alexa certify
cara riset keyword

Apa Itu Keyword Jenis dan Cara Riset Keyword yang Benar

Keyword atau Kata Kunci menurut pengertiannya adalah kata atau kumpulan beberapa yang digunakan oleh pengguna internet untuk mencari informasi yang diinginkan. Sebutan kata kunci menurut SEM berarti sebuah kata atau frasa yang digunakan untuk menemukan halaman web yang sesuai dan berguna.

Kata kunci pada blog terbagi menjadi dua yaitu kata kunci pendek dan kata kunci panjang. Kata kunci pendek adalah kata kunci yang hanya terdiri dari maksimal dua suku kata sedangkan kata kunci panjang adalah kata kunci yang lebih dari dua suku kata.

Kata kunci pendek biasanya memiliki persaingan yang sangat ketat di mesin pencari sedangkan kata kunci panjang relatif lebih kurang persaingannya sehingga banyak digunakan oleh para blogger pemula. Untuk menentukan kata kunci pada blog yang akan kita buat sebaiknya kita melakukan riset kata kunci.

apa itu keyword

Menurut wikipedia, suatu kata kunci merupakan sebuah kata atau konsep dengan keistimewaan, yang berarti kata apapun yang digunakan sebagai kunci dan kode atau digunakan untuk menghubungkan ke kata lain atau informasi lain.

Sebutan kata kunci menurut Search Engine Marketing berarti sebuah kata atau frasa yang digunakan untuk menemukan halaman web yang sesuai dan berguna. Artikel ini berdasarkan bahan-bahan dari Free On-line Dictionary of Computing, yang diberi lisensi GFDL.

Kata kunci pada blog terbagi menjadi dua yaitu kata kunci pendek dan kata kunci panjang. Kata kunci pendek adalah kata kunci yang hanya terdiri dari maksimal dua suku kata sedangkan kata kunci panjang adalah kata kunci yang lebih dari dua suku kata. Kata kunci pendek biasanya memiliki persaingan yang sangat ketat di mesin pencari sedangkan kata kunci panjang relatif lebih kurang persaingannya sehingga banyak digunakan oleh para blogger pemula. Untuk menentukan kata kunci pada blog yang akan anda buat sebaiknya anda melakukan riset kata kunci.

Riset kata kunci atau Riset Keyword juga sangat diperlukan saat hendak membuat sarana online, seperti website, untuk berjualan online. Melakukan riset kata kunci artinya melakukan penelitian kata kunci apa saja yang diketik di search engine, seperti Google, saat hendak mencari sesuatu. Riset kata kunci ini bisa dilakukan menggunakan Google Suggest, Google Keyword Planner dan Google Trend.

Sedangkan menurut webopedia, dalam pengeditan teks dan sistem manajemen basis data, keyword atau kata kunci adalah entri indeks yang mengidentifikasi catatan atau dokumen tertentu. Dalam pemrograman, kata kunci adalah kata yang dicadangkan oleh suatu program karena kata tersebut memiliki arti khusus.

Kata kunci dapat berupa perintah atau parameter. Setiap bahasa pemrograman memiliki serangkaian kata kunci yang tidak dapat digunakan sebagai nama variabel. Kata kunci kadang-kadang disebut nama yang dipesan. Dalam SEM atau search engine marketing, kata kunci adalah sebuah kata yang digunakan oleh mesin pencari dalam pencariannya untuk halaman Web yang relevan.

Keyword atau kata kunci yang kita bahas merujuk pada aktifitas pencarian di search engine. Biasanya dimulai ketika seseorang mencari informasi di Internet dipastikan akan mengetikkan kata atau kelompok kata pada mesin pencari seperti google, bing, dan yahoo.

Dengan mengetikan kata atau sejumlah kata tersebut artinya kita mengirimkan data permintaan informasi. Selanjutnya mesin pencari akan memberikan hasil yang paling relevan sesuai algoritma yang digunakan. Dan halaman yang dianggap paling relevan yang akan ditampilkan pada halaman pertama. Kata yang diketikan di kotak pencarian itulah yang disebut dengan kata kunci atau keyword.

apa itu keyword

Jenis Keyword

Jika sudah memahami penjelasan diatas, saatnya mengenal jenis-jenis kata kunci. Setidaknya ada sekitar 6 jenis kata kunci dalam dunia SEO website, meski masih ada beberapa jenis lainnya.

1. Short tail keyword

Adalah kata kunci pendek yang menargetkan pencarian dengan hanya satu sampai dua kata saja. Jenis ini bisa dibilang memiliki tingkat persaingan high competition sehingga butuh keahlian khusus (expert) agar bisa menempati urutan pertama, kedua atau ketiga di pencarian search engine. Seperti misalnya teknologi, kesehatan, smartphone terbaru dan sebagainya.

2. Long tail keyword

Artinya kata kunci panjang dan bisa terdiri dari 3 kata bahkan lebih. Disebut juga kata kunci turunan dari short tail keyword. Jika kita ingin menargetkan sebuah kata kunci yang power full, maka akan sangat direkomendasikan untuk memilih kata kunci long tail ini karena tingkat persaingannya rendah dan cenderung lebih mudah dalam menguasai rangking pertama di SERP.

Walau demikian, memang agak sulit menemukan kata kunci long tail potensial disisi lain hasil akhir trafik biasanya tidak sebanyak bidikan melalui short tail keyword.

Contohnya, teknologi canggih 2016, daftar smartphone terbaru dan terbaik, teknik belajar cepat dengan corel draw, tips memasak ala chef juna dan masih banyak lagi.

3. Keyword musiman

Mungkin kata kunci ketiga ini tak terdengar asing dan umumnya digunakan oleh situs situs tertentu. Tak jarang pula situs besar juga menerapkan kata kunci musiman. Keyword musiman menjadi kata kunci yang paling banyak digunakan pada moment-moment tertentu. Pasti sudah pada tahu bahwa kata kunci musiman hanya tenar atau sering dicari saat memasuki moment khusus misalnya ketika pertandingan liga champion, ketika idul fitri, ketika idul adha dan sejenisnya.

Adapun contohnya seperti hasil pertandingan barcelona vs sporting gijon, jenis baju muslim di hari raya idul fitri, harga hewan kurban tahun 2016 dan lain-lain.

Baca juga >>  Perbedaan Google.com dan Google.co.id dalam Optimasi SEO

4. Keyword abadi

Kata kunci abadi tentunya kebalikan dari kata kunci musiman. Keyword abadi menjadi kata kunci yang paling banyak digunakan karena merupakan hal yang harus diketahui oleh para pengguna informasi. Dalam artian, para pengguna internet pasti dan selalu mencari kata kunci tersebut karena sudah menjadi kebutuhan. Misalnya cara mengatasi sakit kepala, cara belajar secara efektif, tips tidur yang nyaman. Diantara ketiga keyword itu, terdapat kata kunci abadi dimana orang-orang pasti mengalaminya sehingga memerlukan berbagai macam solusi.

5. Keyword Umum

Kata kunci umum merupakan jenis kata kunci yang dapat menjangkau semua orang. Artikel yang ditulis dapat mendatangkan pengunjung dari berbagai golongan. Contohnya : Cara Meningkatkan Kecepatan Internet, Cara Mengobati Sakit Perut dan sebagainya.

6. Keyword Khusus

Kata kunci khusus khusus merupakan jenis kata kunci yang memiliki target pengunjung secara khusus. Informasi yang diberikan hanya dibutuhkan oleh user tertentu saja. Contohnya : Cara meningkatkan penghasilan adsense, Cara memperbaiki struktur onpage seo, dan sebagainya.

Fungsi Keyword

Setidaknya ada 3 manfaat atau fungsi yang didapat dari kata kunci atau keyword ini.

1. Memberikan gambaran topik

Kata kunci adalah hal yang paling mendasar dari isi website anda yang akan memberikan gambaran topik yang sedang diangkat

2. Membantu pengunjung mengetahui topik bahasan

Kata kunci akan membantu pengunjung website anda untuk mengetahui topik yang dibahas dihalaman yang mereka kunjungi

3. Membantu mesin pencari memahami website

Kata kunci akan membantu mesin pencari untuk memahami halaman website anda. Pada saat mesin pencari mengunjungi website anda, maka mereka akan mengindeks halaman tersebut dan memasukannnya ke kategori tertentu.

Apa itu Riset Keyword

apa itu riset keyword

Riset kata kunci merupakan teknik SEO website untuk menargetkan kata kunci (keyword) yang nantinya akan digunakan dalam sebuah postingan blog ataupun situs. Jelas bahwa situs tanpa riset kata kunci ibarat memasak suatu jenis makanan tanpa mengetahui resep dasarnya. Jadi penting sekali mengenal berbagai macam kata kunci dan melakukan riset untuk keyword atau kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna internet, sehingga bidikan kata kunci tersebut tidak akan sia-sia.

Pertanyaannya sekarang, kenapa harus melakukan riset kata kunci dulu dan bagaimana cara riset keyword yang benar ? Kegiatan ini merupakan tahapan paling awal saat membangun situs dan ketika riset kata kunci sudah dilakukan secara tepat maka langkah untuk mengoptimasi postingan lewat teknik SEO Onpage dan SEO Offpage akan semakin mudah bahkan mampu bersaing di posisi pertama search engine.

Dalam melakukan riset kata kunci kita juga harus memperhatikan tingkat persaingan mulai dari high, middle dan low competition. Memilih tingkat persaingan terendah (low competition) tentu lebih gampang mengoptimasinya dibanding menargetkan kata kunci high atau middle competition.

Disisi lain, ternyata ada teknik sendiri dalam cara riset kata kunci yakni memanfaatkan tools-tools yang bertebaran luas di dunia maya baik bersifat premium (berbayar) maupun free alias gratis. Maka tidak ada kata “malas” bagi para blogger maupun siter untuk tidak melakukan riset kata kunci karena semuanya juga demi menempati rangking 1 sekaligus mendapatkan trafik sebanyak-banyaknya.

Manfaat Riset Keyword

Apa manfaat melakukan riset kata kunci dilontarkan oleh pembisnis online pemula yang biasanya disaat baru membuat blog terkesan asal-asalan tanpa ada perhitungan dan pertimbangan matang. Kalaupun ada pertimbangan, satu-satunya yang menjadi pertimbangan adalah pertanyaan “Keyword Apakah Yang Saat Ini Banyak Dicari?” atau bisa di artikan dengan mengandalkan perkiraan saja. Berikut beberapa manfaat riset kata kunci.

1. Membantu untuk riset pasar

Kegiatan riset kata kunci dapat mempermudah kita untuk melihat pasar secara luas. Dengan begitu hasilnya bisa dipilah-pilah mana yang sekiranya memiliki persaingan low competition dan cocok dijadikan targeted keyword. Bandingkan saat membuat konten tanpa riset kata kunci, diyakini hasilnya akan jauh berbeda bahkan terlihat kurang efektif dimana dampaknya tentu saja tidak mampu memperoleh trafik sesuai ekspetasi.

2. Memudahkan situs ditemukan oleh mesin pencari

Ketika suatu keyword atau kata kunci bidikan banyak dicari pengunjung internet, maka ini merupakan peluang besar untuk membidik kata kunci tersebut sehingga mesin pencari seperti google, yahoo atau bing akan dengan mudah menemukan situs unggulan yang memiliki dukungan penuh dari segi SEO onpage maupun SEO offpage.

3. Mengetahui kondisi persaingan keyword

Persaingan kata kunci di posisi teratas search engine bisa dengan mudah diketahui lewat riset keyword. Jadi kita dapat memutuskan apakah perlu menembak kata kunci yang dimaksud atau mencari kata kunci turunan lainnya agar nantinya tidak salah langkah memilih kata kunci high competition dimana teknik optimasinya pasti sangat sulit sekali.

4. Memenangi kompetisi di posisi SERP

Website yang melalukan riset kata kunci lebih berpotensi memenangi persaingan SERP. Alasanya tentu berdasar atas penemuan kata kunci low competition namun masih dalam lingkup pencarian terbanyak sehingga bisa langsung menargetkan kata kunci tersebut beserta turunanya (long tail keyword). Diiringi optimasi sederhana seperti pembuatan konten berkualitas serta penyebaran link tautan yang relevan cukup untuk membawanya bersaing di rangking tertinggi search engine.

5. Mempermudah dalam pembuatan materi (konten)

Melakukan riset kata kunci akan mempermudah kita dalam pembuatan materi atau isi postingan. Disamping itu, hasilnya juga jauh lebih baik ketimbang tanpa riset kata kunci sama sekali. Ingat! bahwa riset keywod seringkali menjadi tujuan utama ketika ingin menentukan topik atau niche suatu situs.

Tools Gratis untuk Riset Keyword

1. Google keyword planner

google keyword planner

Aplikasi google keyword planner adalah aplikasi bawaan dari google yang mampu menyediakan statistis kata kunci mulai dari besarnya pencarian, perkiraaan CPC (cost per klik) maupun kata kunci turunan. Menurut informasi dari pihak google, Google Keyword Planner dapat mengarahkan kata kunci dasar namun tidak selalu memberi hasil yang tepat karena pemilihan kata kunci -nya sangat luas sekali.

Google Keyword Planner adalah fitur gratis di Google Ads untuk pengiklan baru atau berpengalaman yang serupa dengan workshop untuk membuat kampanye Search Network yang baru. Anda dapat menggunakan Keyword Planner untuk menelusuri kata kunci dan melihat perkiraan performa daftar kata kunci. Tool ini juga dapat membantu Anda memilih bid dan anggaran yang kompetitif untuk digunakan bersama kampanye. 

Baca juga >>  Pengertian Media Sosial Facebook Twitter Google+ Youtube

Anda dapat menggunakan Keyword Planner untuk menyelesaikan tugas-tugas berikut:

  • Meneliti kaca kunci. Butuh bantuan untuk menemukan kata kunci yang akan ditambahkan ke kampanye baru? Atau, mungkin Anda ingin menemukan kata kunci tambahan untuk ditambahkan ke kampanye yang ada. Anda dapat menelusuri kata kunci berdasarkan istilah yang relevan dengan produk atau layanan, situs, atau halaman landing Anda.
  • Mendapatkan statistik historis dan perkiraan traffic. Gunakan statistik seperti volume penelusuran untuk membantu Anda menentukan kata kunci yang akan digunakan untuk kampanye baru atau yang sudah ada. Perkiraan, seperti prediksi klik dan estimasi konversi, dapat memberikan gambaran kepada Anda tentang perkiraan performa daftar kata kunci untuk bid dan anggaran tertentu. Perkiraan ini juga dapat membantu Anda membuat keputusan tentang bid dan anggaran yang akan ditetapkan.

Penting untuk diingat bahwa meskipun Keyword Planner dapat memberikan beberapa ide kata kunci dan perkiraan traffic yang bagus, kinerja kampanye bergantung pada berbagai faktor. Misalnya, bid, anggaran, produk, dan perilaku pelanggan dalam industri, semuanya dapat memengaruhi keberhasilan kampanye Anda.

2. Google Trends

google trend

Google Trends merupakan grafik statistik pencarian Web yang menampilkan popularitas topik pencarian pada kurun waktu tertentu. Hasil dapat ditampilkan menurut kota, wilayah atau bahasa. Berita-berita terkait topik yang menjadi tren juga ditampilkan di sini. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa membandingkan topik-topik favoritnya dengan topik-topik yang diminati di seluruh dunia. Google Trends juga akan menampilkan seberapa sering suatu topik muncul di Google News, dan di kawasan mana topik tersebut paling banyak dicari.

Di Google Trends seseorang dapat mencari tahu seberapa banyak orang mencari kata kunci yang dipakai dan dari mana asal orang yang mencari kata kunci tersebut. Google Trends juga dapat berguna sebagai bahan bagi para blogger untuk memilih topik blog yang bagus di mesin pencarian Google.

Kabar baiknya, layanan keyword tool dari Google Trends ini disediakan secara gratis kepada para penggunanya.

3. Google Related Search

 

google related search

Selain Google Trends, Google juga menyediakan cara riset keyword lain, yaitu related search. Setiap kali melakukan pencarian dengan Google, hasil yang disediakan tidak hanya mencakup artikel-artikel dengan kata kunci yang diketik. Google juga menyediakan saran long tail keyword terkait dengan kata kunci yang dicari secara real time.

Misalnya, kami mencoba mencari kata kunci “jasa website” dan hasil saran long tail keyword yang diberikan Google adalah jasa website di bandung, jasa website murah, jasa website toko online, jasa website bekasi, jasa website bogor, jasa website profesional, jasa website cirebon, dan jasa website depok.

4. Ubersuggest 

ubbersuggest

 

Ubersuggest adalah sebuah keyword tool yang dimiliki konsultan SEO ternama, Neil Patel. Anda dapat menggunakan keyword tool ini tanpa perlu membayar sepeser rupiah pun.

Termasuk aplikasi pilihan para blogger. Aplikasi ini memberikan data dari Google dan mesin pencari lainnya. Selain itu, aplikasi ini juga dapat memperbanyak daftar kata kunci dan membantu Anda menghasilkan ide yang baru.

Selain mudah dalam menggunakanya, hasil pencarian kata kunci lewat ubersuggest menawarkan puluhan sampai ratusan hasil kata kunci short tail maupun long tail sehingga akan terasa gampang menemukan jenis kata kunci yang cocok dan pas. Ubersuggest memberikan informasi lengkap mengenai berapa besar volume pencarian kata kunci tersebut, kadar kesulitan, dan saran keyword terkait yang bisa digunakan.

5. Keyword Tool Free

keyword tool free

Bentuknya hampir mirip dengan ubersuggest mengingat konsepnya diambil dari google autocomplete. Tool ini nampaknya lebih sedikit unggul karena bisa menghasilkan ratusan sampai ribuan kata kunci beserta frasa-frasanya. Jadi pas sekali bila kita ingin mencari kata kunci panjang.

Keyword Tool adalah alternatif terbaik untuk Google Planner dan tools riset lainnya. Beberapa alasan kenapa memilih  tool ini diantaranya :

  1. Versi gratis dari keyword tool menghasilkan hingga 750+ saran kata kunci long-tail untuk setiap istilah kata pencarian.
  2. Tidak seperti google planner atau yang lain,  Tool sangat dapat diandalkan karena berfungsi 99,99% sepanjang waktu.
  3. Anda dapat menggunakan Perangkat  Tool ini secara gratis, bahkan tanpa membuat akun.

Keyword Tool ini bekerja dengan 129 domain di Google, 83 bahasa dan sifatnya user-friendly.

6. Keyword Revealer Free

keyword revealer free

Keyword Revealer adalah penghemat waktu yang sangat besar bagi siapa pun yang ingin mengungkap kata kunci persaingan rendah. Mulailah memfokuskan upaya SEO Anda pada istilah yang mudah untuk peringkat dengan skor kesulitan yang rendah.

Tools riset kata kunci ini akan mengungkap ribuan kata kunci long-tail keyword yang belum dimanfaatkan untuk setiap niche yang dapat dibayangkan. Setelah kata kunci ditemukan, Anda akan dapat melihat skor kesulitan untuk setiap frasa dan menganalisis peringkat persaingan saat ini di halaman pertama Google.

KeywordRevealer didedikasikan untuk menyediakan data yang dapat ditindaklanjuti untuk membantu riset kata kunci dan kampanye search engine marketing Anda. Dipersenjatai dengan data yang tepat, SEO, agensi digital dan blogger dapat menemukan ide kata kunci yang tepat untuk dioptimasi.

Untuk versi gratis Anda diberikan kuota 3 kali pencarian dalam sehari, dan dapat upgrade ke versi berbayar jika kebutuhan riset Anda melebihi kuota yang diberikan.

Cara Riset Keyword Yang Benar

Setelah mengetahui semua seluk beluk tentang keyword dan riset kata kunci, selanjutkan kami akan memberikan panduan bagaimana cara riset kata kunci yang benar.

Semua pemilik website pada suatu saat akan menyadari betapa pentingnya melakukan riset kata kunci, terutama ketika mereka sudah lelah membuat banyak konten tetapi kontennya itu tidak menghasilkan traffic kunjungan karena salah dalam menentukan kata kunci meskipun judul artikelnya sudah banyak di peringkat 1.

Inilah pentingnya melakukan riset kata kunci sebelum menulis konten website. Tidak ada yang salah dengan kontennya, yang salah adalah menentukan kata dan topik yang akan dibahas. Jangan pernah mengandalkan perasaan atau imaginasi. Lakukan riset riset dan riset. Tanpa data, tujuan Anda mendatangkan traffic akan melenceng jauh.

Yuk kita mulai tutorialnya.

1. Menentukan Tujuan Segmentasi Keyword

Langkah pertama adalah menentukan tujuan segmentasi kata kunci yang akan dioptimasi. Apakah untuk mendapatkan pengunjung yang outputnya berupa traffic kunjungan atau apakah untuk meningkatkan konversi penjualan produk yang outputnya berupa pembelian produk atau jasa?

Baca juga >>  Pengertian dan Cara Optimasi SEO On Page Terbaru 2017

Yang kita inginkan mungkin keduanya, dimulai dari mendapatkan pengunjung kemudian otomatis konversi penjualan akan meningkat. Sayangnya tanpa riset keyword kita tidak mungkin memperoleh keduanya.

Seperti lagu Basofi Sudirman yang berjudul tidak semua laki-laki, demikian juga dengan kata kunci. Tidak semua kata kunci bernilai sama. Ada kata kunci yang sering dicari, ada pula yang sepi. Jika kita hanya mengandalkan perasaan dan imaginasi, dikira-kira, maka kemungkinan besar kita akan menulis artikel konten berdasarkan kata kunci yang tidak pernah dicari orang.

Ini yang paling sering terjadi di kalangan pemula. Biasanya selalu bersemangat membuat puluhan konten baru tanpa peduli dengan riset kata kunci, kemudian merasa bangga karena judul artikel sudah masuk di halaman 1, posisi paling atas lagi. Tetapi pengunjungnya tetap sedikit, tidak ada perubahan sama sekali.

Sayang kan, kita mengeluarkan banyak waktu dan juga biaya untuk membuat konten tetapi ternyata tidak ada yang tertarik membaca kontennya karena artikel itu tidak pernah muncul di kata kunci yang pengunjung input di mesin pencari.

Jika tujuan Anda adalah mendapatkan banyak traffic tanpa peduli peningkatan penjualan, maka yang harus ditekankan dalam riset kata kunci adalah search volume nya, semakin banyak search volume bulanannya, semakin layak kata kunci tersebut Anda garap dalam bentuk konten. Minimal search volume bulanan yang direkomendasikan sehingga bisa memberikan traffic kunjungan adalah minimal 1000 search per bulan.

Kasus lainnya terjadi pada perusahaan atau personal yang menjual barang. Katakanlah bapak Rahmat menjual produk kesehatan dan memperbanyak artikel tentang kesehatan secara umum di websitenya. Pak Rahmat juga mengerti SEO dan menargetkan kata kunci dengan volume pencarian besar melalui Ubbersuggest tool.

Setelah optimasi ini itu memang dalam 2-3 bulan kemudian traffic kunjungan melonjak sampai 90.000 kunjungan setiap bulannya, tetapi ternyata tidak ada yang membeli produk yang ditawarkan. Kira-kira apa penyebabnya?

Benar, penyebabnya karena pa Rahmat mengincar kata kunci yang salah. Penting untuk diingat bahwa tujuan dari keyword research bagi pa Rahmat bukan hanya menemukan kata kunci dengan jumlah pencarian terbanyak, bukan hanya mendatangkan pengunjung, tetapi juga untuk meningkatkan penjualan dengan mendatangkan pengunjung yang tepat sasaran.

Jika tujuannya adalah meningkatkan penjualan supaya pengunjung membeli produk yang ditawarkan, maka Anda harus memilih kata kunci yang digunakan orang yang memang berniat membeli, kata kunci ini dinamakan Buying Keyword yang walaupun jumlah pencariannya terlihat kecil tetapi potensi pengunjung melalukan pembelian lebih besar.

2. Mencari kata kunci yang tepat menggunakan tool riset keyword

Setelah memahami tujuan segmentasi kata kunci, sekarang saatnya untuk mendapatkan kata kunci yang tepat sesuai tujuan apakah untuk mendatangkan traffic kunjungan atau untuk meningkatkan konversi penjualan. Untuk tool riset  yang digunakan dalam artikel ini adalah Ubbersuggest dari Neil Patel. Tool ini gratis dan Anda tidak perlu harus sign up untuk mendapatkan hasil risetnya.

Yuk kita mulai, pertama menentukan ide, dalam hal ini untuk case studinya kami akan mencari kata kunci yang tepat untuk artikel cara riset keyword. 

riset keyword ubbersuggest

Bisa Anda lihat ubbersuggest memberitahu bahwa kata kunci ini search volumenya 480. Termasuk sedikit untuk short-tail keyword dengan dua kata. Selanjutnya scroll ke bawah untuk melihat ide kata kunci lain yang relevan.

riset keyword suggestion

Anda bisa melihat ubbersuggest memberikan 6 kata kunci turunan yang dari sisi jumlah pencarian kurang menarik untuk dibuatkan kontennya. Sampai sini Anda paham kan kenapa seringsekali buat artikel banyak dan sudah di halaman 1 google tetapi pengunjung tetap sedikit. Itu karena jumlah pencarian bulanannya di bawah 1000 dan tidak cukup mendatangkan traffic kunjungan. Keyword suggestionnya tidak ada yang pas, sekarang kita coba klik di bagian RELATED.

cara riset keyword ubbersuggest

Selanjutnya di tab related kita menemukan bahwa kata kunci longtail “Cara Riset Keyword” jumlah pencarian per bulannya sama bernilai 480 volume pencarian bulanan.

Kita tahu bahwa kata kunci longtail adalah kata kunci turunan dari short tail keyword. Jika kita ingin menargetkan sebuah kata kunci yang power full, maka akan sangat direkomendasikan untuk memilih kata kunci long tail ini karena tingkat persaingannya rendah dan cenderung lebih mudah dalam menguasai rangking pertama di SERP.

Hasil akhirnya untuk artikel ini, kata kunci yang dipilih untuk menjadi judul artikel adalah kata kunci “Cara Riset Keyword

Kesimpulan

Kata kunci pada blog terbagi menjadi dua yaitu kata kunci pendek dan kata kunci panjang. Kata kunci pendek adalah kata kunci yang hanya terdiri dari maksimal dua suku kata sedangkan kata kunci panjang adalah kata kunci yang lebih dari dua suku kata.

Kata kunci pendek biasanya memiliki persaingan yang sangat ketat di mesin pencari sedangkan kata kunci panjang relatif lebih kurang persaingannya sehingga banyak digunakan oleh para blogger pemula. Untuk menentukan kata kunci pada blog yang akan kita buat sebaiknya kita melakukan riset kata kunci.

Jika tujuan Anda adalah mendapatkan banyak traffic tanpa peduli peningkatan penjualan, maka yang harus ditekankan dalam riset kata kunci adalah search volume nya, semakin banyak search volume bulanannya, semakin layak kata kunci tersebut Anda garap dalam bentuk konten. Minimal search volume bulanan yang direkomendasikan sehingga bisa memberikan traffic kunjungan adalah minimal 1000 search per bulan.

Jika tujuannya adalah meningkatkan penjualan supaya pengunjung membeli produk yang ditawarkan, maka Anda harus memilih kata kunci yang digunakan orang yang memang berniat membeli, keyword ini dinamakan Buying Keyword yang walaupun jumlah pencariannya terlihat kecil tetapi potensi pengunjung melalukan pembelian lebih besar.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

19 komentar untuk “Apa Itu Keyword Jenis dan Cara Riset Keyword yang Benar”

  1. Ping-kembali: Tutorial Alexa, Info lengkap dan Cara Meningkatkan Alexa Rank

  2. Ping-kembali: Pengertian SEM SMM SMO SEO Serta Manfaatnya

  3. Ping-kembali: 3 Faktor SEO Yang Mempengaruhi Perkembangan Website

  4. SEON One Stop Solution

    Saya cari kata kunci, lalu di adwords planner tertulis low competition, tetapi kenapa ketika cari di tool tertentu, tertulis kompetisinya sangat tinggi. Bagaimana menurut anda?

    Terima kasih

    1. SEON One Stop Solution
      SEON One Stop Solution

      adword planner menunjukkan tingkat kompetisi untuk adword atau iklan, tools lain seperti ahrefs, moz, dan semrush menunjukkan tingkat kompetisi di SERP

  5. Ping-kembali: Peluang Usaha Ternak Dengan Modal Kecil Tapi Menguntungkan | SEON One Stop Solution Portal Bisnis Online Indonesia

  6. Ping-kembali: Perubahan Update Algoritma Google Terbaru 2016

  7. Ping-kembali: Pengertian Media Sosial Facebook Twitter Google Youtube Instagram

  8. Ping-kembali: trial blog layout | SEON One Stop Solution Portal Bisnis Online Indonesia

  9. SEON One Stop Solution

    Ah bingung.. kalau saya asal posting aja… beruntung dapat peringkat 1.. hehhee Karena saya bingung dengan artikel saya yang mengharuskan pendek semua, jarang banget yang kata – katanya panjang.

    1. SEON One Stop Solution

      terimakasih atensinya pak, jumlah kata dalam artikel berkaitan dengan html to text ratio dan juga ratio penyisipan keyword dalam artikel untuk optimasi SEO onpage

  10. Ping-kembali: Quiz Kewirausahaan | agneswijaya01

    1. SEON One Stop Solution

      terimakasih atas kunjungannya pak, mohon maaf moderasinya lama, website kami sedang dalam proses pengembangan dan penataan konten hingga oktober 2017

  11. Ping-kembali: agneswijaya01

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

opening coupon

15% off

exclusive & limited offer
berlaku hingga:

-31 oktober 2019-

Coupon code:
Chat via whatsapp
Customer Service SEON
Terimakasih sudah menghubungi CS SEON

ada yang bisa kami bantu?
Powered by