Apa itu Facebook Ads

Berbicara tentang bagaimana memasarkan suatu produk atau layanan untuk suatu merek, tidak hanya dapat dilakukan dengan cara konvensional seperti mendistribusikan brosur di jalan, menempatkan iklan di koran, atau dengan menempelkan poster di dinding.

Diperlukan metode pemasaran yang lebih efektif untuk mencapai pasar yang lebih luas, tidak hanya pasar nasional tetapi dapat menjangkau pasar internasional. Karena itu, memasarkan produk atau layanan online adalah salah satu metode paling efektif untuk bisnis Anda.

Apa itu Facebook Ads

Mempromosikan secara online tentu saja merupakan peran yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan suatu merek. Dengan melakukan promosi, pelanggan atau calon pelanggan Anda dapat mengetahui produk atau layanan apa yang Anda jual dan apa kegunaan atau keuntungan dari produk yang Anda jual.

Tujuan promosi adalah untuk menarik pelanggan potensial agar tertarik membelinya. Ada berbagai jenis pilihan strategi promosi yang dapat Anda pertimbangkan, apakah itu dilakukan tanpa modal atau dengan mengeluarkan modal terlebih dahulu.

Yang jelas, jika Anda menginginkan cara tercepat untuk mendatangkan banyak pelanggan, Anda dapat memilih media berbayar. Untuk media berbayar paling unggul hingga saat ini ada dua yaitu Facebook Ads dan Google Adwords.

Iklan Facebook dengan Google Adwords keduanya memberikan dampak yang baik untuk meningkatkan penjualan bisnis online dan bisa mendapatkan keuntungan besar nantinya.

Baca juga >>
Bahayanya Menyepam Comment Backlink

Facebook sebagai media sosial, dengan jumlah pengunjung terbanyak dapat menjadi peluang bisnis online untuk menempatkan iklan di dalamnya. Sementara Google sebagai mesin pencari, menggunakan mesin pencari sebagai media untuk menampilkan iklan.

Coba bayangkan secara kasat mata antara Iklan Facebook dan Google Adwords hampir tidak ada perbedaan, termasuk yang sama dalam hal pembiayaan. Mungkin jika Anda adalah cloud, dalam hal ini, Anda akan berpikir bahwa kedua platform tidak akan membuat perbedaan.

FB Ads adalah layanan iklan yang ditawarkan oleh Facebook untuk mempromosikan berbagai produk dengan berbagai target pasar. Pengiklan juga dapat menetapkan pasar yang diinginkan, misalnya jangkauan iklan hanya ditujukan untuk orang-orang yang berada di wilayah tertentu, usia tertentu, jenis kelamin tertentu, dan sebagainya.

Menyesuaikan jangkauan pasar akan membuat iklan lebih bertarget dan menjangkau pengguna yang diinginkan. Iklan yang ditampilkan menggunakan layanan FB ads hanya akan muncul di Facebook dan Instagram.

Mengapa FB Ads ?

Facebook adalah salah satu media sosial terbesar di dunia yang memiliki sekitar 1 miliar pengguna pada tahun 2015. Jumlahnya tentu akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Facebook digunakan hampir di semua negara termasuk Indonesia. Jika dilihat dari sisi bisnis, pengguna Facebook di Indonesia sangat banyak, tentu saja merupakan pasar potensial bagi beberapa perusahaan serta pilihan yang tepat sebagai media iklan untuk memasarkan produk atau layanan.

Bagaimana cara kerja FB ads?

Persyaratan utama untuk menempatkan iklan di Facebook adalah bahwa pengguna harus terlebih dahulu memiliki halaman Fanpage. Halaman penggemar ini dapat dengan mudah dibuat melalui Facebook. Anda juga dapat menyesuaikan visi Fanpage yang dibuat untuk tujuan apa. Setelah membuat halaman fanpage maka Anda dapat mulai beriklan menggunakan FB ads.

Baca juga >>
Apa itu wordpress dan Penjelasannya

Apa saja metode iklan FB ads?

FB ads memiliki 2 jenis metode periklanan, yaitu:

  • CPM (Biaya per 1000 Mille): pengiklan akan membayar jika iklan telah ditampilkan 1.000 kali kepada audiens target.
  • CPC (Biaya per Klik): pengguna akan membayar setiap kali iklan diklik oleh audiens dengan harga yang telah ditentukan.

Semua bisnis akan dibantu untuk menjual dengan iklan Facebook. Terutama untuk UKM atau usaha kecil dan menengah yang baru saja didirikan. Mereka tentu tidak cukup kuat untuk bersaing dengan pengiklan di televisi super mahal.

Sekarang dengan beriklan di Facebook, iklan sepertinya menjadi solusi untuk masalah biaya dalam beriklan. Karena hanya dengan Rp 10.000, kita dapat beriklan. Potensi pemasaran digital seperti ini diperkirakan akan terus tumbuh di masa depan.

Ini karena dengan hanya duduk dari rumah hanya untuk utak atik HP, produk kita telah dilihat oleh ribuan hingga jutaan orang. Jadi beriklan di sini tidak memiliki jarak dan batas waktu. Ini sangat efektif daripada harus berjalan ke sana kemari dan memperkenalkan barang dari pintu ke pintu.

Persamaan FB ads dan Google Adwords

Jika Anda melihat dua media promosi ini, keduanya memiliki kekuatan besar karena kemampuan mereka untuk menampilkan iklan atau promosi yang ditargetkan menurut audiens bisnis Anda dengan cara yang lebih spesifik dan bertarget.

Misalnya, Anda memiliki toko online yang memasarkan atau menawarkan produk kosmetik. Tentu saja dalam hal ini Anda membutuhkan pangsa pasar yang lebih cocok, siapa yang tertarik dan menyukai produk yang Anda jual, kan?

Dengan Iklan Facebook dan Google Adwords, Anda bisa mendapatkan pangsa pasar yang benar-benar memiliki potensi untuk membeli produk yang Anda jual. Karena kedua media promosi ini memang dapat menargetkan audiens sesuai dengan minat mereka di internet.

Baca juga >>
Fasilitas Rahasia Agar Toko Online Anda Disukai Pembeli

Ketika Anda menggunakan dua media promosi ini, iklan Anda akan lebih fokus pada pelanggan yang memiliki minat yang sama, sehingga kecenderungan untuk membeli produk sangat besar.

Perbedaan antara FB ads dan Google Adwords

Perbedaan diantara kedua Platform di atas diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Sistem Penargetan yang Berbeda

Umumnya antara Iklan Facebook dan Google Adwords memiliki analisis yang sama sebelum mempromosikan produk atau layanan Anda. Namun berbeda dalam mencari audiensnya.

Jika di Facebook Iklan dalam hal penargetan sesuai dengan minat audiens, di mana metode ini berfungsi untuk meningkatkan kesadaran audiens dalam mengingat produk yang kita jual, sedangkan Google Adwords lebih untuk pengguna yang secara khusus mencari sesuatu.

Pada platform Iklan Facebook, Anda memiliki pilihan untuk menentukan audiens yang ingin Anda targetkan menggunakan filter yang mencakup minat audiens, perilaku audiens, demografi, geografi, koneksi, dan sebagainya. Sehingga dengan demikian Anda diharapkan dapat menjangkau audiens yang tepat dan yang paling penting iklan Anda hanya dapat dilihat oleh audiens yang telah Anda targetkan sebelumnya.

Biasanya iklan Anda jika sedang berjalan akan muncul di beranda pengguna Facebook. Berbeda dengan Google Adwords, di mana media promosi ini menampilkan iklan berdasarkan kata kunci yang Anda targetkan sebelumnya. Jadi ketika pengguna mengetikkan kata kunci yang sama seperti yang Anda tetapkan sebelumnya, maka produk iklan yang Anda jual akan muncul di hasil pencarian.

1. Berbeda dalam Pembangunan Merek

Iklan Facebook dan Google Adwords masing-masing menawarkan hal yang berbeda dalam membangun merek. Misalnya, di Adwords, pengguna akan diarahkan untuk mengklik judul sebuah cerita di halaman Google utama yang telah Anda rencanakan sebelumnya.

Baca juga >>
Apa itu Online Shop, Marketplace dan E-commerce

Sementara itu, jika Anda menggunakan Iklan Facebook, iklan Anda akan terus muncul di beranda pengguna Facebook setiap hari, sehingga audiens ketika membuka Facebook akan segera melihat iklan Anda.

Jika iklan Anda dapat menarik perhatian audiens, audiens tidak segan untuk langsung mengklik iklan Facebook Ads Anda dan bahkan kemudian mereka akan segera membelinya.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !