Ini Tempat Download RPP 1 Lembar Format PDF Terpercaya

Dalam dunia mengajar, sebuah rencana pembelajaran bisa dijadikan acuan agar praktik memandu murid-murid tidak keluar jalur, serta memberikan porsi yang sesuai agar memenuhi target. Dikarenakan sangat penting, maka harus dijadikan pegangan bagi setiap guru yang kemudian kita singkat menjadi RPP.

Memiliki kepanjangan “Rencana Pelaksanaan Pembelajaran”, RPP ini kemudian dapat dikembangkan oleh setiap guru demi memandu pembelajaran di kelas. Rincian ini pun cenderung bervariasi tergantung pada preferensi pengajar, mata pelajaran yang dibahas, dan kebutuhan siswa itu sendiri.

Sayangnya, banyak dari kita yang masih bingung untuk membuat RPP 1 lembar tersebut. Terlebih lagi di masa pandemi saat ini, kebanyakan orang tua membutuhkannya untuk mendukung proses mengajar di rumah. Nah, untungnya, kami sediakan link tempat download RPP 1 lembar yang bisa kamu akses secara mudah dan gratis di sini!

RPP bisa dibilang sebagai cara terbaik dalam menyampaikan pelajaran secara efektif dan menarik bagi seorang guru. RPP juga nantinya akan membantu kita untuk tetap pada jalur topik sehingga memastikan bahwa setiap siswa dan murid mencapai tujuan dan target mereka, sejalan dengan kurikulum yang berlaku.

RPP sendiri merupakan dokumen yang haruslah berisi tentang uraian pelajaran secara langkah demi langkah. Dengan kata lain, semua aktivitas, pelajaran, dan kegiatan yang telah tertulis haruslah dilakukan oleh murid-murid kita.

Tempat Download Rpp 1 Lembar

Beberapa poin penting yang wajib disertakan ke dalam RPP 1 lembar diantaranya adalah:

  • Kegiatan pelajaran
  • Bahan pelajaran
  • Objek pelajaran
  • Tujuan pelajaran
  • Umpan balik pelajaran

Selanjutnya, ada banyak sekali jenis rencana pelajaran termasuk: RPP harian, RPP mingguan, rencana pelajaran unit, rencana pelajaran topik atau mata pelajaran, bahkan hingga rencana pelajaran e-Learning.

Tempat Download RPP 1 Lembar Format PDF

Nah, biar tidak ribet lagi mencari-cari atau membuat RPP dari awal, kamu bisa menggunakan contoh RPP 1 lembar di bawah ini! Tapi jangan dijadikan acuan secara 100% ya! Karena masih membutuhkan editing yang disesuaikan dengan masing-masing kebutuhan mata pelajaran.

Baca juga
Panduan Memilih Jasa Poles Marmer Profesional

Berikut adalah daftarnya:

  • Kelas 1 Semester 2, thn 2021: Download.
  • Kelas 2 Semester 2, thn 2021: Download.
  • Kelas 3 Semester 2, thn 2021: Download.
  • Kelas 4 Semester 2, thn 2021: Download.
  • Kelas 5 Semester 2, thn 2021: Download.
  • Kelas 6 Semester 2, thn 2021: Download.

Dikarenakan file di atas adalah berbentuk pdf, pastikan gadget kamu sudah terinstall aplikasi untuk membacanya ya! Selain itu, RPP tersebut bisa kamu kembangkan lagi disesuaikan dengan kebutuhan yang berlaku.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi website asli dari pemilik file pdf RPP 1 lembar di atas, karena telah berjasa dalam berbagi file menarik dan bermanfaat bagi kita semua.

Cara Mengembangkan RPP 1 Lembar

Setelah mengetahui tempat download rpp 1 lembar selanjutnya cara mengembangkannya. Kamu sudah mengunduhnya dan sekarang tinggal mengembangkannya agar sesuai dengan mata pelajaran, kelas, dan topik yang kamu ajarkan. Karena sekali lagi, format RPP 1 lembar di atas memang perlu menjalani perombakan sebelum berlanjut ke dalam praktiknya secara langsung.

Untungnya, kami pun memberikan beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan RPP tersebut, agar lebih mudah untuk dilakukan dan tepat sasaran.

1. Mengedit Lebih Mudah Daripada Membuat

Ada kalanya membuat ulang lebih mudah daripada memperbaiki. Namun untuk urusan RPP 1 lembar, seringkali otak kita nge-blank saat membuatnya jauh dari awal. Makanya kita membutuhkan yang namanya contoh model seperti yang sudah kita download barusan.

Setelah memahami contoh model tersebut, selanjutnya kita harus membuat gambaran secara menyeluruh mengenai pelajaran yang ingin kita sampaikan kepada murid, tetapi masih mengacu pada topik itu sendiri sesuai standar pemerintah yang diberikan.

Kemudian dari keseluruhan pelajaran tersebut, kamu bisa membaginya ke beberapa bagian sesuai dengan jam pelajaran yang kamu miliki. Seperti misalnya, jika mata pelajaran kamu berjumlah 2 kali seminggu, maka ada 8 topik atau pembahasan yang harus kamu berikan dalam 1 bulannya.

Perhitungkan juga mengenai hari libur nasional. Jadi, langkah paling praktis yang bisa kamu lakukan adalah dengan melihat kalender pendidikan dan menghitung berapa kali kamu masuk dalam 1 semester, kemudian bagikan jumlah pembahasan yang ingin kamu bahas tersebut.

Baca juga
Belajar Digital Marketing dan Social Media Marketing

Untuk rekomendasi tempat download RPP 1 lembar terpercaya bisa mengunjungi website rppsmp.com yang merupakan website blogyang membahas semua Download RPP untuk SD/SMP/MTS/SMA/SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017/2018/2019/2020/2021 Semester 1 2 Lengkap dengan Promes Prota Silabus dan Perangkat Pembelajaran Lainnya .

2. Jangan Berfokus Pada RPP Sepenuhnya

Nah, loh?! Kok gitu?!? Secara sederhananya, rencana akan tetap menjadi rencana jika kita tidak mengamalkan atau mempraktikkannya secara langsung. Begitupun dengan RPP, maka ada kalanya situasi yang telah kita rencanakan menjadi tidak sesuai.

Seperti misalnya di awal 2020, kebanyakan guru sudah membuat RPP 1 lembar, tetapi pada akhirnya mereka pun harus mengubah strategi mereka di pertengahan tahun akibat menyebarnya covid-19 di Indonesia.

Cara Mengembangkan Rpp 1 Lembar

Para guru kemudian dituntut untuk lebih kreatif dalam memberikan pelajaran melalui online. Pendekatan yang dilakukan pun pastinya jauh berbeda.

Selain itu, di setiap kelas pasti memiliki tingkat kemajuan yang berbeda dalam memahami topik yang kita bahas. Ada beberapa diantaranya mampu mengerti hanya dalam kurun waktu 1 jam saja, tetapi ada pula anak-anak yang masih kebingungan untuk mencerna pelajaran kita sekalipun sudah dibahas 2 jam secara full.

Dengan begitu, akan sulit sekali bagi mereka melanjutkan ke pelajaran berikutnya di kelas mendatang. Maka dari itulah, itupun menjadi tugas kita sebagai pengajar dalam menangani hal klasik semacam itu.

3. Dapatkan Sumber Informasi Dimanapun dan Kapanpun

Jangan pernah kaku dalam mengembangkan RPP, bahkan jika bisa haruslah disesuaikan dengan zaman teknologi saat ini. Sudah bukan zamannya lagi menghafal dari buku, kini setiap siswa pasti memiliki telepon genggam yang tersambung dengan internet dan bisa bertanya ke mbah Google mengenai segala hal.

Fakta bahkan menyebutkan bahwa dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak pernah menghafal sesuatu, melainkan cenderung mengandalkan teknologi dimulai dari navigasi map, menjawab hal-hal sulit untuk dipecahkan, hingga hiburan.

Jika tidak disesuaikan, mungkin pendekatan kita terhadap dunia pendidikan tidak akan mengalami kemajuan sama sekali. Jadi kalau bisa, hindari memberikan tugas berupa kliping, menulis ulang pelajaran ke dalam buku, dan hal-hal kuno lainnya yang seringkali memberikan dampak hampir tak berarti di dunia belajar mengajar.

Baca juga
Manfaat Gadai BPKB Motor dan Mobil Dengan Amanah

4. Visualisasikan Proses Belajar Mengajar

Katanya imajinasi jauh lebih berharga daripada ilmu pengetahuan? Jadi, bagaimana kalau kita terapkan pula dalam dunia pendidikan.

Sebelum kamu benar-benar mengajar, pastikan kamu memvisualisasikan dan membayangkan terlebih dahulu proses pembelajaran tersebut berdasarkan RPP 1 lembar yang telah kamu download dan kembangkan sendiri.

Dengan begitu, kamu bisa lebih lancar dalam menyampaikan dan mampu mengevaluasi segala macam kebutuhan dan kekurangan yang seringkali muncul tanpa diduga-duga.

Dengan begitu, kamu bisa memiliki persiapan dalam mengajar murid-murid kita di tengah-tengah era modern saat ini, sehingga akan semakin efektif dan efisien dalam memberikan berbagai macam topik dan pembahasan yang ingin kita sampaikan kepada mereka.

Untuk rekomendasi tempat download RPP 1 lembar terpercaya bisa mengunjungi website rppsmp.com yang merupakan website blogyang membahas semua Download RPP untuk SD/SMP/MTS/SMA/SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017/2018/2019/2020/2021 Semester 1 2 Lengkap dengan Promes Prota Silabus dan Perangkat Pembelajaran Lainnya .

5/5 (1 Review)