Tau gak sih tempat wisata Raja Ampat bagaikan surga kecil yang jatuh ke bumi, pemandangan yang elok laut lepas dengan berhiaskan pulau-pulau karang yang tersusun rapih, lumba-lumba yang berloncatan menambah ke elokan.

Raja Ampat berlokasi di provinsi Papua Barat, merupakan kepulauan yang terdiri dari banyak pulau karang yang tersebar luas di seluruh wilayahnya. Asal mula nama Raja Ampat menurut legenda masyarakat setempat berasal dari seorang wanita yang menemukan tujuh telur.

Empat telur menetas menjadi empat orang pangeran dan masing-masing menjadi raja di wilayah Waigeo, Selawati Misool Timur dan Misool Barat, sementara itu telur yang lainnya menjadi hantu, seorang wanita dan sebuah batu.

Sungguh Elok Pemandangan di Raja Ampat

Keindahan Raja Ampat merupakan surga dunia yang memanjakan setiap pengunjung di wilayah bagian timur indonesia. Disana terdapat 75% spesies terumbu karang dunia berada dikepulauan ini. Anda bisa cek paket tour raja ampat disini.

Raja Ampat juga memiliki 1318 jenis ikan yang hidup diwilayahnya dan 699 moluska, Raja Ampat memiliki sejuta keindahan yang tidak terbatas dengan laut yang indah dan pulau-pulau kecil yang memanjakan mata para pengunjungnya.

1. Pulau Wayag Raja Ampat

Kepulauan ini diketahui berada di jantung segitiga terumbu karang dunia. Tak heran Raja Ampat memiliki julukan sebagai “Pabrik Spesies” karena menjadi pusat keanekaragaman hayati. Raja Ampat memiliki  keanekaragaman geologi yang didominasi oleh batu kapur.

Salah satu ikon dari tempat ini adalah Wayag. Wayag merupakan jejeran batu karang yang ditumbuhi pepohonan hijau yang menyebar di sekitarnya.

Pulau Wayag Raja Ampat 815x484 1

Pemandangan yang luar biasa inilah yang menjadikan Raja Ampat menjadi tempat wisata yang mendunia. Banyak turis dari luar mau pun dalam negeri tak pernah melewatkan untuk berfoto berlatarkan gugusan batu karang ini.

Keindahan alam bawah laut Raja Ampat membuat banyak wisatawan tak ingin ketinggalan menyaksikan secara langsung dengan cara meyelam ke dalam laut. Spot terbaik jika ingin menyelam diantaranya Yenbuba, Dinding Friwen dan masih banyak lagi.

 

2. Bukit Pianemo Raja Ampat

Raja Ampat juga memiliki pemandangan daratan yang tidak kalah indah dengan pemandangan alam bawah lautnya, Bukit Pianemo salah satunya bukit ini bayak dikunjungi wisatawan, puncak bukit Piyanemo berada diketinggian sekitar 600 meter diatas permukaan laut.

Untuk sampai keatas bukit para pengunjung harus menaiki ratusan anak tangga, namun perjalanan melelahkan menaiki anak tangga akan terbayarkan dengan melihat pemandangan yang elok dari atas bukit, disana terdapat balkon yang menghadap lansung ke gugus pulau Karst.

Bukit Pianemo Raja Ampat 815x521 1

Pemandangan yang begitu menakjubkan akan terlihat sangat jelas laut yang membentang biru dengan pulau-pulau karang yang begitu memanjakan mata . Saat yang tepat untuk mendatangi Pianemo adalah diwaktu pagi. Selain karena cuaca yang tidak terlalu terik, keindahan pianemo yang dimandikan cahaya mentari pagi menjadi alasan tersendiri.

 

3. Telaga Bintang Star Lagoon

Sungguh Elok Pemandangan di Raja Ampat. Tak jauh dari bukit Pianemo terdapat juga telaga bintang atau Star Lagoon yang tak kalah menakjubkan telaga ini lokasinya terdapat dilaut lepas. Perjalanan menuju telaga bintang  hanya memakan waktu kurang lebih 5-10 menit dari Pianemo

Jika dilihat dari ketinggian bentuk perairan telaga bintang mirip seperti sebuah bintang dan jernihnya perairan telaga bintang yang berwarna hijau tosca menambah keelokannya. Perairan ini memiliki kedalaman tidak mencapai lima meter.

Telaga Bintang Star Lagoon 815x507 1

Hal ini membuat ekosistem bawah lautnya dapat terlihat jelas, batu karang dari bawah laut dapat terlihat bertebaran dari puncak telaga bintang. Wisatawan yang berkunjung juga dapat menyelami keindahan alam bawah laut Star Lagoon.

Selain keindahan bawah laut yang menakjubkan air yang jernih juga dapat menyegarkan. Dalam kondisi tertentu di tempat ini akan muncul beberapa penyu dan bayi hiu yang berkeliling di tempat ini.

 

4. Puncak Harfat Raja Ampat

Ada juga bukit yang bernama Puncak Harfat , nama Harfat adalah gabungan dari nama pasangan harun dan fatimah. Kedua orang inilah yang menemukan Puncak Harfat yang tak kalah hits sampai ke ujung dunia.

Akses jalan menuju Puncak Harfat ini menggunakan tangga kayu sampai puncaknya. Ditempat ini banyak menawarkan spot hiburan yang luar biasa, selain melihat pemandangan laut dari atas puncak, ada sebuah gua yang memiliki ukiran berlafalkan Allah.

Puncak Harfat Raja Ampat 815x493 1

Menurut beberapa warga setempat yang tinggal disana, ukiran ini terbentuk secara alami. Gua ini dinamai gua keramat oleh warga setempat dan ada larangan ketika masuk ke gua ini pengunjung tidak diperbolehkan berbisik dan mengucapkan kata-kata kotor dan jelek.

 

5. Love Lagoon Raja Ampat

Keindahan Raja Ampat lainnya adalah Love Lagoon, Love Lagoon berlokasi di distrik Misool. Laguna cantik nan indah dikenal oleh masyarakat lokal setempat sebagai Telaga Karwapop.

Sesuai dengan namanya laguna ini memiliki bentuk menyerupai hati dengan air yang berwarna biru jerni, hal inilah yang membuat tempat ini dinamakan dengan Love Lagoon Karwapop atau Telaga Cinta Karwapop. Sungguh Elok Pemandangan di Raja Ampat bukan?

Love Lagoon Raja Ampat 815x484 1

Selain suasananya lebih tenang kawasan ini belum banyak terjamah oleh wisatawan turis. Love Lagoon terbentuk oleh abrasi laut yang terjadi puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu, cara menikmati Love Lagoon kita bisa menaiki bukit diatasnya dan akan terlihat betapa menakjubkannya lagunan yang berbentuk hati.

Selain menikmati Love Lagoon dari atas kita juga bisa berenang bersama ubur-ubur dan jangan khawatir ubur-ubur yang terdapat di sana bukan jenis ubur-ubur yang berbahaya dan menyengat.

Selain pemandangan Love Lagoon yang sangat elok Misool juga menyimpan banyak misteri, terdapat lukisan prasejarah yang konon diyakini dibuat oleh telapak tangan manusia purba sehingga ceruk tebing itu dinamai Gua Telapak Tangan, warna lukisan itu berwarna merah kecoklatan selain gambar telapak tangan terdapat juga lukisan perahu, ikan dan bentuk lainnya.

 

6. Pasir Timbul Raja Ampat

Sungguh Elok Pemandangan di Raja Ampat. Raja Ampat memiliki pasir putih yang menawan salah satunya adalah pulau Pasir Timbul, seperti halnya pulau pasir lainnya hamparan pasir putih berkilauan akan menjadi momen yang indah untuk berfoto.

Pasir Timbul Raja Ampat 815x465 1

Beralih dari laut kita juga dapat mengunjungi air terjun yang tidak kalah indahnya yang terdapat di pulau Batanta.

 

7. Pulau Batanta Raja Ampat

Pulau Batanta merupakan salah satu pulau besar di kepulauan Raja Ampat, dimana pulau ini sering tertutup kabut air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 10 meter yang membuat air terjun ini begitu megah nan indah.

Kesejukan airnya dapat kita rasakan dengan berenang di kolam alami yang terletak dibawah air terjunnya, kesegaran air yang sangat sejuk dan bersih dapat kita rasakan dengan sekedar berenang dan berendam disana.

Pemandangan air terjun ini sangat indah dengan adanya bebatuan yang ada disekitarnya, ada keunikan lainnya disini yaitu terdapat sebuah gua kecil yang terletak di balik air terjun tersebut.

Para pengunjung dapat memasuki gua tersebut dan dapat terlihat kucuran air terjun dibalik tirai air, dan jika beruntung kita dapat menyksikan pelangi yang indah karena dilokasi tersebut jarang terjadi hujan sehingga terjadi pembiasan air dari teriknya matahari yang menyengat hingga membentuk pelangi yang indah.

Pulau Batanta Raja Ampat 815x489 1

Air terjun di pulau Batanta ini disebut dengan kawasan tersembunyi, belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaanya dikarenakan untuk mencapai kawasan ini tidaklah begitu mudah, medan jalan yang berat harus dilalui sehingga dibutuhkan kondisi fisik serta mental yang kuat karena kita akan trekking kepedalaman hutan.

Namun perjalanan menuju kesana tidak akan membosankan, karena disepanjang jalan kita disuguhi keindahan alam yang begitu memukau terlebih udara disana masih sejuk, kita akan merasakan kesegaran udara yang luar biasa yang tidak akan didapatkan di tempat manapun.

Jarak yang harus dilalui sekitar satu kilometer dari desa terdekat di pulau itu, namun tidak sedikit wisatawan yang rela menjelajah demi menemukan keindahan yang tersembunyi di pulau Batanta. Di pulau Batanta juga terdapat 90 spesies tumbuhan anggrek yang tumbuh dilokasi tersebut bahkan lebih banyak diperkirakan.

Diketahui tumbuhan anggrek banyak tumbuh di tanah Papua sekitar 3000 jenis tanaman anggrek bisa dijumpai, namun spesies anggrek yang berada di pulau Batanta memiliki warna, bentuk dan ukuran yang berbeda sehingga dapat diidentifikasi dan diklarifikasikan sebagai spesies yang unik dan tidak dapat disamakan dengan spesies anggrek lainnya yang berada dipulau besar Papua maupun wilayah indonesia.

Sebagai contoh kita dapat menjumpai salah satu anggrek yang menawan adalah anggrek biru Dendrobium Azureum, warna biru pada anggrek ini sangat jarang dijumapi pada tumbuhan anggrek lainnya.

Yang membuatnya istimewa adalah anggrek biru ini sempat dinyatakan punah karena tidak ada catatan baru selama 75 tahun, dan baru pada tahun 2013 ditemukan kembali, menakjubkan bukan?

 

8. Air Terjun Kiti-Kiti

Keindahan air terjun yang tersembunyi selanjutnya yaitu air terjun Kiti-Kiti. Air terjun ini memiliki nama yang begitu unik, selain nama yang unik air terjun ini memberikan sensasi yang luar biasa indahnya karen air terjun yang satu ini secara langsung mengalir kelaut lepas tidak seperti air terjun pada umumnya.

Destinasi wisata ini berlokasi dikawasan Fak Fak, disini kita bisa menikmati dua objek wisata sekaligus yaitu wisata pantai dan air terjun.

Air Terjun Kiti Kiti 815x545 1

Sungguh Elok Pemandangan di Raja Ampat. Air terjun Kiti-Kiti tidak hanya punya keindahan air terjunya saja disekelilingnya terhampar pemandangan pegunungan hutan hujan tropis dengan pantai yang berairkan jernih nan biru, tak kalah menarik keindahan bawah lautnya sangat indah, karena disepanjang perjalanan menuju kesana kita disuguhi pemandangan beberapa spesies terumbu karang yang beranekaragam dan berbagai jenis ikan.

Bagi yang hobby memancing boleh sekali kita memancing disana selain memancing kita juga dapat melakukan aktivitas lainnya seperti berkemah, snorkeling dan diving untuk menikmati keindahan alam bawah lautnya.

Untuk menuju kesana kita bisa menempuh perjalanan dengan jalur laut sekitar 4 jam lamanya, perjalanan dimulai dari pelabuhan FakFak.

Disana tersedia spead boat yang bisa ditumpangi namun biaya menyewanya cukup terbilang mahal dengan merogoh kocek sekitar Rp.3.500.000, akan tetapi sangat sebanding dengan suguhan pemandangan dan keindahan yang akan kita dapatkan.

Daya Tarik Raja Ampat

Berikut adalah beberapa alasan mengapa sungguh elok pemandangan di Raja Ampat dan menjadi destinasi wisata terbaik yang bisa Anda kunjungi.

1. Gugusan karang terlengkap

Raja ampat memiliki gugusan karang terlengkap, ada sekitar 75% dari seluruh spesies karang dunia terdapat di pulau ini. Di dalam lautnya terdapat 540 karang keras, 1000 ikan karang, 700 moluska dan 90% terumbu karang. Jika kita mempunyai hobby snorkling maka tempat inilah surganya.

2. Flora dan Fauna Terlengkap

Ada banyak fauna yang pastinya jarang kita temui seperti burung cendrawasih, kaka tua, inaelo, waigelo, dan lain-lain. Kita juga akan banyak menemui tanaman anggrek yang jarang sekali ditemui di tempat-tempat lain.

3. Spot Diving Terbaik

Keindahan bawah lautnya yang sangat amat mengagumkan menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara, ribuan ikan akan memukaumu saat masuk ke dalam lautan.

4. Pulau indah di Raja Ampat

Pemandangan alam berwarna hijau, pepohonan dikombinasikan dengan air laut yang biru muda yang jernih sangat memanjakan mata para pengunjungnya. Pesona alam Raja Ampat sangatlah menakjubkan. Pulau salawati salahsatunya menawarkan keindahan alam yang amat menawan. Dipulau itu kita dapat melakukan diving dan melihat sisa-sisa kapal perang dunia kedua. Terdapat dermaga kecil yang menarik untuk sekedar berfoto-foto.

5. Tempat eksotis

Ada banyak tempat wisata Raja ampat yang eksotis dan cocok untuk beromantis bersama pasangan. Anda bisa mengunjungi Love Lagoon, Pulau Ayau, Pantai Jam, Pantai Daram dan masih banyak lagi

6. Souvenir dan Kuliner Unik

Liburan ke Raja Ampat, tak lengkap tanpa membawa pulang oleh-oleh, melancong ke tempat wisata rasanya kurang bila tak membawa buah tangan untuk keluarga di rumah.

Cindramata yang khas dari Raja Ampat adalah tas noken dan juga topi durian. Selain itu minyak VCO juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Raja Ampat yang mempunyai khasiat yang sangat banyak.

Selain itu kuliner yang unik juga menjadi makanan khas Raja Ampat sangat disayangkan jika terlewatkan. Berbagai kue dan makanan yang diganti bahan dasarnya dari tepung terigu menjadi tepung sagu khas papua.

Beberapa contoh masakan khas Raja Ampat adalah cacing laut goreng yang sangat gurih rasanya makanan ini diolah dari bahan dasar cacing laut yang digoreng sampai kering menyerupai keripik.

Makanan lain yang cukup terkenal di Raja Ampat dan berbahan dasar ikan laut adalah sup kuning. Masakan ini terkenal bukan hanya di wilayah Raja Ampat saja namun juga hampir disetiap pesisir pantai Papua Barat.

7. Mempunyai kebudayaan yang unik

Kepulauan ini juga mempunyai kebudayaan yang unik yang mampu menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara.

Salah satunya desa wisata yang bernama Arobek, walaupun terletak di desa yang sangat terpencil namun kesenian disana cukup beragam dimuali dari tarian dan juga kerajinan dari anyaman bambu.

Berbicara tentang keelokan Raja Ampat memang tidak ada habisnya, Raja Ampat bagaikan surga yang jatuh dibagian belahan indonesia timur memang benar adanya, destinasi-destinasi wisatanya sangat begitu menarik untuk dikunjungi dan mampu memanjakan para wisatawan baik luar maupun dalam negri.

Berlibur di Raja Ampat memang tepat, selain wisata baharinya yang cantik ditambah pemandangan bawah laut yang indah. Setiap pengunjung yang datang dipastikan akan merasa lega yang pasti akan merasa begitu berkesan dan menyenangkan berlibur di Raja Ampat.

Tak hanya tempat-tempat yang indah Raja Ampat juga memiliki fasilitas yang sangat memadai agar para pengunjung merasakan kenyamanan saat berlibur , fasilitas yang begitu lengkap seperti penginapan, wahana bermain, peralatan wisata, tour guide,tempat makan dan lain-lain. Sehingga para pengunjung tidak perlu khawatir lagi.

Transportasi menuju Raja Ampat juga sudah sangat aman, kita bisa memilih apakah akan menggunakan perjalanan menggunakan jalur udara atau jalur darat.

Raja Ampat Holidays sebagai objek wisata bahari yang menghadirkan spot foto selfie yang banyak serta panorama laut dan bentuk batu karang yang unik dan keren mirip sekali dengan pegunungan.

Demikian pembahasan mengenai Sungguh Elok Pemandangan di Raja Ampat