Tips gaya hidup wanita muda masa kini

Gaya Hidup atau istilah dalam bahasa inggris lifestyle adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah bergantung zaman atau keinginan seseorang untuk mengubah gaya hidupnya. Gaya hidup atau Lifestyle merupakan gambaran tingkah laku, pola dan cara hidup yang ditunjukkan bagaimana aktivitas seseorang, minat dan ketertarikan serta apa yang mereka pikirkan tentang diri mereka sendiri sehingga membedakan statusnya dari orang lain dan lingkungan melalui lambang-lambang sosial yang mereka miliki.

faktor-faktor yang mempengaruhi gaya hidup seseorang

Faktor internal yaitu sikap, pengalaman dan pengamatan, kepribadian, konsep diri, motif, dan persepsi dengan penjelasannya sebagai berikut:

1.Sikap

Sikap berarti suatu keadaan jiwa dan keadaan pikir yang dipersiapkan untuk memberikan tanggapan terhadap suatu objek yang diorganisasi melalui pengalaman dan mempengaruhi secara langsung pada perilaku. Keadaan jiwa tersebut sangat dipengaruhi oleh tradisi, kebiasaan, kebudayaan dan lingkungan sosialnya.

2.Pengalaman dan pengamatan

Pengalaman dapat mempengaruhi pengamatan sosial dalam tingkah laku, pengalaman dapat diperoleh dari semua tindakannya di 1masa lalu dan dapat dipelajari, melalui belajar orang akan dapat memperoleh pengalaman. Hasil dari pengalaman sosial akan dapat membentuk pandangan terhadap suatu objek.

3.Kepribadian

Kepribadian adalah konfigurasi karakteristik individu dan cara berperilaku yang menentukan perbedaan perilaku dari setiap individu.

4.Konsep Diri

Faktor lain yang menentukan kepribadian individu adalah konsep diri. Konsep diri sudah menjadi pendekatan yang dikenal amat luas untuk menggambarkan hubungan antara konsep diri konsumen dengan image merek. Bagaimana individu memandang dirinya akan mempengaruhi minat terhadap suatu objek. Konsep diri sebagai inti dari pola kepribadian akan menentukan perilaku individu dalam menghadapi permasalahan hidupnya.

Baca juga >>
Panduan Memilih Jasa Poles Marmer Profesional

5.Motif

Perilaku individu muncul karena adanya motif kebutuhan untuk merasa aman dan kebutuhan terhadap prestise merupakan beberapa contoh tentang motif. Jika motif seseorang terhadap kebutuhan akan prestise itu besar maka akan membentuk gaya hidup yang cenderung mengarah kepada gaya hidup hedonis.

6.Persepsi

Persepsi adalah proses di mana seseorang memilih, mengatur, dan menginterpretasikan informasi untuk membentuk suatu gambar yang berarti mengenai dunia.

Adapun faktor eksternal dijelaskan sebagai berikut :

1.Kelompok referensi

Kelompok referensi adalah kelompok yang memberikan pengaruh langsung atau tidak langsung terhadap sikap dan perilaku seseorang. Kelompok yang memberikan pengaruh langsung adalah kelompok di mana individu tersebut menjadi anggotanya dan saling berinteraksi, sedangkan kelompok yang memberi pengaruh tidak langsung adalah kelompok di mana individu tidak menjadi anggota di dalam kelompok tersebut. Pengaruh-pengaruh tersebut akan menghadapkan individu pada perilaku dan gaya hidup tertentu.

2.Keluarga

Keluarga memegang peranan terbesar dan terlama dalam pembentukan sikap dan perilaku individu. Hal ini karena pola asuh orang tua akan membentuk kebiasaan anak yang secara tidak langsung mempengaruhi pola hidupnya.

3.Kelas sosial

Kelas sosial adalah sebuah kelompok yang relatif homogen dan bertahan lama dalam sebuah masyarakat, yang tersusun dalam sebuah urutan jenjang, dan para anggota dalam setiap jenjang itu memiliki nilai, minat, dan tingkah laku yang sama. Ada dua unsur pokok dalam sistem sosial pembagian kelas dalam masyarakat, yaitu kedudukan (status) dan peranan. Kedudukan sosial artinya tempat seseorang dalam lingkungan pergaulan, prestise hak-haknya serta kewajibannya. Kedudukan sosial ini dapat dicapai oleh seseorang dengan usaha yang sengaja maupun diperoleh karena kelahiran. Peranan merupakan aspek yang dinamis dari kedudukan. Apabila individu melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai dengan kedudukannya maka ia menjalankan suatu peranan.

Baca juga >>
Pentingnya Logo dan Tips Cara Design Logo Online

4.Kebudayaan

Kebudayaan yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kebiasaan-kebiasaan yang diperoleh individu sebagai anggota masyarakat. Kebudayaan terdiri dari segala sesuatu yang dipelajari dari pola-pola perilaku yang normatif, meliputi ciri-ciri pola pikir, merasakan dan bertindak.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi gaya hidup berasal dari dalam (internal) dan dari luar (eksternal). Faktor internal meliputi sikap, pengalaman dan pengamatan, kepribadian, konsep diri, motif, dan persepsi. Adapun faktor eksternal meliputi kelompok referensi, keluarga, kelas sosial, dan kebudayaan.

 Di zaman sekarang yang serba canggih ini media masa juga sangat berpengaruh dalam gaya hidup seseorang. wanita sangat proaktif untuk mengubah gaya hidupnya menjadi lebih positif dan menularkannya ke sesama pejuang wanita hebat lainnya.  Gaya hidup wanita jaman sekarang berbeda dengan jaman dahulu. Jika jaman dahulu wanita selalu dianggap kalangan tak berpendidikan, saat ini tentu saja sudah sangat berbeda. Bahkan wanita zaman sekarang, yang populer dengan sebutan wanita kekinian, dalam hal apapun bisa eksis, tak berbeda dengan laki-laki

Berikut ini adalah tips gaya hidup wanita muda masa kini

Tips gaya hidup wanita muda masa kini

1.Menjaga penampilan

Menjaga Penampilan

Kebanyakan wanita selalu peduli akan penampilan dan tidak diragukan lagi, mereka akan melakukan apa saja untuk menjaga penampilan supaya tetap selalu menarik dan cantik. Walau inner beauty dikatakan lebih penting dari penampilan fisik, realitanya penampilan luar justru adalah yang paling berpengaruh.

Menjaga penampilan itu sangat penting.terutama bagi wanita yang aktif dibidang social dan wanita karir. Penampilan yang simpel, sopan dan rapih akan selalu menguntungkan bagi wanita karir. Makeup yang tidak terlalu berlebihan dan cenderung natural juga sangat disarankan. Namun, untuk kebutuhan acara tertentu mereka juga tahu akan apa yang harus dikenakan agar sesuai dengan kondisi. Untuk menjaga penampilan tidak perlu tampil heboh dan mewah, menjaga penampilan bisa berarti menjaga kebugaran tubuh termasuk menjaga kesehatan baik luar maupun dalam tubuh. Dengan berolahraga cara ini akan membuatmu lebih terpacu untuk menjalankan gaya hidup sehat demi menjaga penampilan

Baca juga >>
Kenali Peluang Usaha Tas di Saat Pandemi Bersama CV. OSCAS

Selain olahraga wanita juga masakini juga harus pintar merawat diri seperti merawat kebersihan kulit dan menjalankan hidup sehat.

2.Sosialita

Sosialita

Di Indonesia, pengertian sosialita telah disalahartikan dan sifat yang seharusnya dimiliki oleh kaum sosialita bukanlah seperti yang sedang terjadi di Indonesia pada saat ini. Sosialita di Indonesia telah ditandai dengan hal-hal yang glamour, menghambur-hamburkan uang, kehidupan yang mewah dan tanpa batas. Wanita modern masa kini pasti tahu betul bagaimana menjadi sosialita yang aktif dan inspiratif. Apalagi buat para ibu muda, menjadi sosialita itu penting dalam artian positif yaitu bisa saling bertukar pengalaman bagaimana cara mengurus keluarga yang baik karena ada masanya seorang ibu muda pasti memiliki rasa ketidakyakinan apakah ia bisa mengurus keluarganya sampai tua nanti.

3.Berwawasan luas

Berwawasan Luas

Menjadi perempuan tak cukup hanya cantik. Di zaman sekarang perempuan harus memiliki wawasan yang luas tetapi bukan berarti harus punya pendidikan yang tinggi.

Perempuan yang tumbuh di era saat ini memiliki peluang lebih besar untuk maju dan berkarya. Pasalnya, dukungan sosial juga  lebih baik. Ini dibuktikan dari cara pandang masyarakat terhadap perempuan yang lebih positif.

Memiliki wawasan luas itu berarti tahu betul bagaimana cara mengurus keluarga dengan benar. Terutama bagi para ibu muda zaman sekarang Sebagai contoh, seorang wanita harus tahu bagaimana menjaga kebugaran tubuh tidak hanya untuk dirinya tetapi juga untuk keluarganya. Dengan begitu wawasan mengenai dunia luar akan selalu bertambah. 

4.Memanfaatkan teknologi

Memanfaatkan Teknologi

Wanita modern tentunya wanita yang paham betul dalam memanfaatkan teknologi terbaru untuk dirinya dan keluarga.  Ia bisa memposting kegiatan yang ia lakukan melalui akun media sosial dan menyebarkannya ke masyarakat luas. Selain itu  Dengan adanya revolusi industri, modernisasi menuntut semua orang untuk terus berinovasi dan melakukan perubahan. Wanita dapat  menunjukan eksistensinya dengan turut serta berperan penting di bidang teknologi.seorang wanita harus mampu berpartisipasi menggunakan teknologi secara positif. Tak diragukan lagi, kini wanita pun dapat dengan mudah menggunakan teknologi terbaru sebagai lahan bisnis atau mengembangkan bakat. Penggunaan sosial media tidak hanya sekedar bertukar informasi maupun tempat pamer aktifitas pribadi. Sosial media juga digunakan sebagai lahan untuk mencari penghasilan. Banyak wanita jaman sekarang yang sukses dengan berbisnis online melalui sosial media.

Baca juga >>
Cara mendaftar menjadi penulis di wattpad.

Itulah beberapa tips gaya hidup wanita muda masa kini. Intinya menjadi wanita modern tak selamanya hanya mengumbar kemewahan dan keglaumorannya semata, namun lebih dari itu, wanita kekinian haruslah wanita yang cerdas dan flexible.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !