. Beberapa data vital seperti kartu kredit dan transaksi online bisa membuat bisnis kamu merugi atau bahkan tekor.

Pasalnya, kebanyakan hacker yang mencoba menembus sisi keamanan website sudah pasti memiliki tujuan yang beragam, dimana yang paling banyak dan dominan adalah masalah uang.

Maka dari itulah, penting bagi kita untuk senantiasa menjaga website agar tidak tercolek oleh para peretas. Untuk itulah, kami menghadirkan jasa keamanan website yang bisa meningkatkan sisi security situs agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan.

Panduan Memilih Jasa Security Website Profesional

Pernah di tahun 2019 adanya peningkatan pelanggaran keamanan situs web hingga mencapai 11%. Dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, angka tersebut cenderung sangat tinggi sehingga harus menjadi pelajaran bagi kita di tahun-tahun berikutnya.

Pelanggaran ini datang dalam berbagai macam bentuk dan ukuran, terutama jika berbicara masalah kerugian dalam bentuk uang. Faktanya, total biaya rata-rata pelanggaran tersebut memakan dana hingga 200 ribu dollar.

Tidak hanya membuat uang kita melayang habis tak bersisa, aktivitas peretasan ini juga dapat mempengaruhi citra merk, authority, dan kepercayaan pelanggan kita secara signifikan. Yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah dibutuhkan rata-rata sekitar 280 hari untuk mengidentifikasi dan mengatasi pelanggaran keamanan tersebut.

Jadi sebelum benar-benar merusak website kita yang menjadi pilar penjualan dalam bentuk online, pastikan kamu memperkuatnya dan mencegahnya sedini mungkin.

Kami menyediakan jasa security website yang bisa meningkatkan sisi keamanan website kamu dengan berbagai macam cara.

Sebagai gambaran, biasanya kami melakukan berbagai macam aktivitas untuk mempertahankan nilai suatu website dan terhindar dari bentuk serangan apapun.

Beberapa contoh tools yang seringkali kami gunakan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Melakukan Enkripsi SSL Certificate

Memiliki kepanjangan Secure Sockets Layer, SSL ini merupakan file data kecil yang membuat koneksi menjadi terenkripsi antara host situs website dan browser yang dipakai oleh pengguna. Alhasil, tidak akan mudah untuk ditembus menggunakan serangan apapun.

Baca juga
Panduan Memilih Hosting yang Bagus untuk SEO

SSL ini akan memastikan bahwa setiaip data yang dibagikan antara kedua belah pihak tetap aman dan terprivasi, sehingga bisa melindungi informasi kita dari para peretas jahil.

Situs website yang menggunakan protokol SSL tentunya memiliki ciri unik tertentu, salah satunya adalah diawali dengan https://, dan bukan http://.

Memiliki sertifikat ini di situs web sangatlah penting, terutama jika pengguna mencoba bertukar informasi sensitif dengan website kita, seperti nomor kartu kredit atau unduhan file penting dan rahasia.

2. Firewall Cloudflare

Selanjutnya, kami akan mencoba untuk memasangkan firewall aplikasi web yang bernama cloudflare. Termasuk ke dalam jenis web application firewall (WAF), software ini akan menganalisa setiap lalu lintas yang masuk ke situs kita.

Jika terlihat mencurigakan, maka cloudflare tersebut akan memblokir browser mereka berdasarkan seperangkat aturan yang telah ditentukan sebelumnya.

WAF ini secara khusus dapat melindungi website kita dari serangan yang ditargetkan seperti DDoS, cross-site scripting, SQL injection, dan lain sebagainya. Ada ratusan alat WAF yang tersedia di luaran sana, tapi kami lebih senang menggunakan cloudflare karena merupakan jenis yang paling terbagus dan terpercaya.

3. Google CDN

Content Delivery Network (CDN) atau bisa kita artikan menjadi “jaringan pengiriman konten” merupakan sistem server terhubung yang akan membuat situs kita dapat diakses dan dimuat dengan sangat cepat oleh visitor dari seluruh dunia.

Nah, dari sudut pandang keamanan, CDN ini sangat penting sekali karena memastikan bahwa server pusat kita tidak akan kewalahan oleh masuknya visitor yang berbondong-bondong dalam bentuk apapun.

Karena faktanya, situs yang di-hostingkan di server berat biasanya lebih rentan terhadap serangan spam. Saat spam terjadi, maka para peretas bisa dengan mudah masuk dan mengambil alih security website kita, sehingga terjadilah pelanggaran keamanan.

Setidaknya ini adalah 3 dari beberapa hal yang akan kami lakukan untuk meningkatkan security website kamu. Masih banyak yang bisa kami lakukan, agar situs web terhindar dari berbagai macam serangan berbahaya dari luar.

Langkah Praktis Terhindar Dari Hacker

Katakanlah website kita sudah berhasil ditingkatkan dari sisi keamanannya. Maka tugas selanjutnya adalah tetap menjaga dan memeliharanya agar tetap aman dan terkendali.

Langkah Praktis Terhindar Dari Hacker

Untungnya, memelihara keamanan sebuah website tidak sesulit yang orang pikirkan. Cukup lakukan hal-hal sederhana berikut, maka sudah dipastikan bahwa hacker akan kesulitan menyerang kita.

Beberapa langkah praktisnya adalah sebagai berikut:

Baca juga
Panduan Memilih Jasa Pengembangan Website Profesional

1. Update Software dan Plugin Secara Berkala

Jika website kamu berbasis wordpress, sudah pasti menggunakan plugin tertentu bukan? Nah, plugin tersebut sebisa mungkin harus kamu update setiap kali ada pembaharuan terbaru.

Caranya cukup mudah kok! Tinggal masuk saja ke beranda wordpress dari situs yang kamu bangun, kemudian masuk ke bagian plugin. Di sana akan ada pemberitahuan jika misalnya terdapat beberapa plugin yang harus segera di-update.

Kebanyakan para hacker mampu membobol sekuriti sebuah website melalui software dan plugin yang telah out-of-date.

Telat atau bahkan jarang melakukan pembaharuan memang nampak terlihat sepele, akan tetapi dampaknya bisa begitu besar jika ketahuan oleh para hacker.

2. Gunakan Password yang Kuat

Seringkali website yang berhasil terbobol disebabkan karena password yang dibuat ngasal atau terlalu mudah untuk ditebak. Jika kamu pernah membuat password yang menggunakan nama sendiri, tempat tanggal lahir, atau nama pasangan, maka itu sama saja dengan bunuh diri.

Si hacker pasti akan melakukan banyak hal dan percobaan kemungkinan untuk bisa membobol setiap akun yang mereka targetkan. Bahkan mereka bisa saja melakukan tekhnik brute force yang mana biasanya password-password lemah menjadi sasarannya.

Password yang kuat haruslah menyertakan huruf besar, huruf kecil, angka, dan karakter spesial. Kamu juga bisa mengubahnya setiap 3 bulan sekali untuk berjaga-jaga. Tetapi pada kebanyakan kasus, password yang ribet bisa bertahan selama bertahun-tahun lamanya.

3. Cari Penyedia Hosting yang Aman

Percuma juga menggunakan layanan dan jasa security website jika pada akhirnya hacker bisa masuk melalui sisi hosting yang disediakan oleh provider kita.

Sudah banyak kok kejadian dimana hosting-hosting dibantai habis oleh para hacker, sehingga para webmaster menjadi korban pertama yang mengalami banyak kerugian.

Maka dari itulah, sebelum kamu buru-buru memilih hosting tertentu, pastikan dulu jika provider-nya memiliki tingkat sekuriti yang begitu baik. Cirinya adalah sebagai berikut:

  • Memiliki secure file transfer protocol (SFTP)
  • Penggunaan FTP oleh pengguna tak dikenal cenderung dinonaktifkan.
  • Menggunakan pemindai rootkit
  • Menawakan layanan backup data.
  • Sering melakukan pembaharuan keamanan
  • Dilengkapi SSL

Sebenarnya masih banyak faktor sekuriti yang harus kamu pertimbangkan. Tetapi untuk keenam poin di atas juga sudah cukup untuk menjaga agar website kita aman dari serangan hacker.

4. Senantiasa Backup File

Backup artinya cadangan. Jadi sekalipun website kita telah terkena serangan hacker dan sebagian atau seluruhnya data terhapus, maka kita masih memiliki cadangan yang bisa menjadi penyelamat perusahaan dan bisnis yang tengah kita jalankan.

Penyedia hosting yang baik biasanya sudah menyertakan backup file otomatis ke dalam layanan tambahan mereka, bahkan beberapa diantaranya bisa kamu dapatkan secara gratis.

Baca juga
Jasa Tambah Follower

Jenis Serangan Terhadap Security Website

Terkadang, salah satu cara efektif agar terhindar dari serangan musuh adalah dengan mengetahui jalan pikiran dan taktik mereka. Untuk itulah, kita pun harus tahu jenis-jenis serangan yang sering mereka lancarkan.

Sebagian besar serangan ini dilakukan menggunakan resource yang besar, karena membutuhkan banyak sekali tenaga untuk bisa membobol satu website saja.

Jenis Serangan Terhadap Security Website

Tapi dikarenakan sang hacker juga telah dipersenjatai dengan tools dan software canggih, maka kita pun harus mampu melakukan pencegahan menggunakan alat yang canggih pula. Maka dari itulah jasa security website hadir buat kamu yang membutuhkannya.

Adapun beberapa serangan tersebut bisa berupa:

  • Cross-site Scripting (XSS). Terjadi ketika si hacker menyuntikkan skrip tertentu di website sehingga bisa mendapatkan data cookie kita.
  • SQL Injection. Secara sederhananya, hacker dapat mengeksekusi SQL pada database, sehingga mungkin untuk diakses, dimodifikasi, atau dihapus.
  • Cross-site Request Forgery (CSRF). Memungkinkan hacker untuk melakukan berbagai macam tindakan menggunakan kredensial kita, tanpa sepengetahuan atau persetujuan dari kita.
  • Menipu kita untuk mengklik sesuatu yang lain atau yang bukan kita harapkan.
  • Denial os Service (DoS). DoS biasanya dicapai dengan membanjiri situs website kita dengan spam sehingga aksesnya bisa terganggu.
  • Directory Traversal. Para hacker mencoba mengakses bagian dari sistem file server web yang seharusnya tertutup dari pengguna luar.
  • File Inclusion. Hacker juga bisa menentukan file “yang tak diinginkan” untuk tampil atau bahkan diekseskusi dalam data yang dikirimkan ke server website kita.
  • Command Injection. Hacker mencoba melakukan perintah pada sistem di operasi host.

Dari sekian banyaknya serangan yang muncul, ini menandakan bahwa website kita benar-benar harus dilengkapi dengan baju zirah secara berlapis-lapis.

Baju zirah tersebut sudah kami paparkan di atas secara terperinci, entah itu cara membuatnya atau bahkan cara memeliharanya.

Jika berbicara masalah hacking dan sekuriti, sebenarnya segala sesuatunya balik lagi ke diri kita. Para hacker mampu meretas bukan karena mereka memiliki alat yang mumpuni, akan tetapi karena website kitalah yang terlalu mudah untuk dibobol.

Hacker akan memanfaatkan setiap kelemahan yang dimiliki oleh website kita. Sekecil apapun itu, mereka mampu menemukannya dan kemudian memporak-porandakan bisnis kita.

Dikarenakan biaya perbaikan akan jauh lebih mahal, maka pastikan kamu segera melakukan pencegahan dengan menggunakan jasa security website di tempat kami.

Bahkan jika kamu merasa kewalahan untuk memeliharanya, maka kami pun bisa menggantikan pekerjaan tersebut. Dijamin, website perusahaan kamu akan tetap aman berada di tangan kami. Semua itu ditujukan agar bisnis kamu tetap berjalan sebagaimana semestinya, sekaligus menjaga data-data klien yang begitu berharga.

Baca juga
Panduan Memilih Kursus Adwords Profesional

Manfaat Memiliki Website yang Secured

Website yang secured atau aman tetunya merupakan salah satu faktor yang menentukan kemajuan perusahaan kita dari waktu ke waktu. Jangan malas untuk mengeluarkan budget di awal-awal website dibangun untuk sisi security, agar tidak menimbulkan kerugian di masa mendatang.

Bahkan, website yang aman ternyata bisa mendatangan manfaat yang mungkin jarang orang ketahui. Pasalnya, keamanan juga bisa berdampak pada SEO dan tingkat penjualan kita.

Manfaat Memiliki Website Yang Secured

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat jika security website kita sangatlah kuat.

1. Berdampak Pada SEO

Keamanan sebuah website tentunya berbanding lurus dengan faktor SEO. Dengan menambahkan sertifikat SSL, maka sudah menjadi salah satu sinyal SEO yang tak boleh kamu abaikan begitu saja.

Bahkan Google saja sudah jelas-jelas mengatakan bahwa situs yang dilengkapi dengan SSL atau HTTPS cenderung lebih mudah untuk berada di urutan pertama hasil pencarian dibandingkan dengan yang tidak. Itu karena SSL menjadi tanda bahwa situs kita aman untuk digunakan oleh para visitor.

2. Menjaga Visitor dan Konsumen

Dunia maya bisa dibilang lebih mengerikan, terbukti dengan adanya perampokan besar-besaran setiap tahunnya akibat sistem keamanan website yang tidak begitu canggih dan tak terurus dengan baik.

Bahkan disebutkan bahwa sekitar 86% situs web mengandung setidaknya satu jenis kerentanan keamanan yang tak boleh diabaikan oleh para visitor begitu saja.

Maka dari itulah, dengan menggunakan jasa security website di tempat kami, maka kerentanan tersebut cenderung bisa diatasi.

Hal yang perlu diingat adalah security website bukan hanya melibatkan antara diri kita dan website saja, melainkan juga menjaga agar visitor dan konsumen langganan kita tetap aman saat bertransaksi dengan kita.

Maka dari itulah, sertifikat kemanan situs seperti SSL sangatlah dibutuhkan, gunanya untuk mengenkripsi informasi pribadi para visitor. Dengan cara ini, segala macam informasi yang ada di situs kita akan diacak sebelum akhirnya dikirimkan ke tempat tujuan secara online.

Itu berarti, informasi penting tersebut tidak mungkin terbaca dan terlihat sebelum sampai ke tangan penerima.

3. Meningkatkan Authority Website

Memiliki authority yang tinggi memang sudah menjadi impian banyak webmaster. Dan tentunya tujuan tersebut tak akan tercapai jika tingkat keamanan website kita terlihat memble.

Alhasil, Google juga tidak akan menempatkan website kita di urutan pertama hasil pencarian mereka jika website kita masih kesulitan dalam menangani masalah di sisi sekurity.

Sekali lagi kami katakan bahwa meningkatkan keamanan website itu bukanlah perkara yang mudah, sehingga kami pun sediakan jasa security website yang bisa kamu pesan kapan saja.

Baca juga
Panduan Memilih Jasa Maintenance Website Profesional

Security ini wajib hukumnya jika bisnis kamu ingin tetap bertahan selama mungkin di dunia internet. Jangan sampai gara-gara sistem keamanan yang asal-asalan menghambat usaha kamu luar dan dalam.

4. Mendapatkan Kepercayaan Pelanggan

Salah satu kunci sukses di dunia internet marketer adalah ketika website kita sudah banyak didatangi oleh visitor, sehingga mendapatkan konversi dan penjualan. Agar visitor kita tetap nyaman berada di situs web, maka tingkat keamanan pun haruslah terjaga dengan baik.

Bahkan menurut GMO Global Sign mengatakan bahwa sekitar 85 persen konsumen cenderung tidak akan kembali ke situs web yang mereka yakini tidak memiliki tingkat keamanan yang mumpuni.

Itu berarti, 85% pelanggan potensial akan hilang dan beralih ke website saingan kita. Tentunya kondisi ini bisa menjadi malapetaka untuk bisnis dan perusahaan kita dalam jangka panjang.

Jadi, sebelum itu benar-benar terjadi, pastikan kamu menggunakan jasa security website di tempat kami, agar visitor merasa tetap aman bertransaksi di dalam situs kita.

5/5 (1 Review)