Tips Memanfaatkan Harbolnas Guna Meningkatkan Omset Penjualan

Harbolnas adalah singkatan dari Hari Belanja Online Nasional. Harbolnas sendiri adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh berbagai e-commerce sebagai hari perayaan dan pendidikan bagi masyarakat luas sehingga belanja online menjadi mudah.

Sejarah Harbolnas

Harbolnas pertama kali diadakan pada tahun 2012. Implementasi Harbolnas adalah karena penggabungan perusahaan e-commerce Indonesia di Asosiasi E-commerce Indonesia (IdeA). Perusahaan yang didirikan adalah Lazada, Zalora, Blanja, PinkEmma, BerryBenka dan Bukalapak. Sementara di Amerika, Kanada, Inggris, Jerman dan Jepang mereka sudah memiliki Harbolnas sebagai Cyber Monday. Cyber Monday diadakan di mana penjual mengadakan promo besar-besaran dan diskon pada hari libur di Amerika Utara setelah merayakan panen akhir tahun atau yang biasa disebut Hari Thanksgiving. Senin Senin terinspirasi oleh perayaan belanja Black Friday yang berlangsung pada hari Jumat setelah Hari Thanksgiving.

Tujuan

Harbolnas yang diadakan hanya untuk satu hari, bertujuan untuk

  1. Sarana edukasi kepada publik bahwa belanja dapat dilakukan secara online
  2. Transaksi pembelian online dapat dilakukan selama dua puluh empat jam
  3. Transaksi dalam belanja online aman, nyaman dan terjamin
  4. Belanja online hanya memesan melalui aplikasi dan hanya menunggu barang tiba
  5. Pembayaran untuk belanja online dapat dilakukan di tempat saat barang tiba
  6. Mempromosikan industri e-commerce di Indonesia mulai dari penjual, telekomunikasi, perbankan, logistik dan pemain industri media
  7. Memenuhi kebutuhan masyarakat dalam berbelanja online
  8. Memperkenalkan berbagai jenis e-commerce

Diskon besar-besaran

Rahasia Sales Funnel Yang Tokcer Pada Bisnis Online

Di Harbolnas, banyak perusahaan e-commerce bergabung. Awalnya hanya ada tujuh situs e-commerce yang tergabung dalam acara 2012 ini. Pada 2013 meningkat menjadi dua puluh dua e-commerce yang bergabung. Pada 2014 ada tujuh puluh delapan e-commerce yang berkontribusi untuk berpartisipasi. Pada 2015 meningkat menjadi 140 e-commerce yang siap memeriahkan Harbolnas. Sedangkan pada 2016 itu meningkat menjadi 200 e-commerce yang bergabung. Pada 2017 ada 254 e-commerce bergabung. Sedangkan pada 2018 300 situs e-commerce akan diikuti. Ternyata Harbolnas telah diadakan 7 kali dan pada 2019 yang ke 8 akan diadakan. Ya, tentu pada tahun 2019 dan tahun berikutnya lebih banyak e-commerce akan bergabung dengan Harbolnas. Selain itu pasti akan menawarkan promo, diskon, cashback lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga >>
Cara Dapat Uang di Rumah Saat Virus Corona Covid-19 Melanda

Biasanya sebelum acara digelar. Pada bulan-bulan sebelumnya akan ada serangkaian acara yang juga mengadakan diskon dan Harbolnas adalah puncak acara. Di Harbolnas tentu saja promo yang ditawarkan lebih spesial dari promo sebelumnya. Seiring berjalannya waktu dari tahun ke tahun beberapa e-commerce yang ikut meningkat terus meningkat. Itulah respon positif bahwa dunia bisnis online sangat dipercaya dan telah menjadi pilihan banyak orang. Beberapa e-commerce yang berkontribusi adalah Lazada, Zalora, BerryBenka, PinkEmma, Bukalapak, Bilna, Traveloka, Luxola, Toko Persebaya, Elevenia, Luxatme, VIP Plaza, ShopBack, Shopee, Blibli, Ayopop, Ruparupa, Pegipegi, Fave, Zaveo, Sociolla, Booking.com, Matahari.com, dan banyak pedagang lainnya yang juga bergabung dengan Harbolnas. Meski hanya satu hari, tetapi momen ini sangat dinanti dan banyak yang menggunakan momen ini untuk meroket bisnis online.

Selama Harbolnas, diskon besar-besaran tersebar di mana-mana. Terutama ketika Harbolnas mendekati tanggal, harus ada banyak penjual online yang siap memasang diskon lebih besar. Sementara pembeli juga telah menyiapkan dana untuk membeli banyak kebutuhan dengan harga murah. Harbolnas biasanya diadakan pada akhir tahun dan merupakan puncak dari promo. Kegiatan ini tidak hanya bermanfaat bagi penjual tetapi juga bagi pembeli. Jadi, kedua belah pihak sama-sama mendapat manfaat dari keberadaan Harbolnas. Harbolnas tidak hanya menyediakan kebutuhan fashion. Tetapi lebih dari itu Harbolnas menyediakan banyak kebutuhan seperti elektronik, layanan perjalanan, kecantikan, makanan, paket liburan, kebutuhan ibu dan anak dan banyak kebutuhan lainnya.

Kiat untuk berbelanja dengan aman di Harbolnas

Ketika berbelanja pasti ada kekhawatiran, jangan sampai harga telah dinaikkan puluhan kali sebelumnya atau ini hanya permainan pasar belaka. Namun, ternyata ada situs web yang menyimpan aspirasi jika belanja itu diduga hanya bohong belaka. Dapat melaporkan ke www.harbolnas.com. Untuk e-commerce yang dicurigai atau yang telah dilaporkan oleh pembeli hanya untuk menipu harga, dapat dikenakan sanksi karena tidak terdaftar kembali di Harbolnas. Ini agar ada efek jera dan nama e-commerce menjadi backlist yang tersedia untuk pembeli.

Baca juga >>
Ternyata ini Dia Kelemahan Bisnis Paytren yang Sedang Populer

Tentunya saat berbelanja di Harbolnas Anda ingin aman dan nyaman. Ada beberapa tips untuk berbelanja, antara lain

  1. Baca ulasan tentang produk, pastikan ada banyak ulasan positif. Jadi, jangan langsung mengklik kesepakatan untuk membeli. Pastikan e-commerce benar-benar memiliki reputasi yang baik dalam hal barang, layanan, dan pengiriman barang.
  2. Tunggu pukul 12 malam Karena biasanya harga terbaik akan berada pada jam-jam ini. Ini adalah trik bagi pembeli untuk bisa mendapatkan harga serendah mungkin, tetapi barang yang dibeli berkualitas baik. Sudah waktunya untuk menjadi pembeli yang teliti.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !