Waspadai Tawaran Kredit Melalui Sms
tawaran kredit melalui sms

‘Anda butuh uang. Kami tawarkan kredit murah. Proses cepat, mudah, dan tanpa anggunan. Hubungi no 081XXXXX’. Mungkin anda pernah mendapat pesan singkat atau sms seperti itu di ponsel anda. Anda juga patut mewaspadainya serta melakukan cek dan recek terlebih dahulu mengenai kebenarannya.

Tawaran Kredit Tanpa Agunan (KTA) dalam bentuk uang maupun barang, yang disampaikan melalui SMS, akhir-akhir ini semakin marak. Maraknya bukan demi kebaikan, namun dikhawatirkan lebih menjurus ke aksi penipuan yang merugikan masyarakat.

hal seperti ini, merupakan konsekuensi pasar customer banking yang semakin ketat. Sehingga, berbagai cara atau strategi dilakukan untuk penetrasi pasar yang semakin jenuh, lantaran susahnya berhubungan dengan bank, yang sangat birokrasi, harus punya relasi orang dalam, anggunan yang njlimet dan bertele-tele.

Dengan cara SMS ini, diharapkan pengirim pesan dari sekian pesan singkat yang dikirim, barangkali ada pengguna telepon seluler tertarik mengambil kredit tanpa agunan.

“Kami tidak tahu berapa jumlah pemilik ponsel yang tertarik dengan tawaran kredit tanpa agunan via SMS. Karena hubungan antara pengirim SMS dan penerima SMS tertutup, sehingga sulit dilacak,” ungkap Herman Sulistyana, pengamat ekonomi pasar di Jakarta, Ahad.

Namun, sambung dekan ekonomi perguruan tinggi swasta, setelah adanya laporan penipuan ke pihak kepolisian baru bisa diketahui apakah tawaran via SMS itu tidak benar. Selama tak ada laporan masyarakat, selama itu tawaran kredit tanpa agunan sah-sah saja.

Meski demikian,masyarakat atau konsumen harus tetap waspadai, melakukan cek and recek dulu kebenarannya. Dan jika ada tanda-tanda mencurigakan, hendaknya masyarakat cepat mengambil sikap sebelum mengalami kerugian, pesannya.

Ryan Kiryanto, pengamat ekonomi meminta agar masyarakat jangan tergiur, tergoda dengan tawaran Kredit Tanpa Agunan via SMS. Juga, sebaiknya masyarakat hati-hati dan cermat dengan tawaran itu.

Baca juga >>
Jangan Menggunakan Cara-cara ini Untuk Nyari Kenalan! Pake WOO aja!

“Cara seperti ini, lebih praktis dan mudah. Juga tidak banyak menguras biaya promosi, karena mereka hanya mengirimkan pesan singkat lewat teknologi yang ada. Saya heran, darimana mereka bisa tahu nomor pengguna telepon seluler. Apakah mereka kerjasama dengan perusahaan content atau operator. Ini yang menjadi tanda tanya,” tanyanya.