Cara Mendapatkan Backlink dari Wikipedia

Tips dan Trik Cara Mendapatkan Backlink dari Wikipedia

Cari backlink merupakan salah satu tugas utama seorang webmaster. Meskipun saat ini jasa pakar SEO sudah bertebaran dimana-mana, tak ada salahnya mencari sendiri dimana kualitas lebih terjamin. Nilai suatu backlink berbeda-beda di mata mesin pencari Google, begitu pula yang berasal dari Wikipedia.

Artikel ini menjabarkan tips dan trik bagaimana cara mendapatkan backlink dari wikipedia untuk dongkrak hasil penelusuran.

Cara Mendapatkan Backlink dari wikipedia

Wikipedia selama beberapa tahun terakhir dikenal para pakar SEO sebagai tambang mendulang backlink berkualitas meskipun kerap membawa sejumlah masalah cukup serius. Situs ensiklopedi terbesar dunia itu masih terbukti efektif dalam membantu promosi di dunia maya. Sejumlah pemain SEO pemula bingung bagaimana cara kerja backlink di wikipedia. Mereka pikir menambahkan sebuah link pada bagian “external link” di halaman topik relevan sudah lebih dari cukup. Padahal tidak sama sekali!

Menambah sebuah link pada wikipedia ibarat “operasi di atas meja hijau”, beragam masalah bakal menyapa jika tak dilakukan dengan benar. Menulis domain atau menaruh link tak sesuai prosedur bakal dianggap spam dan diblokir total dari wikipedia. Bisa dikatakan bahwa sulit sekali memperoleh dan menjaga sebuah backlink dari situs ini. Backlink memang hanya terhitung no-follow tapi sudah terbukti manjur.

Cara Mendapatkan Backlink dari Wikipedia

Mudah sekali, cukup ikuti delapan langkah di bawah ini!

1. Cari link rusak. Gunakan Google untuk mencari link rusak atau broken link dengan mengetik dua rumusan dasar yaitu Site:wikipedia.org “kata kunci” “dead link” atau Site:wikipedia.org “kata kunci” “Citation Needed”.

2. Usai memperoleh hasil penelusuran pada halaman Google, silahkan tekan kombinasi Cntrl + F pada web browser lalu mengetik “dead link” pada kolom pencarian atau boleh juga mengetik “Citation needed”. Gunakan salah satu sesuai pilihan pada langkah nomer satu.

3. Nantinya muncul link eksternal yang sudah mati atau rusak.

4. Selanjutnya buka tab baru pada web browser, kemudian buka Wayback Machine Archive. Sekarang salin link rusak tersebut dari wikipedia dan tempelkan pada kolom pencarian Wayback Machine Archive untuk mengetahui bentuk sebelumnya.

5. Klik pada “Browse History” untuk mengetahui bentuk sebelum menjadi link rusak atau mati.

6. Pada langkah ini perlu memperhatikan dengan seksama salinan isi konten dari link rusak tersebut. Jika ternyata masih berhubungan atau se-topik, maka bisa dibuat kembali dengan gaya bahasa unik. Jika tak ada hubungan sama sekali, cari lagi link rusak yang masih se-topik. Kegiatan sederhana ini akan menyita banyak waktu.

7. Usai memakai layanan Wayback Machine Archive, selanjutnya yaitu memakai layanan tool antara Ahrefs atau Majestic SEO untuk menemukan situs lainnya yang terhubung dengan link rusak pada laman wikipedia.

Bila dibandingkan Majestic SEO, maka Ahrefs punya sejumlah keunggulan. Oleh karena itu sebaiknya miliki akun tool ini, apalagi tanpa biaya alias gratis. Setelah memiliki sebuah akun, segera tempel link rusak tersebut pada kolom pencarian lalu klik tombol bertuliskan “Search” dan tunggu beberapa saat hingga muncul hasil.

Ahrefs mampu menemukan link rusak yang masih tertempel pada halaman situs lain. Hal ini jelas saja menguntungkan, apalagi bisa dipakai mencari backlink berkualitas. Nantinya usai membuat konten baru yang menggantikan link rusak tersebut, maka link baru dapat dipasang sebagai pengganti.

8. Pada langkah terakhir ini, dengan melihat penampakan link rusak pada laman wikipedia lewat bantuan Wayback Machine Archive, maka buatlah konten serupa dengan gaya penulisan unik. Jika sudah memiliki konten serupa dengan link rusak tersebut, maka link baru dapat dipakai sebagai pengganti. Tak hanya mengganti link rusak pada laman wikipedia, tetapi situs lainnya yang terdeteksi bantuan tool Ahrefs atau Majestic SEO.

Tips & Trik Cara Mendapatkan Backlink Dari Wikipedia

Kunci utama memperoleh backlink dari situs sebesar wikipedia yaitu mempelajari semua prosedur tanpa mengandalkan ego instan. Segala sesuatu harus berjalan alami, bukan sulap dalam sekejap mata. Oleh karena itu, baca teliti tips dan trik dapat backlink dari wikipedia sebagaimana dilansir dari laman ContentMarketingInstitute.com.

1. Mengenali lokasi ideal menaruh link

Asal menaruh link bakal dianggap spam oleh admin wikipedia. Setidaknya penuhi dua aturan dasar berikut!

a. Jangan cari judul halaman yang hanya butuh kutipan (citation) saja. Umumnya wikipedia otomatis mencari dan mengamati teliti semua judul halaman yang punya kutipan lengkap. Jika ada sebuah link sengaja ditambahkan tanpa kontribusi apapun terkait kualitas tulisan halaman tersebut, maka segera dihapus dan berpotensi terblokir.

b. Cari judul halaman yang benar-benar butuh pembersihan dan pengembangan. Dalam hal ini cari kesempatan terlibat sebagai kontributor atau menulis konten berkualitas, mengandalkan pengetahuan pada topik tertentu demi berbagi ilmu di Wikipedia.

Gampang sekali mencari sebuah artikel yang butuh lebih banyak informasi berkualitas, coba menuju halaman “all-articles-to-be-expanded”. Dalam sebulan ada lebih dari 1,800 artikel masuk ke kategori ini. Silahkan telusuri lebih banyak judul halaman untuk sekedar menyimpan banyak stok calon backlink.

2. Mengenali jenis link

Usai mengetahui lokasi ideal untuk menaruh link, langkah selanjutnya yaitu mengetahui jenis link paling sesuai.

a. Pastikan link berasal dari sumber dapat dipercaya. Disarankan tidak memakai sumber penerbitan sendiri seperti press release dan sejenisnya. Pastikan situs yang link terpasang di wikipedia memakai fact-checkers untuk memastikan akurasi konten.

b. Periksa apakah wikipedia sudah menganggap suatu sumber dapat dipercaya. Pastikan situs yang dikutip memiliki artikel sendiri. Contoh, Google memiliki halaman wikipedia sendiri, dengan begitu besar kemungkinan link yang berasal dari Google akan diterima sebagai sumber dapat dipercaya.

c. Cari tahu jika situs yang dikutip telah digunakan sebagai backlink. Silahkan menuju kotak pencarian lalu tulis alamat URL yang ingin diperiksa. Sebuah situs yang telah beberapa kali digunakan punya peluang lebih besar diterima sebagai sumber dapat dipercaya.

d. Pastikan link lebih dari sekedar landing page atau halaman arahan. Perlu diketahui bahwa sebuah link menuju landing page tanpa informasi yang mendukung konten bakal dianggap spam oleh para editor wikipedia.

e. Link otomatis menuju halaman konten relevan. Link wajib memiliki konten mendukung informasi yang baru saja ditambahkan ke laman wikipedia. Contoh, menulis judul halaman tentang penyakit jantung wajib menambah link menuju artikel tentang penyakit jantung, bukan link homepage sebagai sumber utama. Pastikan memasang halaman terkait yang mendukung konten wikipedia, hal ini tak jauh berbeda ketika menulis karya ilmiah atau skripsi.

Tips dan trik bagaimana cara mendapatkan backlink dari wikipedia memang tampak mudah dijalankan, tetapi perlu ketelitian dan kehati-hatian. Sebagai salah satu situs terbesar dan terpopuler dunia, para admin wikipedia tak akan tinggal diam terhadap pihak yang mencoba menanam link spam. Berhati-hati dalam mencari backlink, jangan lakukan hal ilegal yang justru memicu pemblokiran atau masuk daftar blacklist.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Berbagi posting ini

Komentar (1)

  • seonindo
    roketlagu Balas

    susah gan sekarang backlink dari wikipedia

    22 September 2017 at 12:58
    • seonindo
      admin Balas

      benar pak sekarang agak susah ambil backlink di wikipedia, perlu waktu lebih lama untuk cek ricek nya, terimakasih atas kunjungannya di website kami

      29 September 2017 at 23:41
  • seonindo
    gudang id card rumahan Balas

    gimana sih, gan cara gampang nya ambil backlink wikipedia, apaka blog kita ada yang harus memenuhi syarat gan, trmksh

    30 September 2017 at 22:56
    • seonindo
      admin Balas

      diperlukan kejelian dan kesabaran pak untuk dapat backlink dari wiki nya, terimakasih atas kunjungannya

      8 Oktober 2017 at 00:24
  • seonindo
    alwi amin Balas

    cara kok beda2 ya..
    itu butuh berapa hari baru dapet backlink di wikipedia min. trims

    1 Oktober 2017 at 21:44
    • seonindo
      admin Balas

      normalnya perlu 2-3 minggu untuk backlink sampai terindeks, untuk mempercepat bisa menggunakan tools backlink indexer

      8 Oktober 2017 at 00:24
  • seonindo
    Bungazahra Balas

    Saya ucapkan terima kasih bagi penulis artikel ini, sanya jadi mengerti teteng apa itu becklink, semoga bisa ber manfaat juga bgi situs sanya gan. http://zahramp3.com

    6 Oktober 2017 at 05:21
    • seonindo
      admin Balas

      sama sama pak, terimakasih atas kunjungannya

      8 Oktober 2017 at 00:20
  • seonindo
    kania Balas

    mas kalo auntuk mendapatkan pengunjung organik aapa kita butuh backlink yang banyak???

    13 Oktober 2017 at 02:53
    • seonindo
      admin Balas

      kualitas backlink lebih menentukan dibanding kuantitas backlink, ahrefs adalah tools yang kami rekomendasikan untuk cek kualitas backlink website

      14 Oktober 2017 at 16:44
  • seonindo
    koodipc Balas

    wahhh luamayan nih bisa tambah” ilmu backlink. thanks gan

    13 Oktober 2017 at 15:49
    • seonindo
      admin Balas

      sama sama pak, hatur nuhun

      14 Oktober 2017 at 16:46
  • seonindo
    multitonerindo refillcenter Balas

    Terimakasih infonya.

    17 Oktober 2017 at 16:13
  • seonindo
    Yogi Abilio Balas

    kayaknya agak sulit juga ya mencari backlink di wikipedia , perlu waktu dan kesabaran pastinya.
    ya terima kasih gan atas tipsnya di atas, akan saya coba gan.
    thanks.

    19 Oktober 2017 at 19:23
  • seonindo
    baligea Balas

    berapa lama baru kita dapatkan backlink dari Wikipedia..??

    1 November 2017 at 06:29
  • seonindo
    baligea Balas

    makasih mas admin atas penjelasan artikelnya tentang wikipedia
    semoga bermanfaat bagi semua pembaca..

    11 November 2017 at 01:04
  • seonindo
    pikiranku Balas

    hebat juga ilmunya, ini dia yang dibilang inovasi. Backlink dari wikipedia ternyata gak susah didapat

    12 November 2017 at 09:37
  • seonindo
    Toko Wallpaper Tangerang Balas

    Bukan dari wiki saja yang lain sekarang juga sudah mulai sulit mas broo… tapi sabar berburu link terus nanti pasti menemukan he…he…

    13 November 2017 at 15:51
  • seonindo
    Ary Curve Balas

    backlink dari wikipedia ini termasuk dofollow atau nofollow gan

    16 November 2017 at 13:39
  • seonindo
    Ninjalagu Balas

    Ketat sekarang wikipedia gan, kemarin saya baru coba, dalam beberapa jam sudah dihapus link pranalarnya…
    Salam
    Ninjalagu

    6 Desember 2017 at 23:04
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      iya pak, karena semakin banyak user yang aktif juga untuk review listingnya, terimakasih atas kunjungannya

      14 Desember 2017 at 02:16
  • seonindo
    bang-ecul Balas

    ijin praktek nya gan, mudah mudahan berhasil..

    8 Desember 2017 at 13:25
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      terimakasih atas kunjungannya pak, sip sip

      14 Desember 2017 at 02:16
  • seonindo
    Putri Nirwana Balas

    informasi menarik

    11 Desember 2017 at 02:10
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      terimakasih mbak atas kunjungannya

      14 Desember 2017 at 02:15
  • seonindo
    hifni Balas

    Terima kasih pak informasinya …

    13 Desember 2017 at 07:59
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      sama sama pak, terimakasih atas kunjungannya

      14 Desember 2017 at 02:10
  • seonindo
    Dendri Balas

    sekarang semakin susah mendapatkan backlink yang alexanya 10 kebawah..

    14 Desember 2017 at 10:32
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      terimakasih pak infonya

      6 Januari 2018 at 01:52
  • seonindo
    Hanif Nur Rachman Balas

    Apa enggak ada saran lain gan, selain Wikipedia, soalnya sekarang enggak semudah dulu

    16 Desember 2017 at 02:09
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      blogpost atau guest post dengan anchor tex, alternatif lainnya bisa dibanyakin social signal nya pak

      6 Januari 2018 at 01:51
  • seonindo
    Dendri Balas

    saya coba mas semoga bisa mendapatkannya.. soalnya dapat backlink dari rank 10 ke bawah susah..

    16 Desember 2017 at 14:30
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      terimakasih pak info nya

      6 Januari 2018 at 01:52
  • seonindo
    lim Balas

    Ulasannya menarik, dengan gaya bahasa yang mudah di pahami.
    pertanyaannya selain unik standar konten yang di sukai wikipedia apas saja ya mas, mohon penjelasannya

    17 Desember 2017 at 02:51
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      terimakasih atas kunjungannya pak, untuk wiki karena sifatnya yang open source, selain unik infonya juga harus akurat pak, jika tidak nanti ada yang edit lagi

      6 Januari 2018 at 01:49
  • seonindo
    DESAINER KECANTIKAN Balas

    jika menurut saya pribadi sulit mendapatkan backlink yang berkualitas minta bantuan dengan teman yang blognya sudah dikatakan sukses tidak di kasih, banyak alasan yang dia katakan supaya dia tidak memberikan 1 baclink pun. padahal saya tidak minta backlink gratis bahkan saya tawarkan apa saja tetapi dia menolaknya alasannya beragam ini itu.

    kalo menurut anda apa yang sebaiknya saya lakukan untuk membuat blog saya bisa naik

    22 Desember 2017 at 03:12
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      terimakasih infonya pak, untuk backlink premium bisa coba cari di forum ads.id biasanya banyak promo. alternatif lain dibanyakin social signal aja pak dari gplus, facebook, twitter dan lainnya

      6 Januari 2018 at 01:46
  • seonindo
    wanitaoke Balas

    Gak kayak dulu nyari backlink di wiki, sekarang kebanyakan udah di kuasai web2 besar, btw makasih infonya thanks perlu kerja keras lagi dalam cari link

    23 Desember 2017 at 11:18
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      sama sama pak, terimakasih atas info updatenya juga

      6 Januari 2018 at 01:45
  • seonindo
    Sewa tv plasma Balas

    sangat menarik infonya, namun sayangnya susah buat dilakuin mengingat wikipedia udah semakin ketat

    5 Januari 2018 at 02:38
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      terimakasih atas kunjungannya pak, untuk wikipedia sekarang sudah semakin ketat

      6 Januari 2018 at 01:29
  • seonindo
    karpet lantai Balas

    saya sudah coba Gan tapi belum berhasil sepertinya tingkat kesulitannya semakin hari semakin ketat
    yah maklum masih newbie

    13 Januari 2018 at 10:03
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      terimakasih atas feedbacknya pak,

      2 Februari 2018 at 16:51
  • seonindo
    lagu terbaru Balas

    Backlink dari wikipedia gampang ilangnya gan

    23 Januari 2018 at 09:18
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      iya pak karena sifatnya yang open source, membuat writer dengan otoritas lebih tinggi mengeditnya

      2 Februari 2018 at 16:49
  • seonindo
    Tutorial Jaringan Balas

    Udah baca tutorialnya, tapi begitu baca komentar-komentarnya yg katanya skrg sdh susah dapetin backlink dari wikipedia, eh jadi down nih niatnya ..

    At least, kudu dicoba sih siapa tau beruntung hehe, thanks mas sebelumnya 🙂

    13 Februari 2018 at 17:38
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      sama sama pak, terimakasih atas kunjungannya

      23 Maret 2018 at 01:23
  • seonindo
    Villa Lembang Balas

    Masih mencoba dan terus mencoba, tapi wiki rada mumet kalo untuk pemula hee..

    14 Februari 2018 at 05:24
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      terimakasih sharenya pak, untuk wiki memang agak rumit prosesnya

      23 Maret 2018 at 01:23
  • seonindo
    Den veisa Balas

    Ini apakah masih work di tahun 2018 ini gan?

    21 Februari 2018 at 13:47
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      sekarang sudah sulit mendapat backlink dari wiki pak

      23 Maret 2018 at 01:15
  • seonindo
    bali Balas

    saya pernah coba tapi tetap saja gagal…

    20 Maret 2018 at 06:31
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      terimakasih info dan share nya pak, semangat

      23 Maret 2018 at 01:04
    • seonindo
      deo Balas

      Salam kenal mas,saya mau tanya apakah cara ini masih bisah di terapkan untuk sekarang untuk mendapatkan backlink dari Wikipedia?proses nya brapa lama biasanya untuk mendapatkan backlink dari Wikipedia.
      Terimakasih mas di tunggu tips” selanjutnya
      https://www.jualanpipahdpe.com

      24 Februari 2019 at 15:14
  • seonindo
    Reza Ichsani Balas

    ternyata buatnya memang harus hati – hati, link saya langsung di hapus sama wikipedia hihihi…
    terima kasih infonya (y)

    24 Maret 2018 at 16:52
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      iya pak seperti itu, terimakasih sharenya

      27 Maret 2018 at 11:27
  • seonindo
    Putri Balas

    Adakah pengganti situs yang miril seperti wikipedia?

    18 April 2018 at 05:51
    • seonindo
      Aditya Radea Balas

      untuk kategori informasi teknologi atau internet bisa coba webopedia mbak

      18 April 2018 at 19:45
  • seonindo
    jasa makalah Balas

    Kog sulit ya kayaknya mas… meskipun belum coba sih.. tapi saya nitip backlink di sini dulu.. terimakasih banyak mas…

    5 Mei 2018 at 21:11
  • seonindo
    dadu online Balas

    silakan bermain yah dan jangan sampai anda melewatkan kemenangan hingga jutaan rupia di dalam permainan ini.m

    27 Mei 2018 at 17:55
  • seonindo
    debby Balas

    Akan ku coba semoga bermanfaat

    kunjungi juga ya https://superroyaleflush.blogspot.com

    29 Mei 2018 at 05:38
  • seonindo
    dio Balas

    kk saya kan baru bikin landing page
    harus bagaimana selanjut nya ya kk
    izin saran nya
    saya masih pemula nol besar

    ini landing pagenya
    https://rumahbandar.club/

    9 Juni 2018 at 04:19
  • seonindo
    Johny Kurniawan Balas

    Susah dan berat sekali kayaknya gan, dan akan banyak menyita waktu untuk proses pembuatan 1 link.

    10 Juni 2018 at 03:00
  • seonindo
    Poker Online Terpercaya Balas

    artikel anda sungguh bagus bos semoga bermanfaat untuk semua orang ya bro 🙂

    21 Juni 2018 at 07:44
  • seonindo
    cetak buku yasin Balas

    bikin artikelnya gampang-gampang susah

    16 Juli 2018 at 15:42
  • seonindo
    Yogi Balas

    Dah pernah nyoba tapi proses moderasinya cukup lama …

    10 Agustus 2018 at 06:18
  • seonindo
    vinyl lantai Balas

    hallo gan maaf mau tanya apakah saat ini backclink masih efektifkah untuk mengangakat PR webiste ?
    soalnya saya punya website dengan jumlah backlink yang cukup banyak tetapi sangat sulit tampil di halaman pertama
    sementara saya memiliki website lain dengan jumlah backlink yang hanya sedikit tapi bisa masuk ke halaman pertama

    15 September 2018 at 04:46
  • seonindo
    SUSI ENDRAWATI Balas

    Udah coba berulang kali malah kena banned dari wikipedianya…hehhe

    5 Februari 2019 at 22:44
  • seonindo
    Pembiayaan bpkb Balas

    Kalau saya waktu itu beli domain expired yang sudah ada backlink wikipedia..nah domain tersebut pakai url forwarding ke situs saya

    21 Februari 2019 at 08:21
  • seonindo
    virgoe Balas

    dulu aku dapat backlink di wikipedia gk gitu amat koq gan,, tinggal nulis aj,, taruh link kita,, gk lama setelah itu lansung dapat?
    apa skrng harus keq gthu ya gan

    7 Maret 2019 at 03:10
  • seonindo
    bolavita Balas

    Permisi kak, kalau backlinknya begini https://pemainayam.net apakah berkualitas ? mohon pencerahannya ya kak …

    19 Maret 2019 at 18:24
  • seonindo
    Wikipediawan Balas

    Terus terang saya prihatin membaca tulisan ini yang mencerminkan mindset keliru penulis tentang situs Wikipedia yang seharusnya kita jaga dari tindakan vandalisme. Wikipedia itu bukan situs direktori bisnis, atau situs iklan gratis. Wikipedia adalah situs ensiklopedia online yang seluruh kontennya merupakan kontributor para relawan yang berbagi ilmu secara sukarela alias tanpa pamrih.

    30 Juni 2019 at 04:30
  • seonindo
    Jilang Balas

    Yang kelasnya dibawah wikipedia apa ya Pak. Soalnya susah banget kalau ingin dapat dari wikipedia. Maksud saya meski bukan wikipedia tapi backlink yang juga berkualitas. Terima kasih jawabannya Pak.

    1 Juli 2019 at 14:15

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Dapatkan kualitas dan harga terbaik untuk semua kebutuhan Bisnis Online Anda

soft opening coupon

15% off

exclusive & limited offer
berlaku hingga:

-31 oktober 2019-

Coupon code: