Wisata Liang Bukal Yang Misterius

Keindahan pulau sumbawa memang tidak akan pernah habis untuk diceritakan. Mulai dari pantainya, dan juga wisata alamnya yang sangat mempesona. Salah satu tempat wisata di kabupaten sumbawa yang belum banyak diketahui oleh banyak orang yaitu Wisata Liang Bukal. Lokasi tempat wisata ini berada di Desa Batu Tering, Kecamatan Moyo Hulu, Kabupaten Sumbawa.

BAGAIMANA CARA UNTUK MENCAPAI KESINI

Untuk mencapai Wisata Liang Bukal, wisatawan harus menempuh jarang kurang lebih 29 kilometer dari Kota Sumbawa Besar. Salah satu keunikan yang terdapat di tempat yaitu, dipenuhi oleh kelellawar. Sehingga warga setempat menamai tempat ini sebagai goa kelelawar atau dalam bahasa sumbawanya disebut liang bukal. Tempat ini sangat cocok untuk anda yang hobi menjelajahi alam bawah tanah. Tempat wisata ini terletak 2 km dari jalan utama desa. Jadi dibutuhkan tenaga ekstra yang cukup saat berwisata ke liang bukal. Para wisatawan akan akan melewati jalan yang cukup menantang untuk mencapai ke sini. Dimana para wisatawan harus melewati jalan yang cukup berbukit, terjal berliku, dan menanjak. Akan banyak sekali ranting-ranting liar yang anda temui. Meski harus melalui medan yang cukup sulit, maka akan sangat menyenangkan bagi mereka yang cinta dengan petualangan serta tantangan. Anda juga bisa menggunakan kendaraan roda dua untuk mencapai kesini.

wisata liang bukal (2)

Setelah mencapai di mulut gua, anda akan merasakan bau khas kotoran kelelawar. Mungkin baunya agak menyengat, tetapi dari depan mulut gua para wisatawan dapat menikmati kecantikan liang bukal. Disana juga terdapat aliran sungai yang sangat segar yang bisa digunakan untuk bermain air disekitar goa. Hal tersebut bisa dijadikan salah satu aktivitas ketika berkunjung ke liang bukal. Untuk itu, sangat disarankan untuk anda yang hendak mengunjungi liang bukal membawa pakaian ganti, jika tidak ingin pulang dengan mengenakan pakaian basah.

Baca juga >>
Tempat Wisata Pati Yang Menarik Yang Wajib Dikunjungi

BERAPA TARIF YANG DIBUTUHKAN

Tempat wisata ini mulai dioperasikan sejak tahun 2012 silam. Bagi anda yang hendak melakukan perjalanan jauh, tentunya anda harus menyiapkan budget untuk tempat penginapan serta kendaraan. Tempat penginapan tersebut harganya bervariasi tergantung besar kecilnya. Harganya dimulai dari 200.000 hingga 600.000 per malamnya.

wisata liang bukal (3)

Untuk masuk ke dalam kawasan liang buka anda hanya perlu membayar 15.000. Hanya dengan uang 15.000 anda sudah bisa menikmati keindahan alamnya.

INI DIA SPOT FOTO YANG MENARIK!

wisata liang bukal (1)

wisata liang bukal (5)

Di kawasan ini tidak hanya terdapat goa kelelawar, tetapi anda juga bisa menikmati taman wisata nya. Banyak sekali pohon-pohon yang sangat rindang yang bisa dijadikan tempat untuk berteduh, serta pemandian yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Bagi anda yang pernah dengan rutinitas kerja atau hiruk pikuk kota tempat anda tinggal sekarang, wisata liang bukal sangat cocok untuk mengisi liburan anda bersama keluarga atau rekan kerja.

wisata liang bukal (4)

itu dia beberapa fasilitas yang bisa anda gunakan ketika berkunjung ke liang bukal ini. Sangat murah bukan? Jika anda hendak berkunjung atau berwisata ke pulau sumbawa, hendaknya anda membuat list tempat wisata yang akan anda kunjungi. Dan wisata liang bukal ini juga tempat yang menarik untuk anda masukkan ke dalam list tempat yang wajib anda kunjungi. Rencanakan liburan anda dengan matang, tentunya dengan budget yang pas. Untuk masalah akomodasi, hendaknya anda mencari tempat yg murah akan tetapi masih bisa menjamin kenyamanan anda. Selamat liburan!:)

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat