Panduan Memilih Jasa Perbaikan Website Profesional

Ada gula ada semut, ada uang ada pencuri yang mengincar. Begitupun untuk website kita. Semakin terkenal dan mendatangkan cuan, maka akan lebih rentan terkena serangan hacker.

Saat itu terjadi, mungkin data situs kita akan hilang bersama dengan data-data pelanggan. Lebih parah lagi jika ada transaksi online yang senantiasa dilakukan. Maka bisa saja uang kita raib seketika jika berhasil tercolek oleh para peretas dan pencuri.

Untuk terhindar dari kejadian semacam itu, biasanya para webmaster akan melakukan berbagai macam hal untuk memproteksi situs mereka, sekaligus melakukan backup data secara berkala.

Tapi kerusakan situs sebenarnya tidak sebatas pada hacker saja. Ada pula beberapa kejadian tak terduga seperti kesalahan saat coding, update yang gagal, adanya malware, dikotori oleh bug, dan lain sebagainya.

Panduan Memilih Jasa Perbaikan Website Profesional

Ada yang bilang bahwa memperbaiki jauh lebih sulit daripada membuat. Maka dari itulah, kami hadir buat kamu yang membutuhkan jasa perbaikan situs yang tengah dirundung masalah.

Apapun kerusakan yang dihadapi oleh website kamu, maka kami bisa mengevaluasi dan menilai tingkat keparahan yang tengah terjadi, selanjutnya kami akan langsung menyusun rencana untuk memperbaiki situs kamu tersebut.

Untuk lebih jelasnya, berikut kami informasikan beberapa hal yang seringkali kami lakukan dalam memperbaiki suatu situs yang tengah menderita dan sakit. Dengan begitu, bisnis kamu bisa kembali berjalan secara normal dan mendatangkan cuan.

Jasa Perbaikan Website yang Kami Sediakan

Seperti yang sudah disebutkan bahwa situs web bisa saja mengalami berbagai macam masalah yang berbeda, sehingga perbaikannya pun cenderung beragam.

Entah itu perbaikansitus web atau maintenance, kedua istilah ini sangatlah mirip, karena memiliki aktivitas yang sama saat diimplementasikan terhadap sebuah situs.

Panduan Memilih Jasa Perbaikan Website

Pada dasarnya, kami bisa melakukan berbagai macam hal untuk bisa memperbaiki website kamu tersebut, tetapi sebagian besar masalah yang muncul bisa berupa hal-hal teknis yang memerlukan penangan para ahli situs web.

Untuk itulah, jasa perbaikan situs web kami sebagian besar meliputi hal-hal vital seperti yang sudah kami tuliskan di bawah ini.

1. Menghapus Malware

Malware biasanya diinfeksikan oleh para hacker ke dalam situs kita, sehingga bisa menyebar ke gadget visitor yang mengakses situs web kita. Ini bisa berbahaya karena selain bisa mengintip isi website kita secara keseluruhan, juga dapat memberikan resiko terhadap pengunjung kita yang datang.

Baca juga
Cara Membuat Halaman Disclaimer Website

Untuk itulah, saat situs web kita terserang malware, maka harus mengaktifkan mode maintenance terlebih dahulu agar visitor kita bebas dari ancaman.

Biasanya, infeksi malware sering terjadi akibat adanya “eksploitasi kit”. Bahkan hingga sampai sekarang, eksploitasi kit ini masih digunakan untuk mengirimkan banyak malware berbahaya, termasuk Trojan dan Cryptoware yang masuk website dan komputer di seluruh dunia.

Saking berbahayanya, antivirus biasa cenderung tidak akan mampu membunuhnya, sehingga jasa perbaikan situs web di tempat kami seringkali dibutuhkan.

2. Website Development

Banyak orang mengira bahwa development sebuah situs web bukanlah termasuk ke dalam perbaikan, padahal jika dilihat dari segi teknis dan aktivitas pekerjaannya, maka mengembangkan situs web juga termasuk ke dalam jenis perbaikan website.

Bahkan pengembangan situs web ini haruslah dilakukan dalam jangka panjang agar bisnis kita tetap bertahan selama yang ia bisa.

Pengembangan situs web juga bisa digunakan untuk pencegahan kerusakan yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Jadi, biarkan kami melakukan tugas membosankan tersebut. Kami bisa memperbaharui berbagai macam software dan tool yang sudah ada, atau bahkan membuat template baru jika dibutuhkan.

3. Upgrade Website

Jika situs web kamu dibangun dengan CMS wordpress, maka melakukan upgrade bisa begitu sangat mudah. Cukup dengan satu klik saja, maka semuanya bisa selesai dengan sendirinya.

Tapi berbeda jika situs web kamu dibangun dengan CMS lain, maka upgrade website tersebut haruslah dilakukan secara manual.

Bahkan terkadang ada kesalahan yang terjadi saat proses upgrade dilakukan, sekalipun menggunakan wordpress. Ini biasanya terjadi akibat server web hosting yang lambat atau internet kamu yang tengah bermasalah.

Saat itu terjadi, maka bisa-bisa data yang kami miliku hilang sepenuhnya, atau tampilan situs web menjadi error dan tak bisa diakses sama sekali. Untuk itulah, jasa perbaikan website kami harus segera kamu gunakan.

4. Costum Functionality

Ada beberapa software atau coding yang biasanya disematkan untuk menunjang fitur-fitur website yang tengah kamu sediakan dan butuhkan. Sayangnya, terkadang fungsionalitas secara custom tersebut bisa error akibat adanya pembaharuan versi, sehingga kurang kompatibel saat digunakan.

Untungnya, tim kami tidak akan pernah kaget melihat berbagai macam coding website yang begitu belibet layaknya bahasa dari peradaban kuno di zaman dulu. Karena pada dasarnya, fungsi dari coding bahasa pemrograman memiliki mode yang sama.

Asalkan tahu dasarnya, maka bisa diperbaiki dengan mudah sekalipun situs web tersebut mengalami bug atau kehilangan fungsinya secara total. Kami memang sudah menjadi ahli di bidangnya, sehingga jasa perbaikan situs web yang kami sediakan tidak akan pernah mengecewakan.

Baca juga
Pengertian dan Cara Optimasi SEO On Page Terbaru 2017

5. Desain Website Berbasis Handphone

Situs web yang mobile friendly memang sudah menjadi salah satu syarat agar situs kita bisa bersaing di pasaran, terutama posisi kita di SERP.

Sayangnya, ada beberapa tema yang mungkin masih jauh dari kata responsif dengan berbagai macam gadget di zaman sekarang.

Katakanlah situs web kamu tersebut sudah dikembangkan jauh sebelum smartphone lazim digunakan, sehingga tema yang digunakan pun masihlah belum menunjang kebutuhan gaya hidup di zaman sekarang.

Jasa Perbaikan Website yang Kami Sediakan

Untuk itulah, kami siap membantu kamu dalam melakukan coding tertentu agar website tersebut bisa responsif dan gampang diakses oleh berbagai macam gadget dengan ukuran layar yang berbeda.

Nantinya, visitor situs web yang menggunakan handphone akan diarahkan ke alamat berbeda, misalnya https://m.seon.co.id.

6. Optimasi Page Speed

Mengoptimasi kecepatan situs juga termasuk ke dalam perbaikan website, karena pada saat proses tersebut dilakukan, pastinya situs web akan masuk dulu ke mode maintenance.

Website yang lambat saat diakses, maka akan mempengaruhi nilainya di mata Google, sehingga akan berdampak langsung terhadap ranking situs kamu di mesin pencari.

Dengan begitu, faktor ini tidak boleh kamu abaikan begitu saja, apalagi jika ingin bersaing dengan situs web kuat dan besar di luaran sana.

Dengan memiliki situs web yang super cepat saat diakses, maka bisa mengurangi rasio pentalan dan dwell time dari sebuah website, sehingga bisa meningkatkan konversi dan penjualan.

7. Pengembangan Aplikasi Mobile

Jika misalnya situs web didukung dengan aplikasi mobile, maka bisa juga menggunakan jasa perbaikan website di tempat kami.

Aplikasi pastinya berkaitan erat dengan coding dan bahasa pemrograman, sehingga harus diurus oleh programmer dan ahli di bidangnya.

Atau jika misalnya kamu memiliki ide untuk mengembangkan website berbasis aplikasi namun tidak tahu cara membuatnya, kami juga bisa menyediakan jasa tersebut khusus buat kamu.

Aplikasi tersebut nantinya bisa diakses oleh para pengguna Android dan iOs. Dengan begitu, produk dan jasa yang disediakan oleh website kamu akan semakin mendatangkan lebih banyak cuan.

8. Perbaikan Website Secara Keseluruhan

Bukan hanya saat mengalami error saja, bahkan kamu bisa menyewa jasa perbaikan situs kami dalam jangka panjang. Dengan begitu, pencegahan kerusakan website bisa kamu lakukan secara masif.

Ditambah lagi, kami bisa menyediakan paket lengkap yang menyertakan berbagai macam pekerjaan yang sudah tertulis di atas, bahkan bisa melakukan tugas custom sekalipun.

Baca juga
Jasa Tambah Follower

Ini semata-mata demi memenuhi permintaan pasar yang semakin lama membutuhkan website untuk menunjang bisnis mereka sehari-hari, terutama untuk aktivitas pemasaran dan distribusi secara online.

Silahkan fokus pada penjualan, karena urusan perbaikan dan pemeliharaan sudah ada kami yang siap mengurus segalanya untuk kamu.

Berbagai Macam Error Pada Website yang Sering Terjadi

Saat terjadinya error pada sebuah website, maka ada dua opsi yang bisa kamu pilih, yaitu memperbaikinya secara mandiri, atau menggunakan jasa perbaikan website di tempat kami.

Jika misalnya kamu ingin memperbaiki situs web sambil menghemat dana pengeluaran, maka bisa dilakukan sendiri atau bersama tim dari perusahaan.

Tapi ingat, perbaikan website memiliki tingkat kesulitan yang jauh lebih berat dibandingkan dengan pembuatan, pengembangan, dan pengisian konten.

Maka dari itulah, ada hal-hal dasar harus kamu pelajari terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas perbaikan yang begitu vital.

Seperti misalnya, mengenal terlebih dahulu jenis-jenis error yang seringkali terjadi pada suatu website, entah itu akibat serangan dari luar, kesalahan saat melakukan pengembangan, atau bahkan terjadi secara tiba-tiba.

Berbagai Macam Error Pada Website

Adapun jenis error yang seringkali kita jumpai sehari-hari adalah sebagai berikut:

  • Terserang Malware. Seperti yang sudah dijelaskan panjang lebar di atas, bahwa malware biasanya tidak akan hilang dengan hanya menggunakan antivirus sederhana, sehingga bisa membahayakan visitor kita jika tidak segera dimasukan ke dalam mode maintenance.
  • 500 Error Pages. Internal error 500 ini merupakan kode status HTTP yang sangat umum terjadi, tetapi di saat yang bersamaan cenderung agak memusingkan untuk diperbaiki.
  • White Page of Death. Masalah ini muncul sebagian besar karena adanya skrip situs website kita yang telah menghabiskan batas memori yang disediakan. Bisa pula terjadi akibat tema atau plugin yang memiliki coding buruk. Kemungkinan lainnya dapat terjadi akibat web hosting yang tidak mumpuni saat digunakan.
  • Timeout and Crashing. Error yang menyebabkan server timeout bisa terjadi saat program tidak mampu menyambung ke server, akibat mengalami offline atau salah alamat. Kesalahan ini bisa diperbaiki dengan mengatasi server bersangkutan.
  • Kebocoran dan Kesalahan Kode. Jika kamu melihat adanya kode-kode yang tak dimengerti muncul saat mencoba mengakses website, maka itu disebut sebagai code leak. Ini sering terjadi akibat coding yang buruk. Perbaikannya tentu harus berhubungan langsung dengan bahasa pemrograman.
  • XSS Attack. Error ini bisa terjadi akibat adanya serangan dari luar. Dikenal pula dengan istilah cross site scripting, ini terjadi ketika situs lain mencoba membuka pintu masuk ke situs kita melalui berbagai macam metode yang berbeda.
  • WordPress Error. Sekalipun CMS ini merupakan yang paling ramah dan paling banyak digunakan oleh blogger Indonesia, tetapi bukan berarti tidak memunculkan masalah yang lumayan serius. WordPress bisa error terutama ketika gagal melakukan pembaharuan.
  • Web Server Issue. Ada pula kesalahan fatal yang terjadi di htaccess, atau error saat rewrite Pokoknya, masalah ini muncul berhubungan dengan server yang mana sangat sulit untuk diperbaiki.
Baca juga
Jasa Pembuatan PBN

Sama halnya seperti tubuh manusia, website yang tengah mengalami error haruslah menjalani dulu diagnosa sehingga bisa tahu jenis kerusakan apa yang tengah dialami oleh situs kita.

Dengan mengetahui jenis error yang terjadi, maka diharapkan mampu melakukan perbaikan dengan langkah-langkah yang tepat.

Jika tata cara ini membuat kamu angkat tangan, maka ada baiknya menyerahkan tugas berat tersebut kepada kami saja. Jasa perbaikan website yang kami sediakan bisa mengevaluasi segala kerusakan, error, dan berapa lama estimasi website bisa dikembalikan secara utuh.

Dikarenakan ada banyak sekali hal teknis yang harus dipikirkan dan dikerjakan, maka perbaikan website haruslah dilakukan oleh para ahli di bidangnya, agar lebih cepat selesai dan tidak mendatangkan masalah baru.

Tanda Kerusakan Disebabkan Oleh Hacker

Selain dari faktor internal, website juga bisa dirusak oleh para hacker dengan berbagai macam tujuan. Intinya, hacker tersebut mencari uang di internet dengan cara yang tidak halal, dan mungkin saja website kamu menjadi salah satu korbannya.

Untuk mengetahui apakah website kita telah terkena praktik hacking atau tidak, maka ada beberapa hal yang bisa kamu lihat berdasarkan cirinya.

Dengan begitu, kamu bisa segera menghubungi kami secepatnya agar kerusakan tidak berlanjut lebih jauh lagi, apalagi jika website kamu memuat informasi sensitif seperti data pelanggan dan kartu kredit.

Berikut adalah ciri bahwa website kamu telah ter-hack oleh orang jahil.

  1. Homepage website berubah tampilannya.
  2. Tak bisa login ke control panel atau beranda wordpress.
  3. Website tiba-tiba melambat secara tak wajar.
  4. Situs kamu memunculkan pop-up yang mencoba menjebak visitor.
  5. Jika parah, google akan mulai menandai bahwa website kamu berbahaya untuk diakses.
  6. Penyedia hosting kamu akan mulai mematikan website kamu secara sepihak.
  7. Berkurangnya traffik dan visitor.
  8. Website meranking dengan keyword yang tak dikenal, terutama keyword yang tak senonoh atau dengan simbol-simbol yang tak dikenal.

Percaya atau tidak, berperang dengan hacker cenderung sangat mendebarkan. Pasalnya, di samping harus memperbaiki, juga kita harus mengatasi manusia super jahil yang mungkin bisa kembali menyerang di waktu-waktu tertentu.

Maka dari itulah, penting bagi kamu untuk segera menghubungi jasa perbaikan website di tempat kami, terutama jika kerusakan tersebut terjadi akibat faktor luar.

Baca juga
Sebenarnya Kalian Paham Backlink Yang Berkualitas Gak Sih?

Selain memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan, kami juga akan berupaya agar hacker tersebut tidak lagi mampu menyentuh situs web kesayangan kamu tersebut.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, dimulai dari melakukan migrasi ke hosting yang jauh lebih aman, hingga menginstal beberapa plugin berbasis sekuriti.

Soalnya, hacker bisa menyerang kita dengan berbagai macam cara, seperti adanya brute force, xss attack, jQuery inject, dan lain sebagainya.

Alhasil, kita pun sebagai pemilik website haruslah memproteksi situs kita dengan baju zirah berganda, dimulai dari firewall, anti-malware, anti virus, anti brute force, dan berbagai macam metode yang tak bisa disebutkan satu per satu.

Jangan bingung pula mengenai cara memperkuat sisi keamanan website kamu, kan sudah ada kami penyedia jasa perbaikan website yang begitu handal.

Jadi, tugas kami bukan hanya memperbaiki website yang error saja, juga mencegahnya agar tidak mengalami hal serupa di masa mendatang. Lindungi website dan visitor kamu dari berbagai macam serangan, agar bisnis kamu tetap aman sentosa sepanjang waktu.

5/5 (1 Review)