Setiap website pasti memiliki web hosting. Sebagai struktur yang berfungsi sebagai domain pada setiap halaman website, Anda tentunya harus memilih web hosting sesuai dengan kebutuhan Anda. Hal ini agar website Anda tidak mengalami masalah kedepannya. Berikut ini adalah tips memilih hosting yang bisa Anda lakukan!

Pengertian Hosting

Sebelum masuk ke tips memilih hosting, tentunya Anda harus tahu terlebih dahulu apa pengertian dari hosting itu sendiri. Hosting adalah sebuah layanan yang berfungsi sebagai pengelola data dari suatu situs maupun aplikasi. File yang ada dari website milikmu akan tersimpan pada halaman hosting seperti script, video maupun gambar.

Untuk para pengguna, hosting adalah sebuah alamat web untuk terhubung ke satu situs. Fungsi hosting sendiri adalah sebagai berikut :

  • Untuk membuat sebuah halaman web yang dapat terakses oleh seluruh warga internet.
  • Jika Anda memiliki sebuah website bisnis, maka hosting ini berfungsi sebagai pengembangan situs jual beli. Dengan memakai hostin tentunya Anda bisa mendapat lebih banyak pengunjung.
  • Memiliki hosting sendiri akan membuat Anda mempunyai sebuah email profesional. Hal ini tentunya berguna untuk menambah tingkat profesionalitas brand Anda. pribadi seperti Google Mail atau Yahoo Mail.
  • Mampu melindungi website bisnis yang Anda miliki dari adanya kendala seperti virus maupun malware yang selalu mengintai para website online.

Jenis Hosting

Inilah beberapa jenis hosting yang dapat Anda coba :

1. Cloud Based Hosting

Hosting jenis ini adalah jenis hosting yang menggunakan kumpulan server untuk pengaplikasian website Anda. Jadi jika satu server sedang down, Anda bisa menggunakan server yang lain.

2. Shared Hosting

Paket hosting ini mempunyai cara kerja yaitu membagi server kepada user atau website yang berbeda. Untuk Anda yang memiliki budget kecil, Anda bisa memakai hosting jenis ini.

3. VPS Hosting

Untuk Anda yang punya traffic website yang tinggi dan tentunya membutuhkan banyak pengamanan, Anda bisa menggunakan hosting jenis VPS ini. Tentunya, harganya sedikit lebih mahal dari shared hosting.

4. Dedicated Hosting

Penggunaan hosting jenis ini ternilai cukup fleksibel hingga mampu mengoperasikan sistem operasi dengan software yang Anda gunakan dalam pembuatan website.

5. WordPress Hosting

Jenis ini cocok untuk Anda yang membutuhkan sebuah website sendiri yang beroperasi seperti blog. Keuntungan memakai hosting jenis ini adalah Anda akan memiliki tool developer yang lebih spesifik.

Tips Memilih Hosting Yang Tepat!

Setelah mengetahui hosting adalah salah satu spesifikasi yang Anda perlukan dalam pembuatan sebuah website online, beginilah tips memilih hosting yang tepat untuk website Anda :

1. Cari Tahu Kebutuhan

Sebelum memilih hosting, cari tahu terlebih dahulu apa yang Anda inginkan dalam pembangunan website Anda. Apakah Anda memerlukan ruang penyimpanan yang besar atau traffic yang tinggi pula hingga harus menggunakan VPS hosting?

2. Cek Kesiapan Customer Support

Setiap website tidak akan memberi aba-aba kapan server Anda bisa down, maka dari itu, pastikan memilih jasa hosting yang siap kapanpun untukmu.

3. Review

Tentunya, Anda juga harus membaca pengalaman-pengalaman orang lain terhadap jasa tersebut sebelum memilihnya.

4. Harga

Pastikan Harga yang mereka berikan bersahabat dengan Anda. Jika perlu, silahkan membandingkan harga mereka dengan harga jasa lain.

Yuk, Pilih Jasa Hosting Yang Terpercaya!

Itulah beberapa tips memilih hosting. Anda dapat membeli layanan hosting dari Niagahoster. Terkenal sebagai web hosting Indonesia yang terpercaya, Niagahoster pasti akan siap membantu pembuatan website Anda. Selamat mencoba!