Apa itu Website Landingpage dan Salespage

Berdasarkan wikipedia , dewasa ini tata cara belanja online dapat dilakukan semakin mudah. Ketika pembeli tertarik dengan barang yang dituju, ia cukup melakukan panggilan telepon dengan sang penjual ataupun mengetikkan sms atau whatsapp sesuai aturan.

Setelah pesan diterima, pembeli biasanya diharuskan mentransfer sejumlah uang ke rekening penjual dan barang yang dibeli pun akan dikirim baik melalui kurir (jika wilayah pengiriman masih cukup dekat) ataupun melalui jasa pos.

Pembayaran dapat dilakukan baik menggunakan kartu debit, kartu kredit, PayPal, memotong pulsa pelanggan (untuk transaksi lewat HP), cek, maupun COD (Cash On Delivery) yaitu pembayaran yang dilakukan ketika barang telah dikirim oleh penjual.

Cash On Delivery biasanya dilakukan melalui tatap muka antara penjual dan pembeli; penjual dapat menunjukkan barangnya sehingga pembeli yang tertarik bisa meneliti barang yang akan ia beli. Pembelian semacam ini biasanya melakukan pembayaran secara langsung/uang kontan.

Selain tatap langsung antara penjual dan pembeli, COD ini bisa dilakukan antara kurir dan pembeli; biasanya penjual hanya akan melayani COD apabila daerah pembeli masih dapat dijangkau oleh penjual.

Apa itu Website Landingpage dan Salespage

Jika Anda terjun ke dunia pemasaran Internet, mungkin Anda sudah sering mendengar istilah landing page tetapi tidak mengerti apa yang dimaksud. Nah, di artikel ini kami akan jelaskan secara mendetail. Yuk Mulai !

Baca juga >>
Apa іtu Whatsapp Web

Landing page dapat diartikan sebagai laman khusus yang dibuat untuk satu tujuan konversi, dapat mengubah prospek menjadi pembeli atau hanya lalu lintas menjadi prospek. Landing page adalah istilah bahasa Inggris yang berarti halaman tempat mendarat, dimaksudkan untuk menyebutkan halaman dari situs web yang pertama kali dilihat oleh pengunjung ketika mengklik tautan ke halaman itu (mengarahkan pengunjung ke halaman website).

Apa pun bentuk halaman situs web, berdasarkan pada asal kata, jika halaman tersebut adalah pertama kalinya pengunjung berkunjung, maka itu disebut landing page.

Karena landing page adalah halaman pertama yang dilihat, sangat penting untuk mendesain landing page sehingga dapat dikonversi tinggi dan pengunjung Anda akan mengambil tindakan lebih lanjut di dalamnya sesuai dengan tujuan landing page.

Misalnya Anda ingin mengarahkan di halaman landing page sehingga pengunjung mengklik tombol aksi “pesan sekarang” maka Anda harus membuat landing page yang berfungsi untuk mempengaruhi pengunjung ingin membeli produk yang ditawarkan.

Tindakan tidak harus tentang mengarahkan ke pesan whatsapp, tapi juga dapat mengarah ke halaman lain. Misalnya, halaman pengisian keranjang belanja atau mengisi identitas seperti nama, alamat email, dan lain lain.

Ini berarti tergantung pada tujuan membuat landing page. Jika kita merujuk pada pemahaman lain, landing page dapat berarti halaman web independen yang dibuat khusus untuk tujuan promosi.

Secara umum ditafsirkan seperti itu karena sebagian besar landing page disebut untuk tujuan ini, yang berarti mereka bukan halaman biasa yang tidak memerlukan tindakan lebih lanjut dari pengunjung. Landing page secara khusus bertujuan untuk mempromosikan produk, yang ditujukan untuk menjual produk secara online.

Di Wikipedia, landing page adalah halaman web tunggal yang muncul sebagai tanggapan terhadap mengklik pada hasil pencarian mesin pencari yang dioptimalkan, promosi pemasaran, pemasaran email, atau iklan online.

Baca juga >>
Fasilitas Rahasia Agar Toko Online Anda Disukai Pembeli

Ini sejalan dengan pemahaman sebelumnya bahwa landing page adalah halaman pertama yang dilihat pengunjung saat mengklik tautan yang diberikan.

Dari penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan arti dari website landing page berikut. Pada dasarnya, Landing page adalah halaman web, baik tunggal atau bercabang di mana-mana, yang pertama kali dilihat oleh pengunjung ketika mereka mengklik tautan yang disediakan dan secara khusus ditafsirkan sebagai halaman web yang dibuat untuk promosi. Apa pun bentuknya, jika memenuhi kedua syarat ini, itulah yang dimaksud landing page atau Sales page.

Apa Manfaat Website Landing Page

Pertanyaannya adalah, apakah sales page itu penting? Dan jawabannya adalah landing page sangat penting jika Anda adalah marketer profesional. Karena pada pemasaran internet, calon pembeli tidak dapat menyentuh produk Anda secara langsung, calon pembeli juga tidak punya waktu untuk menonton satu jam video presentasi Anda, dan calon pembeli mengakses berbagai informasi hanya dengan perangkat seluler. Itu sebabnya Anda membutuhkan landing page.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat dan alasan mengapa landing page adalah sesuatu yang harus Anda miliki.

1. Landing page mewakili Anda berbicara

Dalam pemasaran offline, kita dapat menyewa SPG untuk menarik calon pembeli serta menjelaskan manfaat produk. Namun dalam pemasaran internet hal ini tidak dapat dilakukan, oleh karena itu kita memerlukan Sales page atau landing page untuk menggantikan peran SPG.

Landing page dapat menjadi media untuk menjelaskan berbagai penawaran produk. Kita dapat meletakkan berbagai komponen penting seperti tajuk utama, video, gambar, testimonial, demo video, kelangkaan, dll di landing page.

2. Landing page meningkatkan konversi penjualan

Katakanlah ada dua penjual yang menawarkan layanan les privat. Satu hanya menggunakan kata-kata secara lisan dan satu memberikan brosur dengan desain yang sangat profesional. Pertanyaannya adalah, mana yang lebih menarik bagi Anda? Saya yakin Anda akan memilih penjual yang menyediakan brosur.

Baca juga >>
Perbedaan Google.com dan Google.co.id dalam Optimasi SEO

Karena selain enak dibaca, Anda bisa membaca berulang-ulang untuk dipertimbangkan lebih lanjut. Itulah analoginya jika Anda menjual dengan landing page dan tanpa landing page.

Sebenarnya Anda bisa saja menjelaskan manfaat produk Anda melalui obrolan WhatsApp atau telepon langsung, tetapi tentu saja akan kalah dengan penjual yang menggunakan landing page dengan desain yang “Wow”.

3. Retargetting Calon Pembeli

Dengan menggunakan landing page, Anda juga dapat menanamkan piksel Facebook Anda. Sehingga Anda bisa melakukan retargetting ke calon pembeli yang belum melakukan pembelian.

Jenis Website Landing Page

Setidaknya ada 2 jenis sales page diantaranya :

1. Lead Generation Landing Page

Sales page jenis ini memungkinkan pengguna untuk mengkonversi secara langsung tanpa harus pindah ke halaman lain. Tombol CTA yang digunakan pada landing page ini dirancang khusus untuk mengumpulkan arahan secara langsung.

Dengan tampilan seperti ini, Lead Generation lebih cocok untuk penawaran yang tidak berisiko. Akibatnya, pengguna tidak perlu lagi ragu untuk melakukan konversi seperti yang Anda inginkan. Tampilan generasi Lead juga cenderung lebih jelas, lebih pendek, dan juga menarik.

2. Landing page CTR

Sales page jenis ini hanya memiliki satu halaman dalam bentuk uraian singkat tentang penawaran. Jenis Halaman Pendaratan ini paling cocok untuk lalu lintas dari PPV dan Pop-Up atau Pop-Under karena biasanya orang yang datang dari sini dengan cepat menutup layar browser.

Jadi kita juga harus bisa menarik perhatian dengan cepat. Gunakan jenis ini untuk penawaran yang mudah diselesaikan seperti pendaftaran, memasukkan email, unduhan, dan instalasi.

Anatomi Website Landing Page yang Bagus

Berikutnya adalah bagaimana anatomi landing page atau pengaturan sales page yang baik. Untuk membuat landing page yang baik dalam arti menghasilkan konversi tinggi, harus memiliki anatomi berikut.

Baca juga >>
Cara Memilih Jasa SEO Murah Berkualitas dan Profesional

1. Judul

Judul adalah komponen pertama dari landing page yang dilihat pengunjung. Artinya, jika tajuk berita kami kurang menarik, maka seluruh landing page dapat diabaikan.

2. Video atau gambar

Dikutip dari blog wiski, Video di landing page dapat meningkatkan konversi hingga 86%. Tentu saja 86% bukan angka yang bisa diabaikan begitu saja  86% adalah angka yang sangat tinggi.

3. Manfaat produk

Di bawah video Anda dapat mulai menjelaskan manfaat produk. Yang perlu digarisbawahi adalah jangan menjelaskan manfaat produk dengan paragraf yang terlalu panjang, lebih baik menggunakan poin saja.

4. Call To Action

Jangan lupa untuk menambahkan CTA berupa klik whatsapp atau telpon. Secara umum ajakan untuk bertindak dalam bentuk tombol dengan warna seperti merah atau kuning.

5. Testimoni

Untuk memancing pembelian, Anda dapat menambahkan testimonial di landing page Anda. Dan umumnya testimonialnya ada di akhir landing page.

Demikian pembahasan mengenai apa itu website landingpage dan salespage yang bisa kami sampaikan. Sukses selalu.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !