Tips Membuat Infografis Bagi Web Anda

Pernahkah Anda membuat konten infografis untuk situs web Anda? Jika belum, artikel kali ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mencoba membuat konten infografis untuk situs web Anda menjadi lebih menarik. Dengan begitu jumlah pengunjung ke situs web Anda juga meningkat. Asyik bukan? Mari kita lihat cara membuat konten infografis untuk situs web berikut ini :

Apa itu infografis?

Jika Anda seorang marketer internet, Anda mungkin akan menyadari betapa infografis sangat membantu untuk meningkatkan lalu lintas situs web Anda. Namun, masih banyak yang tidak mengerti apa itu infografis, infografis adalah bentuk visual dari grafik yang berisi data, informasi dan pengetahuan yang bertujuan untuk menyajikan data atau informasi yang sederhana dan mudah dipahami untuk semua orang. Biasanya konten infografis diposting di situs web, blog, dan artikel yang diunggah ke situs web atau juga menyebar viral. Pada dasarnya, otak manusia mampu memproses data visual 60 ribu kali lebih cepat jika dibandingkan dengan teks. Oleh karena itu, itu membuat manusia lebih terbiasa memproses konten visual daripada konten tertulis. Konten infografis dirancang agar dapat diserap dengan cepat sehingga memiliki efek yang panjang bila dibandingkan dengan artikel biasa.

Situs web untuk membuat konten infografis

Untuk lebih lanjut, jika Anda tertarik untuk membuat konten infografis tetapi tidak memiliki latar belakang desain grafis. Saat ini ada banyak situs web yang dapat Anda gunakan untuk membuat konten unik ini dengan mudah dan tentu saja gratis. Meskipun banyak situs web menyediakan aplikasi online gratis untuk pemula yang ingin menggunakan infografis, untuk yang offline Anda dapat menggunakan CorelDraw, Adobe Photoshop dan Indesign. Lihat aplikasi online berikut yang dapat digunakan untuk membuat infografis, termasuk;

  • 1. Venngage

Pada aplikasi onlie pertama ini adalah aplikasi yang menyediakan beberapa pilihan jenis grafik yang dibutuhkan. Di sini ada berbagai templat seperti poster, promosi, laporan dan yang tentunya memenuhi kriteria sebagai konten infografis. Venngage adalah aplikasi online yang mudah digunakan untuk pemula yang masih belum terbiasa dengan konten ini tetapi ingin membuat desain yang menarik agar situs web menjadi lebih menarik, karena dengan menggunakan aplikasi online ini Anda hanya perlu memilih templat yang sudah tersedia di aplikasi kemudian ganti sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda. kamu ingin. Inilah cara menggunakan Venngage;

  1. Pilih menu kemudian pilih model infografis yang diinginkan. Karena ada berbagai model yang tersedia seperti, proses, garis waktu, informasi, statistik, perbandingan, geografis, tutorial, dan grafik.
  2. Setelah Anda memilih model yang Anda inginkan, maka berbagai opsi templat akan muncul, pilih templat yang Anda inginkan dan kemudian klik buat.
  3. Bagi Anda yang mengakses aplikasi sebagai anggota gratis, Anda hanya dapat memilih templat yang tidak memiliki informasi premium atau bisnis.
  4. Selanjutnya lembar kerja Anda akan muncul. Anda dapat mengganti teks atau objek yang diperlukan, jika Anda ingin menambahkan objek ke templat, klik ikon atau menu gambar dan kemudian tentukan objek yang diperlukan.
  5. Setelah selesai mendesain, Anda dapat mengunduh karya Anda dengan mengeklik unduhan di kanan atas.
  • 2. Canva

Canva adalah aplikasi online yang juga cukup mudah digunakan untuk membuat berbagai jenis grafik. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk membuat brosur untuk presentasi. Sama seperti aplikasi lain, di Canva juga tersedia ikon, font, gambar, dan fitur berbagi yang bisa dipilih. Menggunakan Canva sangat memudahkan Anda dalam proses pembuatan konten infografis karena aplikasi online yang satu ini juga menyediakan berbagai jenis templat, desain, dan font yang dapat digunakan. Segera, cara membuat infografis menggunakan Canva, yaitu:

  1. Buka aplikasi online Canva atau Canva.com.
  2. Kemudian klik mulai merancang tombol infografis.
  3. Untuk pengguna baru, Anda diharuskan membuat akun terlebih dahulu atau dapat juga masuk menggunakan akun Facebook untuk mereka yang sudah memiliki Facebook.
  4. Setelah selesai mendaftarkan akun, maka Anda dapat memilih templat yang akan Anda gunakan.
  5. Anda dapat mengganti tulisan pada templat yang telah dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda.
  6. Jika Anda ingin mengatur penulisan pada templat, klik pada teks dan kemudian sesuaikan penampilan dan ukuran yang Anda butuhkan.
  7. Bagi Anda yang ingin menambahkan teks ke templat, klik teks di sebelah kiri halaman. Kemudian pilih jenis teks yang dibutuhkan dan tempatkan teks sesuai keinginan.
  8. Setelah selesai membuat desain, Anda dapat mengunduhnya dengan mengklik tombol unduh di bagian atas halaman.
  • 3. Piktochart

Piktochart juga merupakan aplikasi online untuk membuat konten infografis berbasis situs web yang memudahkan pengguna yang tidak memiliki pengalaman dalam desain grafis. Dalam aplikasi Piktochart Anda juga harus masuk terlebih dahulu atau Anda juga dapat masuk melalui akun Facebook atau Gmail Anda. Inilah cara membuat desain infografis menggunakan Piktochart yang dapat Anda ikuti:

  1. Setelah masuk, maka Anda dapat langsung memilih menu presentasi yang Anda inginkan di dashboard yang tersedia di sebelah kiri.
  2. Pilih templat yang Anda butuhkan, lalu pratinjau sebelum menggunakan. Dan Anda dapat mengedit teks dan isi template sesuai dengan yang Anda butuhkan.
  3. Jika bagi Anda yang ingin membuat kreasi template Anda sendiri, Anda dapat memilih bagian presentasi kosong kemudian mengedit dan membuat sesuai dengan ide-ide yang Anda miliki di alat yang tersedia di sebelah kiri.
  4. Setelah semuanya selesai mengedit atau membuat konten infografis Anda, maka pada tahap akhir Anda dapat menyimpan pekerjaan Anda dengan mengklik tombol unduh di kanan atas halaman.
Baca juga >>
Peranan Penting Payment Gateaway Di Indonesia

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !