Apa itu Google My Business atau Google Bisnisku

Apakah Anda memiliki bisnis pribadi? Apakah Bisnis Anda baru memulai atau sudah berjalan untuk waktu yang lama? Anda harus dapat beradaptasi dengan evolusi bisnis yang sekarang sepenuhnya digital.

Meningkatnya fungsi internet yang sekarang tampaknya menjadi komoditas pokok bagi semua kelompok, menjadikannya media yang efektif untuk menarik pembeli baru.

Selain membuka lapak online, Anda dapat menggunakan Google Maps untuk mendaftarkan bisnis Anda sehingga dapat lebih banyak pelanggan, salah satu cara paling efektif adalah dengan menggunakan Google Bisnisku.

Dengan Google Bisnisku, bisnis Anda atau bisnis kecil dapat muncul di hasil pencarian pelanggan potensial yang menggunakan Google Search atau Google Maps.

Apa itu Google My Business

Google My Business atau juga dikenal sebagai Google Bisnisku adalah salah satu program promosi yang ditawarkan oleh Google, perusahaan internet terbesar yang sangat akrab bagi kita saat ini.

Program ini semakin melengkapi beberapa produknya untuk mempromosikan berbagai bisnis yang telah ditawarkan seperti Google Adwords, dan Google Adwords Express yang baru-baru ini diluncurkan.

Bedanya, Google Bisnisku dapat digunakan secara gratis oleh siapa saja pemilik bisnis yang ingin bisnisnya lebih dikenal luas melalui dunia maya.

Seperti yang sudah kita ketahui, sekarang internet menjadi salah satu media promosi yang paling efektif, karena penggunanya semakin berkembang.

Keuntungan lain untuk produk ini adalah dapat digunakan secara gratis, yang dapat digunakan oleh bisnis dari berbagai skala, dari skala kecil, skala menengah hingga perusahaan besar.

Baca juga >>
Tanpa Backlink, Jangan Harap Web Bisa Naik, Benarkah?

Untuk UKM atau Usaha Kecil dan Menengah, Google Bisnisku dapat digunakan dengan mudah bahkan oleh mereka yang kurang pengetahuan tentang internet. Alasannya tidak diperlukan sistem IT yang rumit seperti harus memiliki situs website khusus atau pakar untuk menjalankannya.

Cara Kerja Google My Business

Google Bisnisku terintegrasi dengan mesin pencari Google, Google Map dan juga media sosial Google+. Jadi bisnis yang sudah mendaftar dan memverifikasi program ini akan dapat segera muncul ketika pengguna internet mencari media terintegrasi.

Dengan ini, tentu saja, bisnis Anda akan lebih mudah ditemukan melalui internet, dan memiliki potensi untuk menarik pelanggan baru.

Sistem Google Bisnisku dapat secara otomatis menampilkan bisnis Anda ketika pengguna internet mencari berdasarkan lokasi, kategori atau merek. Juga berisi informasi penting seperti jam buka, info kontak, dan arahan melalui Google Maps untuk memandu pengunjung ke tempat bisnis Anda.

Jadi segera manfaatkan peluang promosi gratis melalui Google Bisnisku. Seiring waktu, pengguna internet akan terus tumbuh. Sebanyak mungkin jenis bisnis apa pun yang sedang dijalankan, manfaatkan media internet agar dapat terus berkembang.

Dunia digital adalah dunia yang tepat untuk meningkatkan kinerja bisnis. Ya, dunia ini dapat dengan mudah menghubungkan Anda dengan orang lain, bahkan mereka yang jauh. Salah satu caranya adalah menggunakan Google Bisnisku secara optimal.

Seringkali kita mendengar istilah Google Bisnisku, tetapi tidak banyak orang yang benar-benar mengerti cara menggunakannya. Salah satu fitur Google ini, jika digunakan dengan benar dapat memudahkan Anda untuk mengelola bisnis Anda.

Google sendiri adalah mesin pencari dengan kredibilitas tertinggi dan juga yang paling bisa diandalkan oleh banyak orang. Karena itu, manfaat Google Bisnisku untuk bisnis Anda tentu sangat besar.

Baca juga >>
Komponen Search Engine : web crawler, indexer, spider

Manfaat Google My Business

Google Bisnisku membawa banyak benefit bagi penggunanya diantaranya adalah :

1. Mempertahankan Reputasi

Jika Anda menggunakan Google Bisnisku untuk mengelola bisnis Anda, bisnis Anda akan diindeks dengan baik di halaman pertama dan akan menampilkan informasi yang jelas.

Ini terjadi ketika seseorang mencari nama bisnis Anda di Internet. Jika nama bisnis Anda diindeks dengan baik dan informasi ditampilkan dengan jelas, maka reputasi Anda akan menjadi lebih baik. Pencari akan menyadari profesionalisme Anda dan akan lebih percaya diri dengan apa yang Anda tawarkan.

Jangan lupa untuk memberikan informasi yang benar mengenai bisnis Anda. Sangat penting untuk menjaga bisnis Anda tepercaya dan tidak dicurigai oleh orang lain

2. Tingkatkan Kepercayaan Pelanggan

Dengan Google Bisnisku, pelanggan dapat menulis ulasan dan penilaian tentang bisnis Anda. Ini adalah sesuatu yang interaktif dan akan menyenangkan pelanggan. Apa manfaatnya bagi Anda? Dengan sistem ulasan ini, Anda dapat mengetahui apa yang diinginkan pelanggan.

Selain itu, Anda juga dapat meningkatkan penjualan melalui ulasan positif. Namun, fitur ini bisa menjadi pedang bermata dua. Jika Anda tidak mampu mempertahankan kepuasan pelanggan. Mereka dapat memberikan peringkat buruk yang nantinya dapat dilihat oleh banyak orang dan menjadi patokan jika bisnis Anda layak dilihat atau tidak.

Dengan Google Bisnisku Anda dapat membuat situs web sederhana untuk UKM yang Anda jalankan, untuk dapat hadir di banyak jalur layanan Google dengan semakin banyak pengguna dari hari ke hari.

Dengan proses linier dan relatif mudah, bahkan bagi pengguna yang tidak terbiasa dengan proses pembuatan situs web, mereka dapat mewujudkan situs web bisnis impian mereka di Google Bisnisku. Fitur situs web dari Google Bisnisku selain dapat menampilkan informasi teks juga dapat menambahkan foto dan mengubah tema tampilan.

Baca juga >>
Berbagai Macam Template Web Yang Bikin Eye Catching

3. Sederhanakan Koneksi Pelanggan

Dengan Google Bisnisku, pelanggan dapat dengan mudah menemukan alamat Anda dan menghubungi Anda, baik melalui email atau melalui nomor telepon.

Pelanggan tidak akan bingung lagi untuk mengetahui bagaimana tetap terhubung dengan Anda. Pelanggan hanya perlu mengklik tombol telepon yang tercantum, nomor telepon Anda akan segera ditampilkan dan siap dihubungi.

Diuntungkan oleh integrasi ke berbagai layanan Google, seperti Google Maps, Google Plus, Google Hangouts, dll., Anda juga bisa mendapatkan analisis pelanggan terperinci di Google Bisnisku. Untuk melihatnya, Anda dapat mengunjungi bagian Wawasan, tentu saja, setelah Anda bergabung dalam aplikasi ini.

Ini tentu bisa menjadi salah satu cara potensial untuk meningkatkan penjualan produk Anda. Untuk alasan ini, pastikan Anda memasukkan nomor kontak yang benar dan jelas di Google Bisnisku sehingga Anda dapat segera menanggapi keinginan pelanggan.

Ya, itulah beberapa manfaat Google Bisnisku yang berguna untuk kemajuan bisnis Anda, terutama di dunia digital. Lalu, bagaimana Anda mengoptimalkan bisnis dengan Google Bisnisku? Berikut beberapa tips yang bisa dipraktikkan:

  • Masukkan alamat, email, dan nomor telepon yang benar sehingga memudahkan pelanggan untuk menghubungi Anda.
  • Pastikan Anda memeriksa ketepatan ejaan nama bisnis yang tercantum di Google
  • Tambahkan foto yang terkait dengan bisnis Anda untuk meningkatkan daya tarik
  • Jangan mencuri foto dari pihak lain. Ini dapat membuat nama bisnis Anda dilarang oleh Google Bisnisku.
  • Minta pelanggan yang puas untuk menilai bisnis di Google Business

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !