Tips Cara Memasarkan Produk Melalui Media Sosial Terbaru

  • April 15, 2024
  • SEO Agency Indonesia
  • 24 min read

Daftar isi konten

Peran internet kian berevolusi dari hanya sebatas memudahkan akses komunikasi hingga muncul berbagai jejaring sosial untuk memudahkan interaksi dengan banyak orang. Era media sosial membuat akses komunikasi dan sharing mencuat dan perlahan melebarkan fungsinya sebagai media untuk memasarkan produk. Cara memasarkan produk melalui media sosial dinilai lebih efektif terlebih jika friendlist atau followers anda adalah target market yang sesuai dengan produk yang anda jual.

Banyak yang menyukai promosi melalui media sosial karena sharing dan tanggapan lebih cepat. dari segi waktu anda bisa melakukan promosi kapanpun. Walaupun terlihat lebih mudah bukan berarti anda tidak memerlukan tips memasarkan produk melalui media sosial.

Cara Memasarkan Produk Melalui Media Sosial

Kita tidak bisa pungkiri bahwa sekarang ini media sosial menjadi salah satu hal yang paling penting, dan banyak digunakan untuk berbagai kegiatan. Salah satunya usaha ataupun bisnis baik offline khususnya online. Bagi Anda para pengusaha yang ingin membantu menjual produk dengan cara baru atau memanfaatkan trik baru.

Walaupun dinilai efektif, namun banyak pula yang mengalami hasil dari promosinya yang tidak mendapat respon baik dari followers nya. Tips yang diulas berikut ini akan membantu anda berpromosi secara lebih efektif melalui media sosial.

Berbіcara tentang medіa sosіal dalam perspektіf bіsnіs, sama dengan membahas tentang pemasaran dіgіtal. Tren medіa іnі sangat dіnamіs, strategі yang kuat yang dіgunakan tіga bulan lalu dan harі іnі dapat mencіptakan hasіl yang berbeda. Perubahan dalam kebіasaan, naіk turunnya popularіtas platform tertentu, dan munculnya platform baru, ketіganya berdampak pada bagaіmana orang menggunakan dan merespons pemasaran medіa sosіal.

Memasarkan Produk Melalui Media Sosial - SEON Digital Marketing

Іnі juga membawa perubahan dalam strategі yang perlu dіterapkan oleh pemasar untuk mempertahankan bіsnіs mereka. Sebagaі seorang pemasar, Anda harus rajіn membaca tren pasar dalam meramu strategі pemasaran yang berkualіtas. Marі kіta sіmak berіkut strategі pemasaran yang bіsa dіlakukan.

1. Menambah jumlah friends atau followers sebanyak-banyaknya

Media sosial ibarat pasar atau lapak jualan anda. sama dengan lapak offline, media sosial yang ramai followers dan banyak teman akan membuat produk atau jasa yang dipasarkan lebih berpeluang besar laku. Yang perlu diperhatikan ketika menambah jumlah teman dan followers adalah sesuaikan dengan target market anda. jika anda berjualan jilbab, pilih pengikut yang mengenakan jilbab atau yang terlihat senang berbelanja jilbab. Dengan hal ini promosi akan dirasa lebih efektif.

2. Aktif berinteraksi dengan followers dan friends

Sebenarnya fungsi media sosial adalah sebagai sarana untuk berinteraksi, bukan berfungsi untuk berjualan. Jualan hanya sebagai fungsi sampingan dari media sosial. Banyak yang beranggapan jika media sosial untuk berjualan isi postingannya hanya seputar jualan saja dan mengesampingkan interaksi dengan friend atau followers. Cobalah aktif Like atau Comment di status yang sekiranya target pasar anda. hal ini akan menarik perhatian mereka dan postingan anda juga akan sering muncul di beranda mereka.

3. Foto produk yang menarik

Foto produk yang bagus lebih besar menarik konsumen. album jualan anda di media sosial ibarat etalase sehingga penataannya mesti semenarik mungkin. Kualitas foto yang bagus akan memberikan trust yang lebih besar dari oranglain. Jika anda mendapatkan foto yang kurang berkualitas dari supplier, cobalah untuk berkreasi memfoto ulang produk dagangan anda secara kreatif.

4. Testimonial

Salah satu cara memasarkan produk melalui media sosial adalah dengan Testimonial. Banyak yang tidak mengira testimonial akan memberi peluang besar produk menjadi cepat laku. Membeli produk melalui internet memang riskan terkena penipuan. Maka dari itu testimonial adalah salah satu hal besar untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan kredibilitas jualan anda. semakin banyak testimonial akan memberikan efek bahwa jualan anda memang benar-benar laris di mata konsumen. jangan lupakan membubuhkan testimonial di lapak anda ya.

5. Detoksifikasi digital

Dіgіtal detox baru-baru іnі menjadі tren. Banyak orang memіlіh untuk “menghіlang” darі hіruk pіkuk dunіa maya dengan menghapus akun, profіl, dan mencopot pemasangan aplіkasі jejarіng sosіal. Merasa kewalahan dengan keberadaan jejarіng sosіal, bagaіmana іsі umpan atau waktu mempengaruhі kesehatan mental adalah alasan utama orang melakukan detoksіfіkasі dіgіtal.

Sebagaі pemasar dіgіtal, Anda memerlukan strategі іnі: jangan mengandalkan strategі pemasaran Anda dі jejarіng sosіal saja. Memang benar bahwa pemasaran melaluі Facebook atau Іnstagram lebіh ramah anggaran, tetapі juga mempertіmbangkan strategі laіn, sepertі pemasaran emaіl dan pemasaran mesіn pencarі. Lalu evaluasі juga penggunaan jejarіng sosіal bіsnіs Anda terkaіt dengan efektіvіtas pemasaran yang telah dіlakukan selama іnі.

6. Bangun komunitas media sosial

Bagaimana bisnis dapat mempertahankan keterlibatan audiens mereka di bidang jejaring sosial adalah masalah penting berikutnya. Interaksi antara Anda sebagai pemilik bisnis dan pemirsa bukan hanya tombol “suka” dan “bagikan”. Ribuan atau jutaan pengikut akun bisnis Anda memerlukan sesuatu yang lebih pribadi dan mengikat, yang membangun komunitas sesama pelanggan setia bisnis Anda.

Setelah komunitas terbentuk, Anda harus terus menyediakan konten secara konsisten yang mendorong mereka untuk terlibat secara aktif, sehingga menjadikan mereka bagian dari komunitas bisnis Anda. Ini akan mendorong audiens untuk tetap terlibat dengan bisnis Anda, sambil membawa prospek baru ke prospek lain.

7. Influencer dan pemasaran media sosial

Tren influencer masih tinggi, tetapi segmentasinya akan bergeser. Alih-alih menggunakan influencer besar dan terkenal, influencer mikro atau nano influencer dengan jumlah pengikut kurang dari 10.000 orang justru menjadi target pemilik bisnis. Mikro-influencer cenderung memiliki hubungan yang lebih dekat dengan pengikut. Mereka memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi dari pengikut, yang bisa sangat berarti untuk promosi produk Anda.

Sebagai duta merek, ketika mereka memposting produk, kekuatan pemasaran dari mulut ke mulut akan menarik pengikut dan mengarah pada keputusan untuk membeli produk. Dengan biaya rendah, peningkatan kepercayaan dalam bisnis Anda, orang akan membicarakan produk Anda, dan dapat meningkatkan penjualan produk karena apa yang disampaikan dengan tulus dan jujur, tanpa dibuat-buat.

8. Kehadiran platform alternatif

Jujur, banyak platform media sosial dapat menciptakan kejenuhan. Apalagi semakin banyak pemilik bisnis yang berlomba menggunakan jejaring sosial sebagai sarana promosi. Kemudian tampaknya semakin sulit bagi bisnis untuk mendapatkan keterlibatan organik atau audiens asli di jejaring sosial. Anda harus hati-hati membaca tren platform apa yang sedang populer saat ini.

Tik Tok sekarang sedang dipukul dan Anda dapat memanfaatkan platform ini jika produk Anda menargetkan kelompok usia 16-24 tahun. Kemudian, Pinterest juga mendorong khalayak untuk membeli produk yang mereka lihat melalui aplikasi. Anda dapat mencoba memasarkan barang melalui Pinterest dengan memberikan konten yang menarik dan bermanfaat bagi audiens Anda.

9. Jejaring sosial sebagai layanan pelanggan

Layanan pelanggan adalah aspek penting dalam membangun pengalaman pelanggan. Namun, di era digital, melayani pelanggan melalui jejaring sosial jauh lebih mudah dan lebih praktis. Bahkan, ulasan, keluhan, dan masalah terkait produk lebih mudah ditemukan di media sosial saat ini. Karena sangat nyaman menggunakan Facebook, Instagram, atau Twitter, pelanggan juga mengharapkan pemilik bisnis untuk menggunakan platform ini sebagai opsi layanan pelanggan.

Contoh paling jelas, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memiliki akun resmi khusus untuk layanan pelanggan di Twitter, yaitu @ KAI121. Mereka juga responsif dalam menjawab pertanyaan dan keluhan dari pelanggan KAI, sehingga masyarakat merasa terbantu dengan layanan ini. Anda dapat memaksimalkan penggunaan jejaring sosial sebagai layanan pelanggan, mengingat ini akan menjadi tren besar pada tahun 2020.

Keuntungan lainnya adalah bahwa menanggapi keluhan pelanggan secara responsif dapat menciptakan pelanggan yang loyal. Jadi, pastikan Anda sudah memiliki strategi jitu dan tim yang andal di departemen layanan pelanggan yang dapat bergerak cepat untuk menangani masalah pelanggan.

Itulah beberapa tips cara memasarkan produk melalui media sosial. Rawat akun media sosial anda sebaik mungkin untuk berjualan karena bisa jadi ini merupakan langkah awal kesuksesan bisnis anda.

Tips Menaikan Omset Bisnis Dengan Media Sosial - SEON Digital Marketing

Tips Menaikan Omset Bisnis Dengan Media Sosial

Seseorang yang menjalankan bisnis harus mampu mendesain dan merancang strategi yang ciamik agar omset penjualan bisnis tersebut melonjak tinggi sehingga pebisnis tersebut mendapatkan keuntungan yang maksimal. Banyak cara yang bisa di lakukan oleh seorang pebisnis agar menaikan omset penjualan. Salah satunya dengan memanfaatkan media sosial sebagai ladang penjualan produk.

Sudah banyak bisnisman yang membuktikan keefektifan media sosial dalam menaikan omset. Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan dengan detail beberapa tips memanfaatkan media sosial seperti facebook, instagram, whatapps dan sebagainya guna meningkatkan omset penjualan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menaikan omset penjualan dengan memanfaatkan media sosial yang ada. Simak ulasan artikel tentang Tips Menaikan Omset Bisnis Dengan Sosial Media yang ada di bawah ini.

1. Brand Adalah Segalanya

Tips pertama agar omset bisnis mu naik adalah dengan memperkuat nama atau brand dari produk yang kamu jual tersebut. Ketika kamu memiliki produk dengan brand mu sendiri yang sudah di kenal banyak orang, tentu saja omset penjualan akan naik atau kalaupun tidak naik pasti memiliki konsumen setia. Ambil contoh dari produk baju Supreme. Brand Supreme ini sudah sangat populer dan berapapun harga jual produk tersebut sudah pasti laku terbeli.

Baca juga  77 Bisnis Sampingan Untuk Karyawan Panduan Lengkap

Maka dari itu penting bagi kamu untuk memperkuat brand dari produk milik mu tersebut. Terlebih dengan melihat fakta bahwa 60% konsumen akan lebih memilih membeli produk dari brand yang sudah mereka kenal. Apabila brand yang kamu miliki tidak kuat dari segi karakteristiknya, maka kamu akan kalah saing dengan kompetitor yang lain.

2. Teknik Search Engine Optimization

Bagi kamu yang memanfaatkan medium seperti website untuk menjual produk mu, maka kamu harus menerapkan sebuah teknik yang bernama Search Engine Optimization atau SEO. Teknik Search Engine Optimization ini bertujuan agar intensitas pengunjung di website meningkat. Dengan meningkatnya pengunjung website, maka peluang meningkatnya penjualan produk mu semakin terbuka lebar.

Ambil contoh sebelum menerapkan teknik SEO pengunjung di website mu hanya berkisar 1000 orang per bulan. Dan dari 1000 pengunjung tersebut hanya 10 orang yang membeli produk mu. Setelah kamu menerapkan teknik SEO, omset penjualan mu akan bisa lebih banyak dari sebelumnya. Karena biasanya konsumen akan lebih memilih website yang berada di halaman pertama dan teratas ketika mereka melakukan searching.

3. Sosial Media Marketing

Tips berikutnya yang bisa kamu lakukan agar omset penjualan meningkat adalah dengan mulai menerapkan teknik sosial media marketing. Apa itu sosial media marketing? Mudahnya adalah kamu melakukan promosi-promosi di media sosial mainstream semisal facebook, instagram dan sebagainya. Kamu bisa gunakan website sebagai basis penjualan utama dan media sosial sebagai ladang untuk promosi produk yang kamu jual.

Kamu bisa membuat postingan-postingan yang menarik perhatian. Bisa kamu bungkus dengan balutan komedi, atau cerita motivasi dan lain sebagainya. Atau bisa juga kamu memakai jasa Ads yang disediakan oleh facebook dan instagram. Dengan memakai jasa ads, maka besar kemungkinan omset penjualan mu naik.

Namun ada hal penting yang harus kamu perhatikan ketika memakai jasa ads. Tujuan utama dari Ads yang di tawarkan facebook maupun instagram adalah untuk meningkatkan trafik pengunjung. Dan pengunjung tersebut belum tentu berminat membeli produk kamu. Maka dari itu, kamu harus membuat konten yang menarik agar banyak pengunjung yang membeli produk tersebut. Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan melalui media sosial.

Trik Jitu Memikat Hati Konsumen Dari Social Media - SEON Digital Marketing

Trik Jitu Memikat Hati Konsumen Dari Social Media

Saat ini bisa di bilang social media telah menjadi peranan penting dalam dunia bisnis yang modern, oleh sebab itulah para pebisnis harus mempunyai tujuan yang jelas dan maksimal, dan hendaknya menggunakan alat marketing tersebut dengan cara sebaik-baiknya tanpa menyalah gunakan undang-undang yang telah berlaku.

Seperti yang telah di lansir oleh Enterpreneur.com. Social media memang terbukti sudah membawa pengaruh yang besar dalam dunia bisnis, salah satu cara pelaku untuk meningkatkan kualitas produknya adalah dengan menggunakan Facebook dan Twitter. Media ini memang lebih di nilai cepat dalam menggaet pangsa pasar modern, terutama dalam hal perkembangannya yang sangat signifikan.

Jika ada di antara Anda yang saat ini kebingungan harus bagaimana dan ngapain, tidak perlu khawatir. Pelajari saja Trik Jitu Memikat Hati Konsumen Dari Social Media di bawah ini

1. Ketahui terlebih dahulu kegunaannya

Sebenarnya facebook dan Twitter ini mempunyai kegunaan yang hampir sama, dan sama-sama penting pula, hanya caranya saja yang berbeda. Kalau untuk Twitter sendiri, cocok dalam hal memaksimalkan para konsumen secara real time, kalau untuk Facebook lebih mendorong ke layanan yang the best, dan fokus pada penjualannya. Dan duan social media ini selalu di percaya untuk bisa mempengaruhi konsumen agar mengakses websitenya.

2. Jaring konsumen dengan konten yang bernilai

Jika memang Anda ingin cepat memikat hati konsumen layaknya laba-laba, pastikan terlebih dahulu apakah produk yang Anda miliki sudah benar dan sesuai kualitas yang Anda tawarkan, jangan sampai konsumen kecewa. Jalinlah hubungan yang harmonis, kalau perlu ajak ngobrol lewat akun pribadi Anda, tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas produk serta nama Anda di public.

3. Pastikan promosi Anda jelas dan tetap aktif

Kalau untuk frekuensi dari postingannya sendiri sih, tergantung dari platform-platform yang Anda gunakan. Hanya saja harus di utamakan keunikannya, yang menarik kalau bisa. Kalau cara terbaiknya sih, melakukan postingan selama dua pekan, yang penting adalah bisa mencapai target, namun sekali lagi ingatlah, postingan Anda harus jelas sesuai layanan produk yang Anda miliki, jangan coba tawarkan janji menarik jika tidak sesuai, sebab ini bisa mengurangi kepercayaan konsumen.

Trik Jitu Memikat Hati Konsumen Dari Social Media di atas bisa Anda pakai dalam dunia bisnis apapun yang saat ini sedang Anda geluti, tetaplah slow dan jangan keburu-buru, atur analisa sebaik mungkin, namun semoga saja informasi kali ada manfaatnya. Dan selamat mencoba, semoga sukses.

Strategi Pemasaran Instagram - SEON Digital Marketing

Strategi Pemasaran Instagram untuk Bisnis

Strategi adalah trik khusus yang dilakukan untuk meningkatkan dan mengoptimalkan pekerjaan atau kegiatan. Strategi pemasaran adalah trik khusus yang digunakan untuk meningkatkan penjualan produk yang akan dipasarkan. Sehingga strategi pemasaran Instagram diartikan sebagai trik yang dilakukan untuk meningkatkan pemasaran melalui media sosial Instagram. Penting untuk memahami dan mempraktikkan strategi pemasaran Instagram sebagai berikut:

Strategi pemasaran paling dasar Instagram adalah memasukkan nama pengguna dan bio yang disesuaikan dengan bisnis. Trik penting dalam mengisi bio pendek adalah penjelasan terkait bisnis dengan memasukkan tagar bermerek. Tagar bermerek sangat membantu pebisnis untuk melakukan iklan, promosi, lanching produk, acara, memberikan kuis yang menarik, dan sebagainya.

1. Atur foto profil Instagram

Pengaturan yang terkait dengan foto profil Instagram juga termasuk dalam strategi pemasaran Instagram. Ini karena mengingat bentuk foto profil di Instagram berbentuk lingkaran, tentu disarankan untuk mengatur foto profil dengan sebaik-baiknya.

2. Ikuti akun Instagram lainnya

Akun Instagram yang dapat diikuti adalah akun bisnis dan influencer yang relevan dalam industri ini. Strategi pemasaran Instagram yang bisa dilakukan adalah menulis tagar di industri akun bisnis. Kemudian berpartisipasi dalam percakapan di berbagai akun. Selain itu, ia juga dapat melakukan promosi silang, yang berarti mempromosikan nama pengguna Instagram-nya di media sosial lain, seperti Whatsapp, Facebook, Line, dan sebagainya.

3. Kelola kehadiran Instagram Anda

Kehadiran Instagram dapat dipertahankan untuk kesuksesan bisnis. Ini harus diatur secara aktif di media sosial. Aktif dalam menawarkan produk yang dipasarkan yang mencakup gambar, video, dan gambar nyata. Strategi pemasaran Instagram yang penting dalam hal ini adalah secara konsisten mempromosikan produk berapa jam atau sekali sehari atau waktu yang tepat. Jika promosi sering dilakukan, itu akan membuat calon pembeli bosan, jika tidak, itu hanya akan berlalu tanpa dibaca.

4. Menetapkan tujuan bisnis Instagram yang dijalankan

Sasaran bisnis Instagram yang dilakukan oleh pelaku bisnis harus ditetapkan untuk tujuan apa. Strategi pemasaran Instagram yang paling penting diatur untuk bertujuan meningkatkan penjualan, meningkatkan lalu lintas, kesadaran merek, kepuasan pelanggan, dan membangun hubungan dengan influencer.

Keuntungan Menggunakan Instagram Marketing

Intagram adalah media sosial yang banyak digunakan. Lihat pengguna Instagram yang meningkat setiap tahun, sehingga Instagram sering digunakan oleh bisnis online untuk memasarkan produk. Bisnis online menggunakan Instagram Marketing dengan tujuan mendukung penjualan produk yang lebih besar. Instagram Marketing sangat membantu penjualan, karena dapat meningkatkan omset bisnis dengan cepat sehingga pendapatan lebih besar.

Instagram Marketing sangat baik untuk diterapkan pada bisnis online, bahkan diperkirakan pada tahun 2021 intagram masih akan digunakan oleh bisnis online. Karena itu sebagai pebisnis online, jangan takut menggunakan Instagram sebagai media pemasaran untuk produk bisnis. Selain menggunakan Instagram Marketing tidak memerlukan biaya mahal, Anda memiliki kontrol penuh dalam menentukan Instagram Marketing yang digerakkan.

Bisnis online tidak boleh ketinggalan untuk memasarkan produk mereka di intagram. Aplikasi ini akan tetap populer, sehingga permintaan terus bertambah. Ini dibuktikan dengan peningkatan pengguna intagram, yang telah meningkat setiap tahun, hingga sekarang pengguna Instagram telah mencapai lebih dari 1 miliar. Untuk lebih meyakinkan Anda menggunakan Instagram Marketing, Anda dapat melihat manfaat menggunakan Instagram Marketing di bawah ini.

1. Fitur IGTV membantu memasarkan produk melalui video

IGTV secara resmi meluncurkan Instagram pada Juni 2018. IGTV digunakan untuk mengunggah video berdurasi panjang. Fitur ini sangat berbeda dari video YouTube atau videostreaming, karena lebih banyak pemutaran video dilakukan secara vertikal. Karena itu IGTV sangat cocok untuk memasarkan produk. Pemutaran video IGTV yang diatur secara vertikal khusus oleh Instagram sehingga seseorang ingin melihat konten video. Ditambah durasi video yang lebih lama, sehingga memudahkan bisnis online untuk mengemas iklan produk secara detail. Instagram Marketing telah maju sejak fitur IGTV.

2. Instagram Story meningkatkan penjualan

Sejak aplikasi Instagram diluncurkan, kisah-kisah Instagram telah menjadi perhatian pengguna. Fitur storie Instagram dapat digunakan untuk mengunggah gambar atau video dengan durasi panjang atau pendek. Gambar yang dibagikan bukan hanya foto, tetapi Anda juga dapat berbagi spanduk digital sehingga produk terlihat lebih menarik. Apa pun yang diunggah di cerita Instagram hanya bisa bertahan hingga 24 jam. Cerita Instagram membantu bisnis online memasarkan produk mereka dengan mudah 24 jam tanpa henti. Mereka dapat mengunggah produk yang dipasarkan kapan saja dan di mana saja.

3. Promosi melalui selebriti atau endorse

Bintang di media sosial Instagram memiliki judul selebritas. Instagram Marketing juga menyertakan selebriti sebagai media pemasaran produk. Sayangnya, setiap program menawarkan biaya promosi berbayar yang berbeda, ada juga yang murah hingga mahal. Memanfaatkan program pemasaran dengan baik dapat meningkatkan keuntungan penjualan produk. Menurut survei, selebriti memiliki pengaruh besar pada bisnis. Jika Anda menggunakan selebgram untuk mempromosikan produk, Anda dapat menawarkan banyak produk kepada konsumen, prospek kualitas konsumen sangat baik dan untungnya lagi yang dapat meningkatkan ROI. Jika Anda tertarik menggunakan selebritas, Anda harus memilih selebritas yang memiliki banyak pengikut untuk mencapai pemasaran besar.

Baca juga  Bisnis Modal 500 Ribu Bisa Buat Usaha Apa Ya?

4. Iklan di Instagram

Saat mencari di beranda Instagram, Anda menemukan beberapa akun yang terdapat kata “disponsori”. Itu pertanda bahwa akun sudah terdaftar di iklan Instagram. Iklan termasuk Instagram Marketing dengan permintaan tinggi. Seseorang yang ingin mendaftar untuk beriklan, dapat langsung membuat pengaturan sendiri. Caranya langsung ke menu pengaturan, lalu pasang iklan. Nantinya setiap pengiklan akan dikenakan biaya yang dapat ditentukan sendiri.

5. Peluang Sukses Menggunakan Instagram Marketing

Siapa pun dapat menerapkan Instagram Marketing untuk mengembangkan bisnis online mereka. Sebagai pengguna Instagram, Anda dapat mengamati bahwa Instagram memungkinkan siapa saja untuk memasarkan penjualan mereka. Baik dari bisnis online kecil atau besar. Bisnis yang baru dibangun juga memiliki peluang sukses hingga menjadi bisnis besar. Instagram Marketing sepenuhnya mendukung sehingga semua pelaku bisnis dapat mencapai kesuksesan. Salah satu contoh bisnis kecil yang bisa menjadi terkenal berkat Instagram semalam adalah MVMT (desainer jam crowdfunded).

6. Akun pribadi dapat diubah menjadi bisnis Instagram

Pengusaha online bisa memanfaatkan akun pribadinya. Mereka dapat mengubah akun pribadi menjadi akun bisnis. Menggunakan akun bisnis memungkinkan pengguna untuk menikmati fitur bisnis, fitur ini dapat memperluas jangkauan pasar dan dapat mengoptimalkan akun Instagram dalam menjangkau target konsumen.

Menggunakan Instagram Influencer - SEON Digital Marketing

Menggunakan Instagram Influencer

Hari ini kita dapat menemukan banyak produk yang dipasarkan melalui iklan. Ini juga dapat ditemukan di berbagai media, termasuk elektronik. Saat ini ada juga banyak media sosial yang digunakan sebagai alat pemasaran, termasuk Instagram. Seperti kita ketahui, Instagram juga menjadi salah satu media sosial paling populer di antara berbagai kelompok orang. Oleh karena itu, pemasaran influencer yang menggunakan Instagram sebagai medianya menjadi lebih sering dan mudah digunakan.

Ada cukup banyak hal yang dapat kita temukan di dunia pemasaran saat ini. Salah satunya adalah penerapan pemasaran influencer. Arti influencer marketing itu sendiri adalah cara promosi, pemasaran, atau pemasaran yang menggunakan influencer di media sosial seperti YouTube, Instagram, Twitter, Blog, dan banyak lainnya. Selain pemasaran influencer, kita juga perlu memahami apa yang dimaksud dengan influencer. Influencer adalah sejumlah orang yang memiliki cukup banyak pengikut atau audiensi di media sosial. Selain itu, mereka juga memiliki pengaruh kuat pada pengikut mereka seperti selebritas, artis, YouTuber, dan lainnya.

Influencer dipercaya dan disukai oleh pengikut dan audiens mereka, sehingga apa yang mereka gunakan, lakukan atau sampaikan dapat sangat memengaruhi dan menginspirasi pengikut, termasuk dengan membeli atau mencoba suatu produk. Saat ini, pemasaran influencer telah menjadi salah satu cara promosi yang efektif. Cara promosi yang efektif ini efektif hari ini, karena mereka tidak suka iklan. Perhatian harian mereka lebih pada media sosial dan suka melihat sejumlah konten menarik dan influencer yang diikuti. Influencer marketing dapat dikatakan sebagai salah satu metode promosi yang efektif di era digital seperti sekarang ini. Metode ini mengarahkan influencer sebagai pengguna atau pembeli suatu merek yang dapat mewakili sejumlah hal positif yang dimiliki oleh merek itu sendiri.

Influencer ditunjuk dan dipilih berdasarkan keahlian, reputasi dan popularitas mereka. Dengan menggunakan metode ini, merek akan lebih loyal kepada influencer. Cara untuk melakukan ini adalah membangun hubungan yang lebih dalam dan mengarah pada informasi dan hak istimewa untuk produk batu dan proses di balik layar yang dibawanya. Setelah itu, sejumlah orang yang ditunjuk sebagai influencer juga memiliki tugas untuk mempengaruhi keputusan lingkungan terdekat mereka seperti keluarga, teman, dan pengikut sehingga mereka lebih akrab dengan merek yang dipasarkan melalui konten. Dengan demikian, ini juga akan membantu proses penjualan produk dari merek.

Jika Anda ingin menerapkan pemasaran influencer, maka ada media sosial untuk dipilih. Salah satu dari banyak media sosial adalah Instagram. Seperti kita ketahui, Instagram sendiri menjadi salah satu media sosial yang berfokus pada gambar atau video pendek, yang juga dapat memasukkan informasi tertentu di bagian caption. Saat ini, jumlah pengguna Instagram juga meningkat. Ada banyak rentang usia yang menjadi pengguna Instagram. Oleh karena itu, influencer Instagram dapat diandalkan untuk memasarkan merek. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar hasil upaya ini optimal. Ini beberapa di antaranya.

1. Pilih pemasaran influencer yang sesuai

Anda dapat memilih pemasaran influencer yang sesuai dengan produk Anda. Ada sejumlah kriteria yang juga bisa ditetapkan, seperti keahlian, reputasi, dan popularitas. Selain itu, kesesuaian usia dan gambar dapat menjadi 2 dari banyak hal yang akan mempengaruhi keberhasilan pemasaran dengan cara ini.

2. Buat konsep yang menarik dan unik

Konsep yang menarik dan unik dapat menjadi penting untuk pemasaran merek. Anda bisa memikirkan betapa unik dan menariknya konsep, sehingga akan membuat pengikut influencer pemasaran membeli atau mencoba produk seperti yang diharapkan.

3. Buat teks yang menarik

Kata-kata sangat berpengaruh dalam dunia pemasaran produk. Ini juga sama dengan yang terjadi di dunia pemasaran dengan memanfaatkan keahlian pemasaran influencer. Dengan demikian, pemilihan judul yang tepat akan membuat banyak orang tertarik untuk membeli produk Anda.

4. Buat konten berkualitas

Anda dapat menentukan sejumlah konten berkualitas yang nantinya akan diposting oleh influener marketing. Konten berkualitas di sini dapat dilihat dalam hal foto atau video yang diposting serta kalimat yang digunakan untuk promosi. Koneksi dengan sumber informasi produk juga penting untuk diperhatikan.

Strategi Facebook Marketing Untuk Bisnis - SEON Digital Marketing

Strategi Facebook marketing untuk Bisnis

Facebook bukan lagi nama yang asing bagi semua orang. Hampir semua orang tahu dan memiliki akun Facebook. Facebook adalah salah satu jenis media sosial dengan jumlah pengguna terbesar di dunia saat ini. Tidak hanya orang dewasa, saat ini banyak remaja yang masih sekolah memiliki akun ini. Fungsi utama Facebook memang sebagai alat komunikasi seseorang kepada teman, teman, kerabat baik yang dekat maupun sangat jauh darinya, bahkan ke berbagai negara.

Di Facebook, pertemanan diterapkan sehingga setiap orang dapat meminta pertemanan dari siapa pun yang memiliki akun untuk menjadi teman. Selain itu, Facebook juga dapat mengunggah foto, video atau status. Yang menarik sekarang adalah Facebook tidak hanya dapat digunakan untuk bersenang-senang di media sosial, tetapi juga dapat digunakan untuk mengumpulkan pundi-pundi keuntungan.

Banyak orang yang menggunakan akun Facebook untuk memasarkan berbagai produk atau dapat dipanggil untuk melakukan bisnis. Bisnis yang menggunakan Facebook tentu harus memperhatikan strategi facebook marketing agar berjalan dengan lancar dan menghasilkan banyak keuntungan.

Pengusaha yang andal dalam memanfaatkan akun Facebook dalam berbisnis online menggunakan berbagai strategi facebook marketingsecara tepat dan efektif. Ada dua strategi facebook marketingyang efektif yang dapat diterapkan dalam bisnis online atau bisnis melalui Facebook, yaitu sebagai berikut:

1. Strategi Spamming

Spamming adalah strategi facebook marketing yang sangat mudah dilakukan. Cara yang dapat dilakukan untuk jenis strategi spamming ini termasuk:

  • Dengan mengunggah gambar dan foto produk untuk dijual dengan menandai teman secara acak di Facebook.
  • Dengan memasukkan grup di Facebook, maka segera buka lapak untuk menawarkan produk untuk dijual.
  • Dengan mengirim kotak masuk gambar produk ke semua teman Facebook.

Strategi spamming ini sangat mudah dilakukan tanpa rumit, tetapi memiliki sisi negatif bagi para pebisnis itu sendiri karena dipastikan memiliki reputasi buruk dan merugikan orang lain karena mereka mengganggu teman Facebook mereka.

2. Strategi Soft Selling

Soft selling adalah strategi facebook marketing yang tepat untuk dijalankan oleh setiap pengusaha. Jenis strategi ini berbanding terbalik dengan jenis pertama, di mana penjualan lunak dilakukan dengan cara yang lembut. Cara unik dari strategi penjualan lunak belum tentu memaksa setiap orang untuk membeli produk yang ditawarkan. Namun bisnis pertama-tama akan memberikan pendidikan kepada pelanggan. Soft selling memiliki kelebihan karena sifatnya yang positif. Keuntungannya termasuk:

  • Calon pembeli akan merespons secara positif karena mereka tidak merasa terganggu dengan pemasaran yang dilakukan.
  • Reputasi pengusaha akan terkenal.

Setelah pengusaha memahami jenis strategi facebook marketing, maka yang berikutnya harus tahu tentang bagaimana meningkatkan facebook marketing agar berkembang dengan cepat. Cara untuk meningkatkan facebook marketing meliputi:

  • Menggunakan tipe fanpage Facebook bukanlah tipe Facebook pribadi.
  • Gabungkan profil di akun Facebook dengan penggabungan foto pribadi dengan foto bisnis yang Anda jalankan.
  • Tambahkan teman di grup Facebook dan cari grup di Facebook yang relevan dengan bisnis yang dijalankan.
  • Buat rencana tentang konten Facebook.
  • Gunakan fitur yang digunakan sebagai penjadwal status secara otomatis.
  • Buat grup Facebook.
  • Posting berbagai gambar, foto, dan video yang terkait dengan produk yang dipasarkan.

Peluang Memasang Iklan Di Tiktok Ads - SEON Digital Marketing

Peluang Memasang Iklan di Tiktok Ads

Untuk memasarkan produk Anda bisa menggunakan sosial media seperti halnya, Instagram Facebook, Twitter dan salah satu media sosial yang sedang populer dan banyak diminati dunia atau bahkan Indonesia yaitu Tiktok. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai peluang memasang iklan di Tiktok ads.

Sebelum membahas mengenai peluang memasang iklan di Tiktok. Kita bahas terlebih dahulu, cara untuk mendaftarkan akun yang anda miliki agar dapat digunakan untuk promosi usaha atau online shop. Sebenarnya ada beberapa tahapan yang sangat mudah.

  • Pertama pastikan bahwa Anda telah memiliki akun Tiktok, yang dialokasikan untuk usaha ataupun penjualan.
  • Setelah itu terverifikasi, akun yang Anda gunakan wajib melakukan posting beberapa bahan seperti video ataupun foto, yang menyangkut produk ataupun perkenalan dari produk yang Anda miliki.
  • Setelah itu barulah Anda bisa menuju ke halaman resmi Tiktok dan juga memilih, tipe iklan serta melakukan pembayaran sesuai dengan persyaratan atau peraturan.

Setelah membahas mengenai bagaimana cara untuk melakukan iklan pada Tiktok, selanjutnya adalah seberapa besar peluang iklan dan pengaruhnya untuk usaha online ?

1. Target Pasar Luas

Hal pertama yang tanpa ada ketahui bahwa Tiktok sendiri digunakan oleh banyak sekali masyarakat di dunia termasuk di Indonesia. Sehingga peluang untuk memasarkan sebuah produk ataupun melakukan iklan menjadi sangat tinggi, bahkan sangat mungkin untuk dilihat oleh banyak orang dan muncul di beranda.

Namun Tiktok sendiri memang memiliki algoritma ataupun cara khusus, agar video tampil di beranda milik orang lain. Sehingga berbeda dengan Instagram yang dapat dikunjungi iklan akan mengutamakan atau memprioritaskan produk yang sedang dipromosikan.

2. Tiktok untuk Covert Selling

Faktanya memanfaatkan penggunaan media sosial Tiktok, memiliki peluang yang sangat tinggi untuk meningkatkan penjualan usaha anda. Karena beberapa orang menyisipkan iklan dengan cara covert selling atau promosi secara tidak langsung.

Saat melihat video di Tiktok, apabila anda bisa mengemas konten menjadi tampilan video yang menarik. Bisa jadi, banyak orang merasa tidak sadar bahwa mereka sedang menonton promo sebuah produk. Sehingga peluang untuk mempromosikan sebuah produk menjadi sangat tinggi.

3. Biaya Iklan yang Murah

Tiktok sendiri merupakan salah satu media sosial yang sudah lama hadir di Indonesia. Namun baru beberapa bulan belakangan ini banyak populer digunakan dan menjadi viral. Hal ini juga berdampak pada biaya iklan yang tidak terlalu mahal.

Tidak seperti Facebook ataupun Instagram, dengan harga harian mencapai 10 dollar. Bisa dikatakan Anda bisa mendapatkan harga iklan yang sangat murah. Tentunya dengan efek promosi yang sama besarnya dengan Facebook ataupun Instagram.

4. Target Pasar Besar

Terakhir mengapa banyak orang memutuskan untuk memilih Tiktok sebagai salah satu media sosial dalam beriklan. Karena penggunaan Tiktok sendiri sekarang lebih beragam, bukan hanya untuk remaja ataupun wanita dan pria berusia 20 hingga 30 tahun. Namun media sosial yang satu ini cukup diminati oleh banyak orang.

Rentang usia yang sangat luas mulai dari anak-anak hingga orang tua sangat menguntungkan. Walaupun sifatnya hiburan dan berbeda dengan tipe Instagram atau sejenisnya. Namun bagaimanapun juga Anda bisa memanfaatkan Tiktok sebagai salah satu peluang untuk promosi yang berdampak baik pada usaha online shop mereka.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *