Af F Ea D E Db

Sebagai calon ibu, menantikan hari kelahiran sang buah hati tentu membuat perasaan bahagia sekaligus cemas. Terutama untuk kehamilan yang pertama. Berbagai persiapan tentu sudah dilakukan untuk menghadapi momen besar tersebut. Yang diharapkan tentu saja adalah proses melahirkan secara normal tanpa operasi caesar. Melahirkan adalah sebuah proses besar perjuangan seorang wanita untuk menjadi seorang ibu. Maka akan menjadi kebanggaan tersendiri apabila dapat melahirkan secara normal.

Walaupun terkadang beberapa wanita harus menghadapi proses persalinan dengan jalan operasi caesar karena alasan tertentu. Mungkin karena takut untuk menghadapi persalinan normal yang dinilai sebagai proses yang menyakitkan, atau memang karena alasan kesehatan yang mengharuskan operasi caesar dilakukan. Sebenarnya ada tiga poin penting yang berperan dalam keberhasilan calon ibu untuk dapat melahirkan secara normal yaitu kondisi kesehatan ibu, kondisi janin, serta kondisi jalan lahir. Jika salah satu poin saja tidak terpenuhi, maka kemungkinan untuk dapat melahirkan secara normal juga semakin kecil.

Tips Melahirkan Secara Normal Tanpa Operasi Caesar

Tips Melahirkan Secara Normal Tanpa Operasi Caesar

Kondisi kesehatan ibu tentu saja adalah poin utama. Kekuatan ibu untuk mengejan sangat dibutuhkan ketika proses melahirkan berlangsung dan menentukan keberhasilan proses melahirkan secara normal. Kondisi ibu yang fit akan menjadikan tenaga yang cukup untuk  mengejan. Sedangkan ibu yang memiliki riwayat penyakit seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan preeklampsia berat akan cukup berbahaya apabila menjalani proses melahirkan secara normal. Poin yang kedua dan tidak kalah penting adalah kondisi janin dalam kandungan. Karenanya, sangat penting bagi ibu hamil untuk selalu memeriksakan kehamilannya secara teratur ke bidan atau dokter kandungan. Pemeriksaan kehamilan dapat dilakukan sekurang-kurangnya satu kali pada tiap trimester satu dan dua, dan dua kali setelah kehamilan memasuki trimester ketiga.

Baca juga >>
Manfaat ASI untuk Ibu dan Bayinya yang Penting Diketahui

Pemeriksaan kehamilan ini penting untuk memantau kondisi janin serta detak jantungnya, melihat posisi janin (membujur atau melintang), dan pemeriksaan USG untuk melihat adanya kelainan yang mungkin dialami oleh janin. Selain itu, ukuran dan berat badan janin dalam kandungan juga harus dikontrol agar tidak terlalu besar (sesuai dengan ukuran panggul ibu) agar tidak menyulitkan saat proses melahirkan nantinya. Poin penting yang ketiga adalah kondisi jalan lahir. Kondisi jalan lahir juga mempengaruhi bisa tidaknya proses melahirkan secara normal dilakukan. Misalnya ukuran panggul ibu terlalu sempit, adanya tumor, atau plasenta yang menghalangi jalan lahir, juga berbagai macam jenis penyakit kelamin yang dapat membahayakan janin.

Cara Melahirkan Normal yang Sehat Tanpa Operasi

Selain ketiga poin penting di atas, kesehatan mental (psikologis) ibu juga sangat perlu dijaga. Nah, berikut adalah beberapa tips melahirkan secara normal tanpa operasi caesar yang penting untuk diketahui oleh Anda para calon ibu.

  • Berfikir positif sejak awal masa kehamilan

Sejak awal kehamilan, selalu berfikirlah positif bahwa Anda akan dapat melahirkan secara normal nantinya. Nikmati setiap proses kehamilan yang menakjubkan dengan rasa bahagia dan syukur kepada sang pencipta. Pikiran positif akan dapat menjaga kesehatan mental ibu hamil hingga proses melahirkan tiba.

  • Memeriksakan kehamilan secara teratur

Pemeriksaan kehamilan yang rutin dilakukan dapat mendeteksi kemungkinan-kemungkinan adanya penyakit dan kelainan pada ibu dan janin sehingga dapat segera diatasi.

  • Persiapan fisik ibu hamil

Olahraga harus tetap dilakukan selama hamil. Olahraga ringan seperti senam hamil, jalan-jalan pagi, yoga, dan latihan pernafasan yang dilakukan saat hamil akan sangat membantu menjaga kesehatan dan stamina ibu hamil.

  • Mengatur pola makan yang sehat serta istirahat cukup

Pola makan yang sehat dan seimbang akan memenuhi kebutuhan zat gizi ibu hamil seperti kalori, lemak, protein, vitamin, serta mineral. Untuk ibu hamil sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi makanan instan, menghindari minuman beralkohol, narkotika, dan jauhi rokok. Istirahat yang cukup, dan sempatkan waktu untuk tidur siang minimal satu jam.

  • Saling bertukar pikiran dan berbagi pengalaman dengan sesama ibu hamil

Cerita-cerita dan pengalaman menarik dari sesama ibu hamil terutama yang sudah pernah melahirkan secara normal dapat menjadi motivasi positif untuk lebih meyakinkan diri kita dapat melahirkan secara normal.

  • Memilih tempat bersalin yang paling cocok

Anda dapat menentukan tempat bersalin pilihan Anda sesuai keinginan, misal di puskesmas atau rumah sakit dan mengetahui fasilitas-fasilitas pendukung yang tersedia untuk proses persalinan normal. Itu akan membuat ibu hamil semakin mantap dapat melahirkan secara normal.

  • Komunikasi yang baik dengan bidan dan dokter kandungan

Segalanya akan berjalan lebih lancar apabila komunikasi antara ibu hamil dan bidan terjalin dengan baik. Mengikuti segala prosedur dan bimbingan yang diberikan oleh bidan ketika proses persalinan berlangsung akan memberikan rasa aman dan nyaman pada ibu hamil. Jangan segan untuk bertanya akan hal-hal yang belum dimengerti.

  • Minta dukungan suami,keluarga, dan orang-orang terdekat

Dukungan dari semua pihak akan memberikan ketenangan dan mampu menghilangkan rasa takut ketika menghadapi proses melahirkan secara normal.

  • Tetap makan dan minum selama menunggu proses persalinan

Selama menunggu proses persalinan, kontraksi akan terus dirasakan oleh ibu hamil, bahkan semakin sering sehingga membuat ibu hamil kehilangan nafsu makan dan minum. Padahal asupan makanan dan minuman sangat dibutuhkan untuk proses  mengejan nantinya.

  • Jangan menahan buang air kecil

Jika Anda merasa ingin buang air kecil selama menunggu proses persalinan, maka lakukan segera selama masih kuat untuk berjalan. Karena jika kandung kemih telah kosong, kepala bayi akan lebih mudah turun ke dasar panggul.

  • Jangan mengonsumsi ramuan atau obat pelancar bersalin apapun tanpa rekomendasi dokter

Terkadang, banyak orang yang menyarankan untuk mengonsumsi berbagai jenis ramuan yang dipercaya dapat memudahkan proses persalinan seperti meminum rendaman akar rumput fatimah, menelan telur mentah, meminum minyak kelapa atau minyak goreng, dan berbagai ramuan lainnya. Sebenarnya hal itu tidak berpengaruh terhadap kelancaran proses persalinan dan bahkan dapat berbahaya untuk ibu dan bayi.

Baca juga >>
Pertolongan Pertama saat Anak Step atau Kejang

Banyak sekali manfaat dan keuntungan yang dapat dirasakan oleh ibu apabila dapat melahirkan bayi secara normal dan alami tanpa operasi caesar. Apa saja?

1. Biaya persalinan secara normal jauh lebih hemat dibanding dengan operasi caesar

2. Tidak banyak menggunakan obat-obatan kimia untuk proses pemulihan pasca melahirkan, berbeda dengan operasi caesar.

3. Paru-paru bayi dapat berfungsi lebih optimal untuk proses pernafasan ketika melewati jalan lahir.

4. Ibu dapat melakukan Inisaiasi Menyusu Dini dengan segera setelah bayi lahir.

5. Kepuasan psikologis dan rasa bangga yang tak ternilai karena dapat melahirkan secara normal tanpa operasi caesar.

6. Menjaga kedekatan hubungan antara suami dan istri karena suami tahu perjuangan berat seorang istri untuk melahirkan anak mereka.

Semoga hal-hal di atas dapat memberi manfaat, dan selamat mempersiapkan diri untuk menjadi seorang ibu dengan melalui proses melahirkan secara normal tanpa operasi caesar.