Di era serba canggih sekarang ini blog juga ikut memegang peranan vital dalam pemasaran. Bila Kamu memiliki bisnis kecil, maka Kamu harus mulai berpikir untuk membangun blog pertama Kamu. Ada beberapa alasan mengapa sebuah bisnis harus punya blog :
- Bisnis Kamu terlihat keren di mata pelanggan
- Untuk membangun komunitas pengguna dan memelihara hubungan baik dengan para pelanggan
- Menjadi otoritas dan menguasai pasar informasi berhubungan dengan produk atau jasa Kamu
- Meningkatkan visibilitas bisnis Kamu di mesin pencari
- Membangun Networking di dunia maya
- Meningkatkan Brand
Setelah membuat blog bisnis, tidak serta merta bisnis langsung berjalan. Tantangan terberat ialah menjaring orang yang tepat, yang berpotensi tertarik dengan bisnis, untuk melihat konten-konten di blog.
Tetapi apa jadinya bila blog bisnis Kamu masih berantakan? Tentu mereka yang datang akan meragukan bisnis Kamu dan enggan untuk bekerja sama. Karena bila blog masih belum terlihat profesional, orang-orang cenderung tidak mempercayai bisnis Kam , sedangkan kita sama-sama tahu bahwa semua bisnis dimulai dari kepercayaan.
Maka dari itu, sebelum memikirkan lebih jauh tentang rencana besar bisnis Kamu, sangat penting untuk mempermak blog supaya terlihat menarik dan profesional di mata pengunjung.
Cara Membuat Blog Bisnis Terlihat Profesional
Berikut ialah langkah-langkah mudah yang bisa langsung Kamu aplikasikan supaya terlihat lebih profesional dan siap bersaing dengan bisnis lain untuk menjadi perusahaan yang lebih baik yaitu
1. Tentukan Platform Blog
Hal ini merupakan bagian penting. Salah memilih platform blog di masa awal akan membuat Kamu kesulitan mengembangkan blog ke level selanjutnya. Apalagi bila SDM Kamu masih sangat terbatas bila berhubungan dengan teknologi. Ada beberapa platform blog popular seperti Joomla, Drupal, blogger, atau Weebly. Tapi rekomendasi saya ialah menggunakan paltform WordPress.
Mengapa? Sebab para pengguna wordPress dapat digunakan oleh lebih dari 27% web di internet. Dengan pengguna yang sebanyak itu, apalagi sifatnya yang open source, WordPress dengan cepat berkembang menyesuaikan dengan perkembangan teknologi web terbaru. Jadi, Kamu tidak akan kesulitan menambahkan fungsi-fungsi tertentu pada blog yang Kamu bangun. Terdapat 2 tipe wordpress yaitu wordpress.com dan wordpress.org. Rekomendasi saya gunakan versi wordpress.org supaya Kamu lebih fleksibel dalam menambah fitur-fitur bisnis yang Kamu butuhkan.
2. Pilih Tema WordPress
Salah satu kelebihan WordPress ialah memiliki tema yang sangat beragam. Kamu bisa menentukan ingin terlihat seperti apa dan punya rasa seperti apa, sesuatu yang mencerminkan bisnis yang ingin Kamu kembangkan. Terdapat begitu banyak theme gratis yang sudah melewati proses seleksi ketat di direktori theme WordPress (Gratis).
Kamu bisa mendownload dan mengembangkan theme sendiri berdasarkan theme-theme yang sudah ada. Atau bila Kamu masih belum memiliki divisi pengembangan teknologi, Kamu bisa membeli theme-theme premium di Theme Forest atau Studiopress. Untuk Catatan : Pastikan membeli theme yang responsive, memiliki support forum, dan memiliki customisasi warna, tombol, widget dan navigasi yang mudah.
3. Daftarkan Nama Domain
Berbicara mengenai profesionalisme, maka tidak ada yang akan terkesan dengan domain gratisan. Bagaimana pun juga, walaupun menekan biaya seminim mungkin merupakan pilihan paling masuk akal bagi pebisnis yang baru merintis usaha, tetapi itu tidak berlaku bila menyangkut nama domain yang bagus.
Nama domain ialah brand Kamu di dunia internet. Sangat tidak masuk akal bila Kamu mempertaruhkan brand Kamu pada domain gratisan. Bisa-Bisa orang tidak percaya bahwa bisnis yang Kamu kelola dijalankan para profesional di bidangnya. Kamu bisa membaca “Tips Memilih Nama Domain yang Baik” untuk mendapatkan petunjuk tentang nama domain yang paling sesuai dengan bisnis Kamu dan brand yang ingin Kamu bangun.
Setelah Kamu selesai menentukan tema, maka langkah selanjutnya ialah mendaftarkan domain yang masih tersedia. Domain merupakan alamat yang digunakan pengguna untuk mengakses blog yang akan Kamu bangun. Contohnya http://www.bisnisku.com atau http://www.bisnisbaru.com.
Utamakan mendapatkan domain yang berekstensi dot com. Selain lebih mudah diingat, akhiran dot com merupakan ekstensi yang umum digunakan untuk tujuan komersial. Supaya sesuai dengan tujuan bisnis Kamu . Berikut ialah tips memilih nama domain (Bila masih tersedia, maka gunakan nama bisnis Kamu saja) :
- Usahakan mengandung kata kunci
- Pastikan nama domain unik (belum digunakan orang lain dengan ekstensi lain)
- Pilih ekstensi dot com
- Pilih nama yang mudah diketik
- Pilih nama yang mudah diingat
- Buat sesingkat mungkin
- Nama domain yang memenuhi sebuah harapan
- Hindari penggunaan angka dan tanda hubung
4. Beli Hosting Premium
Termasuk paling penting dalam cara membuat blog bisnis profesional adalah pemilihan hosting yang merupakan tempat meletakkan file-file yang dibutuhkan untuk membangun blog. Bila seseorang mengakses nama domain milik Kamu , maka mereka akan melihat halaman yang ada di hosting. Meskipun Kamu mendapatkan WordPress secara gratis, bukan berarti Kamu tidak perlu lagi mengeluarkan uang. Kamu butuh membeli hosting. Kamu masih bisa mendapatkan hosting murah di beberapa provider lokal. Tetapi bila Kamu ingin mendapatkan hosting terbaik, maka saya merekomendasikan hosting superfast nvme dengan phisical ram minimal 2GB per cpanel untuk menjamin kecepatan dan performa website.
5. Rencanakan Tujuan Blog Kamu
Sebelum melangkah lebih jauh lagi, Kamu harus menetapkan tujuan ngeblog. Jawab beberapa pertanyaan di bawah ini :
- Apa tujuan utama blog diciptakan? Mendapatkan leads, menambah email list, atau menjadi otoritas berhubungan dengan topik blog bisnis Kamu ?
- Seberapa sering Kamu akan update blog? Frekuensi ngeblog menentukan segalanya. Dua atau tiga kali seminggu merupakan yang terbaik untuk blog bisnis. Tetapi seminggu sekali juga bukan ide buruk selama Kamu berkomitmen memublikasikan konten panjang dan berbobot.
- Call to Action seperti apa yang Kamu inginkan? Email opt-in seperti apa? Sebuah link menuju halaman penjualan? Atau panggilan langsung di telepon?
- Topik apa yang Kamu angkat? Lebih baik berfokus menjadi salah satu yang terbaik dalam satu topik yang berhubungan dengan bisnis Kamu daripada membahas berbagai macam topik dan tidak menjadi otoritas. Tentukan topik sejak posting pertama.
- Siapa yang akan menulis? Memastikan blog yang Kamu bangun terupdate dengan baik akan membuatnya lebih cepat berkembang. Apakah Kamu memesan artikel di penulis freelance atau menugaskan individu tertentu di dalam perusahaan Kamu , atau Kamu membentuk tim penulis sendiri?
5 pertanyaan di atas cukup mewakili semua yang Kamu butuhkan di masa awal mengembangkan blog. Tetapi jangan kaku dan sesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan blog yang Kamu kelola di kemudian hari.
6. Bila Memungkinkan Bentuk Tim Pemasaran Blog
Mempopulerkan sebuah blog bukan perkara mudah. Apalagi bila tingkat persaingannya tinggi. Bila Kamu tidak serius mengelolanya, maka blog Kamu tidak akan banyak menjaring netizen. Artinya tujuan ngeblog Kamu tidak akan tercapai. Itu berarti bisnis Kamu dalam bahaya.
Dengan membuat sebuat tim pemasaran blog akan memastikan blog siap bersaing di mesin pencari, memiliki iklan untuk menjaring target pasar yang tepat, dan memastikan brand yang terbangun sesuai dengan visi dan misi perusahaan Kamu . Bila dana Kamu tidak cukup besar membangun tim pemasaran sendiri, maka Kamu bisa menggunakan jasa pihak ketiga dalam memasarkan konten-konten blog Kamu . Dengan demikian blog Kamu akan berkembang dengan cepat dan mudah.
7. Usahakan Desain yang Unik
Baik memakai theme gratisan maupun theme premium, terdapat berbagai macam peluang orang lain juga mendownload atau membeli theme yang sama dengan Kamu . Sisi buruknya , bila desain yang Kamu tampilkan mirip dengan desain situs lain. Hal itu bisa sedikit mencoreng brand Kamu sebagai bisnis profesional.
Cara untuk mengatasinya cukup mudah, lakukan tweak seperlunya sehingga desain Kamu menjadi unik. Juga bukan ide buruk untuk mencari desainer lepas untuk mempermak desain blog Kamu supaya sesuai dengan konten dan mencerminkan bisnis Kamu . Sebab aturannya hanya satu : “Tak ada 2 situs profesional yang punya desain sama.”
8. Cantumkan Berbagai Kontak untuk Menghubungi Kamu
Apa jadinya bila ada orang yang tertarik dengan bisnis Kamu , tetapi masih ragu-ragu dan ingin memastikan semua akan baik-baik saja? Ia akan mencari kontak apapun untuk menghubungi Kamu .
Hal ini sangat berkaitan dengan pelayanan. Kontak sangat penting untuk membuat pengunjung merasa tenang bila ada kejadian-kejadian buruk yang tidak diinginkan. Katakanlah ingin nego harga atau memastikan produk sesuai dengan foto, atau ingin tahu proses pembayarannya, atau apapun yang masih meragukan.
Pengusaha sukses tahu mengenai peranan kontak dalam pelayanan. Jadi, supaya Kamu tampak lebih profesional, maka bisa cantumkan nomor telepon, whats app, email, dan alamat perusahaan di tempat yang mudah terlihat seperti sidebar atau footer dengan ukuran yang besar. Dengan demikian, Kamu akan mengurangi risiko kehilangan calon pelanggan yang lebih besar sekaligus terlihat profesional.
9. Hilangkan Semua Widget yang Tidak Penting
Widget di masa sekarang sangat bervariasi. Semua orang bisa memilih widget apapun untuk menambah nilai estetika di dalam blog. Tetapi pebisnis tidak membutuhkan widget seperti yang Kamu pikirkan. Widget seperti kalendar, jam, atau hiasan apapun akan tampak menganggu bagi para profesional, calon pelanggan Kamu .
Selain itu, minimalkan untuk tidak menggunakan widget yang tidak penting lainnya. Untuk itu, umumnya sidebar cukup diisi dengan daftar artikel terbaru, kategori, dan daftar artikel populer saja. Bila blog Kamu lebih kompleks lagi, pastikan saja widget yang ada berfungsi membantu pengunjung menjelajahi situs Kamu . Selain itu, lebih baik hilangkan saja.
10. Pasang Sosial Proof Kamu
Sosial proof sangat berguna untuk menghilangkan keraguan pengunjung dan membuat Kamu tampak profesional. Siapa yang akan meragukan blog yang sudah memiliki banyak subscriber dan pengikut? Atau akun sosial media yang memiliki banyak pengikut? Tidak ada.
Oleh sebab itu, bila Kamu merasa memiliki sosial proof apapun yang membuat Kamu tampak hebat, cantumkan itu di blog Kamu supaya pengunjung mengetahui bahwa sudah banyak orang yang mempercayai bisnis Kamu . Dengan begitu, pengunjung yang baru datang akan melihat blog profesional yang sudah diakui oleh netizen dengan bukti sosial yang ada dan ia pun tidak ragu berbisnis dengan Kamu .
11. Gunakan Bahasa Indonesia yang Baik
Bahasa yang paling mudah dimengerti oleh seluruh masyarakat Indonesia tentu bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sebisa mungkin, belajarlah menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dalam konten-konten yang Kamu terbitkan atau ketika berhubungan dengan calon pelanggan lainnya. Jangan menggunakan bahasa campur aduk karena selain mengesankan ketidakprofesionalan, bahasa semacam itu tidak enak dibaca dan didengar.
12. Update Blog secara Teratur
Umumnya , bisnis yang bagus pasti dipertahankan dan yang kurang bagus akan ditinggalkan. Indikasi ini bisa digunakan siapapun untuk menentukan tingkat profesionalisme sebuah bisnis di internet. Bila blog sudah lama tidak update, maka mustahil orang akan menganggap blog tersebut profesional. Walaupun blog tersebut sudah lama usahakan rutin update.
Sebagian besar pemula tidak tahu betapa pentingnya untuk terus mengupdate blog secara teratur dan rutin. Selain untuk menambah variasi kata kunci, blog yang update teratur menkamu kan bisnis masih berjalan dengan baik dan semua masih baik-baik saja. Jadi, untuk terlihat profesional, hal utama yang harus dilakukan ialah terus menciptakan konten-konten bermutu dan memublikasikannya di blog.
13. Gunakan Gambar yang Bagus
Tips penting dalam cara membuat blog bisnis profesional adalah pemilihan gambar. Komponen yang tidak kalah penting untuk menunjang profesionalisme Kamu di dunia bisnis internet ialah gambar-gambar yang berkualitas tinggi. Gunakan di dalam setiap postingan untuk memberi ilustrasi sehingga pengunjung betah berlama-lama di blog Kamu .
Apabila Kamu memajang foto-foto produk, pastikan gambar yang dihasilkan oleh kamera Kamu tampak sejelas mungkin supaya tidak terjadi kesalahpahaman tentang produk yang Kamu jual. Juga perlu diingat, Google bukan tempat sampah. Jadi, cantumkan sumber gambar bila Kamu mengambil dari situs lain. Itu akan membuat Kamu tampak profesional karena tidak melanggar hak cipta orang lain.
14. Jangan Terlalu Banyak Iklan
Sekalipun bisnis berjalan dengan baik, godaan besarnya rupiah yang bisa didapatkan dari iklan pihak ketiga sangat sulit untuk ditolak. Bila demikian, sangat dianjurkan untuk tidak memasang terlalu banyak iklan di dalam blog.
Alasannya sederhana, karena pengunjung blog Kamu akan terganggu dengan iklan yang bertebaran. Mereka bisa berpikir bahwa Kamu tidak sedang menjalankan bisnis dengan serius dan terlalu fokus terhadap iklan. Akibatnya, jumlah penjualan yang turun tidak sebanding dengan pemasukan dari iklan. Jadi, seandainya Kamu terpaksa harus memasang iklan di dalam blog, pastikan jumlahnya tidak terlalu banyak.
Sekarang ialah masa pemasaran digital. Cepat atau lambat, semua bentuk pemasaran akan beralih ke media-media digital. Dan blog merupakan jawaban terbaik guna mengikuti trend pemasaran yang berkembang di seluruh dunia.
Selain harganya terjangkau, blog juga mudah dikelola. Jadi, tidak ada alasan bagi Kamu untuk tidak membangun blog bisnis Kamu sekarang ini juga. Sebab pepatah “Lebih cepat lebih baik” selalu berlaku di industri manapun. Apakah Kamu mempunyai alasan mengapa tidak berkunjung ke blog? atau membuat blog yang berkualitas?
Cara Membuat Blog Bisnis Yang SEO Friendly
Diskusi ini tidak kalah penting karena tips di bawah ini dapat membuat posting Anda menjadi yang pertama dalam pencarian. Konten yang dioptimalkan dapat meningkatkan kualitasnya di mata mesin pencari. Tentu saja, ini juga dapat memiliki efek yang baik pada situs web Anda di masa mendatang.
Konten yang baik dapat memberi sinyal ke mesin pencari bahwa situs web juga baik. Perlu Anda ketahui, bahwa ada 2 jenis tulisan yang dibagi dari peruntukannya. Pos bagus untuk mesin pencari dan pos bagus untuk pembaca. Terkadang, postingan yang dioptimalkan untuk mesin pencari seringkali tidak baik untuk pembaca, karena kalimat difokuskan pada penargetan kata kunci.
Tapi, ketahuilah bahwa SEO hari ini memberikan penilaian bahwa konten yang baik adalah konten yang bagus dalam hal SEO, tetapi masih bagus untuk dibaca. Lalu, bagaimana cara membuatnya? cara-cara berikut mungkin menjadi solusi bagi Anda:
1. Gunakan Judul Deskriptif Mengandung Kata Kunci Utama
Judul yang bagus untuk sebuah posting adalah judul yang menggambarkan keseluruhan isi posting dan berisi kata kunci utama. Anda juga harus memperhatikan panjang judul. Menurut Neil Patel (Spesialis SEO Internasional), tag Heading yang baik (termasuk judul blog) berkisar antara 15 – 65 karakter. Nah, buatlah judul posting Anda dengan kisaran jumlah karakter.
2. Menyesuaikan URL Permalink
URL permalink adalah alamat tetap untuk sebuah halaman di situs web. Baik di blogger dan wordpress, struktur dan kata-kata dalam permalink ini dapat disesuaikan sesuai keinginan. Ubah permalink yang dibuat secara otomatis dengan kata kunci dalam posting Anda. Bedakan dari yang ada di judul. Masukkan kata kunci lain yang menggambarkan posting Anda. Ini dapat memperkaya kata kunci artikel tanpa mengganggu kenyamanan pembaca posting.
3. Gunakan Deskripsi Meta dan Deskripsi pencarian
Di blogger, ada fitur deskripsi pencarian saat membuat posting. Fitur ini untuk menentukan deskripsi posting kami ketika muncul di hasil pencarian. Gunakan kalimat utama yang benar-benar cocok dan jelaskan posting Anda untuk mengisinya. Ini akan membantu meningkatkan posisi posting Anda di mesin pencari. Jika Anda menggunakan wordpress, plugin All in SEO pack dapat membantu Anda membuat deskripsi pencarian di setiap posting.
4. Penempatan Kata Kunci
Untuk penempatan kata kunci, letakkan di awal dan akhir pos. Ini karena mesin pencari memprioritaskan awal dan akhir posting daripada tengah. Awalnya, biasanya orang masuk ke intro diskusi. Sedangkan bagian akhir biasanya untuk kesimpulan diskusi.
5. Gunakan teks dan judul Alt pada gambar
Jika posting Anda memiliki gambar, gunakan alt teks (teks Alternatif) dan teks judul untuk menggambarkan apa gambar itu. Teks alternatif berfungsi untuk memberi tahu perayap gambar karena secara default tidak dapat merayapi dan mengenali gambar. Judul gambar berguna untuk memberikan deskripsi kepada pembaca ketika pointer mouse diletakkan pada gambar. Untuk digunakan, dalam posting blogger: pilih gambar> klik gambar yang telah Anda masukkan> klik tautan properti yang muncul di sudut kanan bawah> kemudian masukkan alt dan judul. Sedangkan dalam posting wordpress: Editor pos> Klik tambah media> pilih gambar> Masukkan judul dan teks alternatif.
6. Hindari isian kata kunci
Isi kata kunci adalah memasukkan kata kunci yang diinginkan sebanyak mungkin dan diulangi di bagian konten posting. Di masa lalu, isian kata kunci pernah dianggap sebagai cara untuk memperkaya kata kunci sehingga posting bisa menempati peringkat pertama di mesin pencari. Namun, sekarang tidak! Isi kata kunci telah dinilai sebagai metode topi hitam dan spam oleh Google. Meskipun metode ini mungkin bekerja pada awalnya, di masa depan Anda mungkin akan mendapat penalti Google Panda karena dianggap sebagai spam.