Tips Aman Agar Travelling Nyaman Dan Terhindar Dari Virus Corona

Berdasarkan data terbaru dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bahwa jumlah kasus positif Corona atau Covid-19 di Indonesia per tanggal dimana artikel ini dibuat adalah 8.211 orang. Jumlah ini tentu sangat luar biasa dimana Indonesia belum mencapai puncak pandemi sampai saat ini.

Selain itu, sekitar 1.002 orang dinyatakan sembuh dan 689 orang dinyatakan meninggal dunia. Data ini akan terus meningkat seiring belum berakhirnya masa inkubasi virus corona.

Dengan melihat dari data tersebut, kasus ini merupakan hal yang sangat mengkhawatirkan. Dan menyikapi hal ini, 2 organisasi besar kesehatan dunia yaitu Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan World Health Organisation (WHO), merekomendasikan untuk tidak melakukan perjalanan ke luar negeri yang dirasa tidak penting.

Selanjutnya, di Indonesia sendiri, pemerintah menyarankan masyarakat untuk tetap tinggal di rumah menjaga jarak serta tidak melakukan perjalanan ke luar daerah terlebih dahulu.

Namun, apa jadinya jika Anda harus melakukan perjalanan dinas atau sebuah perjalanan yang tidak bisa ditunda ke luar daerah. Tentu, hal ini akan menjadi sebuah dilema.

5 Tips Agar Travelling Aman, Nyaman dan Terhindar dari Virus Corona

Jika Anda memutuskan untuk tetap melakukan perjalanan maka kami disini akan memberitahu kepada Anda beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menghindari virus corona. Sehingga perjalanan Anda pun terasa aman dan nyaman.

Baca juga >>
Physical Distancing Lebih Penting Daripada Social Distancing

Lalu, apa saja tips agar travelling Anda aman dan nyaman terhindar dari virus corona.

Jangan Sentuh Wajah Selama Perjalanan

Tips pertama yang harus Anda lakukan jika Anda harus melakukan perjalanan di masa pandemi seperti sekarang adalah usahakan jangan pernah menyentuh wajah Anda selama perjalanan.

Covid-19 ini memiliki gejala flu seperti biasa. Akan tetapi, penyebaran virus ini memang begitu cepat dan mungkin Anda akan merasa was was jika berada dikerumunan orang banyak.

Mungkin virus ini sudah berada di setiap sudut tempat yang kita lalui. Kita tidak bisa mengontrol keberadaan virus akan tetapi kita bisa mengontrol untuk mencegah virus masuk ke dalam tubuh.

Seperti halnya flu, Covid-19 adalah penyakit yang menyerang saluran pernapasan. Dan satu hal untuk mencegahnya adalah dengan tidak melakukan tindakan yang bisa menginfeksi sistem pernapasan kita.

Ada hal yang harus Anda pahami bahwa virus corona tidak hanya menular lewat droplet (percikan bersin atau batuk) saja. Akan tetapi, virus ini bisa menular lewat sentuhan benda yang sudah terkontaminasi.

Jadi, apabila Anda menyentuh sebuah benda yang sudah terkontaminasi oleh virus corona lalu Anda menyentuh beberapa atau seluruh bagian wajah Anda, maka tubuh Anda memiliki resiko terjangkit oleh virus ini.

Dan informasi yang harus Anda ketahui adalah, berdasarkan penelitian, seseorang bisa menyentuh wajahnya sekitar 23 kali dalam satu jam. Ini artinya, kita memiliki 400 peluang untuk terjangkit virus ini dan masuk ke dalam tubuh kita.

Oleh karena itu, tips pertama yang harus Anda lakukan ketika melakukan perjalanan adalah dengan tidak menyentuh wajah, baik itu mata, hidung maupun mulut sebelum Anda mencuci tangan.

Baca juga >>
Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Jaga Kebersihan Tangan

Tips yang kedua ini merupakan tips yang sangat mudah, sederhana namun sangat efektif dalam mencegah virus corona. Tips yang kedua ini adalah mencuci tangan secara rutin menggunakan sabun dan air mengalir.

Siapkanlah sabun atau pun hand sanitizer ketika Anda ingin melakukan perjalanan. Cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer ini setidaknya kurang lebih 20 detik dan sesering mungkin dalam sehari.

Adapun waktu yang tepat untuk mencuci tangan adalah sebelum memasak atau makan, setelah menggunakan kamar mandi atau toilet umum, setelah menutup hidung saat batuk atau bersin atau setelah Anda menggunakan fasilitas umum selama perjalanan.

Dan ingatlah untuk tidak mencuci tangan secara asal-asalan. Anda harus menggosok tangan sampai kering dan membersihkan sela-sela jari tangan. Jika sudah dibilas, Anda harus mengeringkan tangan dengan baik karena perlu Anda ingat bahwa kuman dan virus hidup di tempat yang memiliki lingkungan lembab.

Setelah Anda mencuci tangan, usahakanlah untuk tidak mengontaminasi ulang tangan dengan tidak menyentuh apapun yang tidak perlu.

Jika perlu, Anda bisa menggunakan tisu untuk membuka atau mendorong pintu. Anda pun bisa langsung membuang tisu tersebut ke tempat sampah.

Berhati-hati Terhadap Benda yang Bisa Saja Terkontaminasi Virus

Selanjutnya, ketika tangan Anda sudah bersih, Anda harus berhati-hati terhadap benda yang mungkin saja sudah terkontaminasi oleh virus.

Jika Anda bepergian dengan pesawat misalnya, Anda bisa membersihkan sandaran tangan, baki untuk menyajikan makanan, layar media, ventilasi atau benda lainnya yang mungkin saja tangan Anda akan menyentuhnya nanti.

Ingatlah bahwa satu pesawat bisa beropersi beberapa kali dalam sehari dan ini bisa meningkatkan resiko kuman dan virus mengkontaminasi isi pesawat.

Baca juga >>
Cara Herbal Mengobati Sariawan

Penelitian terbaru menunjukan bahwa virus corona bisa bertahan pada benda yang terkontaminasi oleh droplet seseorang yang batuk atau bersin selama kurang lebih 48 jam bahkan bisa berhari-hari tergantung pada suhu dan kelembapan ruangan.

Dengan demikian, Anda harus menggunakan tisu disinfektan dan mulai membersihkan benda-benda yang bisa saja terkontaminasi di alat transportasi yang Anda gunakan selama perjalanan.

Dan jangan pelit untuk menggunakan tisu disinfektan ini karena terkadang Anda membutuhkan lebih dari satu tisu untuk memberishkan benda-benda yang mungkin terkontaminasi.

Pindah Tempat Duduk dan Beritahu Kru Pesawat

Jika Anda menggunakan pesawat kemudian seseorang yang duduk dekat Anda tampak sedang tidak sehat, maka tidak ada salahnya Anda berbicara dengan kru pesawat dan meminta mereka untuk memindahkan Anda atau orang yang sedang sakit tersebut ke tempat yang lebih aman.

Cobalah untuk meminta bantuan mereka dengan baik dan bijak. Biarkan mereka melakukan tugasnya untuk menilai situasi yang dihadapi. Apabila orang tersebut memiliki gejala-gejala yang dikhawatirkan, mereka bisa mengeluarkan orang tersebut dari pesawat.

Akan tetapi, jika orang tersebut hanya dinilai memiliki gejala ringan atau resiko rendah, mereka bisa saja memberikan masker kepada orang tersebut untuk mencegah penyebaran virus.

Bersihkan Benda-benda Setiba di Kamar Hotel

Dan tips yang terakhir ini harus Anda lakukan setiba Anda di kamar hotel. Anda harus melakukan hal yang sama seperti yang Anda lakukan di pesawat atau di alat transportasi lainnya yaitu membersihkan benda-benda yang mungkin akan Anda sentuh.

Beberapa benda yang mungkin saja akan Anda sentuh selama di hotel adalah remote tv, remote ac, meja, saklar lampu, telepon kamar dan lain sebagainya.

Baca juga >>
Tips Merawat Kecantikan Sebelum Tidur

Jika perlu, Anda pun bisa membersihkan tas atau pun bawaan Anda selama perjalan dengan tisu disinfektan. Tentu ini akan memberikan rasa lebih aman.

Kesimpulan

Anda harus mempertimbangkan langkah pencegahan yang ekstra seperti menghindari tempat keramaian jika sedang sakit. Jika Anda berusia diatas 60 tahun, maka Anda harus benar-benar mempertimbangkan untuk tidak melakukan perjalanan.

Hal ini didasarkan penelitian dari pemerintah Tiongkok bahwa orang lansia dan orang yang mengidap beberap penyakit kronis memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terjangkit virus corona ini.

Dan ingatlah, setiba Anda kembali dari perjalanan dinas dari negara-negara terdampak, Anda harus segera menemui dokter memeriksakan diri Anda ke petugas kesehatan terutama jika Anda mengalami beberapa gejala atau keluhan kesehatan.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat