Apa itu Website Sekolah dan Universitas

Menurut wikipedia, Sekolah adalah lembaga untuk pengajaran siswa atau murid di bawah pengawasan guru. Sebagian besar negara memiliki sistem pendidikan formal yang umumnya wajib. Dalam sistem ini, siswa mengalami kemajuan melalui serangkaian kegiatan belajar mengajar di sekolah. Nama-nama untuk sekolah ini bervariasi menurut negara, tetapi umumnya termasuk sekolah dasar untuk anak-anak muda dan sekolah menengah untuk remaja yang telah menyelesaikan pendidikan dasar.

Kata sekolah berasal dari Bahasa Latin: skhole, scola, scolae atau skhola yang memiliki arti: waktu luang atau waktu senggang, di mana ketika itu sekolah adalah kegiatan di waktu luang bagi anak-anak di tengah-tengah kegiatan utama mereka, yaitu bermain dan menghabiskan waktu untuk menikmati masa anak-anak dan remaja. Kegiatan dalam waktu luang itu adalah mempelajari cara berhitung, cara membaca huruf dan mengenal tentang moral (budi pekerti) dan estetika (seni). Untuk mendampingi dalam kegiatan scola anak-anak didampingi oleh orang ahli dan mengerti tentang psikologi anak, sehingga memberikan kesempatan yang sebesar-besarnya kepada anak untuk menciptakan sendiri dunianya melalui berbagai pelajaran di atas.

Saat ini, kata sekolah berubah arti menjadi: merupakan bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran.Sekolah dipimpin oleh seorang Kepala Sekolah. Kepala sekolah dibantu oleh wakil kepala sekolah.Jumlah wakil kepala sekolah di setiap sekolah berbeda, tergantung dengan kebutuhannya. Bangunan sekolah disusun meninggi untuk memanfaatkan tanah yang tersedia dan dapat diisi dengan fasilitas yang lain. Ketersediaan sarana dalam suatu sekolah mempunyai peran penting dalam terlaksananya proses pendidikan.

Baca juga >>
Apa Itu DNS? Bagaimana Cara Kerja serta Fungsinya?

Apa itu Website Sekolah

Teknologi Informasi berbasis komputer adalah salah satu media yang cukup efektif dalam mengelola sistem informasi akademik sekolah.

Penggunaan internet dewasa ini juga mulai meningkat di kalangan pendidikan, penggunaan ini tidak hanya sekedar mencari informasi di Internet saja, tetapi juga sudah menerapkan teknologi internet ini sebagai media publikasi sekolah dalam meningkatkan mutu dan kualitas sekolah.

Salah satu upaya yang bisa dijadikan sebagai program unggulan best Practice sebuah Institusi Pendidikan Sekolah adalah pembuatan website Sekolah yang dipandang sebagai jembatan emas untuk meraih masa depan yang gemilang, terlebih di dalam website ini terdapat sistem yang memungkinkan pengawasan nilai siswa sebagai bahan evaluasi yang dapat dipantau oleh orang tua wali di berbagai tempat yang pengolahannya dapat dilakukan secara online.

Selain itu juga berbagai informasi sekolah yang menjadi daya tarik masyarakat dalam memandang citra sekolah.
Pembuatan website menjadi salah satu pilihan ketika masyarakat juga mulai terbiasa dengan memanfaatkan teknologi berbasis internet.

Untuk itu, sudah selayaknya lembaga pendidikan memiliki website sebagai sarana komunikasi antara guru, siswa dan wali murid. Di samping itu, Website sekolah juga bisa menjadi pusat informasi bagi pengunjung dan mereka yang ingin melanjutkan jenjang pendidikannya lebih tinggi.

Website sekolah saat ini tengah menjadi trend di dunia pendidikan dan website memperoleh perhatian, tanggapan yang sangat bagus dari berbagai pihak baik dari tenaga kependidikan, siswa serta masyarakat. Website dapat dijadikan sebagai media pembelajaran online yang lebih di kenal dengan istilah e-learning.

Hal ini bisa membatu memudahkan siswa untuk mengakses mata pelajaran tambahan yang seringkali di beri oleh guru lewat situs website sekolah sehingga jauh lebih tepat guna dan juga informatif.

Baca juga >>
Pengertian Media Sosial Facebook Twitter Instagram Whatsapp

Alasan Mengapa Website Sekolah DIbutuhkan

Alasan mengapa sekolah perlu memiliki situs website diantaranya karena semakin cepatnya arus informasi dan pengetahuan yang ingin dimiliki oleh siswa sekolah dasar, menengah, dan atas.

Tentu saja sekolah tidak bisa tinggal diam dan hanya fokus pada pengajaran tradisional di mana siswa tidak mendapatkan pengetahuan yang lebih besar daripada yang mereka dapatkan dari internet. Berikut adalah beberapa pertimbangan mengapa website sekolah dibutuhkan.

1. Kredibilitas Sekolah Meningkat

Kredibilitas sekolah di mata publik dapat diangkat dan situs web sekolah dapat bersaing dengan situs web sekolah lainnya dengan tujuan mencapai dan meningkatkan jumlah siswa.

2. Situs web tersedia 24 jam

Situs web ini tersedia 24 jam sehari bagi orang tua untuk memberikan informasi yang akurat tentang sekolah dan terus diperbarui.

3. Perawatan Siswa untuk Sekolah

Dengan situs website, sekolah dapat meningkatkan rasa bangga siswa di lingkungan mereka. Sekolah juga dapat berinteraksi dengan siswa melalui situs web sekolah.

4. Menghubungkan Sekolah dengan Orang Tua

Orang tua siswa dapat memperoleh berita  dan informasi resmi terbaru dari sekolah terkait dengan kegiatan belajar mengajar melalui situs web.

5. Memiliki Tes Online Sendiri

Situs website sekolah dapat memberikan tes online siswa sendiri dengan tujuan memodernisasi pelaksanaan tes baik untuk kelas dan tes semester.

6. Hasil Tes Online Realtime

Desain situs website sekolah dapat dimasukkan dalam fitur tes online dengan hasil realtime yang dapat diperoleh baik siswa dan guru langsung ke email mereka.

7. Belajar Streaming Video

Mempelajari video streaming dapat diunggah ke situs website sekolah dan siswa dapat meninjau pelajaran melalui situs web.

8. Database Sekolah Online

Sekolah dapat memaksimalkan penggunaan situs web dengan memperoleh statistik siswa melalui jajak pendapat atau survei dan disimpan di database website sekolah.

Baca juga >>
Bahayanya Menyepam Comment Backlink

9. Kemudahan Promosi di SosMed

Jika situs web sekolah ingin mempromosikan kegiatan di sekolah, ini sangat mudah dilakukan karena hanya perlu memasang tautan setiap kali dari situs sekolah ke media sosial

10. Membuat situs web dengan harga yang sangat terjangkau

Dengan harga yang sangat terjangkau, situs sekolah ini pasti akan menjadi gengsi dan kebanggaan bagi siswa, staf, dan semua orang yang terlibat di dalamnya.

Manfaat Website Sekolah dan Universitas

Sekolah Anda belum memiliki situs website? Padahal, situs web sekolah itu sangat penting lho. Selain bermanfaat bagi sekolah, situs web sekolah juga sangat bermanfaat bagi siswa dan masyarakat. Karena itu, akan lebih baik jika situs web resmi dimiliki oleh masing-masing sekolah.

Satu hal penting, situs web bisa menjadi ajang promosi untuk mendapatkan siswa baru. Seperti yang kita tahu, saat ini ada banyak sekolah berdiri di tengah-tengah masyarakat. Ini tentu saja merupakan kompetisi untuk sekolah-sekolah ini.

Karena itu, promosi sangat penting. Nah, salah satu cara paling efektif untuk digunakan adalah membuat situs website resmi sekolah untuk mempublikasikan berbagai keuntungan sekolah.

Selain itu, ada banyak manfaat lain, baik untuk sekolah, siswa, atau masyarakat. Situs web penting untuk sekolah. Ini karena membuat situs web sekolah dapat memberikan manfaat dalam banyak hal diantaranya :

1. Media untuk Mengenal Sekolah

Secara umum, seseorang akan mencari informasi tentang berbagai sekolah yang akan digunakan sebagai referensi untuk diri mereka sendiri, anak-anak, atau saudara.

Sekarang, seiring perkembangan teknologi, banyak orang melakukan itu melalui internet. Oleh karena itu, sekolah perlu membuat situs website untuk memperkenalkan profil sekolah sehingga dapat diketahui oleh masyarakat luas.

Semakin banyak orang yang mengenal sekolah Anda, semakin banyak peluang yang akan Anda miliki untuk siswa baru.

2, Media untuk Mengirimkan Informasi kepada Siswa dan Wali

Biasanya informasi diberikan kepada siswa dan wali siswa dengan cara konvensional dari mulut ke mulut atau melalui surat. Namun, jika sekolah memiliki situs website, maka informasi dapat disampaikan melalui situs web.

Baca juga >>
Cara Terbaru Mendatangkan Pembeli Di Toko Online Anda

Ini jauh lebih praktis jika dibandingkan dengan harus membuat surat yang membutuhkan banyak waktu, uang, dan upaya untuk mencetaknya.

Bahkan, dengan melakukan ini, sekolah juga dapat ikut serta dalam menjaga lingkungan, mengingat bahan baku pembuatan kertas berasal dari kayu.

3. Media Promosi Sekolah

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap tahun selalu ada sekolah baru yang muncul, baik swasta maupun publik. Hal ini dilakukan agar semua anak Indonesia tersentuh oleh pendidikan formal dan menjadi generasi emas di tahun-tahun mendatang.

Namun, peningkatan di sekolah merupakan masalah karena berbagai sekolah bersaing untuk mendapatkan banyak siswa. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan siswa adalah dengan melakukan promosi. Nah, situs sekolah bisa diandalkan untuk itu.

Mengapa demikian? Perkembangan teknologi dalam beberapa tahun terakhir telah membuat banyak orang mencari berbagai informasi dari internet, termasuk mencari sekolah referensi. Sekarang, jika sekolah Anda tidak memiliki situs web, itu pasti akan menghilangkan kesempatan sekolah Anda mendapatkan beberapa siswa baru.

4. Mudah untuk menemukan tenaga kerja

Sebuah institusi pendidikan tentunya tidak hanya membutuhkan siswa tetapi juga membutuhkan banyak tenaga. Beberapa pekerja seperti guru, petugas kebersihan, penjaga keamanan, petugas administrasi, dan sebagainya.

Untuk alasan ini, situs web dapat digunakan untuk menginformasikan kepada publik tentang lowongan pekerjaan. Apakah metode ini efektif? Tentu saja. Ini karena banyak pencari kerja mencari informasi pekerjaan melalui internet.

Nah, untuk memudahkan pencari kerja menemukan situs web, Anda bisa memasukkan kata kunci yang bisa diketik oleh pencari kerja. Dengan melakukan ini, pencari kerja dapat menemukan situs web sekolah Anda dengan mudah.

Agen Anda juga akan mendapatkan pekerja sesuai dengan kualifikasi yang disyaratkan sesegera mungkin.

Baca juga >>
Tips Menentukan Nama Domain

5. Sebagai Galeri Foto Sekolah

Secara umum, banyak kegiatan dilakukan oleh lembaga sekolah yang diorganisasikan ke dalam kegiatan tahunan. Beberapa dari kegiatan ini termasuk ulang tahun sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, wisata studi, pemisahan, pertemuan kelas, dan sebagainya.

Berbagai kegiatan ini tentunya perlu diabadikan sebagai bentuk dokumentasi sekolah. Sekarang, agar semua anggota sekolah dapat melihatnya, Anda dapat meletakkan berbagai foto di situs web sebagai galeri foto untuk sekolah Anda.

Selain dilihat oleh warga sekolah, galeri foto di situs web juga dapat dilihat oleh wali siswa, masyarakat sekitar, dan juga alumni. Jika orang tua dari wali siswa melihat galeri, mereka dapat mengetahui kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak mereka di sekolah.

Galeri juga dapat digunakan sebagai media promosi sekolah karena dapat dilihat oleh publik. Sementara itu, alumni yang melihat galeri mampu menyembuhkan kerinduan mereka dan mencari tahu berbagai kemajuan setelah tertinggal.

6. Tempat Memasang Struktur Organisasi Sekolah

Selain sebagai kantor sekolah, situs web ini juga dapat digunakan sebagai tempat untuk memasang struktur organisasi sekolah. Dengan memasang struktur di situs web sekolah, semua penghuni sekolah dapat mengetahui struktur organisasi.

Selain warga sekolah, wali keluarga dan juga masyarakat juga bisa mengetahui hal ini. Dengan mengetahui struktur organisasi, komunitas sekolah, wali murid, atau komunitas dapat difasilitasi jika Anda ingin mengurus sesuatu ke agensi Anda.

7. Media Informasi Wisuda Mahasiswa

Ujian sekolah harus diadakan setiap tahun. Biasanya sekolah akan mengumumkan hasil ujian dengan meminta pejabat sekolah untuk membantu menyerahkannya ke rumah masing-masing siswa. Selain itu, beberapa sekolah juga memanfaatkan bantuan layanan pengiriman seperti POS untuk mengirim informasi kelulusan.

Sekarang, dengan memiliki situs website sekolah, Anda dapat mengumumkan informasi kelulusan dengan memanfaatkan situs web. Tentunya dengan aplikasi khusus yang hanya bisa dilihat oleh sekolah dan siswa yang bersangkutan.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !