Tempat Wisata Pati Yang Menarik Yang Wajib Dikunjungi

Sedang mencari tempat wisata Pati yang menarik? Sebenarnya ada ribuan jawaban untuk pertanyaan tu. Namun berikut ini kami kemukakan 6 diantaranya yang kiranya dipandang populer.

review Pati dulu yuk

Kabupaten Pati Jawa Tengah terletak di antara daratan rendah dan gunung, serta idaya pesisir pantai laut Jawa. Secara geografi kota Pati berada di daratan rendah Jawa Tengah. Kawasan yang sangat strategis di jalur lintas pantura jurusan Surabaya, Semarang, Jakarta.

Kabupaten Pati mempunyai aneka souvenir khas untuk dijadikan kenang kenangan seperti kerajinan kuningan untuk asesoris rumah.  Ada juga yang berupa kain Batik Bakaran, Bandeng Presto, Trasi Juwana, dan Garam Juana biasanya di buat oleh semacam home industri.

Kesenian Ktoprak adalah kesenian sangat diunggulkan di  Pati. Terhitung sekitar 10 lebih rombongan Ketoprak yang aktif dan pentas secara mandiri di Pati. Salah satu grup kethoprak papan atas yang nge hits saat ini masih setia menemui penggemarnya diantaranya adalah “ Siswo Budayo “ dari desa Growong Lor. Kethoprak dengan pimpinan Anom ini terbentuk sejak tahun 1989.

Jalur melewati Kota Pati ada dua cara: dari dalam kota dan jalur lingkar Pati. Kendaraan umum dan besar melewati jalan lingkar Pati. Sementara kendaraan sendiri dapat memilih antara jalan dalam kota yang sempit atau jalur lingkar.

6 Tempat Wisata Pati yang menarik

1. Puncak Arga Pesona

Tempat Wisata Pati Yang Menarik Yang Wajib Dikunjungi

Di tempat wisata pati yang menarik pertama dan paling disukai mimin sukai disini pengunjung tidak hanya bisa menyaksikan hamparan daratan kabupaten Pati. Namun juga bisa melihat dengan terang kabupaten Grobogan. Di sebelah utara pandangan, terlukis jelas hamparan kabupaten Pati hingga Kudus. Terlihat pula dengan begitu perkasaa Gunung Muria dan perbukitan di bawahnya.

Baca juga >>
Rekomendasi Tempat Wisata Nusa Dua Bali Lengkap

Jika anda melihat ke selatan maka anda bisa melihat hamparan wilayah kabupaten Grobogan. Terlihat pula berjejer pegunungan di selatan Grobogan dan Blora. Jika cuaca sangat mendukung, pengunjung bisa memandangi view Gunung Lawu. Sebelah barat, terlihat pula barisan bukit di area Semarang sampai Gunung Ungaran. Bahkan pada saat gunung Merapi melulu lantakan panasnya, terlihat pula dari tempat ini.

Terdapat berbagai spot untuk berfoto di tempat wisata Pati ini. Diantaranya yang begitu disenangi oleh pengunjung adalah miniatur perahu di bagian tebig puncak tranggulasi. Sebuah perahu kecil yang terbuat dari bambu yang bisa jadi tempat melihat panorama keindahan di sebelah selatan dan barat.

Ada pula lokasi rumah pohon, dan puncak Arga Pesona. Dimana ada terdapat batu yang kokoh dengan ditanami pohon-pohon besar. Di tempat wisata Pati yang menarik ini pengunjung bisa merasakan hemasan angin yang tak henti-hentinya menerpa. Aih melankolis bgt.

2. Air Terjun Tadah Hujan

Tempat Wisata Pati Yang Menarik Yang Wajib Dikunjungi

Air Terjun Tadah Hujan adalah tempat wisata menarik di Pati yang berupa air terjun dengan ketinggian 75 meter. Meskipun airnya  sedikit kurang jernih dan bagian bawah air terjun masih kurang nyaman untuk mandi dan bermain air, tetapi lokasinya yang dijepit oleh tebing yang menjulang nan gagah menimbulkan suasana yang tenang dan romantis.

Tidak terlampau jauh dari air terjun, tepatnya di barat tempat wisata Pati ini, juga terdapat kolam kecil yang dibangun warga dengan air yang lebih jernih. Di Wisata Air Terjun Tadah Hujan ini para traveler bisa berenang dan mandi.

Air Terjun Tadah Hujan mempunyai lingkungan yang masih cukup asri dengan pepohonan besar yang tumbuh menjulang menjadikannya payung alami yang membuat kawasan yang sangat teduh.

Baca juga >>
10 Jalur Kereta Api Terindah Di Jepang

Air Terjun Tadah Hujan mengalirkan air sepanjang tahun meskipun musim kemarau sehingga warga sekitar sangat terbantu. Pipa-pipapun dibangun untuk menyalurkan air ke desa-desa.

3. Bukit Pandang Santa Mulyo Kayen

Tempat Wisata Pati Yang Menarik Yang Wajib Dikunjungi

Bukit ini meyuguhkan para pengunjung dengan satu panorama keindahan Pegunungan Kendeng yang wajib disinggahi. Di tempat wisata pati menarik selanjutnya ini pengunjung naik sekitar 100 meter dengan view hutan jati di kanan kiri, ikuti sampai ke puncak.

Di puncak bukit tempat wisata Pati ada sejumlah spot menarik untuk foto-foto selfie bisa ngisi stok instagram mu nih hehehe. Mulai dari spot I Love U (untuk para bucin), rumah pohon, gazebo-gazebo menarik lainnya. Ada juga spot berupa batu menjorok yang desas desusnya pernah jadi tempat persembunyian macan atau harimau.

Pemandangan di tempay wisata Pati ini juga sangat amazing sekali. Di puncak, pengunjung dapat menyaksikan indahnya pemandangan hijaunya Gunung Kendeng. Juga terbentang daratan Kabupaten Pati dengan cakrawala laut utara Jawa.

Pengelola disini mengisahkan jika nama Ki Santamulya didapat dari seorang tokoh legendaris pada zaman Prabu Angling Dharma. Puncak bukit pandang mennjadi sebagai tempat dalam kegiatan berkomunikasi batin dengan istrinya yang dihukum pengasingan di Pulau Seprapat, Juwana, kawasan pantai utara Jawa.

4. Air Terjun Grenjengan Sewu

Tempat Wisata Pati Yang Menarik Yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata Pati yang menarik selanjutnya  berupa air terjun nah ini bisa di mimin dikatakan sebagai air terjun terindah yang ada di jawa Tengah. Terletak dengan ketinggian 600 mdpl menjadikan tempat ini sangat nyaman dan berhawa dingin di mana airnya tidak pernah menyusut meskipun pada musim kemarau. Sedangkan sebaiknya pada musim penghujan air terjun ini sangat deras dan lebar hingga di juluki grenjengan seribu (sewu). Membutuhkan Setidaknya 20 menit perjalanan kaki untuk mencapai pada titik akhir air terjun. Sepanjang jalan menuju tempat wisata Pati, pengunjung disajikan pemandangan alam nan eksotis. Perpaduan antara kawasan gunung dan areal persawahan yang berundak-undak menampilkan kesan alami kawasan pedesaan.

Baca juga >>
5 Taman Di Bogor Untuk Olahraga Terbaik Unik

Beberapa putra putri desa yang sedang bermain wahana ayunan memakai akar tumbuhan yang bergantung nankokoh. Suasana Air Terjun yang masih sangat sepi. Kemungkinan memang belum tersentu di kelola oleh pemerintah setempat dengan baik.

5. Gua Pancur

Tempat Wisata Pati Yang Menarik Yang Wajib Dikunjungi

Gua Pancur merupakan sebuah gua besar nan panjang yang di dalamnya mengalir air sama dengan ketinggian orang dewasa. Tempat wisata Pati menarik ini berada di lereng Pegunungan Kendheng. Kedalaman gua sedalam 8,27 kilometer, tetapi yang bisa di explore dengan alat seadanya kurang dari satu kilometer.

Di Gua Pancur mempunyai air yang menggenang lo gaess, menariknya air tersebut tidak pernah sama sekali surut sama sekali. Dan jika melihat kedalam gua, kalian akan melihat sebuah pagar besi yang mengitarinya.

Objek wisata Gua Pancur sekarang idantik dengan berbagai wahana yang menarik. Salah satunya adalah danau buatan yang memiliki becak air yang digunakan untuk keliling di danau tersebut. Pada danau buatan itu, pengunjung sangat bisa menyewa odong-odong bebek yang terapung  di danau mini itu.

Untuk pengunjung yang cita suasana alami goa, bisa masuk ke dalam goa. Goa tempat wisata Pati ini punya stalagtit dan stalagmit yang cukup indah.  Jika masuk ke dalam gua sepanjang 127 meter nanti akan ada  terdapat air grojokan yang sangat indah yuk bisa jadi list setela corona berakir.

6.  Waduk Seloromo

Tempat Wisata Pati Yang Menarik Yang Wajib Dikunjungi

Waduk Seloromo atau biasa  juga dikenal dengan Waduk Gembong adalah sebuah waduk yang memiliki posisi di kaki Gunung Muria. Waduk tempat wisata Pati menarik ini pertama kali dibuat oleh pemerintah kolonial Belanda pada sekitar tahun 1930.

Danau ini adalah danau yang ke-2 di buat setelah dibuat Gunung RoWo. Di sebelah timur laut waduk terdapat Waduk Gunung Rowo. Waduk Seloromo adalah salah satu tempat wisata pati yang bertajuk wisata air.

Baca juga >>
Daftar Tempat Hunting Foto Di Bogor

Asal muasal nama Seloromo berasal kata “selo” yang mengandung arti batu atau beberapa literasi mengatakan tempat duduk , “romo” yang bisa disamakan orang tua laki-laki ( bapak ). Menurut desas desus warga setempat, pada waktu penjajahan, waduk ini dibuat oleh sistem kerja rodi atau paksa di mana korban gugur berjatuhan.

Karena lokasinya yang sangat eksotis, maka waduk tempat wisata Pati ini acapkali dijadikan sebagai tempat untuk foto prewedding ciee jangan baper yang jojmblo. Juga sering dipakai sebagai tempat camping untuk para bucin, atau tempat nongkrong sekedar menghabiskan waktu di sore hari yang sekarang dah dilarang untuk sementara ya guys.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !