Pengertian dan Cara Optimasi SEO On Page Terbaru

  • Juni 23, 2024
  • SEO Agency Indonesia
  • 7 min read

Peranan SEO website sangatlah vital mengingat optimasi SEO website sangat membantu agar suatu website atau blog berada di posisi teratas pada hasil pencarian search engine seperti google, bing, yahoo dan sebagainya. Sebagai blogger professional, menulis tidak hanya sebatas kesenangan atau curhat saja melainkan juga mempelajari setiap kalimat yang ditulis berdasarkan teknik optimasi SEO sehingga bisa dibaca bahkan dikenal luas oleh semua orang.

Untuk lebih lengkapnya mari memahami makna SEO website lebih spesifik. Pada pembahasan kali ini kami akan mengupas mengenai teknik optimasi SEO on page secara mendalam.

Cara Optimasi SEO Onpage

Berdasarkan berbagai sumber, makna SEO website secara luas adalah suatu upaya yang dilakukan oleh webmaster demi meningkatkan posisi suatu web pada mesin pencari. Jadi arti sederhananya, optimasi SEO website adalah optimasi yang dilakukan guna memperoleh trafik sebanyak-banyaknya dengan cara menempatkan artikel tertentu di halaman pertama mesin pencari. Sampai disini, masing masing upaya optimasi SEO oleh para siter maupun blogger akan berbeda tergantung teknik dan keyakinan mereka sendiri. Sedangkan SEO website itu sendiri secara sederhana dapat dibedakan menjadi SEO On page dan SEO Offpage.

Optimasi SEO On page terbilang lebih spesifik sehingga perlu dipelajari secara mendalam. Secara terminologi berarti serangkaian optimasi suatu website agar halaman halaman yang ada memenuhi kriteria terbaik mesin pencari sehingga dapat dikatakan bahwa proses optimasi tidak menyertakan campur tangan website website dari luar yang dalam hal ini disebut dengan backlink atau SEO offpage.

SEO Onpage termasuk teknik SEO yang paling penting dalam menentukan kualitas konten dan kualitas metadata website, dan sudah seharusnya menjadi ritual yang wajib dilakukan setiap pemilik situs atau blog. Jelas sekali SEO Onpage merupakan pondasi utama, ibarat kata ketika sedang membangun sebuah rumah, maka  bebatuan dan tiang penyangga akan menentukan seberapa besar kekuatan dan daya tahan rumah, apakah sampai tahunan saja atau puluhan tahun menopang rumah tersebut. Adapun hal hal yang terlibat dalam optimasi SEO Onpage antara lain

1. Pemilihan Tema atau Template Website

Template website mempunyai peranan penting dalam optimasi SEO Onpage. Template website yang ringan dan cepat secara otomatis akan membuat para pengunjung betah dan nyaman berlama lama mengunjungi website anda. Disamping itu, keunggulan pada responsive desain serta kualitas tampilan website juga tidak kalah penting dalam upaya memanjakan para pengunjung sehingga dapat diakses entah itu melalui desktop, HP android dan sebagainya. Google bahkan tidak segan segan memunculkan website yang mobile friendly di halaman teratas mesin pencari dan menyingkirkan situ situs berat yang tidak ramah perangkat mobile dari halaman pertama mesin pencari.

Baca juga  Teknik White Hat SEO vs Black Hat SEO vs Gray Hat SEO

2. Anchor Text

Anchor Text adalah text yang digunakan oleh sebuah link. Ketika kita membuat sebuah link, baik itu inbound link atau link masuk atau backlink, maupun outbound link atau link keluar. Menempatkan anchor text termasuk salah satu faktor optimasi SEO Onpage yang tidak boleh diabaikan. Google dan mesin pencari lainnya selalu memperbarui algoritma mesin pencari untuk menyeleksi hasil pencarian secara ketat, sehingga kehadiran Anchor Text pada website tidak luput dari penilaian algoritma mesin pencari.

3. Pemilihan Judul

Pemilihan judul artikel website sebaiknya jangan asal asalan. Perlu diketahui bahwa judul yang tanpa melalui riset sudah dapat dipastikan tidak akan memberikan dampak positif terhadap website. Maka dari itu, selalu riset terlebih dahulu judul utama untuk sebuah artikel. Kalo perlu lihat beberapa situs besar seperti detik.com, kompas.com, vemale.com dan masih banyak lagi sebagai acuan ketika kita ingin mengambil judul tertentu.

4. Gunakan URL singkat

Dalam SEO Onpage, URL singkat ternyata mampu mengoptimalkan halaman website pada posisi on top pencarian di search engine. Umumnya, pemilihan URL lebih bagus jika dikaitkan langsung terhadap pembahasan website itu sendiri. Milsanya saja, keyword bidikan website adalah kesehatan jantung, maka URLnya sebisa mungkin terdapat  kata “jantung” (contoh Jantungsehat.com, jantungan.com dan lain-lain). Diambil dari beberapa sumber, URL singkat boleh saja tidak melulu ke bidikan keyword melainkan menggunakan kata yang mudah dihafal oleh semua orang sehingga saat mereka membutuhkanya secara otomatis akan langsung mengetikan nama website tersebut tanpa melakukan pencarian di search engine.

5. Memaksimalkan Tag Heading

Tag Heading merupakan indikator untuk menegaskan suatu pembahasan dalam artikel itu sendiri agar gampang dikenali oleh alogaritma mesin pencari yang pada akhirnya mengoptimalkan SEO secara onpage. Tag heading terdiri dari beberapa bagian namun yang paling diutamakan yaitu H1, H2, H3 dan H4 dimana masing – masingnya memiliki tugas khusus.

H1 sebagai tempat untuk keyword utama (contoh “cara belajar menghitung”) yang biasanya berada di 100 kata pada kalimat pertama suatu artikel, H2 secara tegas sebagai tempat keyword turunan pertama (contoh ”cara belajar menghitung angka”), H3 berperan sebagai keyword turunan kedua (contoh ” cara belajar menghitung angkat matematika”) dan seterusnya. Boleh juga kita menempatkan setiap Tag Heading dengan keyword utama supaya bidikanya tertarget.

6. Tag title pada gambar

Setiap artikel yang didukung oleh gambar sebaiknya menggunakan tag title dan tag alt untuk mengoptimasi SEO secara onpage. Teknik ini sangat sederhana, cukup dengan menuliskan kata kunci di setiap gambar agar tidak hanya artikel saja yang terbaca oleh search engine melainkan gambarnya pun ikut terindeks pula.

Baca juga  Apa itu Website Perusahaan atau Company Profile

7. Adanya Meta Tag

Pada kasus nyata, optimasi SEO onpage tidak hanya melulu berkutat pada kualitas artikel saja akan tetapi penempatan teknik meta tag terkadang menentukan hasil akhir. Disini, ada anjuran supaya suatu artikel terdukung oleh meta tag description, tittle serta keyword yang dipilih.

Manfaat Optimasi SEO On page

Dengan menerapkan teknik optimasi SEO onpage secara tidak langsung manfaatnya pun akan berimbas positif terhadap website yang dikelola. Dibawah ini beberapa keuntungan jika optimasi benar benar dilakukan secara baik dan benar.

1. Mampu meningkatkan trafik pengunjung

Sudah dibahas sejak awal bila optimasi SEO website mempengaruhi posisi hasil pencarian di mesin pencari. Ketika suatu website sudah berada di posisi top mesin pencari maka kunjungan pun semakin banyak, karena setiap orang yang mencari suatu keyword hampir pasti selalu mengklik posisi teratas untuk dijadikan sumber mengingat bahwa secara tidak sadar mereka percaya kalo posisi paling atas merupakan website terpercaya atau terbaik.

2. Meningkatkan popularitas blog atau website

Dengan menempati posisi pertama di SERP tentu saja website atau blog akan selalu dikunjungi oleh siapapun bahkan hanya untuk sekedar melihat lihat. Bayangkan saja jika didukung dengan isi setiap artikel yang berkualitas maka besar kemungkinan mereka akan singgah kembali bahkan sampai hafal betul bahwa website tersebut sangat bermanfaat sehingga tingkat popularitas pengembangnya pun ikut naik drastis.

3. Mudah ketika memasarkan suatu produk

Bila anda ingin berbisnis melalui online shop, nampaknya optimasi SEO onpage patut diterapkan sehingga suatu produk langsung dapat dikenal masyarakat secara luas. Pada awalnya anda dapat menulis review produk atau barang tertentu kemudian bertahap mengoptimalkanya secara onpage. Jika sudah berada di posisi teratas dalam mesin pencari tentu tingkat prosentase penjualan produk akan semakin besar mengingat kunjungan dari waktu ke waktu pasti selalu meningkat.

4. Meningkatkan Revenue Pendapatan

Jangan salah bila website dengan kualitas berbobot dan menempati posisi pertama di search engine bisa langsung mendapatkan income secara pasif. Misalnya saja, memberikan penyewaan iklan mandiri yang akan ditayangkan pada website atau blog atau mengikuti kerjasama periklanan atau biasa disebut publisher (pop under, google adsense, popcash dan lain-lain). Prinsipnya, setiap kunjungan ke website akan memperoleh income pasif apalagi jika pengunjung mengklik iklannya. Semuanya tergantung pilihan anda karena ada banyak sekali jenis jenis suatu iklan dalam internet marketing.

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa Optimasi SEO Onpage hanya berkutat pada kualitas internal suatu website atau blog saja. Oleh sebab itu, belajar mengenali karakter website menjadi dasar terpenting mau dibawa kemana arah dan tujuan utamanya. Fokus dan kreatifitas mengoptimasi secara onpage akan menjadi senjata ampuh agar situs website mampu bertahan serta bersaing di tingkat pencarian search engine.

Perlu diketahui juga agar jangan terlalu berlebihan dalam hal ini karena alogartima mesin pencari dapat berubah kapan saja dan bila website  tidak sesuai dengan aturan yang telah dibuat maka siap siap saja  terkena sandbox atau deindex selamanya. Selalu gunakan teknik White Hat SEO dan jangan sekali kali tergoda untuk mencicipi ilmu hitam Black Hat SEO.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *