Teknologi terbaru pada Robotik

Pertemuan beberapa teknologi canggih membawa era robotika semakin dekat ,lebih kecil, lebih murah, lebih praktis dan hemat biaya.

Ada 3 aspek dari robot yaitu kekuatan yang berkaitan dengan muatan fisik yang dapat dipindahkan oleh robot.struktur fisik robot relatif terhadap pekerjaan yang dilakukannya, ini menentukan ukuran dan berat robot dalam kaitannya dengan muatan fisiknya. Kecerdasan robot, apa yang dapat dipikirkan dan dilakukan secara mandiri, berapa banyak interaksi manual diperlukan.

Karena cara robot telah digambarkan dalam fiksi ilmiah, banyak orang berharap robot menjadi seperti manusia dalam penampilan. Tetapi sebenarnya apa yang tampak seperti robot lebih terkait dengan tugas atau fungsi yang dilakukannya. Banyak mesin yang tidak mirip manusia jelas dapat diklasifikasikan sebagai robot. Dan juga, beberapa robot yang tampak seperti manusia tidak jauh melampaui mekanisme mekanis, atau mainan.

Banyak robot awal adalah mesin besar, dengan kekuatan besar dan sedikit lainnya. Robot bertenaga hidraulik lama diturunkan ke tugas dalam kategori kusam, kotor, dan berbahaya. Kemajuan teknologi sejak implementasi industri pertama telah sepenuhnya merevisi kemampuan, kinerja dan manfaat strategis robot. Sebagai contoh, pada tahun 1980 robot beralih dari bertenaga hidraulik menjadi unit yang digerakkan secara listrik. Akurasi dan kinerja meningkat.

Teknologi terbaru pada Robotik

Robot industri sudah bekerja

Jumlah robot di dunia saat ini mendekati 1.000.000, dengan hampir setengahnya di Jepang dan hanya 15% di AS. Beberapa dekade yang lalu, 90% robot digunakan dalam pembuatan mobil, biasanya di jalur perakitan melakukan berbagai tugas berulang. Saat ini hanya 50% berada di pabrik mobil, dengan setengah lainnya tersebar di antara pabrik lain, laboratorium, gudang, pabrik energi, rumah sakit, dan banyak industri lainnya.

Baca juga >>
Review Handphone Samsung Galaxy A50s Terbaru

Robot digunakan untuk merakit produk, menangani bahan berbahaya, melakukan pengecatan semprot, memotong dan memoles, inspeksi produk. Jumlah robot yang digunakan dalam tugas beragam seperti membersihkan selokan, mendeteksi bom, dan melakukan operasi rumit semakin meningkat, dan akan terus tumbuh di tahun-tahun mendatang.

Kecerdasan robot

Bahkan dengan kecerdasan primitif, robot telah menunjukkan kemampuan untuk menghasilkan keuntungan yang baik dalam produktivitas, efisiensi, dan kualitas pabrik. Di luar itu, beberapa robot “paling pintar” tidak ada dalam manufaktur, mereka digunakan sebagai penjelajah luar angkasa, ahli bedah yang dioperasikan dari jarak jauh dan bahkan hewan peliharaan seperti anjing mekanik AIBO Sony. Dalam beberapa hal, beberapa aplikasi lain ini menunjukkan apa yang mungkin terjadi di lantai produksi jika pabrikan menyadari bahwa robot industri tidak harus dibaut ke lantai, atau terkendala oleh keterbatasan konsep permesinan.

Dengan kekuatan mikroprosesor dan teknik kecerdasan buatan yang meningkat pesat, robot telah secara dramatis meningkatkan potensi mereka sebagai alat otomatisasi yang fleksibel. Gelombang baru robotika ada dalam aplikasi yang menuntut kecerdasan canggih. Teknologi robot menyatu dengan beragam teknologi pelengkap, penglihatan mesin, kekuatan pengindraan sentuhan, pengenalan ucapan, dan mekanika canggih. Ini menghasilkan tingkat fungsionalitas baru yang menarik untuk pekerjaan yang sebelumnya tidak pernah dianggap praktis untuk robot.

Pengenalan robot dengan visi dan sentuhan terintegrasi secara dramatis mengubah kecepatan dan efisiensi sistem produksi dan pengiriman baru. Robot menjadi sangat akurat sehingga dapat diterapkan di mana operasi manual tidak lagi menjadi pilihan yang layak. Pembuatan semikonduktor adalah salah satu contohnya, di mana tingkat kualitas tinggi yang konsisten tidak dapat dicapai dengan manusia dan mekanisasi sederhana. Selain itu, keuntungan signifikan dicapai melalui memungkinkan pergantian produk yang cepat dan evolusi yang tidak dapat ditandingi dengan perangkat keras konvensional.

Baca juga >>
Nama Nama Mobile Legend keren Beserta Tipenya Yang Wajib Kamu ketahui

Meningkatkan Daya Saing

Seperti yang disebutkan, aplikasi robot berasal dari industri otomotif. General Motors, dengan sekitar 40-50.000 robot, terus memanfaatkan dan mengembangkan pendekatan baru. Kemampuan untuk membawa lebih banyak kecerdasan ke robot sekarang menyediakan opsi strategis baru yang signifikan. Harga mobil sebenarnya telah menurun selama dua hingga tiga tahun terakhir, sehingga satu-satunya cara agar produsen dapat terus menghasilkan keuntungan adalah dengan memangkas biaya struktural dan produksi.

Saat Perusahaan berencana Untuk membuat model mobil baru, ratusan juta dolar biasanya dimasukkan ke dalam fasilitas. Fokus teknologi manufaktur robot adalah meminimalkan investasi modal dengan meningkatkan fleksibilitas. Aplikasi robot baru sedang ditemukan untuk operasi yang sudah otomatis dengan peralatan khusus. Fleksibilitas robot memungkinkan operasi otomatis yang sama dilakukan lebih konsisten, dengan peralatan murah dan dengan keuntungan biaya yang signifikan.

Bantuan Robot

Arena pertumbuhan robotik utama adalah Intelligent Assist Devices (IAD) – operator memanipulasi robot seolah-olah itu adalah perpanjangan bionik anggota tubuh mereka sendiri dengan peningkatan jangkauan dan kekuatan. Ini adalah teknologi robotik, bukan pengganti untuk manusia atau robot, melainkan kelas baru produk bantuan ergonomis yang membantu mitra manusia dalam berbagai cara, termasuk bantuan daya, panduan gerak, pelacakan garis, dan otomatisasi proses.

IAD menggunakan teknologi robotika untuk membantu orang-orang produksi menangani bagian dan muatan yang lebih banyak, lebih berat, lebih baik, lebih cepat, dengan lebih sedikit tekanan. Menggunakan antarmuka manusia-mesin, operator dan IAD bekerja bersama-sama untuk mengoptimalkan gerakan pengangkatan, pemandu, dan pemosisian. Sensor, daya komputer, dan algoritme kontrol menerjemahkan gerakan tangan operator menjadi daya angkat super manusia.

Konfigurasi Robot Baru

Ketika implikasi teknologi dan ekonomi dari hukum Moore terus menggeser daya dan harga komputasi, kita harus mengharapkan lebih banyak inovasi, konfigurasi robot yang lebih hemat biaya, lebih banyak aplikasi di luar penekanan layanan “pelayan bodoh” tradisional.

Baca juga >>
Cara Cek Pengiriman J&T Express Dengan Nomor Resi

Perubahan terbesar dalam robot industri adalah bahwa mereka akan berkembang menjadi berbagai struktur dan mekanisme yang lebih luas. Dalam banyak kasus, konfigurasi yang berkembang menjadi sistem otomasi baru tidak akan langsung dikenali sebagai robot. Sebagai contoh, robot yang mengotomatisasi pembuatan semikonduktor sudah terlihat sangat berbeda dari yang digunakan di pabrik otomotif.

Kita akan melihat hari ketika ada lebih banyak jenis robot perkakas yang dapat diprogram dari semua robot tradisional yang ada di dunia saat ini. Ada perubahan besar yang datang, potensi ini penting karena robot segera akan menawarkan tidak hanya peningkatan efektivitas biaya, tetapi juga keuntungan dan operasi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Visi Mendatang

Terlepas dari keinginan para peneliti robot untuk meniru penampilan dan kecerdasan manusia, itu tidak terjadi. Kebanyakan robot masih tidak bisa melihat, pengenalan objek yang fleksibel dan cepat masih belum cukup dapat dicapai. Dan ada sangat sedikit contoh bipedal, robot berjalan lurus seperti Honda P3, yang sebagian besar digunakan untuk penelitian atau demonstrasi sampel.

Sejumlah kecil robot industri terintegrasi dengan sistem visi mesin, itulah sebabnya ini disebut visi mesin daripada visi robot. Pengadopsi visi mesin awal membayar harga yang sangat tinggi, karena keahlian teknis yang diperlukan untuk “mengubah” sistem tersebut. Misalnya, pada pertengahan 1980-an, sistem manufaktur yang fleksibel dari Cincinnati Milacron mencakup sistem panduan visi $ 900.000. Pada tahun 1998 harga rata-rata telah jatuh ke $ 40.000, dan harga terus menurun.

Saat ini, sensor penglihatan pencocokan pola sederhana dapat dibeli di bawah $ 2.000 dari Cognex, Omron dan lainnya. Pengurangan harga mencerminkan pengurangan biaya komputasi saat ini, dan pengembangan fokus sistem visi untuk pekerjaan tertentu seperti inspeksi.

Baca juga >>
Cara Mengatasi “Aw, Snap! Something Went Wrong While Displaying This Webpage” Di Google Chrome

Robot sudah digunakan di mana-mana

Penjualan robot industri telah naik ke tingkat rekor dan mereka memiliki potensi besar, yang belum dimanfaatkan untuk pekerjaan rumah tangga seperti memotong rumput dan menyedot debu karpet. Tahun lalu 3.000 robot bawah laut, 2.300 robot pembongkaran dan 1.600 robot bedah sedang beroperasi. Peningkatan besar diperkirakan untuk robot domestik untuk pembersihan vakum dan pemotongan rumput, meningkat dari 12.500 pada tahun 2000 menjadi hampir 500.000 pada akhir tahun 2004. Robot pembersih lantai Roomba milik IBot sekarang tersedia dengan harga di bawah $ 200,00.

Dalam bangun dari ketakutan anthrax baru-baru ini, robot semakin banyak digunakan dalam aplikasi penyortiran pos. Memang, ada potensi besar untuk memekanisasi layanan pos AS. Sekitar 1.000 robot dipasang tahun lalu untuk mengurutkan parsel dan layanan pos AS memperkirakan bahwa ia berpotensi menggunakan hingga 80.000 robot untuk menyortir.

Lihatlah “robot” di sekitar kita hari ini: pompa bensin otomatis, ATM bank, jalur checkout mandiri – mesin yang sudah menggantikan banyak pekerjaan servis.

Maju cepat beberapa dekade lagi. Tidak diperlukan lompatan besar keyakinan untuk membayangkan bagaimana kemajuan dalam pemrosesan gambar, kecepatan mikroprosesor, dan simulasi manusia dapat mengarah pada otomatisasi pekerjaan yang paling membosankan, kecerdasan rendah, dan bergaji rendah.

Demikianlah artikel terbaru mengenai Teknologi terbaru pada Robotik, semoga bisa manambah wawasan anda tentang dunia robotik.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !