Aplikasi messenger miliknya Facebook bernama Whatsapp ini memang tengah mendominasi di Indonesia. Hampir segala macam lapisan masyarakat menggunakannya berkat kemudahan dan manfaatnya yang luar biasa.

Selain tak dibatasi oleh usia, Whatsapp pun tak dibatasi soal penggunaan. Pasalnya, lingkaran bisnis sekarang pun sudah menggunakan aplikasi semacam ini untuk proses melayani pelanggan, konsultasi, hingga sampai transaksi berhasil dilakukan.

Akan tetapi kemudahan tersebut berbanding lurus dengan semakin banyaknya orang yang menghubungi kita. Kondisi yang tak terfilter ini pun seringkali menghabiskan waktu kita selama seharian penuh.

Jika kamu saat ini tengah merasakannya, mungkin tertarik untuk mengutilisasi opsi canggih berupa Whatsapp API Chat!

Nantinya, teknologi ini memungkinkan kita mampu membalas pesan dengan cepat secara otomatis kepada calon pelanggan yang menghubungi nomor WA bisnis kita.

Whatsapp sendiri memang memperbolehkan penggunaan teknologi semacam ini – bahkan dianjurkan agar lebih memudahkan dalam mengerjakan urusan sehari-hari.

Kenapa Chat Otomatis Dibutuhkan?

Kita pasti senang dong jika kedatangan calon pelanggan melalui chat Whatsapp kita, karena itu berarti ada potensi cuan di dalamnya.

Satu atau dua hari membalas pesan mereka secara terus-terusan memang bikin excited! Tapi lama-kelamaan malah bikin pusing dan menghabiskan banyak waktu!

Sebulan kemudian, kamu mungkin akan merasa bosan melihat ada banyak pertanyaan yang sama yang diajukan oleh pelanggan kita.

Belum lagi beberapa diantaranya malah tak jadi beli atau iseng belaka, sehingga jatuhnya malah menguras mental dan akhirnya konsumen yang niat membeli malah tak terladeni.

Dalam jangka panjang, tergerusnya sisi psikologi ini bisa mematikan bisnis kita secara nyata! Bahkan survey membuktikkan bahwa para pelaku UMKM seringkali mengalami gulung tikar akibat dua hal, yaitu manajemen keuangan yang buruk dan rasa bosan saat menghadapi pelanggan.

Maka dari itulah, sebuah teknologi terbaru bernama Whatsapp API Chat dibutuhkan untuk menghandle beberapa pertanyaan yang dirasa repetitif. Sehingga psikologi kita tetap sehat selama bisnis berlansung.

Tak Sepenuhnya Otomatis

Tapi perlu dicatat bahwa Whatsapp API Chat hanya digunakan untuk membantu aktivitas melayani pertanyaan pelanggan saja, dan tak bisa menggantikan peran kita secara total.

Bisa dibilang berupa FAQ yang secara otomatis akan muncul setiap kali pelanggan menanyakan hal yang sama, entah itu untuk menjawab harga barang, pengiriman barang, stok ketersediaan, dan semacamnya.

Sementara beberapa pertanyaan spesifik atau bahkan keluhan harus tetap kita handle secara dua arah agar tidak mengurangi rasa percaya atau menimbulkan kecewa di hati pelanggan kita.

Menariknya, API Chat ini berperan seperti robot yang dapat bekerja selama 24 jam penuh. Sekalipun kamu tertidur pulas dan mendengkur semalaman penuh, robot whatsapp ini akan terus membalas pesan para gadangers yang ingin menanyakan produk kita.

Potensi ini tentunya bisa meningkatkan penjualan karena tak ada satu pun dari calon pelanggan potensial yang terlewatkan begitu saja.

Namun jika ada seseorang yang menanyakan pertanyaan secara spesifik atau ingin komplain sementara pada saat itu kita tengah beristirahat, maka robot bisa kita set untuk mengatakan bahwa layanan tersebut bisa dilakukan pada jam kerja saja.

Dengan adanya pemberitahuan tersebut, maka akan ada rasa tenang di hati pelanggan dibandingkan dengan melihat chatingan dengan simbol berupa ceklis satu saja.

Whatsapp API vs Whatsapp Business API

Sebelum kamu benar-benar menggunakan API Chat, kamu wajib tahu dulu bahwa ada dua macam pembalas pesan otomatis untuk WA, yakni Whatsapp API dan Whatsapp Business API.

Singkatnya, Whatsapp API (termasuk Chat API) ini menjadi alternatif terbaik untuk versi business. Ini karena API Whatsapp biasanya didasarkan pada protokol web WA dan memungkinkan kita untuk mengotomatisasi dan mengoptimalkan komunikasi dengan pengguna WA, dalam contoh ini berupa pelanggan.

Adapun caranya cukup mudah, yakni tinggal memindai kode QR dan kamu pun sudah bisa mulai mengirimkan pesan secara otomatis dan terstruktur.

Chat API sendiri pada awalnya hanya memposisikan dirinya sebagai alat yang aman untuk memperluas kemampuan pengembang dan bisnis.

Dengan kata lain, dilarang untuk menyalahgunakannya dengan cara melakukan spamming. Jika ketahuan, tentunya pihak Whatsapp akan langsung mem-banned akun kita.

Sementara Whatsapp Business API merupakan antarmuka yang disediakan dan didesain secara khusus untuk pekerjaan kita sehari-hari.

Tentu saja, menghubungi API Chat dengan Whatsapp Business cenderung lebih kompleks karena melibatkan konfirmasi tingkat tinggi dan verifikasi bisnis.

Selain itu, harga untuk Chat API-nya pun cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan WA biasa.

Sebagai gantinya, kita bisa mendapatkan lebih banyak manfaat dan fitur, sekaligus perlindungan data yang jauh lebih canggih demi mengamankan berbagai macam informasi yang riskan dibajak orang.

Manfaat Menggunakan Whatsapp API Chat

Tentu saja, tawaran yang dihadirkan oleh pihak Whatsapp itu sendiri memperlihatkan banyak sekali manfaat yang wajib kita petik.

Bahkan penelitian saja menemukan bahwa pelanggan lebih senang berkomunikasi dengan kita melalui Whatsapp daripada menggunakan perpesanan lain.

Dengan adanya Whatsapp API Chat, maka mereka akan merasa diterima dan ditanggapi secepat mungkin sekalipun kita sedang istirahat di malam hari.

Penelitian tersebut juga mencatat bahwa:

  • Adanya koneksi yang lebih dalam. 64% pengguna Whatsapp setuju bahwa saluran sosial memang mendorong koneksi pribadi menuju bisnis.
  • Kepercayaan lebih besar. 71% pengguna Whatsapp merasa lebih nyaman saat berkirim pesan menggunakan WA.
  • Komunikasi lebih mudah. 68% pengguna Whatsapp mengatakan bahwa aplikasi ini menjadi metode termudah untuk menghubungi perusahaan atau sales marketing.

Fakta-fakta ini kemudian didukung dengan manfaat dari Whatsapp API Chat yang akan membuat penjualan semakin meroket tinggi.

Adapun manfaat mengutilisasi Chat API adalah sebagai berikut:

Memperkuat Percakapan

Dalam kehidupan sehari-hari, WA memang berguna untuk memudahkan kita terhubung dengan orang-orang terdekat.

Tapi jangan lupa bahwa kekuatan Whatsapp yang sebenarnya terletak pada branding merk dan interaksi dua arah antara penjual dan pembeli.

Bahkan konsumen di zaman sekarang berharap dapat secara mudah terhubung dan mengobrol dengan agen langsung untuk mendapatkan informasi produk, layanan, hingga pembelian sekalipun tak bertatap muka langsung.

Mengamankan Pesan

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa Whatsapp API Chat sangatlah aman untuk digunakan karena membutuhkan verifikasi detail akun bisnis sebelum diaktivasi.

Alhasil, ketika sang pelanggan mencoba untuk berkomunikasi melalui WA, mereka menjadi yakin bahwa orang di balik pemilik akun tersebut adalah perusahaan asli, dan bukan penipu.

Perpesanan Whatsapp juga mustahil untuk disadap sehingga apapun percakapan dan informasi penting di dalamnya akan tersimpan secara aman.

Marketing Semakin Efisien

Konsumen yang mendapatkan tanggapan cepat dari kita akan meningkatkan kemungkinan terjadinya konversi karena tak memberi mereka waktu untuk mengirimkan pesan pada perusahaan lain.

Efisiensi juga bisa dirasakan saat chatingan otomatis mampu menjawab segala macam pertanyaan yang sering ditanyakan (FAQ) tanpa harus melakukan copy paste secara manual.

Alhasil, kita pun bisa mengalokasikan waktu tersebut kepada hal-hal yang jauh lebih penting, misalnya melayani pembelian dan mengatasi komplainan jika ada.