Tips Cara Merawat Mobil Listrik

Salah satu keuntungan memiliki mobil listrik EV adalah perlu perawatan yang relatif lebih sedikit daripada mobil biasa. Dengan kesederhanaan motor listrik, jumlah bagian yang mengalami keausan menyempit secara signifikan, membuat mobil EV menjadi pilihan ide untuk perjalanan bebas rewel. Tapi ini bukan berarti bahwa tidak ada masalah pemeliharaan yang harus dilakukan pada mobil listrik EV.

Berikut adalah beberapa Tips Cara Merawat Mobil Listrik yang  disarankan untuk Anda

Tips Cara Merawat Mobil Listrik

Perawatan baterai

Yang paling penting tentu saja baterai itu sendiri. Mobil listrik EV menggunakan nikel-cadmium-hybrid, lithium-ion atau jenis baterai yang serupa, dan semua baterai memiliki umur yang terbatas. Baterai ini kehilangan efisiensinya dari waktu ke waktu, kehilangan kemampuannya untuk mengisi daya dan memperpendek jarak mengemudi secara bertahap. Berita baiknya adalah kebanyakan baterai EV memiliki kapasitas untuk bertahan lebih dari 160.000 km, yang sangat layak.

Namun, jika baterai mati atau tidak berfungsi, jangan coba memperbaikinya sendiri. Pergi ke bengkel resmi yang melayani mobil hybrid dan mobil listrik EV. Ingatlah bahwa mobil Anda benar-benar tergantung pada baterai .

Dengan semakin populernya mobil listrik EV , layanan purna jual juga semakin baik, dengan jaringan yang lebih luas dan lebih bervariasi bahkan dari pemasok independen. Misalnya, perusahaan mobil listrik ada yang menawarkan paket baterai pengganti 1 untuk 10-tahun. Selain itu, pelanggan mereka memiliki kenyamanan pengisi daya gratis dan penggunaan stasiun pengisian daya secara gratis. Beberapa dealer menawarkan Nissan Leaf dengan garansi baterai delapan tahun atau 160.000 km. Model mewah seperti Jaguar I-Pace menawarkan jaminan baterai yang serupa, meskipun juga memberi garansi jika baterai turun di bawah kondisi kesehatan 70%.

Baca juga >>
Cara Mengatasi Download Tertunda di Playstore

Cara Terbaik Untuk Memperpanjang Masa Pakai Baterai mobil listrik EV.

Seperti part mekanis yang menggerakkan mobil atau truk dengan mesin pembakaran internal, motor listrik dan paket baterai EV juga menurun seiring waktu. Ada sejumlah tindakan yang dapat dilakukan pemilik untuk memperpanjang masa pakai paket baterai EV yang berharga. Kami telah menguraikan beberapa tips di bawah ini:

Hindari suhu ekstrem:

Temperatur yang sangat panas dan sangat dingin mempengaruhi kinerja baterai secara negatif. Namun demikian, pabrikan umumnya memperhitungkan suhu ekstrem seperti itu selama pengembangan kendaraan dan sebagian besar mobil listrik EV menawarkan opsi pendinginan dan pemanasan tambahan yang memadai untuk memastikan suhu paket baterai tetap pada tingkat yang dapat ditoleransi.

Hindari pengisian baterai penuh secara teratur:

Mengisi baterai mobil listrik EV hingga kapasitas penuh dan menjalankannya sampai baterai menipis berisiko merusak kemasan baterainya. Untungnya, banyak produsen mobil listrik EV mencegah pengisian kapasitas penuh untuk membatasi degradasi baterai.

Hindari penggunaan pengisi daya cepat secara rutin: Pengisian cepat menurunkan paket baterai lebih cepat daripada metode pengisian daya yang lebih lambat, seperti pengisi daya Level 2.

Perawatan ban

Perawatan ban mungkin umum untuk semua mobil, tetapi mobil listrik EV lebih banyak menggerakkan roda daripada mobil biasa. Ini karena baterainya jauh lebih berat daripada mobil biasa, dan baterainya menghasilkan torsi secara instan.

Seperti pada mobil dengan mesin bahan bakar bensin, mobil listrik EV memerlukan rotasi ban setiap 5.000-10.000 mil. Sekali lagi di sini, ikuti rekomendasi pabrikan, terutama untuk kendaraan yang menggunakan karet directional atau ukuran ban depan / belakang yang khusus. Ban mobil listrik juga aus, seperti ban yang biasa Anda pakai.

Baca juga >>
Daftar Game Mobile yang Pernah Viral Tapi Sekarang Hilang Tanpa Kabar

Jika memungkinkan, hindari akselerasi yang kuat, memasuki tikungan dengan kecepatan lebih tinggi dari normal, dan pengereman mendadak dan sulit. Menjaga tekanan inflasi ban yang benar juga penting. Ban yang kurang angin akan meningkatkan hambatan jalan karena lebih banyak area ban yang bersentuhan dengan jalan. Jika Anda tidak yakin dengan tekanan ban yang benar, periksa manual mobil Anda.  PSI yang disarankan biasanya dinyatakan dengan jelas di sana.

Perawatan rem

Motor EV memiliki kemampuan unik untuk bertindak sebagai motor sekaligus generator. Ketika Anda melepaskan kaki dari pedal akselerator, motor EV memperlambat mobil, yang mirip dengan memindahkan gigi pada mobil biasa. Ini, pada gilirannya, juga menghasilkan listrik kembali ke aki mobil, suatu proses yang dikenal luas sebagai pengereman regeneratif.

Berkat fungsi pengereman regeneratif EVs di mana mereka bergantung pada ketahanan motor listrik untuk memperlambat kendaraan, seperti pengereman mesin dalam kendaraan bertenaga bensin, keausan rem relatif lebih rendah daripada pada kendaraan yang sangat mengandalkan rem gesekan. mobil listrik EV masih memiliki gesekan rem, dan minyak rem dan komponen individu, seperti bantalan dan rotor, pada akhirnya akan membutuhkan penggantian, baik karena usia atau keausan.

Pengereman regeneratif hanya memungkinkan mobil untuk berhenti, dan belum mengganti rem hidrolik yang ada di mobil listrik EV. Anda masih memerlukan rem hidrolik untuk situasi darurat atau pengereman dari kecepatan. Kemungkinannya, sebagian besar pengemudi masih menggunakan rem konvensional, yang akan menyebabkan keausan biasa pada bantalan rem dan cakram. Ingatlah bahwa mobil EV berat, sehingga pengereman yang keras bisa sangat merusak.

Pengemudi harus mengantisipasi arus lalu lintas dan menjaga jarak yang aman untuk mengurangi kecenderungan pengereman yang sulit. Dengan melakukan itu, keausan pada sistem pengereman mobil akan sangat berkurang.

Baca juga >>
Cara Seting Daerah Penyimpanan Hasil Download Di Tubemate

Perawatan pendingin

Mobil listrik EV memiliki sistem manajemen termal yang dirancang untuk menjaga motor baterai dari panas berlebihan. Beberapa produsen EV menggunakan pendingin yang diedarkan di dalam motor baterai untuk menjaga baterai tetap dingin agar kinerjanya optimal.

Agar komponen listrik utama tidak terlalu panas, sebagian besar mobil listrik EV menggunakan pendingin untuk mendinginkan seperti pengisi daya, inverter, dan paket baterai. Mempertahankan efisiensi sistem pendingin, bagaimanapun, mungkin memerlukan flush pendingin atau mengisi ulang refrigeran. Baca manual mobil Anda untuk menentukan interval yang disarankan untuk pemeliharaan mobil listrik EV Anda.

Terlalu panas memperpendek usia baterai; jika rusak, akan mahal untuk mengganti. Lakukan perawatan sistem pendingin pada interval yang disarankan pabrik jika sistem tidak bekerja dengan baik. Baterai bisa mudah rusak atau terbakar.

Powertrain:

Transmisi direct-drive atau multi-kecepatan mobil listrik EV mungkin memerlukan perubahan cairan selama kepemilikan kendaraan. Baca buku manual Anda untuk menentukan interval yang disarankan untuk pemeliharaan bagian tersebut.

Gaya mengemudi

Cara Anda mengemudi adalah faktor utama lain yang memengaruhi masa pakai ban Anda. Cobalah untuk menghindari akselerasi yang keras, bergegas cepat, dan pengereman mendadak. Pastikan Anda juga menjalankan tekanan ban yang tepat.

Perawatan dan pemeliharaan mobil listrik yang tepat dapat dilakukan dengan cara mengikuti semua Tips cara merawat mobil listrik diatas.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !