Penyebab Warna TV Tidak Normal Layar Hijau Biru Merah

Mempunyai TV yang sudah lama tentu berbeda dengan TV yang baru. Pada beberapa kasus sering terjadi gangguan warna TV tidak normal atau berubah warna memudar terkadang didominasi warna khusus misalnya dominan hijau, biru, merah atau gabungan ketiganya.

TV yang berubah warna tidak normal atau rusak warnanya mengindikasikan telah terjadi gangguan atau kerusakan pada TV Anda. Meski Gambar tidak ada perubahan dan TV masih menyala namun kerusakan warna ini cukup mengganggu saat menonton acara TV favorit. Artikel di bawah ini akan membahas apa penyebab tv berubah warna dan bagaimana cara memperbaikinya.

Penyebab Warna TV Tidak Normal Hijau Biru Merah

Televisi berwarna merupakan salah satu teknologi transmisi TV yang memuat informasi mengenai warna gambar, sehingga gambar video dapat ditampilkan berwarna pada perangkat televisi tersebut. Ini dianggap sebagai peningkatan teknologi televisi paling awal, televisi monokrom atau hitam putih. Penemuan standar televisi berwarna merupakan bagian penting dari sejarah pertelevisian.

Dalam bentuk paling dasar, siaran warna dapat dibuat dengan menyiarkan tiga gambar monokrom, masing-masing dalam tiga warna merah, hijau, dan biru (RGB). Saat ditampilkan bersama-sama atau dalam urutan cepat, gambar-gambar ini akan berbaur bersama untuk menghasilkan gambar berwarna seperti yang dilihat oleh penonton.

Kegunaan utama model warna RGB adalah untuk menampilkan citra gambar dalam perangkat elektronik, seperti televisi dan komputer, walaupun juga telah digunakan dalam fotografi biasa. Sebelum era elektronik, model warna RGB telah memiliki landasan yang kuat berdasarkan pemahaman manusia terhadap teori trikromatik.

Baca juga >>
Download PES 2019 PPSSPP Terbaru Offline Full Transfer

Ada beberapa kerusakan warna pada TV. Umumnya warna utama yang muncul pada tv adalah merah, biru dan hijau. Jika salah satu warna tidak muncul maka kerusakan ini bisa menyerang pada rangkaian matrik tv. Anda juga harus memeriksa jika salah satu rangkaian warna pada RGB-nya memang lepas, rusak atau hilang. Jika memang terjadi kerusakan ini maka lakukan pengaturan pada RGB untuk menghilangkan warna yang dominan dan memunculkan warna yang sebelumnya tidak muncul. Proses pengaturan ulang ini bisa membuat warna TV menjadi lebih stabil dan dinamis.

Penyebab Warna Tv Tidak Normal Hijau Biru Merah

1. Kerusakan pada Solderan Komponen Sistem Warna

Jika ternyata solderan pada kaki komponen yang memproses warna pada Tv rusak baik itu pecah atau retak maka bisa menghilangkan salah satu warna tv. Kerusakan ini biasanya terjadi karena kualitas solderan dari pabrik pembuat tv dan juga faktor panas yang terus menerus pada PCB yang menempel pada katoda tabung, dimana area ini memang sangat panas. Penggunaan timah yang kurang berkualitas juga menyebabkan solderan mudah pecah atau putus.

Jika terjadi kerusakan pada solderan maka segera lakukan solder ulang dengan bahan yang lebih baik. Tentu saja caranya berbeda sesuai dengan jenis TV karena itu lihat dulu perbedaan TV LCD dan LED.

2. Kerusakan pada Komponen Transistor Warna

Kerusakan juga bisa terjadi pada bagian transistor yang mengendalikan warna. Transistor ini menempel pada PCB yang ada di belakang bagian tabung TV. Jika terjadi kerusakan pada bagian ini maka ada beberapa tanda seperti satu atau dua warna tv hilang.

Jalan keluar dari masalah ini adalah dengan mengganti transistor yang mengalami kerusakan. Caranya harus tahu kadar mikrofarad dan ampere yang digunakan. Kemudian juga harus mengetahui output warna transistor yaitu merah, hijau dan biru. Namun memeriksa semua transistor juga bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Jadi lebih baik langsung memastikan transistor mana yang sudah rusak dengan menggantinya menggunakan transistor yang sama atau sesuai datasheet book.

Baca juga >>
Cara Memperjelas/Memperbesar Suara Step Langkah Kaki Di PUBG Mobile Dengan Aplikasi

Terkadang kerusakan ini juga terjadi akibat transistor yang sudah lemah. Tandanya adalah salah satu warna tv hilang dan terkadang juga bisa muncul lagi. Jika diganti maka juga tidak akan berubah jadi periksa status solderan pada transistor. K

3. Kerusakan pada Komponen Resistor Akibat Short

TV juga dilengkapi dengan resistor pembatas yang berfungsi untuk mengatur arus yang masuk dan bekerja untuk sistem tv. Ketika kerusakan terjadi maka warna tv menjadi tidak stabil dan terkadang hanya ada satu warna yang paling dominan. Kerusakan ini bisa menyebabkan dampak untuk warna hijau, biru dan merah. Kerusakan paling sering terjadi pada resistor yang memanjang, terkena voltase yang lebih besar dan resistor putus. Jika begitu segera lakukan pergantian resistor pembatas sesuai spesifikasinya.

4. Kerusakan pada Soket Tabung

Penyebab lainnya adalah kerusakan pada soket tabung yang memang mudah berkarat dan rusak. Kondisi ini sangat umum untuk televisi yang sudah tua dan terlalu panas. Bahkan kerusakan ini bisa terjadi pada TV yang tidak dinyalakan. Soket ini memang dirancang untuk menjaga agar warna tv stabil sehingga ketika mengalami kerusakan maka warna menjadi tidak jelas, buram, dan terkadang warna pokok seperti merah, biru atau hijau hilang sendiri. Langkah yang penting untuk mengatasi kerusakan ini adalah dengan mengganti soket tersebut.

5. Masalah pada Tegangan Turun

Ketika terjadi penurunan tegangan pada katoda maka bisa menyebabkan kerusakan pantulan warna. Ini akan menyebabkan warna menjadi lebih gelap atau warna yang sebenarnya tertutup bayang-bayang tipis berwarna hitam. Kerusakan ini sebenarnya tidak hanya disebabkan oleh voltase yang turun tapi juga kerusakan pada kabel yang menghubungkan solderan dioda dan katoda.

Baca juga >>
Cara Cek Sisa Kuota Internet Axis Terbaru

7. Kerusakan pada IC Croma

Kerusakan yang terjadi pada IC Croma bisa menyebabkan kerusakan warna paling sering pada tv. Kerusakan ini harus diperiksa dengan cara melihat output IC croma dari bagian paling depan sampai belakang. Namun kerusakan ini terkadang juga sangat umum sehingga memicu kerusakan komponen-komponen yang lain. Jika begitu pemeriksaan pada komponen yang lain juga harus dilakukan.

8. Kerusakan pada mainboard TV

Gangguan Warna juga bisa ditimbulkan akibat kerusakan mainboard TV, periksa kabel LVDS dari mainboard ke controller board. Pastikan tidak ada kabel yang longgar, jika ada cabut kabel dan pasang ulang dengan tepat dan benar. Selanjutnya reset FPCB dari controller board ke driver board serta periksa sambungan solder pada konektor kabel ke board.

 

Cara Memperbaiki Warna TV Dominan Hijau Merah Biru

Banyak sekali permasalahan pada televisi seperti Warna Tv Dominan Hijau, hal seperti ini sering terjadi. Permasalahan seperti itu karena banyak faktor seperti komponen yang kaitannya dengan warna maka pesawat televisi mengalami kerusakan. Hal ini bisa terjadi dengan warna televisi dominan merah atau biru untuk memperbaikinya tidak jauh berbeda.

Warna Tv Dominan Hijau

Untuk  memperbaiki televisi warna dominan hijau atau merah, Anda harus mengetahui komponen mana yang berkaitan dengan kerusakan tersebut seperti IC Croma, Komponen RGB atau tabung Tv. Sebelum membeli sparepart komponen, ada baiknya memeriksa terlebih dahulu atau menyolder kembali bagian komponen yang telah kami sebutkan di atas dan mengukur tegangan pada masing masing komponen katoda satu per satu.

Step pertama yang harus Anda lakukan adalah menyolder kembali komponen yang tadi, karena solderan yang kurang baik akan menyebabkan televisi menjadi tidak normal. Banyak diantara teknisi TV yang sudah melakukan trik ini dan berhasil.

Baca juga >>
Rekomendasi Drone Harga Murah di Dalam Ruangan 2020

Jika belum berhasil dengan cara menyolder kembali silahkan dicoba mengukur tegangan pada setiap komponen katoda. Ketika melakukan pengukuran tegangan, jika menemukan tegangan yang kurang dari normal seperti 125 V dan hanya di dapat 50 V saja. Untuk memperbaikinya Anda bisa ukur kembali satu per satu komponen mesin RGB khususnya rasistor pembatas yang memiliki jalur dengan katoda dengan tegangan yang kurang. Komponen yang satu ini sering sekali mengalami kerusakan yang mengakibatkan Warna televisi menjadi dominan hijau biru atau merah.

Jika trik di atas masih belum mendapat perubahan pada televisi dan warna masih hijau atau merah, coba ukur tegangan pada kpomponen Pin IC Croma. Tegangan yang normal dari IC Croma biasanya 4 VDC yang mana tegangan ini akan dikirim ke transistor penguat pada mesin RGB. Jika tegangan pada IC Croma kurang , biasanya komponen tersebut telah rusak.

Tapi, jika ada tegangan, silahkan ukur kembali tegangan dari IC Chroma itu, apakah tegangan tersebut sampai ke kaki basis transistor penguat. jika belum maka ini permasalahannya. Ukur komponen di sekitar IC Croma dan komponen transistor penguat pada mesin RGB. Komponen tersebut sering sekali mengalami kerusakan, yang mengakibatkan televisi menjadi rusak.

Jika trik diatas sudah Anda lakukan, tapi tv kamu masih tidak normal, maka permasalahannya pada tabung televisi yang sudah rusak. Anda bisa memperbaikinya dengan alat tembak tabung, yang bisa Andadapatkan di berbagai toko elektronik.

Sekian ulasan kali ini tentang cara mengatasi warna tv tidak normal dominan hijau biru atau merah. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat

Order via Whatsapp !