Tips Mengatasi Whatsapp Error di iPhone dengan Mudah

Iphone sebagai salah satu smartphone keluaran apple yang memiliki kualitas terbaik saat ini dan banyak di minati oleh para pecinta gadget karena memang kualitasnya yang terbukti dan sudah tidak di ragukan lagi. Meskipun iphone harganya tergolong cukup mahal jika di bandingkan dengan smartphone keluaran produk merk lain, namun iphone tetap saja di buru oleh para pecinta gadget.

Iphone tidaklah menggunakan sistem operasi android yang digunakan oleh sebagian besar smartphone saat ini karena iphone memiliki sistem operasi sendiri yang sangat aman dan terjaga privasinya untuk para penggunanya. Bahkan bisa di bilang saat ini iphone merupakan smartphone kelas satu diantara smartphone lainnya.

Banyak yang menanyakan terkait tips mengatasi WhatsApp error di iPhone sehingga bisa digunakan normal kembali. Telah diketahui oleh khalayak di seluruh dunia bahwa WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting  untuk smartphone yang populer karena banyak digunakan oleh orang-orang.

Meskipun pada dasarnya WhatsApp diperuntukkan bagi smartphone Android, tetapi ternyata Whatsapp juga dapat digunakan di iPhone. Tidak heran apabila banyak orang yang menggunakan aplikasi ini karena tergolong aplikasi yang ringan karena bisa digunakan di wilayah yang minim sinyal.

Tak di pungkiri lagi, hampir seluruh orang di dunia ini memiliki akun whatsapp sebagai media untuk berkomunikasi, karena whatsapp menyediakan berbagai fitur dalam satu genggaman seperti mengirim teks atau chat, mengirim foto atau gambar, mengirim video dan mengirim voice messeges. Tak hanya itu, whatsapp juga bisa di gunakan untuk panggilan suara dan panggilan video atau video call, apalagi saat ini whatsapp selalu mengupdate aplikasinya demi kenyamanan penggunanya.

Dengan begitu maka pengguna whatsapp akan di mudahkan dengan berbagai fitur whatsapp yang terbaru sekalipun. Whatsapp juga bisa di instal di berbagai sistem operasi seperti android dan tentunya whatsapp juga dapat di install di iphone kesayangan anda. whatsapp pada iphone sama saja dengan whatsapp yang ada di smartphone lainnya, hanya saja untuk backup file datanya jika whatsapp pada smartphone android menggunakan google drive maka whatsapp pada iphone menggunakan icloud.

Tips Mengatasi WhatsApp Error di iPhone

Bagi Anda yang menggunakan WhatsApp pada platform iOS, seringkali mendapati masalah terkait dengan akses layanan dari WhatsApp. Misalnya adalah terkait dengan tampilan pesan yang terlihat crash dan white screen.

Bahkan banyak masalah error WhatsApp lainnya ketika digunakan pada iPhone. Umumnya kendala-kendala tersebut seringkali didapati setelah melakukan update WhatsApp pada versi terbaru.

Baca juga >>
Cara Membuat Laporan Crystal Report Database SQL Server

Setelah melakukan update WhatsApp, tidak jarang akan muncul pesan Whatsapp error yang menyebabkan aplikasi tersebut tidak dapat dioperasikan pada iPhone. Lalu apakah ada cara untuk Anda memperbaiki WhatsApp yang bermasalah di iPhone supaya bisa normal kembali? Anda tidak perlu khawatir karena bisa memperbaikinya dengan mengikuti tips untuk mengatasi aplikasi WhatsApp yang error pada platform iOS.

WhatsApp Error Tidak Bisa Dibuka Pada iPhone

Saat WhatsApp tidak dapat dibuka pada iPhone, jangan panik. Seperti yang telah diketahui bahwa WhatsApp error pada berbagai macam jenisnya. Salah satu yang umum sekali terjadi yaitu WhatsApp yang tidak dapat dibuka pada perangkat iPhone. Sebenarnya hal ini bukanlah masalah yang fatal, tetapi terkadang hal ini dapat membuat Anda menjadi di cemas karena ada banyak data yang tersimpan. Berikut adalah beberapa cara mengatasinya.

1. Hapus Cache Aplikasi WhatsApp

File sampah atau cache merupakan file yang sudah tidak digunakan lagi sehingga bisa dihapus. Apabila terlalu lama dibiarkan, maka file sampah pada perangkat iPhone bisa terus menumpuk dan hal ini dapat menyebabkan berbagai aplikasi error, misalnya WhatsApp.

Pada WhatsApp sendiri, file sampah tergolong cukup besar sehingga menghapus file sampah ini sangat direkomendasikan untuk membantu WhatsApp dapat terbuka pada perangkat iPhone.

Caranya yaitu dengan membuka menu pengaturan pada perangkat iPhone lalu pilih aplikasi terinstal. Setelah itu klik aplikasi WhatsApp, lalu hapus cache atau file sampah. Proses menghapus file sampah pun sudah selesai, selanjutnya yaitu dengan melakukan restart pada perangkat iPhone. WhatsApp dapat dibuka pada iPhone seperti biasanya.

2. Upgrade Aplikasi WhatsApp Pada iPhone

Bisa jadi WhatsApp yang tidak dapat dibuka pada iPhone disebabkan karena bugs pada aplikasinya. Jika terdapat versi terbaru WhatsApp pada App Store, maka segeralah untuk melakukan upgrade.

Pastikan bahwa perangkat sudah tersambung pada jaringan internet. Masuk pada Appstore, pilih aplikasi WhatsApp, lalu klik ‘Update’. Tunggulah beberapa saat sampai proses update aplikasi selesai. Supaya lebih optimal maka iPhone perlu di restart barulah setelah itu bisa membuka aplikasi WhatsApp.

3. Hapus Data Aplikasi WhatsApp Pada iPhone

Salah satu cara untuk membuat aplikasi WhatsApp dapat terbuka pada perangkat iPhone Anda yaitu dengan menghapus data aplikasi WhatsApp yang ada. Namun demikian, risiko menggunakan cara ini yaitu seluruh chat pada aplikasi WhatsApp ini bisa terhapus.

Caranya yaitu bukalah menu Setting > Aplikasi Terinstal > WhatsApp > Hapus Data. Dengan demikian maka proses hapus data WhatsApp telah selesai. Supaya aplikasi WhatsApp normal kembali, maka perlu untuk melakukan restart terlebih dahulu.

4. Melakukan Instal Ulang Aplikasi WhatsApp

Diketahui bahwa dengan melakukan install ulang aplikasi WhatsApp pada iPhone, ternyata bisa menjadi solusi supaya aplikasi tersebut dapat dibuka lagi. Lalu bagaimana cara yang bisa Anda lakukan?

Baca juga >>
Tips Whatsapp Terbaik Tahun 2021

Masuklah pada menu Setting > Aplikasi Terinstal > Hapus Data > Hapus Cache > Uninstall. Setelah di-uninstall, iPhone perlu di-restart terlebih dahulu. Selanjutnya buka App Store, kemudian download dan instal WhatsApp pada perangkat iPhone.

Seperti itulah 4 tips mengatasi whatsapp error di iphone untuk kasus aplikasi whatsapp yang tidak bisa dibuka.

Whatsapp Error Tidak Bisa Dibuka Pada Iphone

WhatsApp Error Tidak Bisa Tersambung

Perlu diketahui bahwa masalah ini cukup sering dijumpai oleh para pengguna platform iOS ketika menginstal aplikasi WhatsApp di iPhone. Apakah Anda juga mengalami hal yang sama?

Sebenarnya, jika masalah yang didapati yaitu WhatsApp yang tidak bisa tersambung, maka kemungkinan besar hal tersebut terjadi karena jaringan internet di iPhone Anda. Bisa jadi karena lokasi tersebut tidak menangkap sinyal jaringan internet yang cukup, atau bisa juga karena kuota tidak mencukupi untuk menyambungkan aplikasi.

Apabila kondisi kuota masih aman tetapi WhatsApp tetap tidak dapat tersambung, maka berikut ini cara yang dapat Anda lakukan. Hubungkanlah iPhone dengan koneksi internet, jika perlu gunakanlah wi-fi sehingga koneksinya bisa stabil. Selanjutnya, bisa melakukan upgrade aplikasi melalui AppStore. Jangan lupa, Anda juga harus mengosongkan cache dari aplikasi tersebut. Apabila cara tersebut belum dapat juga menyambungkan, maka bisa instal ulang WhatsApp pada iPhone.

Kontak WhatsApp Tersimpan Tidak Muncul

Sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkan WhatsApp yang terpasang pada iPhone Anda tidak dapat menampilkan daftar kontak. Untuk memastikan bahwa aplikasi dapat mengenali kontak tersimpan, maka Anda bisa melakukan pengecekan ulang nomor ponsel orang lain yang digunakan apakah sudah benar atau ada kekeliruan.

Selain itu, WhatsApp yang terpasang pada iPhone harus dengan versi terbaru, sehingga apabila belum versi terbaru maka harus melakukan upgrade terlebih dahulu. Pastikan juga bahwa kontak yang tersimpan maupun daftar kontak grup dalam keadaan viewable atau visible.

Crash atau White Screen pada WhatsApp

Bagi Anda yang menggunakan iPhone dan memasang WhatsApp, maka kemungkinan akan mendapati masalah ini. Pada dasarnya, crash atau white screen dapat terjadi akibat aplikasi yang tidak mempunyai izin akses pada iPhone. Namun tidak perlu khawatir, karena Anda bisa melakukan cara berikut ini.

Seluruh aplikasi yang sedang berjalan di iPhone harus ditutup terlebih dahulu. Setelah itu masuk pada menu setting atau pengaturan, pilih WhatsApp, lalu centang seluruh izin akses pada WhatsApp seperti halnya kamera, mikrofon, data seluler, kontak, dan lain sebagainya. Setelah itu, iPhone perlu di-restart sehingga layar bisa kembali seperti semula. Apabila masih terjadi white screen, cobalah untuk uninstall WhatsApp kemudian instal kembali.

Cara Memblokir Kontak Pada WhatsApp

Blokir kontak seseorang di WhatsApp menjadi pilihan yang bisa Anda lakukan ketika merasa terganggu oleh kontak tersebut ataupun alasan lainnya. Ikon dan fitur pada WhatsApp yang terpasang pada iPhone lebih detail lagi. Berikut ini merupakan cara untuk memblokir kontak pada WhatsApp yang terpasang pada iPhone.

Baca juga >>
Cara Daftar Kuota TikTok Tri Axis Telkomsel Indosat XL Smartfren

Pilih kontak yang ingin diblokir dengan cara klik pada percakapan bersama kontak tersebut. Setelah itu klik titik tiga, pilih “More”, lalu klik “Block”. Apabila Anda ingin menambahkan kontak lainnya yang ingin di blacklist, apakah bisa langsung menambahkan saja dengan mudah. Dengan demikian maka tidak akan ada lagi pesan masuk dari kontak yang telah diblokir.

Sementara itu, apabila Anda ingin membukanya, langkahnya pun cukup mudah. Anda harus menuju tempat yang sama seperti cara untuk memblokir, selanjutnya pilih “Unblock”. Setelah itu Anda dengan kontak tersebut bisa bertukar pesan lagi melalui WhatsApp.

Proses Download Whatsapp Tidak Berhasil

Salah satu kendala yang sering dijumpai ketika menggunakan WhatsApp pada platform iOS yaitu gagal mendownload dengan memunculkan kode, “Menunggu Jaringan Wifi” atau “Waiting for Wifi Connection”. Hal ini tentu sangat menjengkelkan bukan?

Perlu diketahui bahwa WhatsApp error gagal untuk mendownload yaitu karena ada kebijakan privasi yang dikeluarkan oleh pihak Apple. Kebijakan tersebut yaitu jika terdapat game maupun aplikasi yang diunduh dari App Store dengan ukuran melebihi 100 MB, maka diwajibkan untuk menggunakan koneksi jaringan wi-fi supaya bisa melakukan update aplikasi yang akan didownload.

Jadi tidak perlu panik ketika terjadi gagal download melalui WhatsApp yang dipasang pada iPhone. Solusinya adalah dengan menyambungkan iPhone ke jaringan wi-fi, bukan jaringan seluler pribadi.

Whatsapp Error Tidak Bisa Mengirim Dan Menerima Pesan

WhatsApp Error Tidak Bisa Mengirim dan Menerima Pesan

Jika menggunakan WhatsApp pada iPhone, salah satu kendala yang kemungkinan dapat dialami yaitu tidak bisa mengirim maupun menerima pesan. Tidak perlu cemas karena perlu memastikan terlebih dahulu terkait dengan versi WhatsApp yang dipasang pada platform iOS. Usahakan untuk menggunakan WhatsApp versi terbaru, sehingga harus memeriksa update pada pengaturan operator.

Apabila ingin mengirim pesan, dalam hal ini Anda membutuhkan koneksi jaringan wi-fi maupun data seluler. Lakukan konfirmasi kepada operator bahwa akan mengirim jenis pesan seperti halnya SMS dan MMS apakah didukung oleh perangkat atau tidak. Apabila ingin mengirim pesan MMS ke iPhone pastikan untuk mengaktifkannya. Jika tidak terdapat pilihan mengaktifkan pesan, hubungi lah operator.

Tips cara mengatasi whatsapp error di iphone untuk masalah tersebut, bisa menekan serta menekan tombol di waktu yang bersamaan, kemudian reset telepon. Apabila mengalami masalah pada iMessage, maka pesan teks tidak dapat dikirimkan. Untuk mengatasi hal ini hanya perlu menunggu hingga layanan bisa normal kembali. Cara lainnya juga bisa beralih image gimana hari ini menjadi di solusi yang sangat sederhana. Anda hanya diminta untuk mengirim pesan teks, menerimanya, kemudian mengaktifkan ini iMessage lalu mengubahnya lagi.

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Kirim Pesan Suara

Voice not adalah salah satu fitur yang difasilitasi oleh whatsapp untuk berkirim pesan suara. Bagi Anda yang malas mengetik panjang-panjang dan merasa lelah, fitur voice note sangat kami rekomendasikan.

Baca juga >>
Tips Mengatasi iPhone Dicas Malah Berkurang

Fitur yang terletak pada pojok kanan bawah setiap tampilan akan mengetik chat ini bekerja secara maksimal dengan keunggulan perekaman suara persis seperti suara asli kita. Namun, tidak menutup kemungkinan apabila suatu hari aplikasi Whatsapp kita mengalami kendala seperti halnya tidak dapat berkirim pesan suara.

Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Kirim Pesan Suara

Seringkali kendala demikian menjadikan orang-orang khawatir. Maka dari itu, artikel ini menjawab segala kerisauan yang memiliki kendala demikian. Berikut kami jabarkan Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Kirim Pesan Suara dengan beberapa langkah mudah

1. Lakukan Restart Ponsel

Salah satu cara paling mudah untuk dapat berkirim pesan suara apabila sebelumnya tidak bisa berkirim pesan suara, yakni dengan merestart ponsel Anda.

Barangkali terlalu banyaknya kinerja aplikasi di ponsel bisa sebabkan sistem aplikasi dalam ponsel bekerja berapa kali lebih keras di luar batas normal sehingga ponselmu jadi panas. Maka cara ini bisa Anda coba. Melakukan restart pada ponsel.

2. Mengganti Koneksi

Pernahkah Anda berpikiran bahwa ponsel tidak dapat mengirim suara karena koneksi internetnya yang lambat? Coba sesekali Anda alihkan koneksinya dari semula menggunakan jaringan seluler menjadi WIFI atau sebaliknya.

Barangkali apabila koneksi sudah lancar kembali, pesan suara whatsapp bisa langsung terkirim.

3. Memperbarui Aplikasi Whatsapp

Biasanya, aplikasi Whatsapp cenderung tidak bekerja bahkan terlanjur tidak bisa digunakan karena salah satu faktornya adalah belum diperbarui.

Maka dari itu, tidak ada salahnya bukan jika Anda memperbarui aplikasi Whatsapp untuk mendapatkan fitur sekaligus fasilitas yang lebih optimal dalam penggunaan?

4. Lakukan Reset pada Koneksi Internet

Sejauh ini, apakah Anda menyadari bahwa tidak melakukan reset program pada koneksi internet juga berpengaruh pada kinerja aplikasi lainnya?

Nah! Maka dari itu, untuk mengatasi masalah demikian, adalah suatu ide brilian apabila sesekali Anda mencoba reset koneksi internet. Toh siapa tuh hal demikian akan sebabkan segala kinerja aplikasi terhambat, bukan? Salah satunya adalah berkirim pesan suara ini.

5. Menghapus Data Aplikasi Pada Whatsapp

Pada poin kelima ini adalah cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kendala tidak terkirimnya VN atau pesan suara pada Whatsapp. Biasanya, aplikasi whatsapp telah mencapai batas penyimpanan normal karena catatan datanya sudah sangat banyak. Maka, Anda bisa lakukan hapus data pada whatsapp kemudian login kembali ke aplikasi whatsapp.

Caranya mudah saja, tinggal masuk ke menu setelan, kemudian cari aplikasi whatsapp dan pada icon Hapus Data klik saja. Itulah beberapa cara yang bisa membantu Anda dalam atasi pesan suara yang tidak terkirim. Mudah sekali, bukan?

Pesan Masuk Whatsapp yang Tertunda

Apakah Anda pernah mengalami masalah WhatsApp error karena pesan masuk yang tertunda? Jika ingin memastikan pemberitahuan serta pengiriman pesan WhatsApp ke rumah maka perlu melakukan konfigurasi iPhone dengan tepat. Caranya yaitu hanya dengan memeriksa koneksi jaringan internet lalu mengikuti instruksi untuk memecahkan masalah. Pertama-tama Bukalah ‘Setting’, pilih ikon ‘Aplikasi’, klik WhatsApp, klik ‘Data Usage’.

Selanjutnya, lakukanlah restart pada iPhone, ubahlah dan matikan dalam waktu dalam sebanyak beberapa kali. Setelah itu WhatsApp Web harus di-logout semuanya tanpa terkecuali. Ketika iPhone sedang dalam mode tidur, maka Anda bisa menyimpan wi-fi. Copot installan pembunuh tugas, dan sembunyikanlah aplikasi menerima pesan.

Baca juga >>
Cara Mendapat Pulsa Rp 50 Ribu Gratis Dari Mytelkomsel

Sticker & Emoticon WhatsApp Tidak Bisa Digunakan

Beberapa hari ini saya mengalami kendala di aplikasi WhatsApp yang saya gunakan. Terkadang sticker dan emoticon WhatsApp tidak bisa digunakan. Padahal sudah saya klik menu sticker dan emoticon berkali-kali tetapi tetap tidak mau keluar. Tetapi terkadang bisa digunakan. Akhirnya saya menemukan solusinya. Solusinya yaitu silahkan restart smartphone kamu ya. Memang permasalahan ini di sebabkan karena faktor bug aplikasi juga kinerja smartphone yang mungkin terlalu banyak aplikasi yang terinstall sehingga kinerja smartphone menjadi berat maka perlu di restart. Silahkan dicoba.

Cara Backup Whatsapp di iPhone

Mungkin ketika anda menggunakan iPhone baru dan ingin mentransfer data yang lama WhatsApp, akan sangat membingungkan. Untuk memudahkan transfer atau mencadangkan pesan, bisa menggunakan aplikasi terbaik.

Agar file chating, kontak, history chating dan berbagai media pada whatsapp anda tidak hilang ketika hp anda rusak atau ketika anda ganti hp yang lama ke hp yang baru, maka anda harus membackup data yang ada di whatsapp terlebih dahulu secara rutin dan berkala. Karena dengan begitu maka jika terjadi kerusakan atau eror pada hp anda atau anda berganti hp maka semua data yang berhubungan dengan whatsapp anda akan aman.

Nantinya ketika anda log in kembali ke nomor whatsapp anda maka semua history chat, percakapan, media dan kontak di whatsapp tidak akan hilang dan tersimpan semuanya. Itulah kegunaan backup data pada whatsapp, untuk itu berikut cara membackup data whatsapp pada iphone yang perlu anda ketahui.

  • Buka aplikasi whatsapp di iphone anda
  • Kemudian buka whatsapp setting yang berada di sebelah kanan pojok atas berupa tanda titik tiga
  • Pilih chat setting
  • Pada chat setting terdapat beberapa pilihan pengaturan maka pilihlah chat back up
  • Setelah itu akan muncul halaman untuk membackup data maka pilih backup now atau backup sekarang
  • Tunggu hingga proses backup pada whatsapp anda selesai 100 persen
  • Jika proses backup sudah selesai maka file data whatsapp anda telah berhasil di backup dan sudah aman

Agar data anda tersimpan dengan aman dan tidak eror atau corrupt maka untuk berjaga-jaga sebaiknya anda membackup data whatsapp anda secara rutin dan berkala. Anda bisa membackup data harian, mingguan dan bulanan. Namun lebih baik di sarankan untuk membackup data secara mingguan karena jangka waktunya terbilang cukup pas, tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lama.

Itulah beberapa tips mengatasi WhatsApp error di iPhone dengan sangat mudah. Jadi Anda tidak perlu khawatir apabila mendapati kendala-kendala seperti beberapa yang telah disebutkan di atas. Teknologi saat ini semakin canggih, sehingga setiap ada masalah pada teknologi maka akan ada solusinya.

Order via Whatsapp !