28 Fakta Menarik Tentang Lasik

LASIK (laser in-situ keratomileusis) adalah operasi koreksi penglihatan di mana kornea dibentuk kembali untuk memperbaiki kesalahan bias termasuk rabun jauh, rabun jauh dan astigmatisme.

Untuk menentukan kelayakan Anda untuk LASIK, dokter mata Anda perlu mengevaluasi riwayat medis Anda dan melakukan pemeriksaan mata yang komprehensif. Setelah melakukan pengukuran ketebalan kornea, refraksi, pemetaan kornea, tekanan mata dan pelebaran pupil, dokter mata Anda akan merujuk Anda ke dokter bedah, yang akan menjawab pertanyaan Anda dan menjadwalkan prosedur. Merupakan salah satu Tips Sebelum dan Setelah Operasi Mata LASIK yang sangat penting.

Perawatan lanjutan sama pentingnya dengan prosedur yang sebenarnya. Langkah-langkah pasca operasi direkomendasikan untuk menghilangkan risiko komplikasi dengan lebih baik dan meningkatkan peluang untuk pemulihan yang berhasil. Pemeriksaan pasca operasi sangat penting untuk penyembuhan yang tepat dan akan memungkinkan dokter Anda untuk memantau kesehatan mata Anda dengan lebih baik.

Tips Sebelum Operasi Mata LASIK

Untuk menentukan apakah Anda kandidat yang baik untuk prosedur ini, baseline atau evaluasi awal perlu dilakukan oleh dokter mata Anda. Di bawah ini, kami membahas beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum ujian.

Berhentilah mengenakan lensa kontak Anda sebelum evaluasi dasar – alih-alih, kenakan kacamata Anda sepenuh waktu. Alasannya adalah kontak dapat mengubah bentuk kornea Anda, dan melakukannya hingga beberapa minggu setelah Anda berhenti menggunakannya. Kornea Anda harus dibiarkan menggunakan bentuk aslinya sebelum operasi. Jika tidak, pengukuran mungkin tidak akurat dan operasi mungkin tidak efektif. Merupakan salah satu Tips Sebelum dan Setelah Operasi Mata LASIK yang sangat penting.

Baca juga >>
Masker Yang Tepat Untuk Mencegah Virus Corona

Pengukuran akan dilakukan untuk menentukan berapa banyak jaringan kornea yang perlu diangkat. Pengukuran ini akan dilakukan setidaknya seminggu setelah evaluasi awal dan tepat sebelum operasi untuk memastikan bahwa tidak ada perubahan, terutama jika Anda memakai RGP atau lensa keras.

Pengguna lensa kontak lunak harus berhenti memakainya dua minggu sebelum evaluasi awal. Jika Anda mengenakan lensa lunak toric atau lensa kaku permeabel (RGP), Anda harus berhenti memakainya setidaknya tiga minggu sebelum evaluasi awal. Bagi mereka yang mengenakan lensa kontak keras, Anda harus berhenti memakainya setidaknya empat minggu sebelum evaluasi awal Anda. Merupakan salah satu Tips Sebelum dan Setelah Operasi Mata LASIK yang sangat penting.

Hal penting lain yang harus Anda beri tahu dokter adalah:

Kondisi medis dan mata saat ini serta masa lalu

Obat-obatan yang diresepkan yang Anda gunakan, obat-obatan yang dijual bebas dan obat-obatan yang Anda alergi. Merupakan salah satu Tips Sebelum dan Setelah Operasi Mata LASIK yang sangat penting.

Setelah melakukan pemeriksaan mata menyeluruh, dokter Anda harus mendiskusikan:

Jika Anda kandidat yang baik untuk prosedur ini

Risiko, manfaat, dan alternatif yang dapat Anda pertimbangkan sebagai pengganti operasi

Apa yang diharapkan sebelum, selama dan setelah operasi

Tanggung jawab Anda sebelum, selama dan setelah operasi

Jangan ragu untuk mendiskusikan masalah apa pun dengan dokter Anda. Pastikan bahwa Anda benar-benar menyentuh risiko dan manfaatnya, dan bahwa Anda telah membaca semua literatur informasi yang disediakan oleh dokter Anda. Minta dokter Anda untuk menjawab pertanyaan tambahan sebelum Anda berkomitmen untuk menjalani operasi dan sebelum menandatangani formulir persetujuan. Jangan menjalani operasi hanya karena Anda merasa tertekan untuk melakukannya. Merupakan salah satu Tips Sebelum dan Setelah Operasi Mata LASIK yang sangat penting.

Baca juga >>
Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Jahe

Pada hari sebelum operasi, hentikan penggunaan krim, lotion, make up dan parfum – yang semuanya dapat meningkatkan risiko infeksi selama dan setelah operasi. Anda juga harus menggosok bulu mata dengan saksama.

Pastikan untuk mengatur transportasi ke dan dari tempat operasi Anda dan kunjungan tindak lanjut pertama Anda. Dokter Anda mungkin akan meresepkan obat sebelum operasi untuk membantu Anda rileks. Obat ini sementara dapat menyebabkan penglihatan kabur yang dapat mengganggu kemampuan Anda mengemudi, jadi penting untuk mengatur transportasi alternatif. Merupakan salah satu Tips Sebelum dan Setelah Operasi Mata LASIK yang sangat penting.

Tips Saat Operasi Mata LASIK

Operasi akan memakan waktu tidak lebih dari 30 menit. Anda akan diminta untuk berbaring di kursi malas di ruang operasi yang berisi sistem laser, yang akan mencakup mesin besar dengan mikroskop dan layar komputer yang terpasang padanya.

Prosedur ini akan dimulai dengan aplikasi obat tetes mata untuk mematikan rasa pada mata Anda. Area di sekitar mata akan dibersihkan, dan spekulum tutup akan digunakan untuk menahan kelopak mata terbuka. Merupakan salah satu Tips Sebelum dan Setelah Operasi Mata LASIK yang sangat penting.

Dokter mata Anda , kemudian dapat menggunakan microkeratome mekanik (alat pemotong) atau laser keratome (perangkat laser) untuk memotong flap di kornea Anda.

Cincin kemudian akan ditempatkan pada mata Anda, setelah itu tekanan yang sangat tinggi akan dibuat untuk memberikan daya hisap untuk kornea. Visi Anda mungkin redup, dan Anda mungkin merasakan beberapa tekanan dan ketidaknyamanan saat ini. The microkeratome (pemotongan sekali pakai nstrument yang terpasang pada cincin hisap) akan digunakan untuk memotong flap di kornea Anda. Microkeratome dan cincin isap kemudian akan dihapus.

Baca juga >>
Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Lengkap

Prosedurnya sedikit berbeda jika menggunakan laser keratome, karena kornea Anda akan diratakan dengan piring plastik bening. Visi Anda akan redup dan Anda mungkin merasakan tekanan dan mengalami ketidaknyamanan selama bagian dari prosedur ini. Energi laser akan difokuskan di dalam jaringan kornea untuk menciptakan ribuan gelembung kecil gas dan air. Gelembung-gelembung ini akan mengembang dan menyambung untuk memisahkan jaringan di bawah permukaan kornea, membuat lipatan. Piring kemudian akan dihapus.

Anda akan mengalami penglihatan kabur selama sisa prosedur; selama waktu ini dokter akan mengangkat flap, melipatnya kembali, dan mengeringkan jaringan yang terbuka. Mereka kemudian akan memposisikan laser di atas mata Anda, dan Anda akan diminta untuk menatap cahaya (bukan sinar laser), menjaga mata Anda tetap pada satu tempat setelah laser menyala. Untuk dianggap sebagai kandidat yang baik untuk operasi ini, Anda harus dapat menatap objek tetap setidaknya selama 60 detik.

Setelah mata Anda diposisikan dengan benar, dokter Anda akan memulai laser, yang akan diprogram untuk menguapkan jumlah jaringan berdasarkan pengukuran yang diambil pada evaluasi awal Anda. Komputer akan mengontrol jumlah energi laser yang dikirimkan ke mata Anda. Setelah energi laser menguap jaringan kornea, flap akan ditempatkan kembali ke posisinya. Merupakan salah satu Tips Sebelum dan Setelah Operasi Mata LASIK yang sangat penting.

Perisai kemudian harus ditempatkan di atas mata Anda sebagai pelindung, karena tidak akan ada jahitan yang dibuat untuk menahan flap di tempatnya. Perisai ini dimaksudkan untuk mencegah Anda menggosok mata dan menekannya saat Anda tidur. Ini juga dimaksudkan untuk melindungi mata Anda agar tidak tertabrak atau disentuh secara tidak sengaja. Merupakan salah satu Tips Sebelum dan Setelah Operasi Mata LASIK yang sangat penting.

Baca juga >>
Bagaimana Cara Meluruskan Rambut Permanen Tanpa Rebonding?

Tips Setelah Operasi Mata LASIK

Tidaklah biasa setelah prosedur laser untuk mata Anda terbakar, gatal atau merasa ada sesuatu di dalamnya. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin merasakan sakit ringan, atau mata Anda mungkin kabur atau buram atau mungkin sobek atau air. Harapkan kepekaan terhadap cahaya dan silau dan mata Anda mungkin tampak memerah. Jangan menggosok mata Anda karena ini dapat menyebabkan kerusakan. Gejalanya akan hilang dalam beberapa hari.

Temui dokter Anda dalam 24 hingga 48 jam pertama setelah operasi, dan secara berkala setelah itu selama setidaknya enam bulan pertama. Pada kunjungan pertama Anda setelah operasi, dokter Anda akan menghapus pelindung mata, menguji penglihatan Anda dan memeriksa mata Anda. Anda mungkin diberikan obat tetes mata untuk mencegah infeksi dan mungkin disarankan untuk menggunakan air mata buatan untuk pelumasan mata tambahan. Jangan melanjutkan memakai lensa kontak. Merupakan salah satu Tips Sebelum dan Setelah Operasi Mata LASIK yang sangat penting.

Anda mungkin perlu menunggu hingga dua minggu setelah operasi atau sampai dokter menyarankan Anda sebaliknya sebelum menggunakan lotion, krim atau riasan mata. Lanjutkan menggosok bulu mata Anda untuk jangka waktu setelah operasi, dan hindari berenang atau menggunakan bak air panas atau pusaran air selama satu hingga dua bulan.

Hindari olahraga kontak yang keras selama setidaknya empat minggu setelah operasi, dan lindungi mata Anda dari apa pun yang mungkin masuk ke dalamnya dan agar tidak terkena atau terbentur.

Visi Anda mungkin berfluktuasi selama tiga hingga enam bulan setelah operasi. Silau, lingkaran cahaya, kesulitan mengemudi di malam hari dan gejala visual lainnya dapat bertahan selama periode ini. Koreksi lebih lanjut mungkin diperlukan, tetapi hanya dapat dilakukan setelah pengukuran mata Anda telah terbukti konsisten untuk dua kunjungan berturut-turut setidaknya tiga bulan terpisah. Terlebih lagi, sementara penglihatan jarak dapat membaik setelah operasi ulang, tidak mungkin bahwa gejala visual lainnya seperti silau atau lingkaran cahaya akan membaik – pada kenyataannya, keamanan atau efektivitas operasi peningkatan tetap tidak meyakinkan pada saat ini.

Baca juga >>
Manfaat Buah Belimbing Wuluh

Beri tahu dokter mata Anda segera jika ada gejala baru, tidak biasa, atau memburuk yang timbul di setiap titik setelah operasi. Perawatan tepat waktu dapat mencegah potensi masalah memburuk. Merupakan salah satu Tips Sebelum dan Setelah Operasi Mata LASIK yang sangat penting.

Demikianlah informasi tentang Tips Sebelum dan Setelah Operasi Mata LASIK, semoga dapat memberikan manfaat bagi Anda.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat