Apa Itu Amp (accelerated Mobile Pages) Panduan Lengkap

AMP adalah inovasi dalam teknologi internet yang digunakan untuk mempercepat 80% situs web daripada menggunakan versi non-amp yang biasa. Banyak situs web telah menerapkan teknologi ini namun lebih banyak yang tidak, terutama untuk blogger pemula yang tidak tahu apa itu AMP dan manfaatnya.

Hal yang paling berpengaruh yang akan dirasakan ketika menggunakan amp adalah kecepatan blog meningkat dengan cepat. Tentu saja ini bukan tidak mungkin karena tampilan blog kita akan dibuat sesederhana mungkin oleh amp, dan responsif pada perangkat apa pun. Selain itu, kualitas SEO website untuk bersaing di mesin pencari google dijamin meningkat dengan menggunakan amp. karena Google telah menyarankan penggunaannya.

Tetapi ada beberapa kekurangannya, diantaranyabahwa untuk menerapkan amp dengan benar kita perlu memahami pengaturan teknis yang lumayan rumit. Jika menggunakan worpress akan cukup mudah namun jika Anda menggunakan platform blogspot atau membangun custom website sendiri, akan sangat merepotkan.

Situs web yang telah divalidasi dengan standar AMP akan disimpan dalam cache AMP Google, inilah yang membuat situs web dapat diakses lebih cepat. Selain itu, AMP adalah salah satu proyek mesin pencari Google yang terus dikembangkan, untuk menjawab tuntutan pengguna internet saat ini yang sebagian besar menggunakan perangkat seluler.

Apa Itu AMP Page

Berikut adalah beberapa penjelasan tentang istilah atau pemahaman tentang laman seluler yang dipercepat (AMP).

  1. Istilah AMP adalah singkatan dari Bahasa Inggris “Accelerated Mobile Pages” jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti “Halaman Seluler Dipercepat”.
  2. Google AMP adalah proyek terbaru Google yang dikembangkan bersama para pakar teknologi melalui diskusi bersama untuk menciptakan inovasi baru yang memungkinkan pengguna untuk lebih cepat mengakses informasi melalui seluler.
  3. AMP HTML adalah struktur web yang dirancang khusus seminimal mungkin agar pemuatan halaman lebih ringan dan lebih cepat.
  4. AMP diperkenalkan sejak akhir 2015 tepatnya pada 7 Oktober 2015 dan  dirilis pada 24 Februari 2016.
  5. AMP adalah jenis aplikasi open source yang memungkinkan pengguna untuk secara bebas menjelajahi, memodifikasi, dan mendistribusikan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Baca juga >>
Apa itu Website Agen Properti Rumah Tanah

Itulah yang kami simpulkan tentang istilah AMP. Jadi pada dasarnya AMP adalah pengembangan teknologi terbaru oleh proyek Google untuk membangun halaman web sehingga lebih cepat dan lebih ringan diakses pada perangkat seluler.

AMP dikembangkan melalui studi kasus pada pengguna internet seluler di seluruh dunia bahwa kecepatan rata-rata situs web diakses lebih cepat melalui desktop dan lebih lambat jika diakses melalui ponsel. Sementara pengguna internet lebih banyak dan aktif menggunakan ponsel. Akhirnya, pengguna internet baik penerbit dan pembaca merasakan dampak negatif dari lambatnya akses ke situs web.

Untuk menjawab semua masalah, kehadiran AMP memberikan jalan keluar bagi pengguna internet. Dengan hadirnya AMP, pembaca dapat menemukan informasi dengan cepat tanpa mengurangi konten informasi dan merasa lebih nyaman menjelajahi konten situs web.

Manfaat kehadiran AMP juga sangat dirasakan oleh penerbit atau penyedia informasi. Dimana dengan blog AMP yang memiliki loading cepat akan meningkatkan nilai SEO di mata Google. Nilai SEO yang tinggi meningkatkan kemungkinan konten berada di halaman utama mesin pencari (search engine) sehingga kemungkinan pengunjung akan melihat dan menemukan informasi yang diinginkan. Dengan demikian peringkat blog menjadi lebih baik.

Alasan Mengapa Harus Menggunakan AMP

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus memvalidasi situs website dengan standar AMP.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh beberapa lembaga, situs web yang dimuat selama lebih dari 3 detik pada perangkat seluler akan ditutup oleh pengunjung. Dengan menerapkan AMP, situs web Anda akan mengalami peningkatan kecepatan pemuatan yang signifikan jika diakses dari perangkat seluler.

Perangkat seluler adalah perangkat utama yang digunakan untuk mengakses internet saat ini. Jadi situs web, tidak cukup hanya mobile friendly, tetapi juga harus memiliki kecepatan pemuatan terbaik saat diakses dari perangkat seluler.

Situs web AMP lebih ramah SEO. Situs web yang memiliki kecepatan akses yang lebih baik, tentu memiliki peluang peringkat yang lebih baik di mesin pencari.

Tujuan dari proyek AMP ini adalah untuk membuat halaman website mobile (untuk seluler) yang dapat dimuat secara instan. Karena kenyataan bahwa masih banyak halaman web yang membutuhkan waktu lama untuk sepenuhnya ditampilkan. Saat ini mayoritas pemilik situs web telah membuat situs website mereka responsif sehingga pengunjung merasa nyaman ketika mengunjungi situs web menggunakan perangkat seluler. Namun, untuk masalah kecepatan situs web pada perangkat seluler belum terselesaikan.

Koneksi internet pada perangkat desktop lebih cepat daripada perangkat seluler. Sehingga waktu pemuatan situs web pada perangkat desktop lebih cepat dari perangkat seluler. Dan harap dicatat, sebagian besar pengunjung akan meninggalkan situs web jika load time website lebih dari 5 detik. Sekarang, menerapkan halaman AMP ke situs website akan menyelesaikan masalah kecepatan situs web saat dibuka dengan perangkat seluler.

Baca juga >>
Apa Itu Instagram Ads

Apa itu Google AMP

Ketika Anda mencari konten menggunakan ponsel (seluler), maka di beberapa konten Anda akan menemukan logo kilat yang bertuliskan AMP, itulah produk Google terbaru. AMP adalah produk Google untuk perangkat seluler yang penggunaannya untuk memfasilitasi pengguna internet yang berselancar di dunia maya. Keuntungan dari AMP Google adalah ketika Anda membuka halaman web (dengan logo AMP), pemuatan web untuk membuka halaman tersebut akan 4x lebih cepat dan juga menghemat lebih banyak penggunaan data.

Cara menggunakan Google AMP juga sangat mudah, Anda hanya perlu mencari konten seperti biasa, lalu pilih konten yang muncul bertanda ‘kilat’, setelah itu hasil pencarian dari satu situs yang mendukung AMP dapat diakses hanya dengan menggesernya menggunakan jari Anda.

Google Mobile Accelerated Pages adalah inisiatif dan inovasi dalam bentuk aplikasi open source yang muncul dari diskusi antara publisher dan perusahaan teknologi tentang pentingnya meningkatkan seluruh ekosistem konten seluler untuk semua orang termasuk publisher, customer, pembuat, dan pengguna.

Sekarang, ada banyak harapan untuk konten dan informasi berita yang dapat diakses dengan sangat cepat. Tetapi sebenarnya banyak halaman web yang dibutuhkan oleh custumer terbuka dalam beberapa detik ketika konsumen atau pembaca mengaksesnya melalui pencarian Google.

Keberadaan fitur Google AMP dapat meminimalkan penggunaan seperti CSS, JavaScript, dan HTML sehingga membutuhkan waktu loading yang lebih sedikit dan efektif. Karena pada dasarnya, fitur Google AMP dapat membuat halaman situs web Anda lebih ramping dan lebih mudah diakses.

Dengan fitur AMP, ia akan menyimpan cache situs web pada awalnya. Jadi tidak perlu mengunduh file berulang-ulang untuk sekadar membuka halaman web yang akan dibuka jika almatnya sama, karena cache akan dimuat kembali. Itulah gambaran singkat tentang sistem kerja fitur Google AMP.

Jadi pada dasarnya Halaman Seluler yang Dipercepat adalah halaman web yang dirancang khusus untuk dimuat dalam perangkat seluler dalam waktu yang sangat cepat, ini tentunya merupakan kemajuan bagi sistem web seluler yang memiliki dampak besar.

Apa yang ditawarkan Google AMP?

Kecepatan adalah impian semua orang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rasio pentalan dapat mencapai 58% pada halaman web yang memuat dalam 10 detik. Diharapkan dengan menggunakan AMP akan membuat tingkat bounce rate menurun dan meningkatkan interaksi pembaca dengan situs web yang menggunakan AMP.

AMP bukan hanya tentang kecepatan dan kinerja. Google dan timnya juga menjanjikan distribusi konten yang lebih baik sehingga situs web dapat diakses dengan sangat cepat melalui platform dan aplikasi apa pun, tentu saja dengan distribusi konten yang lebih baik oleh Google akan meningkatkan performa dan juga jumlah kunjungan bukan?

Baca juga >>
Apa itu Joomla dan Penjelasannya

Bagaimana Cara Kerja Google AMP?

Google AMP sebenarnya sama dengan halaman HTML lainnya, hanya saja pada AMP ada beberapa fungsi yang terbatas tetapi masih dalam lisensi Open-Source. Laman Seluler yang Dipercepat dapat diakses melalui semua peramban terbaru atau aplikasi tampilan web lainnya. Tujuannya agar pengguna situs web lebih puas karena halaman situs web yang mereka inginkan dapat muncul dengan cepat sehingga informasi lebih mudah diperoleh.

Siapa Sebenarnya yang perlu Google AMP ?

Tentu saja untuk Anda, pemilik situs web profesional, publik, dan penulis artikel web. Google juga telah mengumpulkan sejumlah platform situs web untuk ikut serta dalam mendemonstrasikan AMP ini di situs webnya, platform ini meliputi: Twitter, Google, ChartBeat, dan WordPress. Selain platform tersebut google juga mengambil beberapa penerbit berita seperti: Vox, The New York Times, The Guardian dan Globo untuk menggunakan AMP accelerated Mobile Pages.

Apa Manfaat Google AMP

Mungkin sebagian orang sudah mengenalnya, terutama mereka yang sudah lama berkecimpung di dunia blogger. Fitur dari Google yang dapat dengan mudah diimplementasikan di situs web pribadi Anda adalah apa yang dimaksud Google AMP. Untuk situs web yang memiliki fitur AMP, mereka dapat dengan mudah meningkatkan jumlah pengunjung. Karena manfaat dari fitur AMP dapat memastikan bahwa konten Anda di situs web dapat diakses lebih cepat.

Pada dasarnya, dalam pengerjaan fitur Google AMP hampir sama dengan Facebook Instant Article. Namun, fitur Google AMP digunakan pada platform yang berbeda. Di Google AMP menggunakan platform mesin pencari google, lain halnya dengan Facebook Instant Article yang menggunakan platform media sosial dalam bentuk Facebook. Anda dapat melihat secara langsung situs web yang menggunakan fitur Google AMP dengan menggunakan hasil pencarian Google.

Tujuan AMP adalah inovasi baru untuk membuat situs web super cepat yang diakses di perangkat seluler bagaimanapun kecepatan internet Anda. Nah, apakah Anda penasaran dengan manfaat memasang AMP selain memuat akses seluler cepat? Mari kita simak bersama:

Setelah menerapkan AMP di situs web, Anda akan mendapatkan berbagai manfaat, diantaranya :

  1. Memuat situs web menjadi lebih cepat ketika diakses menggunakan perangkat seluler, bahkan dengan koneksi yang lambat. Ini karena penampilan situs web menjadi lebih sederhana dan minimalis tetapi tetap responsif dan nyaman bagi pengunjung. Kecepatan situs web kami setelah setelah menggunakan  AMP meningkat tajam, yaitu sekitar 85% kecepatan pemuatan untuk perangkat mobile.
  2. Manfaat kedua adalah dapat mengurangi beban pada server hosting, sehingga secara otomatis meningkatkan kinerja server di situs web atau blog Anda. Terlebih lagi, Google telah menyediakan AMP Cache, yang merupakan jaringan pengiriman konten berbasis proxy (CDN) sehingga meringankan kinerja server.
  3. Hemat data dan penggunaan bandwidth karena komponen situs web menjadi lebih sedikit dan halaman yang dimuat hanya dilihat oleh pengunjung.
  4. Setelah menerapkan AMP, situs web akan memiliki kesempatan untuk peringkat yang lebih baik dan ditampilkan di bagian atas halaman hasil pencarian di google atau search engine lainnya. Secara tidak langsung, mesin pencari Google akan memberi peringkat baik bagi situs website Anda karena pemuatan cepat. Peringkat blog di Alexa juga akan meningkat. Setiap artikel akan mudah untuk masuk Halaman Satu di beranda Google.
  5. AMP menggunakan cache dari Google sehingga situs web dilayani langsung dari server Google dengan ratusan titik server CDN sehingga pengunjung dilayani dari server google terdekat dan loading website lebih cepat.
  6. Meningkatkan jumlah pengunjung website terutama pengunjung dengan jaringan seluler atau mobile. Jika kecepatan halaman atau kecepatan di bawah rata-rata maka blog Anda akan ditinggalkan oleh pengunjung. Selain itu bersaing di beranda Google akan sulit karena blog lambat.
Baca juga >>
Apa itu Premium Wordpress Hosting

Jadi website yang menggunakan Google AMP akan mendapatkan banyak manfaat, fitur dan fasilitas yang fantastis di dalamnya. Hasilnya juga akan lebih baik dan sangat signifikan. Ketika Anda bisa mendapatkan lebih banyak manfaat, di sinilah Anda bisa melihat grafik apa yang harus Anda terapkan di dalamnya. Yang jelas adalah bahwa Anda perlu memahami seluk beluk menggunakan AMP ini. Karena di era modern ini, orang membuka situs web dengan dua cara, apakah itu melalui gadget, atau melalui PC atau Desktop. Dari sini Anda akan dapat melihat hasilnya dengan lebih baik.

Dengan Google AMP, Anda akan mendapat semua manfaat yang banyak dan dapat meraihnya dengan mudah. Situs Anda juga dapat dioptimalkan lebih baik untuk SEO website ketika Anda tahu apa itu Google AMP dan bagaimana cara memaksimalkannya.

Apakah AMP Bagus Untuk SEO?

Google menghargai halaman AMP dalam peringkat pencariannya. AMP dapat menjadi salah satu faktor untuk peringkat di hasil pencarian. Tetapi kecepatan AMP dalam memuat halaman dan meningkatkan peringkat pencarian, juga disertai dengan hal-hal yang tidak menguntungkan, seperti backlink ke AMP, jika dicari melalui pencarian Google, tidak akan memberikan manfaat apa pun bagi situs web Anda. Keuntungan dari backlink akan langsung masuk ke domain Google karena secara teknis, halaman web yang menggunakan AMP dihosting di situs web Google.

Keuntungan Menggunakan AMP

AMP pada dasarnya adalah upaya untuk meningkatkan pengalaman pengguna website dari jaringan seluler. AMP bermanfaat untuk bisnis dan perusahaan dengan cara seperti:

1. Tingkatkan Pengalaman Pengguna

Semakin banyak orang beralih ke AMP untuk meningkatkan traffic website. Fitur terpenting ditingkatkan adalah pengalaman pengguna secara keseluruhan. Jika Anda tidak menggunakan AMP, pengunjung harus menunggu beberapa saat untuk memuat dan harus melalui banyak konten untuk menemukan apa yang mereka cari. Namun, jika Anda menggunakan AMP, halaman web akan dimuat lebih cepat dan pengunjung tidak perlu melalui banyak konten yang tidak perlu. AMP memikirkan apa yang diinginkan dan tidak diinginkan pengunjung.

Baca juga >>
Pentingnya Jual Beli Domain Sebagai Investasi Online

2. Halaman Muat Lebih Cepat

Halaman AMP hanya berisi hal-hal terpenting terlebih dahulu. Inilah yang membuatnya memuat lebih cepat. Ini adalah hal yang menguntungkan, karena rasio pentalan akan berkurang ketika informasi yang diinginkan dimuat terlebih dahulu. Jadi pastikan halaman konten Anda dioptimalkan dengan baik.

3. Meningkatkan Peringkat Pencarian Google

Google akan menghargai Anda ketika Anda mulai menggunakan AMP. AMP berasal dari Google, dan tentu saja mereka ingin orang menggunakan AMP. Jadi Google akan memberi lebih banyak manfaat bagi pengguna AMP. Peringkat Anda bisa lebih tinggi di halaman pencarian daripada yang lain. Dengan demikian, lebih banyak pengunjung akan datang ke situs web Anda. Untuk mendapatkan banyak pengunjung, Anda harus berada di peringkat teratas.

Kerugian Menggunakan AMP

Google AMP memang memberikan manfaat untuk halaman yang dioptimalkan. Namun AMP juga memiliki kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Pastikan Anda tahu apa yang berfungsi dengan baik jika Anda menggunakan AMP, dan apa yang tidak berhasil. Ketika Anda tahu pasti apa yang baik dan buruk tentang AMP, akan lebih mudah bagi Anda untuk memutuskan apakah halaman web Anda perlu menggunakan AMP atau tidak.

1. Hanya Tampilkan Bagian Konten Paling Penting

Hal utama yang perlu Anda ketahui adalah bahwa halaman AMP tidak sama dengan halaman situs web asli. Seperti dijelaskan di atas, Anda akan mendapatkan beberapa manfaat dengan menggunakan AMP, tetapi Anda tidak akan mendapatkan manfaat SEO dari situs web Anda, karena proses plugin AMP akan sedikit berbeda, cache dan notasi juga berbeda di situs web. Ini yang harus Anda pertimbangkan, apakah AMP memengaruhi SEO situs web Anda.

2. Branding Akan Lebih Sedikit

Menggunakan Google AMP di salah satu halaman web juga akan memengaruhi branding. Tampilan halaman akan lebih mirip dengan tampilan Google daripada penampilan halaman situs web Anda sendiri. Inilah yang membuat proses branding Anda akan sedikit terganggu. Anda masih akan menerima manfaat lain, tetapi Anda juga perlu memahami apa saja aspek menguntungkan dari branding.

3. Tampilan Halaman Berbeda di Desktop dan di Seluler

Tampilan di desktop dan di ponsel juga akan berbeda. Perbedaan antara tampilan ini akan mempengaruhi konten yang ditampilkan. Konten tampilan juga akan berbeda dari satu versi ke versi lainnya. Anda juga perlu mempertimbangkan ini dengan cermat. Jika konten yang Anda buat berkualitas buruk, itu akan meningkatkan rasio pentalan. Konten Anda memainkan peran besar apakah Anda akan menerima hasil yang baik menggunakan AMP. jadi, pastikan juga Anda membuat konten berkualitas baik.

Baca juga >>
Strategi Amazon Dalam Memberi Harga Yang Bisa Ditiru

Apakah AMP Bagus Untuk SEO?

Jadi, apakah Anda harus menggunakan Google AMP untuk halaman situs web? Beberapa kelebihan dan kekurangan di atas dapat dipertimbangkan, apakah Anda perlu menggunakan Google AMP atau tidak. Jika Anda punya waktu dan memahami kode untuk membangun situs web dan membuat situs web kedua dengan fitur Google AMP, maka Anda akan mendapat manfaat lebih. Untuk membuat dua situs berbeda, pastikan Anda memahami kodenya, karena membuat situs web kedua bisa sedikit lebih rumit dan membutuhkan lebih banyak waktu.

Apa Itu AMP Project

AMP adalah sebuah project yang memberikan kemudahan bagi situs web Anda untuk menjadi web masa depan. Ini akan membuat halaman web Anda lebih menarik, halus dan yang paling penting adalah memuat dengan cepat dan instan untuk pengguna. AMP sangat didukung oleh banyak platform yang berbeda dan tentunya kompatibel di semua browser. Ekosistem AMP mencakup 25 juta domain, 100+ penyedia teknologi, dan platform terkemuka yang mencakup bidang penerbitan, iklan, e-commerce, bisnis lokal atau kecil, dan banyak lagi.

Apa yang AMP Bisa Beri ?

  1. Kinerja Lebih Baik

Halaman dan iklan yang diterbitkan dalam format AMP akan memberikan pengalaman yang halus dan menyenangkan di perangkat seluler dan desktop.

  1. Fleksibilitas dan Hasil

Penerbit dan pengiklan dapat menentukan konten yang ingin mereka tampilkan dan vendor teknologi yang digunakan, sambil mempertahankan dan meningkatkan indikator kinerja utama.

Apa Saja Komponen Inti Halaman AMP ?

Kita semua tahu bahwa pada awal tahun Google meluncurkan Halaman Seluler yang Dipercepat dalam hasil pencarian seluler. Ini terlihat pada halaman Alat Webmaster Google di menu Tampilan Penampilan> Laman Seluler yang Dipercepat. Yang mana jika halaman blog Anda cocok dengan AMP, laporan AMP menampilkan jumlah halaman AMP yang berhasil diindeks atau kesalahan halaman yang terkait dengan halaman AMP yang ditemukan ketika Google merayapi situs Anda. Ketika merujuk dari Halaman Alat Webmaster Google, definisi AMP adalah Halaman Mobile yang Dipercepat atau Open Source Mobile adalah inisiatif sumber terbuka untuk menyediakan halaman web yang memuat dengan cepat dan terlihat bagus di perangkat seluler, bahkan di jaringan yang lambat. Yang dalam aplikasinya ada dalam struktur web akan meminimalkan penggunaan JavaScript, CSS dan HTML.

Sebagai aplikasi open source yang berguna untuk memodifikasi situs web, mungkin Anda perlu mengenal lebih detail dengan komponen AMP itu sendiri. Seperti AMP HTML yang merupakan HTML khusus yang sengaja dibangun oleh Google untuk membuat akselerasi akses halaman. Jadi wajar saja, jika banyak pengembang masih asing dengan format unik bahasa pemrograman yang satu ini. Berikutnya adalah AMP JS dan AMP Cache yang memiliki format yang tidak kalah uniknya dengan AMP HTML.

Baca juga >>
Apa itu Google Adword

AMP JS: Kerangka kerja JavaScript untuk halaman seluler. Sebagian besar, Skrip ini akan mengelola dan menangani sumber daya dan pemuatan yang tidak sinkron; JavaScript dari pihak ketiga tidak diizinkan oleh Google AMP. AMP JS: Adalah kerangka kerja JavaScript (AMP Javascript Library) untuk halaman seluler. Fungsinya adalah web dapat di-render dengan cepat. Secara khusus merender sumber daya seperti halaman, video, gambar, iframe tidak sinkron. Perlu dicatat bahwa JavaScript eksternal tidak diizinkan dengan AMP. penggunaan tag AMP ditempatkan di elemen terakhir pada kode

Apa itu AMP Cache

Sekarang Google telah menyediakan AMP Cache, yang merupakan jaringan pengiriman konten berbasis proxy (CDN). Fungsinya membuatnya mudah untuk mengirimkan dokumen AMP yang valid kepada pengguna. Sekarang lebih mudah untuk memahami AMP Cache dirancang untuk memberikan halaman AMP yang valid dan kemudian memungkinkan halaman itu dimuat secara efisien dan aman.

AMP Cache berfungsi sebagai area penyimpanan sementara. Jika Anda ingin mengakses situs web yang telah Anda kunjungi sebelumnya, maka waktu pemuatan halaman situs akan lebih cepat, karena peramban tidak lagi perlu memuat laman, data yang diambil hanya yang perlu diambil.

Perbedaannya di sini adalah bahwa Google AMP Cache hanya menyimpan data yang sudah AMP valid. Oleh karena itu, konten AMP biasanya dapat dimuat dalam waktu kurang dari 3 detik, meskipun pengguna belum mengunjungi situs Anda, tetapi Google sudah menyimpan data situs Anda di Google AMP Cache.

Apa Itu AMP HTML tag

Hingga saat ini pembahasan tentang AMP (Accelerated Mobile Pages) masih hangat dibicarakan oleh banyak orang di internet, terutama oleh blogger. Dunia blogger tidak sesempit lapangan sepak bola yang setiap sudutnya memiliki garis pemisah. Semua informasi dapat diperoleh dengan mudah tanpa batas melalui internet, termasuk diskusi tentang Laman Seluler yang Dipercepat (AMP).

Ada satu komponen penting yang perlu dipertimbangkan dan dipelajari jika kita ingin menggunakan AMP di blog atau situs web kita yaitu AMP HTML TAG. Komponen inilah yang membangun struktur blog menjadi AMP yang valid.

Kami akan mencoba menjelaskan sedetail mungkin sehingga selanjutnya dapat membedakan antara web AMP yang valid dan web non-AMP. Sederhananya HTML adalah bahasa pemrograman web standar yang disusun untuk menampilkan halaman web. Bahasa ini dalam bentuk simbol dan kode yang dirancang khusus untuk membangun halaman situs web.

Lebih mudah tentang HTML kami menggambarkannya seperti ini; Orang Inggris memiliki bahasa Inggris, orang Arab memiliki bahasa Arab, orang Cina memiliki bahasa Cina. Untuk menyampaikan pesan kepada mereka, kita harus menggunakan bahasa masing-masing. Yah, situs web juga memiliki bahasa khusus sendiri, HTML. Seperti dijelaskan di atas, AMP HTML adalah elemen khusus yang dirancang untuk mempercepat halaman web. Jadi ada aturan khusus untuk AMP HTML yang berbeda dari HTML biasa pada umumnya. Inilah yang akan cukup merepotkan bagi pengguna AMP, karena AMP HTML belum akrab di antara pengguna situs web (pengembang).

Baca juga >>
Pengertian dan Pemahaman Mengenai Anchor Text (Teks Jangkar)

Apa Itu AMP WordPress

Setelah mengambil vakum beberapa saat dari dunia blogging, ada banyak perubahan, baik perubahan algoritma Google atau penambahan fitur tertentu, dan ternyata sekarang sedang booming tentang blog AMP, karena penasaran tentang fungsi dan manfaatnya, akhirnya kami menerapkannya di website wordpress ini. AMP adalah akronim untuk Accelerated Mobile Pages, dari namanya jelas mengarah ke laman seluler dipercepat, melihat maraknya blog yang mendukung amp, tentu saja ada keuntungan atau manfaat penerapan di blog.

Manfaat jelas yang kami rasakan adalah website wordpress jadi sangat cepat diakses jika seseorang memasuki website kami melalui halaman pencarian dengan perangkat seluler.

Kami selalu mengutaman kenyamanan pengunjung, cobalah untuk merasakannya sendiri, ketika Anda mengunjungi website yang loadingnya lama, pasti ada rasa malas atau ngga jadi mengunjungi dan memilih situs lain yang loadingnya ringan dan cepat.

Dengan memasang AMP hal seperti itu bisa diatasi karena loading blog sangat cepat. Tentu saja, AMP sangat baik untuk kebutuhan seo website kita, baik untuk seo on page atau off page. Halaman AMP ramah bagi pengunjung dan membuat mereka betah karena waktu pemuatan dari satu artikel ke artikel lain sangat cepat.

Manfaat Menerapkan AMP di Blog WordPress

Beberapa manfaat menerapkan AMP di blog wordpress salah satunya memuat blog sangat cepat diakses, mengapa menggunakan kata ‘sangat’ karena sekarang blog wordpress yang belum menerapkan amp sudah memuat cukup cepat, semua berkat template dan pengembang tema yang semakin mahir membuatnya, tetapi yang AMP lebih cepat dan stabil dari yang sekedar mobile friendly.

Pengunjung blog juga merasa lebih nyaman karena tidak perlu menunggu pemuatan yang lama untuk berpindah dari satu artikel ke artikel lainnya. Website blog wordpress jadi SEO optimized dan mobile friendly dengan penampilan yang lebih simpel dan ringan. AMP wordpress juga mendukung skrip iklan adsense dan auto ads.

AMP sangat baik untuk meningkatkan peringkat blog di mesin pencari. Kita tahu bahwa apapun yang dianjurkan google biasanya menjadi salah satu faktor penentu peringkat artikel di mesin pencari, tentu saja harus disertai dengan kualitas artikel yang baik.

Proyek Google AMP untuk wordpress ini banyak dibahas, bahkan situs portal berita Indonesia telah banyak menerapkan di situs web mereka, cara melihat blog yang mendukung amp sangat mudah, biasanya dalam hasil pencarian akan ada simbol kilat. Jika Anda adalah pengguna blogger, Anda akan mengalami sedikit kesulitan ketika Anda ingin mengubah blog Anda menjadi AMP website.

Meskipun template AMP tersedia untuk platform blogspot, tetapi customisasi dan optimasi AMP blog nya akan rumit, mudah-mudahan di masa depan akan mudah untuk platform selain wordpress.

Baca juga >>
Apa itu Website Instansi, Yayasan atau Lembaga

Apa Saja Plugin AMP Untuk WordPress

Berbicara tentang plugin AMP ini benar-benar menarik, tetapi mungkin di antara Anda beberapa masih belum tahu tentang plugin wordpress untuk AMP. Jangan khawatir karena di bawah ini kita akan membahas bersama tentang plugin wordpress terbaik untuk AMP website.

  1. AMP for WP

Plugin AMP pertama dan terbaik untuk WordPress adalah AMPforWP. Jika Anda memperhatikan, plugin ini telah banyak digunakan oleh situs-situs besar salah satunya termasuk website SEON ini menggunakan ampforwp versi pro.

Plugin ini memang sangat luar biasa, banyak fitur gratis tanpa harus membayar juga tersedia banyak add on premium yang berbayar.

  1. Better AMP

Plugin wordpress amp  berikutnya adalah Better AMP. Plugin ini tidak kalah dengan plugin sebelumnya, terutama pada fitur yang ditawarkan.

Plugin ini menawarkan secara khusus bagi pengguna untuk dapat melakukan RTL. Selain itu, jika ada slider gambar atau slide di artikel utama di situs Anda, maka ada juga slider amp.

Bahkan Anda dapat menampilkan halaman 404 tersendiri. Cara mengatur plugin amp ini juga cukup mudah dan tidak terlalu merepotkan.

  1. AMP dari Automattic

Mungkin di antara Anda  tidak asing dengan nama Automattic, yang selalu memberikan yang terbaik untuk wordpress, seperti jetpack, akismet, gravatar dan banyak lainnya.

Plugin AMP ini dapat membuat situs Anda menjadi amp secara otomatis dan cepat. Namun masih banyak yang bingung tentang cara mengatur amp pada plugin ini.

  1. WP AMP

Plugin AMP wordpress dibuat oleh WP AMP Ninja. Dari nama pembuatnya, sudah ada garansi pasti mereka ahli di bidangnya. Jika ditanya yang terbaik menurut admin sendiri, plugin ini adalah yang terbaik untuk versi free  karena dapat menjaga situs web unggul dalam metadata. Dan terlihat lebih rapi dan tidak membuat sakit kepala. Cara pengaturannya cukup mudah. Aktifkan saja yang berikutnya akan secara otomatis berubah ke amp.

Tips dan Cara Percepat Index Halaman AMP

Salah satu faktor SEO terpenting dari blog Anda adalah jumlah halaman web yang diindeks oleh Google. Semakin banyak halaman yang diindeks, semakin baik SERP Anda di Google.

Halaman yang diindeks kemudian akan muncul ketika seseorang mencari dengan kata kunci yang relevan. Harap perhatikan, Googlebot (Robot Perayap Google) itu merayapi situs Anda setiap hari. Anda dapat melihat status perayapan situs web atau blog Anda di Google Webmaster Tools> Crawl> Crawl Stats

Perayapan ini adalah cara Google untuk menemukan halaman di situs web Anda, lalu mengindeksnya. Namun, tidak semua halaman yang dirayapi akan diindeksdan ditampilkan di halaman hasil pencarian. Hanya halaman tertentu yang memenuhi persyaratan Google yang akan diindeks ke mesin pencari.

Baca juga >>
Banyak Yang Salah Kaprah Mengenai Server

Halaman yang diindeks berubah setiap saat, tergantung pada kinerja dan konten situs website Anda. Ketika ada pembaruan Algoritma, biasanya akan ada perubahan yang tidak biasa dalam jumlah indeks. Terkadang berkurang, atau bahkan meningkat secara dramatis. Ini tergantung pada teknik SEO yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan Black hat SEO, bersiaplah untuk menerima penalti dalam bentuk pengurangan drastis dalam jumlah indeks Anda. Bahkan mungkin situs web Anda tidak lagi diindeks.

Supaya indeks situs website Anda meningkat secara signifikan dan tahan terhadap pembaruan yang terjadi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

Perluas Konten Berkualitas

Tentu saja, yang pertama adalah melipatgandakan konten situs web Anda. Namun, konten Anda juga harus berkualitas. Ingat, tidak semua yang dirayapi Google akan diindeks. Selain itu konten yang berkualitas juga akan menarik pengunjung untuk mengunjungi situs Anda.

SiteMap Google

Situs web Anda harus memiliki sitemap yang dikirimkan ke google webmaster. Peta situs ini akan memudahkan Google untuk menjelajah dan menunjukkan bahwa Anda serius. Jenis sitemap yang baik adalah XML sitemap. Contoh sitemap bisa cek https://seon.co.id/sitemap.xml

Tingkatkan Internal Link

Tautan internal yang efektif memudahkan Googlebot untuk menjelajahi situs Anda. Tautan internal ini dapat disamakan dengan pintu masuk ke halaman yang akan diindeks oleh Google. Jadi, semakin banyak tautan internal, semakin cepat perayapan googlebot dan itu bisa menjadi nilai tambah untuk pengindeksan.

Bersihkan Duplikat Konten yang terdeteksi di Webmaster

Di alat webmaster google, peningkatan HTML / GWT> Tampilan pencarian> Fitur peningkatan HTML mendeteksi ada atau tidak adanya konten duplikat di situs web Anda. Konten duplikat terjadi ketika halaman berbeda di situs web Anda memiliki deskripsi meta yang sama atau judul yang sama.

Gunakan Data Terstruktur dan Rich Konten

Alat webmaster Google memiliki fitur data terstruktur untuk membantu Googlebot mengenali konten di situs web Anda. Data terstruktur ini akan memberi tahu Anda jika mesin pencari tidak dapat mendeteksi informasi dari konten Anda seperti siapa penulis, tanggal, deskripsi, judul, dan sebagainya.

Kirim Halaman Secara Manual dengan fitur Fetch as Google

Fitur lain dari alat webmaster Google adalah Anda dapat “memberi tahu” Googlebot untuk merayapi laman web Anda sesuai dengan url yang Anda masukkan. Ini dapat meningkatkan indeks blog Anda jika halaman tidak dirayapi secara otomatis oleh Google. Ambil ini sebagai fitur google yang dapat Anda gunakan melalui alat webmaster Google> Crawl> Fetch as Google.

Demikian informasi tentang AMP yang bisa kami sajikan. Intinya, proyek ini luar biasa bagi pengembang web, semoga proyek AMP akan lebih sukses dan memudahkan pengembang web untuk meningkatkan kinerja web mereka.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat