Tips Cara Menghindari Penipuan Lewat Telepon HP

Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai cara menghindari penipuan lewat telepon yang mengaku ngaku sebagai polisi, dari pihak bank atau pihak lain. Yang jelas para penipu tersebut biasanya mencatut sebuah profesi atau institusi tertentu. Jika Anda tertarik untuk mengetahui cara menghindari penipuan via telepon, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Penipuan merupakan salah satu tindak kejahatan yang marak di Indonesia, pelakunya bisa siapa saja, maka kita harus hati-hati. Jika sudah tertipu, apalagi jika sampai merugikan kita dalam jumlah uang yang besar, bisa repot. Salah satu penipuan yang yang cukup ganas dan sulit terlacak adalah penipuan via telepon, bahkan ada orang yang sampai berhutang untuk memenuhi keinginan penipu. Kemudian setelah uangnya raib, baru sadar kalau selama ini yang ia lakukan berada dibawah pengaruh penipu.

Cara Menghindari dan Mengatasi Penipuan Lewat Telepon HP

Karena target penipu itu bisa siapa saja, tak pandang kaya, miskin ataupun dari kalangan ekonomi menengah, maka tak ada salahnya kita harus berhati-hati terhadap upaya penipuan yang dilakukan via telepon. Adapun kiat menghindari penipuan via telepon yang mungkin mengincar Anda, mengincar siapa saja sebenarnya. adalah sebagai berikut :

1. Abaikan nomor telepon tidak dikenal yang masuk

Dengan mengabaikan nomor telepon tidak dikenal yang masuk ke HP, Anda sudah selangkah menghindari penipuan via telepon. Namun apabila Anda penasaran ingin tahu, Anda bisa mengangkat telepon tersebut dengan tetap waspada.

Baca juga >>
Cara Cek Nomor 3 (Tri) Milik Sendiri Via Ponsel

2. Curiga ketika menerima panggilan telepon dari nomor yang tidak dikenal

Anda bisa setting pikiran Anda untuk tetap curiga dengan maksud si penelepon (lakukan ini sesaat sebelum mengangkat telepon, jika Anda sudah benar-benar siap, baru angkat), dengan sikap curiga, maka kita akan lebih waspada lagi. Ingat, perkataan penipu selalu manis, jadi hati-hati.

3. Bicara seperlunya ketika menerima telepon tidak dikenal, kalau perlu bersikap judes

Agar aman dari pengaruh telepon tidak dikenal, kita bisa bicara seperlunya, jika diminta untuk menjelaskan sesuatu jangan mau, karena dari situ pengaruh penipu akan masuk ke otak kita, jika sudah minta kita untuk bicara panjang, sebaiknya langsung putuskan telepon dan matikan hp untuk beberapa waktu.

4. Mute ketika menerima panggilan dari nomor tak dikenal

Trik lainnya yang manjur untuk mengetahui apakah kita sedang ditelepon oleh penipu atau spammer adalah dengan mute ketika menjawab telepon, dengan begitu mereka tidak akan bisa mendengar omongan atau suara yang muncul disekitar kita. Namun sebaliknya, kita bisa tahu apa yang mereka omongkan. Dari situ kita bisa simpulkan untuk menerima telepon tersebut atau tidak. Jika tidak jelas atau sifatnya menawarkan produk sebaiknya jangan diterima.

5. Jangan berikan info apapun pada orang yang menelepon melalui nomor yang tidak dikenal

Yang perlu diperhatikan dan digaris bawahi adalah jangan berikan data apapun pada penelepon yang tidak dikenal. Seperti nama lengkap, nomor kartu debit, nomor kartu kredit, alamat lengkap, kode OTP, dan berbagai nomor lainnya. Memberikan berbagai data tersebut adalah hal berbahaya, karena bisa saja si penelepon akan menguras rekening tabungan Anda di bank yang terkoneksi dengan HP yang Anda gunakan untuk menelepon atau terkait dengan nomor-nomor tersebut.

Baca juga >>
Samsung Galaxy S20, Kesempurnaan Layar dan Kamera

Cara Menghindari Penipuan Lewat Telepon Hp

6. Waspada permainan psikologis penipu

Poin yang terakhir, jika Anda memang harus berbicara dengan orang yang tak dikenal via telepon, maka hati-hati dengan permainan psikologis orang tersebut. Keputusan setiap orang mudah dipengaruhi oleh keadaan psikologis setiap orang, misalnya ketika si penipu mengatakan via telepon bahwa ada anggota keluarga kita yang kecelakaan, tentu sebagai anggota keluarga kita akan panik.

Kemudian si penipu bilang, lalu memberikan instruksi kepada kita untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening tertentu, dikarenakan jika tidak segera diransfer maka tidak bisa mengambil tindakan medis, yang bisa membahayakan nyawa yang saudara Anda tersebut. Jangan percaya dengan hal semacam itu, jangan langsung transfer, karena sebenarnya saat itu sang penipu sedang berusaha menguasai pikiran Anda, agar Anda bersedia untuk melakukan transfer ke rekening penipu. Jangan mau.

Yang perlu Anda lakukan ketika menghadapi hal semacam itu adalah dengan memastikan kondisi saudara Anda, maka dari itu hubungi saudara Anda, pastikan dahulu, kalau tidak bisa dihubungi cari sampai ketemu, dengan begini Anda bisa menghindari penipuan. Dan ingat, jangan sendiri ketika mengalami hal ini, ceritakan pada teman atau saudara dekat Anda, jadi ada yang bisa memantau aktivitas Anda. Dan nanti jika ada suatu hal, mereka bisa menjadi saksi.

Demikian tips yang bisa Anda lakukan ketika menghadapi penipu melalui telepon. Semoga tidak ada yang tertipu ya. Semoga setelah membaca tulisan tentang cara menghindari penipuan lewat telepon ini, Anda bisa mendapatkan insight dan manfaat positif. Keep safe dan sampai jumpa pada artikel lainnya yang tak kalah menarik di blog ini.

Order via Whatsapp !