Banyak pebisnis rela keluar uang demi membangun sebuah website untuk mencicipi dahsyatnya berjualan online. Sudah bayar mahal demi laman website atraktif dan menarik minat calon pembeli, anehnya angka penjualan online justru tidak menggembirakan meskipun berpotensi besar. Mengapa demikian?
Ternyata taktik promosi website belum dijalankan sepenuhnya dan oleh karena itu perlu mempelajari dan mengetahui seluk beluk SEO website secara lebih mendalam.
Apa itu SEO Website dan Manfaat SEO
Membangun sebuah website demi peningkatan penjualan online bakal berakhir sia-sia jika tak dioptimalkan melalui SEO. Oleh karena itu, strategi ini wajib diterapkan dengan perencanaan tepat dan matang. Daripada mempelajarinya sendiri, jauh lebih mudah mempercayakan semua pada perusahaan jasa SEO terkemuka yang mengusung sejumlah metode, entah itu white hat ataupun gray hat.
Maka otomatis perusahaan tersebut akan berkontribusi besar pada peningkatan rangking website di mesin pencari secara organik (alami). Adapun produk utama dari layanan jasa ini tak sebatas optimasi on page dan off page, melainkan pembangunan tautan (link building), pengembangan dan desain website berkualitas serta layanan penulisan konten yang ramah terhadap mesin pencari.
Apa itu SEO website
SEO singkatan kata dari Search Engine Optimization, yakni sebuah proses atau kampanye untuk meningkatkan “nilai” sebuah website agar mudah ditemukan dan terlihat secara natural ketika mengetik kata kunci tertentu di situs mesin pencari (search engine) seperti Google. Oleh karena itu sebuah website harus diberi “racikan khusus” agar lebih bersahabat terhadap layanan situs mesin pencari.
Penentuan kata kunci relevan dan selektif merupakan kunci utama sebuah website meraih sukses dalam kampanye SEO. Kata kunci dioptimalkan semaksimal mungkin agar mudah terlihat pada algoritma mesin pencari. Menurut penjabaran singkat dari Google, SEO dinilai berdasarkan dua area dasar yakni optimasi on-page dan optimasi off-page. Keduanya saling mempengaruhi satu sama lain sehingga sulit terpisahkan.
Optimasi SEO on-page berkaitan erat terhadap elemen dari halaman sebuah web seperti kode HTML, konten tekstual dan gambar. Sementara optimasi SEO off-page sebagian besar berkaitan erat terhadap backlink, yakni tautan atau link menuju web yang sedang dioptimasi dari web relevan lain. Kesuksesan dalam kampanye tergantung pada metode yang dipilih, sayangnya masih banyak orang salah mengambil keputusan.
Jenis Metode SEO
Setelah mengetahui apa itu SEO website, selanjutnya adalah jenis metode SEO. Metode SEO secara garis besar dapat dibedakan menjadi dua metode yakni white hat dan black hat. Landasan apa saja yang membedakan keduanya? mari kita bahas sama sama.
White hat SEO
Metode white hat mengandalkan beragam teknik dan metode untuk mendongkrak rangking sebuah website di mesin pencari tanpa melanggar aturan yang sebagian besar ditetapkan oleh Google. Sebagian besar teknik white hat berupa pengembangan konten berkualitas tinggi, restrukturisasi dan optimalisasi website HTML, pemasangan backlink atau tautan menuju websitenya tertarget dan didukung oleh konten berkualitas tinggi, pengadaan riset manual yang mudah terjangkau mesin pencari.
Black hat SEO
Metode black hat mengandalkan kelemahan algoritma mesin pencari agar sebuah web memperoleh rangking tinggi. Sebagian besar teknik dan metode bertentangan langsung dengan aturan Google. Beberapa teknik meliputi penyembunyian link dan teks (hidden link & text), cloaking, keyword stuffing dan link spam.
Hasil metode black hat SEO jauh lebih cepat pada rangking mesin pencari, tetapi efektifitas cenderung tidak mudah diprediksi dan rangking website hanya bertahan sebentar saja. Sedangkan hasil metode white hat SEO mampu stabil meskipun agak bertahap dalam proses rangking, tetapi jauh lebih tahan lama dalam rangking. Oleh karena itu, pilih white hat ketimbang black hat.
Selain white hat dan black hat, masih ada metode gray hat yang disebut sebagai perpaduan antara white dan black tanpa melanggar aturan Google. Metode ini sering ditawarkan oleh perusahaan SEO dengan harga jauh lebih terjangkau ketimbang white hat murni karena minim kegiatan kampanye berkualitas tinggi. Efek penggunaan gray hat pada sebuah website pun beragam, tergantung sejumlah faktor.
Berdasarkan penjabaran singkat di atas, ternyata optimasi punya kedudukan penting pada sebuah website. Lalu, mengapa pebisnis online perlu mencobanya?
Manfaat SEO untuk bisnis online
Persaingan digital mengalami perubahan dramatis dalam beberapa tahun terakhir, tetapi SEO masih dianggap strategi pemasaran penting nan efektif. Penyusunan strategi SEO yang rapi dan terarah punya banyak manfaat hebat, namun hanya ada lima saja yang sudah terbukti memberi hasil tak terbantahkan. Apa saja?
1. Dongkrak pengunjung.
Website di posisi rangking teratas dengan kata kunci spesifik justru lebih banyak menerima impresi dan klik, bisa ditarik kesimpulan bahwa posisi rangking teratas berdampak positif pada peningkatan jumlah pengunjung website. SEO fokus pada titel tag beserta meta deskripsi yang memuat kata kunci relevan nan informatif, nantinya muncul pada laman mesin pencari. Deskripsi dan tag teroptimasi bakal dongkrak klik kunjungan yang menghasilkan trafik web berkualitas.
2. Return Of Investment (ROI).
Manfaat hebat SEO yakni menyediakan hasil kuantitatif yang bisa dilacak, entah itu demi keperluan ecommerce ataupun bukan. Perusahaan jasa SEO mampu melacak setiap aspek dari penerapan strategi, mulai dari peningkatan rangking, trafik dan konversi. Analisis komprehensif dapat melihat informasi demografi dan ukuran lainnya terhadap pengunjung yang berinteraksi dengan website.
Perusahaan jasa SEO dapat pula melihat rangkaian jalan yang ditempuh oleh pengunjung saat menyelesaikan pembelian pada situs ecommerce. Dengan demikian bisa mengetahui “kata kunci utama” untuk melakukan pembelian. Sementara pada situs non-ecommerce, perusahaan jasa SEO bakal melaporkan semua atribut berharga demi dongkrak konversi sekaligus menganalisa strategi.
3. Hemat biaya.
Optimasi SEO saat ini dianggap salah satu strategi pemasaran paling hemat biaya karena menargetkan pengunjung yang tengah aktif mencari produk atau layanan secara online. SEO juga sangat membantu pebisnis menghemat biaya pemasaran untuk strategi outbound seperti penawaran via telepon.
Memang benar penawaran via pesawat telepon masih dianggap strategi efektif, akan tetapi biaya yang dikeluarkan jauh lebih boros sekitar 61 persen dibandingkan strategi inbound seperti SEO. Keunggulan SEO yaitu mencari pengunjung target yang sedang aktif mencari produk dan jasa, sehingga menghasilkan trafik lebih berkualitas dibanding strategi pemasaran lainnya .
4. Dongkrak “nilai guna” website.
Agar website lebih mudah ditelusuri oleh mesin pencari, SEO turut serta membuat website lebih gampang ditelusuri oleh pengunjung. Seperti diketahui, SEO bertujuan untuk mengatur ulang arsitektur situs dan tautan (Links) supaya semua laman web lebih mudah ditemukan maupun ditelusuri. Tak hanya mempermudah mesin pencari untuk menemukan situs dan laman, tetapi mempermudah pengguna mencari informasi pada situs bersangkutan.
5. Kesadaran merek (brand awareness).
Karena rangking teratas menghasilkan impresi signifikan, maka website yang menguasai puncak halaman pertama untuk kata kunci tertentu bakal memperoleh lebih banyak kunjungan. Dampak positif dari SEO yaitu mendongkrak popularitas dan kesadaran merek (brand awareness) berkaitan dengan kata kunci tertentu. Umumnya pengunjung beranggapan bahwa situs di laman pertama dan posisi teratas jauh lebih terpercaya dibandingkan lainnya. Semakin banyak laman dan konten berada di rangking tertinggi pada mesin pencari, semakin besar peluang pengunjung melihat konten atau sejenisnya yang terkait merek.
Demikian pembahasan mengenai apa itu seo website dan manfaatnya untuk bisnis online. Kita akan sama sama mengupas lebih dalam mengenai topik ini di artikel artikel selanjutnya, stayed tuned with us.