Tips Mengurus Jenazah Yang Terinfeksi Virus Corona

Virus korona atau Covid-19 telah merenggut nyawa puluhan ribu orang dari berbagai negara di dunia. Dari total jumlah kematian, ada 58 pasien virus korona positif yang meninggal di Indonesia. Jadi, apakah cara merawat tubuh pasien korona berbeda dari langkah-langkah pada umumnya? 

Prosedur untuk merawat pasien virus korona

Kementerian Agama Republik Indonesia telah mengeluarkan prosedur untuk merawat tubuh pasien virus korona, mulai dari mandi hingga menguburnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus korona, kepada siapa saja yang nantinya akan merawat, mandi, hingga mengubur tubuh pasien virus korona.

1. Memandikan tubuh pasien virus korona

Harus digarisbawahi, pengelolaan tubuh pasien Covid-19 harus dilakukan oleh staf kesehatan rumah sakit yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Jadi, bukan sembarang orang yang bisa mengurus proses pemakaman. Petugas kesehatan akan mengambil langkah-langkah berikut:

  • Gunakan pakaian pelindung, sarung tangan, untuk masker. Semua komponen pakaian pelindung harus dipisahkan dari pakaian biasa
  • Jangan makan, minum, merokok atau menyentuh wajah saat berada di kamar mayat, otopsi, dan area untuk melihat tubuh
  • Selama mandi tubuh, jangan bersentuhan langsung dengan darah tubuh atau cairan tubuh
  • Selalu cuci tangan Anda dengan sabun atau pembersih berbasis alkohol. Cedera pada tubuh petugas (jika ada), harus ditutup dengan selotip atau perban tahan air
  • Sebisa mungkin menghindari risiko cedera akibat benda tajam.

Selain itu, jika petugas terkena darah mayat atau cairan tubuh, ambil langkah-langkah berikut:

  • Bersihkan luka segera dengan air mengalir bersih
  • Jika luka tusukan kecil, biarkan darah keluar sendiri
  • Semua insiden yang terjadi selama proses mandi tubuh harus dilaporkan kepada penyelia.
Baca juga >>
Manfaat Buah Belimbing Wuluh

Kemudian, merawat tubuh biasanya melibatkan desinfeksi, dengan menyemprotkan klorin pada tubuh dan juga staf medis yang menangani proses mandi dan penguburan. Namun, disinfeksi saja dianggap tidak cukup untuk mencegah penyakit menular. Karena itu, petugas harus selalu mengenakan pakaian pelindung, sering mencuci tangan, dan juga mandi dengan sabun khusus setelah mandi.

2. Mengubur tubuh pasien virus korona

Setelah proses mandi, tubuh pasien virus korona siap dimakamkan. Namun, proses penguburan pasien virus korona tidak boleh sembarangan. Sebab, ada beberapa protokol yang harus dilakukan, untuk mencegah penyebaran virus melalui tanah. Berikut ini adalah prosedur untuk mengubur pasien virus korona, menurut Departemen Agama:

  • Bergantung pada kondisinya, tubuh pasien penyakit menular dapat dikuburkan atau dikremasi
  • Jika mayat dikubur, lokasi pemakaman harus setidaknya 50 meter dari sumber air tanah yang digunakan sebagai sumber air minum bagi penduduk
  • Lokasi penguburan pasien virus korona harus berada setidaknya 500 meter dari pemukiman
  • Setelah lokasi pemakaman ditentukan, tubuh harus dikubur setidaknya 1,5 meter
  • Liang penguburan ditutup dengan setidaknya 1 meter tanah
  • Tanah kuburan dari tubuh pasien virus korona harus ditangani dengan hati-hati. Jika ada badan lain yang ingin Anda kubur, Anda harus menguburnya di area terpisah.

Jika keluarga menginginkan mayat dikremasi, lokasi kremasi juga harus 500 meter dari pemukiman terdekat. Namun, Kementerian Agama menyarankan agar kremasi tidak boleh dilakukan pada beberapa badan untuk mengurangi polusi asap.

Setelah semua prosedur perawatan tubuh dilakukan, semua bahan kimia atau benda lain yang digunakan dalam proses penanganan jenazah harus dibuang di tempat yang aman. Selain itu, desinfeksi ulang dilakukan pada petugas yang ditunjuk untuk merawat tubuh, serta pakaian yang dikenakan selama proses. Kementerian Agama juga menyatakan bahwa jika semua prosedur untuk menangani jenazah telah dilakukan dengan baik dan benar, maka keluarga dapat mengambil bagian dalam melihat proses penguburan.

Baca juga >>
Benarkah Tidur Bersama Orang Tua Dapat Membahayakan Bayi?

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat