Apa Itu Domain Tld Dan Jenisnya

Domain adalah sistem penamaan untuk menyediakan alamat bagi server dan halaman web itu sendiri. Mirip dengan sistem nomor telepon internasional.

DNS atau Domain Name System dan lebih dikenal dengan domain ini memberikan setiap nama alamat (situs website) dengan elemen-elemen yang mudah dimengerti dan diingat.

Apakah ada di antara Anda yang ingin memiliki situs website sendiri? Jika ada, Anda perlu tahu nama Top Level Domain atau disingkat TLD. Top Level Domain adalah komponen terakhir dari nama domain. Atau sederhananya, Top Level Domain adalah bagian setelah komponen ‘titik’ dari alamat URL.

Di Indonesia, ada banyak Top Level Domain, Anda dapat menyesuaikan TLD sesuai dengan fungsi situs web. Karena disesuaikan dengan fungsi situs web, TLD akan membantu audiens mengenali situs web bahkan sebelum membuka situs web. Dari TLD yang terdaftar, audiens dapat memperkirakan apakah situs web digunakan oleh pemerintah, pendidikan, toko online, atau organisasi.

 

Jenis Domain TLD

TLD dibagi menjadi tiga kategori, yaitu TLD kode negara, TLD generik, dan TLD yang disponsori.

1. TLD kode negara

Adalah TLD yang mengidentifikasi dari mana situs web berasal, misalnya seperti .id untuk Indonesia atau .my untuk Malaysia.

Ekstensi yang digunakan untuk situs web yang berada di negara tertentu. Sebagai contoh. .ID adalah ekstensi yang khusus disediakan untuk situs web di Indonesia. Jadi, tidak mungkin menemukan situs web dengan domain .id dengan konten utama China.

Baca juga >>
Apa itu Website Agen Properti Rumah Tanah

2. Generic TLD atau Global TLD

Generic Top Level Domain adalah TLD yang digunakan untuk tujuan umum, misalnya, .com, .net, .org, atau .info.

Sebagian besar terdiri dari 3 huruf atau lebih. Ekstensi yang termasuk dalam jenis gTLD dapat digunakan secara bebas oleh siapa saja, dari mana pun mereka berasal kecuali .mil dan .gov yang hanya dapat digunakan oleh Pemerintah Amerika Serikat.

Jadi, jika Anda menemukan situs web yang memiliki domain .mil, pasti situs itu milik militer Amerika Serikat. Juga .gov.

Jika gTLD dibedah lebih lanjut, 2 sub-klasifikasi akan ditemukan, yaitu TLD yang disponsori (sTLD) yang hanya dimiliki oleh perusahaan, organisasi, asosiasi, lembaga pemerintah, dan individu di bidang sponsor tertentu seperti .aero, .coop dan. museum. Sedangkan subklasifikasi lainnya adalah untuk ekstensi yang tidak memiliki hubungan sponsor dengan gTLD. Biasanya disebut (TLD yang tidak disponsori (uTLD), misalnya. Biz, .info, .name, dan .pro.

3. Infrastructure TLD

Top level domain infrastructure ini masih sangat asing. TLD ini diprediksi akan mengkhususkan pada proyek infrastruktur tertentu. Hanya ada 2 jenis domain baru yang terdaftar, yaitu .arpa dan .root .

Contoh Domain TLD Populer

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa domain TLD paling populer di Indonesia.

1. Domain .com

Contoh dari Top Level Domain yang paling dikenal adalah .com.

Com adalah kependekan dari kata commercial. Domain ini memang ditujukan untuk situs web dengan tujuan komersial, seperti situs web bisnis atau toko online.

Tetapi sekarang banyak situs web menggunakan domain .com meskipun itu bukan situs web komersial. Para webmaster memilih untuk menggunakan domain tersebut karena .com sangat populer dan mudah diingat.

2. Domain .net

Domain. Net digunakan untuk situs web yang memiliki kebutuhan di bidang teknologi.

Baca juga >>
Berbagai Macam Top Level Domain (TLD) Dalam Website

Tetapi karena sekarang sangat banyak orang menggunakan .com, .net adalah pilihan kedua setelah .com. Ada juga situs web komersial yang menggunakan domain .net, karena domain ini juga populer.

3. Domain .co.id

Domain .co.id adalah contoh TLD Indonesia. Situs web yang menggunakan .co.id berarti situs website tersebut merupakan company atau perusahaan.

Untuk dapat menggunakan TLD ini Anda harus melengkapi sejumlah persyaratan seperti SIUP dan TDP karena domain .co.id dikhususkan untuk situs web bisnis yang memiliki legalitas hukum seperti CV dan PT.

4. Domain .id

.id juga merupakan TLD Indonesia. Domain .id ini digunakan untuk situs web individu atau personal.Domain .id juga dapat digunakan untuk tujuan bisnis. Persyaratan membeli domain .id cukup melampirkan data KTP untuk verifikasi kepemilikan domain.

5. Domain .ac.id

Domain ini digunakan khusus untuk situs web yang di bidang pendidikan seperti kampus dan universitas.

Selain menggunakan .ac.id, institusi juga dapat menggunakan domain .edu. Keduanya sama untuk situs web yang bergerak dalam bidang pendidikan.

Hampir semua universitas di Indonesia menggunakan TLD .ac.id, sedangkan .edu biasanya digunakan oleh lembaga pendidikan non-formal.

6. Domain .or.id

Domain .or.id sering digunakan oleh situs web yang bergerak dalam organisasi. Selain menggunakan .or.id, juga dapat menggunakan .org. TLD .org juga mengidentifikasi situs web sebagai situs organisasi.

TLD .or.id atau .org dapat digunakan oleh semua bentuk organisasi, baik organisasi yang memiliki legalitas atau organisasi non formal seperti komunitas.

7. Domain .info

Seperti namanya, Domain .info digunakan untuk situs web yang terlibat dalam informasi. Tetapi sekarang. TLD .info lebih banyak digunakan untuk mendukung situs web utama.

Karena sifatnya yang mendukung, situs web dengan domain .info biasanya diisi untuk kepentingan informasi situs web utama.

Baca juga >>
Cara Mengoptimasi E-commerce Untuk Mendatangkan Pengunjung via mobile

8. Domain .co

Domain .co dikenal sebagai singkatan dari company atau perusahaan, korporasi, atau perdagangan. Saat ini domain .co dianggap modern dan menarik.

TLD ini mencakup banyak pilihan karena dapat mewakili situs web profesional baik secara individu, perusahaan, atau organisasi. Karena begitu pendek, TLD .co juga sangat mudah diingat

9. Domain .biz

Domain .biz digunakan untuk situs web yang memiliki kebutuhan bisnis. .biz adalah kependekan dari bisnis, jadi TLD ini bisa menjadi pilihan kedua selain menggunakan TLD .com.

Manfaat Menggunakan TLD di Situs Web

Manfaat dan kelebihan yang akan dibahas adalah dalam hal bisnis. Tidak jarang dari kita, ketika berbelanja di toko online mempertanyakan keaslian situs web.

Situs web yang terlihat profesional tentu akan mendatangkan lebih banyak konsumen, bukan? Karena itu, bagi Anda yang ingin memulai bisnis online, Anda harus mempertimbangkan sejumlah hal seperti nama domain dan memilih Top Level Domain yang sesuai.

Penggunaan TLD yang tepat dapat membantu pengunjung atau audiens untuk mengingat nama situs web. Meskipun tidak secara langsung memengaruhi SEO, tetapi situs web bisa lebih akrab bagi orang, misalnya ketika Anda menggunakan Top Level Domain .com.

Setiap pengusaha ingin bisnisnya dipercaya oleh pelanggannya. Situs web yang Anda buat setidaknya harus memberikan informasi yang andal. Salah satu faktor yang meningkatkan kepercayaan pelanggan adalah penggunaan Top Level Domains.

Situs web bisnis Anda akan dianggap profesional ketika menggunakan Domain Tingkat Top yang tepat. Yang jelas, situs web Anda juga akan lebih gengsi daripada situs web yang tidak berbayar.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat