Sebagai bagian utama dari permainan sepak bola, ukuran lapangan mungkin bukanlah sesuatu yang menarik minat untuk diketahui atau dihafalkan.

Dibandingkan dengan nama pemain dan nama klub sepak bola yang begitu menggunung, mencoba mengingat ukuran setiap sudut dan lingkaran cenderung lebih sulit dilakukan.

Jika tak percaya, coba saja tes kepada para penggila sepak bola dan tanyakan berapa ukuran pasti dari lapangan sepak bola bertaraf internasional.

Pasti hanya sebagian kecil yang benar-benar tahu sekalipun mereka mengaku bahwa sepak bola telah mendarah daging dengan diri mereka.

Nah, apapun alasan kamu untuk mengetahui lapangan sepak bola tersebut, mengenalnya secara utuh bisa bermanfaat suatu hari nanti tanpa harus bertanya dulu kepada si mbah Google.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Menurut Aturan Dunia

Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional yang disebut sebagai IFAB (international football assoiation board) merupakan sebuah badan yang mengatur dan menulis aturan sepak bola, menyatakan bahwa lapangan haruslah berbentuk persegi panjang, dan ditandai dengan garis kontinu.

Pitch ukuran penuh haruslah memiliki lebar antara 45-91 meter, sementara panjangnya adalah 91 sampai 118 meter.

Terkadang beberapa liga tertentu juga memiliki aturan tersendiri. Sebut saja Bundesliga yang mengikuti aturan dan Pasal 37 Bagian 6 dari Lampiran IV Statuta DFL yang menyatakan bahwa sebuah lapangan haruslah memiliki panjang 105 meter dan lebar 68 meter.

Kemudian lapangan permainan secara keseluruhan haruslah berukuran 125×85 meter atau minimal 120×80 dan harus setidaknya ada 1,5 meter area di luar lapangan.

DFL juga menetapkan secara terperinci bahwa area pemanasan untuk pemain pengganti haruslah disediakan di sepanjang touchline atau di belakang gawang di sisi lapangan yang tidak ditempati oleh asisten wasit.

Dikarenakan setiap negara atau liga memiliki aturan tersendiri, akhirnya melahirkan ukuran lapangan sepak bola yang beragam dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Hanya saja semua haruslah ada pada parameter tertentu untuk memenuhi pedoman organisasi tersebut.

Selain daripada Bundesliga, berikut adalah contoh lain dari ukuran lapangan sepak bola menurut organisasi tertentu:

  • FIFA: panjang 105 meter, dan lebar 67,7 meter.
  • English Premier League: panjang 105 meter, dan lebar 68,5 meter.
  • MLS: panjang 100 meter, dan lebar 64 meter.
  • Lapangan Barcelona: panjang 105 meter, dan lebar 64 meter.
  • Internasional: panjang 100-110 meter, dan lebar 64-73 meter.

Seperti yang bisa kamu lihat bahwa dimensi lapangan sepak bola internasional lebih fleksibel dibandingkan dengan FIFA dan Bundesliga.

Ini dimaksudkan agar menjaga tim bermain di lapangan berukuran sama saat bersaing dengan tim dari negara lain.

Di saat yang bersamaan, disarankan kamu membuat ukuran yang sama dengan internasional agar dapat digunakan oleh berbagai macam liga.

Sebaliknya, lapangan yang digunakan oleh liga belum tentu memenuhi kebutuhan pertandingan antar negara seperti Piala Dunia yang selalu dilaksanakan setiap 4 tahun sekali.

Detail Ukuran Lapangan Sepak Bola Hingga Bagian Terkecil

Sekarang kita sudah tahu ada banyak perbedaan antara panjang kali lebar dari lapangan sepak bola tersebut.

Oleh karena itulah, diharapkan perbedaan tersebut tidak melahirkan keributan kecil saat kamu membahas tentang dunia persepakbolaan bersama teman terdekat.

Sekalipun lapangan liga dan piala dunia beragam, akan tetapi secara keseluruhan memiliki persyaratan yang telah dijalani oleh masing-masing pembuat atau penyelenggaranya.

Nah sekarang, kita coba pelajari lebih mendetail mengenai nama dan ukuran dari masing-masing garis yang ada di dalam kotak lapangan sepak bola tersebut.

Kita mulai dulu dari yang paling banyak dilirik oleh para penonton!

Kotak Gawang dan Garis Penalti

kotak gawang disebut juga sebagai kotak penalti memiliki panjang 16 meter dan lebar 40,3 meter. Kecuali pemain utama, area ini hanya memperbolehkan kiper untuk menangkap bola dengan tangan.

Ada pula kotak kecil di dalam kotak gawang tersebut yang memiliki panjang 5,5 meter, lengkap dengan sebuah titik sebagai tempat menembak bola saat penalti, yang mana jarak dari garis gawang ke titik tersebut adalah 11 meter.

Tepat di tengah-tengah, ada tiang gawang yang menjulang 2,44 meter dan lebar sebesar 7,32 meter.

Busur Penalti

Di depan garis penalti, kamu pasti melihat adanya lingkaran yang terpotong sehingga membentuk seperti busur panah.

Lingkaran ini memiliki lebar 9,14 meter yang ditarik di sekitar titik di luar kotak penalti di dalam lapangan.

Gunanya adalah untuk memisahkan penendang penalti dan anggota tim lainnya pada saat terjadinya tendangan penalti.

Secara sederhananya, para pemain (selain penendang bola penalti) tak boleh memasuki lingkaran tersebut.

Lingkaran Tengah

Sesuai namanya, lingkaran tengah haruslah ditempatkan di tengah lapangan dengan jari-jari 9,14 meter atau diameter seluas 18,3 meter.

Bagian ini menjadi tanda sebagai lokasi paling tengah dari seluruh lapangan sepak bola. Fungsinya pun sama seperti busur penalti, yakni menunjukkan jarak minimum yang harus dijaga oleh pemain lawan pada saat terjadinya kick-off, yang mana bola tersebut ditempatkan di titik tengah bulatan.

Busur Sudut

Sementara busur sudut merupakan tempat tendangan sudut yang dilakukan oleh pemain di garis gawang lawan.

Busur sudut ini hanya memuat seperempet lingkaran dengan jari-jari 1 meter saja. Ini digunakan sebagai tempat bola pada saat tendangan sudut dilakukan.

Tendangan sudut atau corner kick ini terjadi ketika seluruh bola melewati garis gawang di luar tiang gawang – baik di tanah atau melayang di udara – setelah tersentuh oleh salah satu pemain dari tim yang bertahan.

Flag Post

Flag post merupakan 4 buah tiang bendera yang ditancapkan di keempat sudut Busur Sudut, dan memiliki aturan yang harus kita ikuti.

Tiang bendera tersebut tidak boleh kurang dari 1,5 meter dengan bendera yang berkibar di atasnya.

Tiang ini haruslah menggunakan bahan fleksibel agar para pemain terhindar dari cedera dan kecelakaan saat tak sengaja menabraknya.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Bagi Pelajar

Jarang orang yang tahu juga bahwa ukuran lapangan sepak bola bagi pelajar telah diatur oleh asosiasi tertentu.

Lembaga tersebut disebut sebagai NCAA (national collegiate athletic association) yang menetapkan standar ukuran lapangan sepak bola tingkat perguruan tinggi dengan lebar antara 64-68,5 meter dan panjang antara 105-109,7 meter.

Peraturan dari ukuran lapangan sepak bola yang ketat ini diatur agar lebih cocok dengan ukuran profesional, sehingga para pemain berbakat muda mampu terbiasa dan lebih cepat dalam menyesuaikan diri di masa mendatang.

Jika dilihat dari ukurannya secara keseluruhan, maka lapangan sepak bola bagi pelajar ini ternyata mirip seperti ukuran lapangan FIFA.

Jadi jika kamu kebetulan adalah seorang penyelenggara atau bahkan pemilik properti dari lapangan sepak bola, pastikan mengikuti aturan yang telah ditentukan.

Ini semata-mata untuk mendukung agar pemain muda kita mampu bersaing di dunia persepakbolaan internasional. Karena seringkali faktor lingkungan mempengaruhi karir kita di masa depan.