Apa itu Maintenance Website

Semakin lama jumlah konten yang ada di internet telah meningkat, dan pada Maret 2020 market share search engine google mencapai 91.98%, sisanya diisi search engine, bing, yahoo, yandex dan lainnya.

Ini menjadikan Google sebagai mesin pencari terbesar di dunia dan google selalu memperbarui algoritma pencarian untuk memastikan hanya situs web berkualitas tinggi yang dapat muncul di beranda mesin pencari.

Semakin berkualitas situs website akan menempati halaman awal dan bahkan urutan pertama hasil pencarian. Untuk situs web yang memiliki kualitas konten yang baik dan secara teknis tampilannya memenuhi syarat maka website tersebut dinamakan website yang SEO Optimized atau Google Friendly.

Tahap Maintenance website atau pemeliharaan Situs Web biasanya dilakukan setelah situs web selesai didesain untuk menjamin situs web selalu bekerja normal.

Layanan Pemeliharaan Situs Web ditujukan untuk lembaga atau perusahaan yang tidak memiliki Staf Khusus Untuk Pemeliharaan Situs Web dan juga bagi individu atau lembaga yang tidak memiliki kemampuan khusus dalam melakukan pemeliharaan dan pemeliharaan situs web.

Pengembang Web akan menawarkan Layanan Pemeliharaan Situs Web. Jika perusahaan tidak menggunakan layanan pemeliharaan situs web yang disediakan oleh pengembang web, maka perusahaan hanya perlu membayar perpanjangan paket hosting dan domain yang ditentukan.

Baca juga >>
Inilah 7 Tips dan Strategi Ngeblog untuk Mengelola Blog Baru

Tujuan lain dari membuat situs website adalah sebagai media untuk menyampaikan informasi, meskipun tujuan utamanya adalah untuk membuat pelanggan membeli produk atau menggunakan layanan yang ditawarkan.

Namun, jika informasi di situs web perusahaan Anda baik, maka pelanggan akan sering melakukan kunjungan ke situs web Anda dan mungkin bahkan pelanggan itu juga akan mengundang kerabat, teman, dan orang-orang di sekitarnya untuk datang mengunjungi situs web Anda.

Sehingga informasi harus selalu diperbarui dan penampilan yang menarik akan menjadi daya tarik utama untuk membuat situs web Anda memiliki jumlah pengunjung yang besar.

Menurut data terbaru, pengguna media sosial paling banyak di dunia dengan sekitar 1.490 juta pengguna, diikuti oleh QQ, Whatsapp, Facebook Massager, dll. Itu berarti perusahaan Anda benar-benar perlu memiliki akun media sosial, terutama Facebook.

Karena melalui media sosial ini perusahaan Anda dapat menyapa pelanggannya secara langsung. Dan sebaliknya, pelanggan juga dapat mengirimkan kritik, saran dan tanggapan dalam penggunaan produk atau layanan dari perusahaan Anda.

Apa itu Maintenance Website atau Perawatan Situs Web ?

Lembaga atau Perusahaan yang tidak menggunakan layanan pemeliharaan situs web dari pengembang web mereka harus memelihara situs website mereka sendiri.

Perusahaan harus membayar staf khusus yang dapat bekerja pada server web teknis, server surat, coding, dan desain web untuk pemasaran. Selain itu, dari pengalaman, staf pasti kurang kompeten dibandingkan pengembang web yang memang fokus mereka di bidang itu.

Mengapa situs web perlu dipelihara? Situs web yang telah diterbitkan akan bekerja 24 jam sehari dan terus diakses oleh pengunjung dari seluruh dunia, mulai dari puluhan, ratusan, ribuan, bahkan jutaan pengunjung setiap hari.

Baca juga >>
3 Faktor SEO Yang Mempengaruhi Perkembangan Website

Situs website ini juga terdiri dari file dan database besar. file situs web yang ditempatkan pada server  membutuhkan banyak hak akses sehingga butuh banyak waktu, jangan heran jika suatu kali situs web sulit diakses, lama memuat, file tidak ditemukan, diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Untuk alasan ini pemeliharaan situs web diperlukan untuk melakukan pemeliharaan, pemeliharaan, dan perbaikan untuk memastikan semua file situs web berfungsi sebagaimana mestinya.

Alasan Maintenance Website

Alasan situs website membutuhkan pemeliharaan agar situs web tidak mendapatkan kesalahan saat diakses. Di bawah ini beberapa alasan mengapa Anda perlu merawat situs website sehingga target dapat tercapai secara optimal, diantaranya :

1. Search Engine selektif dalam menampilkan setiap hasil pencarian

Hanya situs web berkualitas tinggi yang dapat muncul di halaman pertama mesin pencari. Semakin berkualitas konten dan SEO, situs web akan menempati halaman pertama bahkan urutan 1-3 hasil pencarian. Situs web yang memiliki kualitas konten yang bagus dan juga secara teknis tampilannya ramah mudah diakses juga disebut Google Friendly atau SEO Friendly.

2. Pemeliharaan akun media sosial

Menurut data terbaru Facebook adalah pengguna media sosial paling banyak di dunia, kemudian di bawahnya diikuti oleh Instagram, Whatsapp, Facebook Massager, dll. Itu artinya perusahaan Anda benar-benar perlu memiliki akun media sosial, terutama Facebook.

Karena melalui media sosial ini perusahaan Anda dapat menyapa pelanggannya secara langsung. Dan sebaliknya, pelanggan juga dapat mengirimkan kritik, saran dan tanggapan dalam penggunaan produk atau layanan dari perusahaan Anda.

3. Industri perlu mengubah tampilan dan fungsi situs web dengan cepat

Di sini situs web dapat disamakan dengan kantor depan perusahaan atau toko offline yang berfungsi untuk menyampaikan jika ada perubahan dalam layanan atau untuk menyampaikan informasi terbaru terkait dengan produk dan layanan perusahaan kepada pelanggan, dan ini dapat dilakukan dengan cepat mengingat kemampuan situs web yang bisa dilakukan kapan saja.

Baca juga >>
Daftar Web Browser Yang Paling Optimal Untuk Digunakan

4. Serangan virus dan peretas di situs web meningkat.

Sebuah data menunjukkan bahwa serangan virus dan peretas di situs web telah meningkat setiap tahunnya dengan memiliki berbagai mode. Mulai dari iseng hingga bisa membuat sistem di situs web menjadi lumpuh.

Pada tahun 2013 saja, sekitar 40 juta serangan dari peretas diidentifikasi di dunia. Dengan ini, pemilik situs web benar-benar perlu melakukan perawatan sehingga ketika virus atau peretas terdeteksi dalam sistem situs web, ia dapat ditangani sesegera mungkin.

Jangan biarkan keberadaan virus dan peretas luput dari perhatian sehingga seiring waktu akan membuat sistem di situs web menjadi lumpuh bahkan tanpa Anda sadari peretas telah mencuri data dari perusahaan Anda untuk tujuan negatif.

5. Hosting yang juga membutuhkan perawatan

Seperti halnya perangkat elektronik yang Anda miliki, hosting juga memerlukan pengawasan dan pemeliharaan. Karena setiap aktivitas pengunjung di situs web dapat menyebabkan hosting memerlukan penggunaan CPU yang sangat besar, sehingga dapat membuat halaman situs web Anda lambat saat dibuka, atau yang lebih berbahaya Anda dapat dikenakan penangguhan sepihak dari hosting penyedia layanan karena dianggap telah melanggar peraturan TOS (Ketentuan Layanan).

Proses Maintenance Website

Seperti dijelaskan di atas, tujuan utama pemeliharaan situs website adalah untuk menjaga situs web dalam kondisi normal dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Untuk alasan ini, diperlukan tindakan atau kegiatan pemeliharaan situs web berkala yang meliputi:

  1. Pencadangan Data Berkala (file web dan server basis data) Sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, mereka dapat segera dipulihkan.
  2. Selalu optimalkan file situs web agar situs web selalu muncul secara normal.
  3. Selalu periksa URL website di SERP Google untuk tidak ada halaman kesalahan saat penerbitan ke mesin pencari.
  4. Pemantauan webhosting, pemeliharaan, analisis program, awstat, pemantauan bandwidth, pemantauan ruang, dll.
  5. Pemeriksaan menyeluruh dan perbaikan file web aman tidak diretas, virus, atau malware.
  6. Layanan ping secara teratur untuk mesin pencari.
  7. Masukkan dan perbarui data secara teratur agar situs web selalu bagus di mesin pencari.
Baca juga >>
Apa Itu Blogspot

 
Demikian pembahasan mengenai apa itu maintenance website dan pemeliharaannya.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !