Tips Mengatasi iPhone Dicas Malah Berkurang

Sebagai salah satu ponsel yang banyak digunakan masyarakat, iPhone juga memiliki keterbatasan kinerja jika usianya cukup lama. Terlebih karena kekuatan baterainya yang tak cukup besar, membuat iPhone cenderung boros.

Kondisi baterai yang parah, kadang juga mempengaruhi saat pengisian ulang semisal terlalu lama atau bahkan tak terhubung sama sekali. Malah, pada beberapa kasus iPhone yang dicas malah membuat baterai semakin berkurang. Besar kemungkinan, baterai atau komponen lainnya di dalam ponsel mengalami kerusakan.

Hindari pula, untuk memainkan ponsel dalam kondisi di-charge karena akan membuat daya yang masuk semakin lambat dan tak sebanding dengan penggunaannya. Ponsel akan mengalami overheat atau panas. Nah, untuk menanganinya terdapat tips mengatasi iPhone dicas malah berkurang di bawah ini.

Tips Mengatasi iPhone Dicas Malah Berkurang

Selain deskripsi singkat di atas, terdapat beberapa faktor yang bisa menjadi pemicu baterai berkurang ketika dicas. Melalui sebab itu pula, Anda bisa melakukan beberapa langkah antisipasi dalam memperbaikinya.

1. Kepala Charger Tidak Sesuai

Salah satu yang paling sering terjadi adalah, kepala charger yang dimiliki berbeda dengan kepala charge bawaan saat pertama kali membeli ponsel tersebut. Memang, Anda dapat menggunakan kepala charger dengan merek yang berbeda, meski ada kemungkinan tidak cocok dengan ponsel yang Anda miliki.

Hal ini terjadi karena ampere charger terlalu kecil, atau terlalu besar. Untuk itu, Anda bisa mencoba mengganti kepala charge dengan daya yang sama atau meminjam charger yang sama dengan keluarga atau teman Anda.

2. Kabel Charger Rusak

Pemicu selanjutnya yang sering terjadi adalah kabel charger yang digunakan memang sudah rusak, dan tak lagi bisa digunakan. Oleh karena itu, sambungan daya tak dapat dilakukan sementara baterai yang ada akan terus berkurang.

Pada beberapa kondisi, akan tetap ada tanda atau notifikasi charge yang terhubung. Namun, daya tidak akan masuk karena saluran yang bermasalah. Satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan jika mengalami ini adalah mengganti kabel charge yang Anda miliki dengan milik orang lain.

Baca juga >>
Cara Menyimpan Video Tiktok Tanpa Ada Watermark

Pastikan lebih dulu beberapa saat, apakah daya baterai mengalami peningkatan atau tidak sebelum Anda meninggalkannya untuk aktivitas berbeda. Sementara itu, jika kabel telah diperiksa pada ponsel berbeda dan berfungsi maka bisa jadi terdapat masalah pada port atau konektor colokan.

Tempat colokan kabel charger juga bisa mengalami kerusakan, maka untuk mengatasinya Anda harus membawanya ke tempat service terpercaya.

3. Baterai Drop

Faktor berikutnya adalah usia iPhone yang memang cukup lama, mengakibatkan kinerja dari baterai mengalami penurunan secara drastis. Sederhananya, baterai drop dan kehilangan fungsi dalam mengumpulkan daya.

Pada smartphone, cara yang cukup efektif adalah mengganti baterai ponsel sekali dalam satu atau dua tahun untuk mempertahankan kinerja baterai agar lebih optimal. Hal ini sebenarnya wajar, karena semakin tua usia ponsel maka semakin tua pula kinerja seluruh sistem termasuk baterai sebagai komponen utamanya.

Kesulitan lain pada ponsel iPhone adalah baterai tanam yang dimiliki, oleh karena itu penting untuk mengganti baterai pada tempat service yang terpercaya. Selain itu, Anda juga bertanya untuk mengetahui perihal perawatan dasar dan elemen yang harus diperhatikan dalam pemeliharaan ponsel.

4. Memeriksa Aksesoris Bersertifikat

Banyak pengguna yang tidak memperhatikan hal ini, tentang sertifikat dari aksesoris ponsel yang dimiliki. Meski tak banyak terjadi, aksesoris ponsel yang tak bersertifikat bisa menjadi pemicu daya yang tidak diterima saat mengecas.

Oleh karena itu, penting untuk memeriksa penggunaan aksesoris saat pertama kali membelinya. Ponsel baik yang digunakan mestinya bersertifikat apple serta berasal dari sumber daya yang sesuai.

Untuk memastikan sertifikat apple yang dimiliki telah sesuai atau tidak, Anda bisa mencobanya ketika baterai iPhone habis atau ponsel dalam kondisi mati total. Ketika dicas Anda akan melihat layar hitam serta membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit untuk mengisi daya awal.  Setelah 20 menit, Anda bisa menyalakan kembali dan menampilkan indikator jika ponsel Anda sedang di-charger.

5. Periksa dan Bersihkan Konektor USB iPhone

Tips berikutnya adalah memeriksa konektor yang berada pada bagian bawah perangkat ponsel, lalu membersihkannya menggunakan vacum cleaner secara rutin. Pastikan Anda melakukannya dengan baik dan detail untuk membersihkan sambungan kabel USB yang ada.

Jika Adan telah mencoba metode tersebut, Anda bisa memasangkannya kembali di bagian konektor lalu hubungkan kembali dengan menggunakan perangkat ponsel. Jika tindakan ini tidak berhasil, cara lain yang bisa Anda lakukan adalah membeli kabel USB baru karena kabel yang Anda miliki telah rusak.

6. Melakukan Kalibrasi Baterai Ponsel

Jika Anda telah mencoba pelbagai cara di atas namun belum berhasil, Anda bisa mencoba melakukan kalibrasi pada baterai ponsel. Sederhananya, kalibrasi adalah normalisasi baterai supaya status real kembali bisa terbaca melalui sistem yang akurat.

7. Mengganti Kabel Konektor

Alternatif lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah mengganti kabel konektor atau adaptor charge yang ada pada perangkat iPhone. Bisa dengan meminjam atau membeli yang baru.

Baca juga >>
Tips Mengatasi Whatsapp Error di iPhone dengan Mudah

Jika membeli, Anda harus memastikan memilih aksesoris yang original atau asli. Tak sulit untuk mendapatkannya karena kabel charge yang mudah ditemui di pasaran. Hal ini karena iPhone tak akan bisa terkoneksi dengan charge palsu karena akan langsung terbaca dan tak didukung oleh sistem.

8. Gunakan Port USB di Belakang

Selanjutnya, jika Anda menggunakan kabel USB normal, ada baiknya menyambungkan dengan perangkat iDevice ke PC atau komputer yang ada. Hindari menyambungkannya dengan laptop karena kapasitas dan kemampuan yang lebih terbatas.

Selanjutnya pilih port USB di bagian belakang, bukan pada bagian depan. Pemasangan di bagian belakang memilik tegangan listrik yang berbeda jika dibandingkan dengan tegangan listrik di bagian depan.

9. Tekan Tombol On/Off dan Home Bersamaan

Langkah lain yang bisa Anda coba ketika baterai iPhone berkurang saat di-charger adalah menekan tombol on/off dan home secara bersamaan, hingga ponsel hidup. Tahap ini perlu Anda lakukan cukup lama agar ponsel bisa bekerja kembali dengan serapan daya yang baik.

Jika ponsel telah menyala, Anda perlu mendiamkannya selama beberapa saat sekitar 30 menit sama ketika charge. Ini adalah langkah manual yang tak bisa memulihkan dalam berbagai kasus, hanya pada gangguan teknis sederhana.

10. Muncul Ikon Gambar Baterai Garis Merah

Sama seperti poin sebelumnya, Anda bisa menekan kedua tombol tersebut hingga menampilkan ikon baterai dengan garis merah yang tipis. Jika tetap tak bisa mengisi daya, ada baiknya Anda membiarkan perangkat hingga mati dengan sendirinya.

11. Tekan Tombol Power dan Menu Bersama-Sama

Langkah selanjutnya adalah, ketika garis merah tipis muncul, maka Anda perlu menekan tombol power dan menu secara bersama-sama selama sekitar delapan detik. Jika berhasil Anda bisa meneruskan ke tahap berikutnya.

Jika Anda memakai handphone iPhone lalu mengalami problem HP dicharge tetapi justru berkurang, direkomendasikan untuk mengetahui beberapa tips yang akan kami share sekarang di bawah ini.

 12. Cas Dalam Keadaan Off/Mati

 Jangan terburu-buru menyimpulkan jika ponsel atau charger Anda rusak hanya karena baterainya yang terus berkurang ketika di-charge. Anda mungkin hanya perlu membiarkannya dalam keadaan mati dan membuat sebagian besar perangkat lunak serta sistem operasi yang ada di dalam berhenti bekerja.

Daya yang terhambat bisa menandakan terdapat bug pada iOS. Jika demikian, Anda juga perlu memperbaharuinya dengan iOS terbaru. Langkahnya cukup mudah, Anda hanya perlu masuk pada menu pengaturan-umum-pembaruan perangkat lunak.  Seperti itulah tips mengatasi iphone dicas malah berkurang.

Tips Mengatasi Iphone Dicas Malah Berkurang Terbaru

Penyebab Kerusakan Baterai iPhone

Dari beberapa tips di atas, akan jauh lebih baik ketika Anda mengantisipasi sejumlah kerusakan yang mungkin timbul selama penggunaan dengan menghindari hal-hal berikut ini.

1.  Mencabut charge sebelum 100%

Kebanyakan orang memilih men-charge ponsel mereka hingga 100% agar memiliki daya maksimal. Padahal, kebiasaan ini tidak baik bagi ponsel, termasuk iPhone. Sebelum menyentuh angka 100% Anda harus mencabutnya lebih dulu agar ketahanan baterai serta perangkat lainnya lebih baik.

Baca juga >>
10 Teknologi terbaru pada mobil

2. Menggunakan Ponsel Hingga Mati

Menggunakan ponsel hingga baterai o atau mati total juga merupakan kebiasaan yang buruk. Dampaknya, ponsel Anda terutama baterai akan lebih cepat mengalami kerusakan pada jangka panjang.

iPhone sendiri menggunakan baterai jenis lithium, yang akan mengalami kerusakan jika tidak berisi listrik sama sekali. Jika indikator baterai sudah berada di bawah 10%, Anda harus segera mencari colokan listrik.

3. Membiarkan Ponsel Terekspos Suhu Panas/Dingin

Penting untuk memperhatikan suhu ketika Anda menggunakan ponsel iPhone. Suhu yang tidak stabil seperti terlalu panas atau terlalu dingin akan sangat mengganggu sistem kerja, dan perangkat yang ada di dalamnya.

Tak hanya iPhone, suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin adalah musuh bagi seluruh jenis barang elektronik. Oleh karena itu, pastikan perangkat yang Anda miliki berada pada suhu di antara 32 hingga 80 derajat Celsius.

4. Menggunakan Ponsel saat di-Charge

Ini mungkin adalah kebiasaan yang banyak dilakukan oleh pengguna ponsel, yakni menggunakannya saat di-charge. Entah karena kebutuhan mendesak atau tidak, kebiasaan ini merupakan kebiasaan buruk dan akan berdampak jangka panjang terhadap ponsel Anda.

Panas dari tubuh bisa mengalir ke iPhone ketika tangan Anda menyentuhnya. Casing iPhone dengan bahan aluminium semisal, akan mengalirkan panas tubuh dan menghambat proses charging. Oleh sebab itu, lebih baik untuk tidak menggunakan ponsel saat proses pengisian daya.

5. Membiarkan Ponsel dalam Keadaan Deep Discharge

Deep discharge adalah kondisi dimana baterai ponsel tak lagi bisa menampung listrik sama dengan kapasitas awal. Anda tentu akan merasa rugi apabila masa pakai ponsel menjadi lebih singkat dibanding saat awal pembelian.

Deep discharge dipicu kondisi ponsel yang dibiarkan mati terlalu lama. Misal, ketika Anda mendiamkannya selama beberapa hari, tak digunakan karena alasan tertentu. Deep discharge pada dasarnya akan mengurangi kemampuan ponsel dalam efisiensi daya listrik yang ada.

Untuk menanganinya, pastikan Anda membuat ponsel selalu dalam keadaan menyala kecuali jika sedang di-charge. Seluruh tips di atas bisa membantu Anda dalam pemeliharaan ponsel juga baterai agar bertahan lebih lama.

Selain itu, pastikan pula untuk menerapkan tips mengatasi iPhone dicas malah berkurang dengan melihat sebab paling memungkinkan. Jika pemeriksaan awal bisa Anda lakukan sendiri, prioritaskan itu.

Cara Merawat Baterai iPhone Agar Awet

Merawat Baterai iPhone Agar Awet sebenarnya bisa kita lakukan dengan hal yang sepele. Yaitu menggunakan iPhone sewajarnya saja dan seperlunya saja. Mengingat baterai iPhone sangatlah boros. Walaupun fitur iPhone begitu canggih, tak bisa dibantah bila baterai iPhone sendiri sangat boros. Bagi pengguna iPhone pastinya mencari solusi bagaimana merawat baterai iPhone yang benar dan baik. Bagi para pemula yang menggunakan iPhone pastinya kesulitan dalam merawat baterai iPhone. Karena cepat habis dan panas.

Solusinya adalah membuat iPhone tak boros dengan beberapa tips dibawah ini yang bisa anda jadikan referensi yang kami ambil dari berbagai sumber dan menurut pengalaman pribadi. Nah,bagi anda yang sedang mencari referensi bagaimana merawat baterai iPhone agar awet dan tidak cepat rusak. Anda sangat tepat membaca artikel menarik ini. Berikut artikel yang bisa dijadikan referensi untuk anda semua agar baterai iPhone tetap awet dan tidak mudah rusak.

Baca juga >>
Cara Memperbaiki Amplifier

1. Ganti Baterai Yang Sudah Lama

Jika iPhone anda dirasa sudah memiliki baterai yang lama dan kembung. Kami sarankan untuk mengganti baterainya menjadi baterai yang baru. Dengan begitu,kita bisa menggunakan iPhone selama mungkin. Saat beraktifitas menjadi tak menganggu,karena harga baterai iPhone cukup mahal. Kami sarankan untuk menggunakan iPhone dengan baik dan benar.

Penyebab Kerusakan Baterai Iphone

2. Gunakan Dark Mode

Mode gelap pada iPhone dapat membuat layar Anda lebih terlihat keren dan lebih baik untuk mata, jika anda melihatnya di ruangan yang gelap atau di malam hari. Tapi manfaat yang lain yang bisa anda ketahui adalah dark mode ini ternyata dapat menghemat daya baterai agar tidak mengeluarkan banyak daya. Caranya Pergi ke Settings > tampilan & brightness dan pilih Dark. Anda juga dapat mengatur mode ini untuk datang pada malam hari (pilih cahaya sampai matahari terbenam di bawah pilihan).

3. Kurangi Kecerahan Layar

Kecerahan layar yang tinggi dapat membuat baterai iPhone terkuras banyak,maka dari itu kita perlu mengurangi kecerahan layar dengan benar. Tetapi, Anda dapat menghindari hilangnya daya yang tidak perlu dengan kecerahan otomatis, fitur yang secara otomatis menyesuaikan tingkat lampu latar berdasarkan cahaya, sehingga mengurangi kecerahan saat ruangan gelap. Kami sarankan Anda menggunakan fitur ini, dan Anda dapat memverifikasi ke dalam pengaturan > umum > aksesibilitas > akomodasi tampilan. Anda juga dapat mengurangi cahaya latar secara manual dengan penggeser kecerahan di pusat kontrol.

4. Matikan GPS Dan Lokasi Anda

GPS dan tempat lokasi sangat menyedot daya baterai kita. Mematikan Layanan lokasi di iPhone tidak hanya menghemat daya pakai baterai saja, tetapi juga menghentikan aplikasi yang melacak keberadaan kita. Anda dapat menyembunyikan lokasi anda agar tak dilacak,juga dapat menghemat baterai iPhone. Dengan begitu sangat terbantu bukan?

5. Gunakan Mode Penerbangan

Saat mengcharger iPhone atau sedang tak digunakan,sebaiknya gunakan mode penerbangan atau airplane mode. Karena mode penerbangan membuat ponsel benar benar menjadi tak digunakan. Sehingga membuat daya baterai tak terkuras. Mungkin,kita jarang sadar. Karena mode penerbangan kita gunakan saat akan terbang menggunakan pesawat. Sebenarnya saat tak di pesawat,kita bisa menggunakan mode penerbangan sebagai alternatif untuk menghemat baterai iPhone dengan benar dan baik.

6. Charger Baterai Segera Mungkin

Bagi anda yang sudah melihat daya baterai menjadi 30% kebawah sebaiknya kita langsung mengcharger baterai secepat mungkin. Karena bila diabaikan,dengan mudah akan cepat mati langsung. Dan membuat panas sehingga baterai menjadi cepat habis. Saat akan digunakan membuat kita menjadi sulit. Oleh karena itu saat tak digunakan dan sudah 30% langsung dicharger saja. Jangan sampai menjadi 10% atau dibawah 10%. Sangat fatal sekali mengabaikan daya baterai akan terkuras habis. Sebaiknya secepatnya dicharger.

Baca juga >>
Aplikasi Kasir Yang cocok untuk Barbershop

7. Kendalikan Aplikasi Anda

Kendalikan aplikasi anda dengan benar dan baik. Saat tak digunakan sebaiknya diuninstall dan juga diamatikan. Atau jangan nyalakan proses update otomatis aplikasi. Agar iPhone tak tersedot daya baterainya,dengan begitu baterai iPhone menjadi hemat dan awet. Serta tak mudah rusak.

8. Gunakan Charger Yang Benar

Banyak orang yang sangat berhati-hati denga ngadget, tetapi sering mengabaikan konsekuensi dari pengisi daya yang buruk pada baterai. Saat memilih pengisi daya, pengisi daya asli adalah pilihan terbaik. Jika itu tidak tersedia, charger berkualitas tinggi perlu anda miliki. Demi membuat daya baterai tetap aktif dan menyala. Gunakan charger iPhone agar baterai awet dan tidak mudah rusak.

9. Matikan Equalizer Musik

Mematikan equalizer musik (EQ)

IPhone equalizer audio dapat membuat lagu menjadi bagus dan enak tetapi dapat menyedot daya baterai yang tinggi. Oleh karena itu,saat mendengarkan lagu kita perlu mematikan fitur ini. Untuk mematikan EQ anda dapat mengikuti langkah langkah sederhana ini :

Buka pengaturan

Klik pada iPod

Pilih EQ dan klik pada Flat

10. Matikan Wifi

Matikan WiFi saat tak gunakan.Jika Anda berada di luar dan sekitar, Matikan Layanan WiFi ponsel Anda sehingga tidak akan terus-menerus mencari sinyal. Sehingga tak menyedot daya baterai kita. Gunakan data seluler agar iPhone anda tak tersedot saat tak digunakan. Walaupun sederhana,tetapi wifi sangat banyak sekali menyedot daya baterai.

11. Periksa Aplikasi Mana Yang Paling Banyak Digunakan

Anda dapat secara berkala memeriksa aplikasi yang menguras daya paling banyak dengan masuk ke tab baterai di bawah pengaturan. Persentase daya yang digunakan setiap aplikasi ditampilkan dan dapat membantu Anda menilai yang merupakan penyebab utama daya baterai terkuras. Pertimbangkan untuk menutup aplikasi yang menguras baterai paling banyak daripada membiarkannya terbuka, agar baterai iPhone tetap awet.

12. Gunakan Baterai Mode Rendah

Saat baterai anda melemah,mode daya baterai yang rendah ini dapat anda coba gunakan. Mode daya baterai rendah ini dicoba agar iPhone kita tetap terjaga serta kuat walaupun sedang digunakan. Tetapi,kita hanya bisa menggunakan mode ini saat kepepet. Dengan artian,kita harus langsung mengcharger iPhone. Agar mode ini hilang dan iPhone anda tidak kehabisan daya baterai.

Cara Merawat Baterai Iphone Agar Awet

13. Matikan Bluetooth Saat Tak Digunakan

Bluetooth,wifi,gps dan data selular bila tak digunakan sebenarnya wajib kita matikan. Walaupun sederhana nyatanya beberapa fitur ini sangatlah berbahaya. Karena sangat menyedot daya baterai. Oleh karena itu,kami sarankan untuk mematikan fitur fitur yang tak berguna. Demi membuat iPhone baterai tetap awet dan tahan lama.

Itulah tips cara merawat baterai iPhone agar sehat dan awet serta tak cepat habis,sudah seharusnya sebagai pengguna iPhone. Kita bisa menyanyangi ponsel iPhone dengan baik dan menggunakan seperlunya saja. Dari segi fitur sudah baik,tetapi dari segi baterai wajib kita perhatikan betul. Terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa berbagi artikel ini.

Order via Whatsapp !