Dalam perkembangan terakhir, analis tren Google John Mueller telah mengumumkan bahwa Google akan menghapus semua foto profil penulis dari hasil pencarian. Google juga akan menghapus tampilan jumlah Google+ di profil Google kami plus untuk meningkatkan hasil pencarian. Ini berlaku untuk pencarian seluler dan desktop. Perlahan tapi pasti, dalam beberapa hari ke depan semua foto profil dalam hasil pencarian akan dihapus. Sejak rilis Authorsip Markup pada 2011, Google telah melakukan banyak hal untuk memasukkan authorrank sebagai faktor SERP dari sebuah situs web dalam hasil pencarian. Algoritme pengarang peringkat ini mengurutkan konten hasil pencarian berdasarkan pada siapa yang menulisnya. Namun, jika dilihat secara sekilas, keputusan Google seperti menyimpang dari tujuan awal memasukkan faktor peringkat penulis dalam SERP.
Salah satu keuntungan terbesar dari memiliki foto profil penulis dalam hasil pencarian adalah meningkatkan Rasio Klik-tayang (RKT). hasil pencarian yang dilengkapi dengan kepiawaian snippet rich cenderung diklik oleh pencari karena melibatkan otoritas. Bahkan, beberapa penelitian mengatakan bahwa mata seorang pencari cenderung tertarik pada foto profil hasil pencarian saat browsing, walaupun hasil ini berada di peringkat ke-5 di bagian bawah. Namun, John Mueller mengklaim bahwa percobaannya menunjukkan bahwa RKT pada desain hasil pencarian baru tidak akan jauh dari sebelumnya. Mueller dapat berbicara tentang RKT untuk semua hasil pencarian, tidak hanya bagi mereka yang memiliki cuplikan kaya. Tetapi untuk alasan apa pun, kami masih tidak setuju, dan saya yakin orang-orang di komunitas SEO juga melakukannya.
Mengapa Google melakukan ini?
Jawabannya tidak begitu jelas. Namun, menurut Mueller: … this is really just about the UI shown in search. We’re always working on making Google Search better — we made 890 updates in 2013 alone. We’ve decided this new design works better, particularly on mobile.
Ini benar-benar hanya tentang antarmuka yang ditampilkan dalam pencarian. Kami selalu berupaya membuat Google lebih baik. Pada tahun 2013 saja, kami melakukan 890 pembaruan. Kami berharap desain baru ini bekerja lebih baik, terutama pada ponsel. Terlepas dari pertimbangan antarmuka, perubahan baru ini dapat dipengaruhi oleh faktor lain. Satu teori yang mungkin adalah bahwa Google mungkin ingin memulai seleksi lagi dari awal. Artinya, Google memungkinkan semua orang bebas untuk menerapkan kepengarangan sebelumnya dengan memberikan tutorial: https://support.google.com/webmasters/answer/1408986?hl=id. Tetapi kita semua tahu bahwa tujuan kepengarangan adalah untuk menghargai pembuat konten yang berkualitas. Google belum mengatakan apa-apa untuk saat ini. Tetapi ketika saatnya tiba, mungkin Google akan mengembalikan kepengarangan lagu hanya kepada mereka yang telah membuktikan kualitas konten. Jadi, hanya mereka yang benar-benar memiliki konten berkualitas yang dapat membuat mark up.
Masa Depan Authorship
Pertama, kami mencatat bahwa perubahan ini tidak berarti penghapusan otorisasi, juga bukan merupakan proyek jangka panjang Google untuk memahami otoritas penulis sebagai pembuat konten. Pembuat konten dapat terus mengelola koneksi cuplikan kaya antara profil Google+ dan konten mereka di situs mereka. Bahkan, dalam pengumuman perubahan ini, John Mueller dengan tegas menganjurkan untuk terus menerapkan kepenulisan. Penulis berkualitas akan tetap mendapatkan posisi yang baik dalam hasil pencarian untuk konten mereka, bahkan jika foto dan jumlah lingkaran Google+ tidak lagi ditampilkan. Dan saya berasumsi bahwa Google akan terus melacak data pada setiap pembuat konten sehingga mereka dapat mengembangkan authorrank nanti. Seperti sekitar dua minggu lalu di SMX Advanced Conference di Seattle, saya mendengar bahwa Matt Cutts menanggapi pertanyaan tentang penulis dengan mengatakan bahwa ia terus mendukung konsep tersebut dan bahwa ia akan senang melihatnya terus dikembangkan oleh Google. Jadi, intinya adalah bahwa perubahan ini adalah langkah Google untuk pengembangan algoritma lebih lanjut. Kami hanya harus tetap konsisten dalam menciptakan konten yang berkualitas.