Strategi Pemasaran Media Sosial untuk Promosi Produk

Di zaman modern saat ini, melakukan pemasaran dari satu rumah ke rumah lainnya cenderung tidak begitu efektif untuk dilakukan. Selain bisa menguras banyak tenaga, juga bisa dianggap mengganggu jika orang yang ditawari tidak begitu suka atau tertarik dengan produk yang kita tawarkan.

Berbeda dengan pemasaran media sosial, promosi sebuah produk bisa begitu efektif dan efisien berkali-kali lipat jika dibandingkan dengan sistem pemasaran konvensional biasa. Anda bisa menggunakan sosial media marketer untuk promosi yang lebih cepat.

Bahkan banyak orang yang mengaku bahwa media sosial memberikan dampak begitu besar bagi penjualan dan aktivitas promosi mereka dalam memperkenalkan merk tertentu, sehingga bisa menciptakan brand awareness diantara orang-orang yang sudah ditarget sebelumnya.

Keuntungan Menggunakan Pemasaran Via Medsos

Dulu kegiatan pemasaran yang biasanya dilakukan selama berjam-jam setiap hari, kini bisa dilakukan dengan cepat dan mudah melalui media sosial. Saking efektifnya, rata-rata para pemasar online hanya menghabiskan waktu sekitar 6 jam per minggu untuk promosi.

Dengan terpangkasnya waktu yang dibutuhkan untuk berpromosi, maka kamu bisa mengalokasikan sisa waktu tersebut ke hal lain. Tak ayal pemasaran online bisa mendatangkan berbagai macam keuntungan buat siapa saja yang melakukannya secara konsisten.

Strategi Pemasaran Media Sosial

Beberapa manfaat yang bisa kamu petik diantaranya adalah:

  • Meningkatkan Brand Awareness. Secara sederhananya, brand awareness merupakan sebuah efek dimana seseorang mengenal merk atau produk kita dan membekas di ingatan mereka. Seperti misalnya, orang sudah tak asing lagi saat mendengar merk Indomie, Coca Cola, Ciptadent, Sozis, dan lain sebagainya. Melalui medsos, kita pun mencoba memperkenalkan merk produk kita agar lebih dikenal publik.
  • Banyak Visitor yang Masuk. Katakanlah kamu menyertakan alamat website pribadi di setiap postingan, maka bisa memberikan visitor secara natural.
  • Meningkatkan website di SERP. Social signal sudah menjadi salah satu bagian dari SEO. Bahkan bisa termasuk ke dalam backlinking.
  • Meningkatkan Konversi. Percuma jika banyak pengunjung tapi pada akhirnya tidak menghasilkan konversi. Salah satu hal terpenting dari promosi adalah membuat visitor menjadi pembeli, dan melalui medsos bisa dilakukan dengan mudah berkat pengunjung yang sudah tertarget.
  • Meningkatkan Loyalitas Sebuah Merk. Seorang pelanggan biasanya akan semakin loyal saat kamu berhasil melakukan interaksi langsung dengan mereka. Ingat, mendapatkan pelanggan yang loyal adalah tujuan dari semua perusahaan.
  • Meningkatkan Kepercayaan. Semakin merk produk kamu dikenal oleh masyarakat, maka otoritas atau tingkat kepercayaannya akan semakin tinggi.
  • Menghemat Biaya. Silahkan bandingkan dengan biaya iklan di TV dan Youtube. Silahkan bandingkan pula biaya banner di jalan utama dengan postingan facebook. Sudah pasti pemasaran media sosial jauh lebih murah.
Baca juga
10 usaha yang menjanjikan dengan modal kecil 2018

Jadi sudah jelas jika media sosial marketing jauh lebih efektif dan mendatangkan banyak manfaat jika dibandingkan dengan pemasaran via flatform manapun.

Layanan jejaring sosial sendiri bisa menyediakan perangkat yang dapat diakses dengan mudah oleh banyak orang, yang mana sebagian besar adalah remaja dan dewasa muda. Tentunya usia tersebut merupakan masanya dalam melakukan banyak hal, termasuk berbelanja.

Dengan kata lain, pemasaran media sosial dapat membuat aktivitas promosi kamu menjadi jauh lebih tertarget. Apalagi di beberapa flatform tertentu sudah disediakan fitur-fitur yang memungkinkan kamu untuk menyasar segmentasi pasar tertentu. Benar-benar praktis, kan?

Pentingnya Media Sosial untuk Promosi

Media sosial terbuka untuk semua orang, sehingga memberikan peluang bisnis yang begitu melimpah bagi para pelakunya. Dikarenakan setiap flatform akan meminta kita untuk mengisi data pribadi sesaat sebelum mendaftar, maka data tersebut pun akan mereka gunakan agar para pemasar media sosial bisa mendapatkan calon konsumen yang benar-benar tertarget.

Tak hanya itu saja, beberapa flatform juga akan membaca history dan cookie dari setiap penggunanya sehingga membantu kita dalam menarget audience secara lebih spesifik lagi.

Alhasil, kita pun akan merasa lebih terbantu saat ingin melakukan pemasaran produk kepada calon konsumen tertentu. Belum lagi tingkat interaksinya yang bisa kita lihat secara live time, termasuk target audiens, suka, tidak suka, komentar, dan minat mereka di saat yang bersamaan.

Pentingnya Media Sosial Untuk Promosi

Fitur-fitur ini tentunya bisa membantu kita dalam mengolah informasi, terutama dalam melihat kebutuhan pasar mengenai produk yang kita tawarkan.

Tak perlu dielakkan lagi jika media sosial kini menjadi salah satu aspek terpenting dari pemasaran digital online yang memberikan berbagai macam manfaat luar biasa, karena kemampuannya dalam menjangkau jutaan pelanggan di seluruh dunia.

Dengan kata lain, siapapun target pelanggan kamu, dari negara manapun mereka berasal, berapapun uasia mereka, sudah pasti bisa dikelompokkan secara otomatis oleh flatform media sosial tertentu.

Strategi Pemasaran Media Sosial untuk Promosi Produk

Dimulai dari game hingga bisnis pastinya membutuhkan strategi dalam menjalankannya, begitupun saat kamu ingin memulai pemasaran melalui media sosial.

Baca juga
10 Cara Memulai Bisnis Travel Wisata Dengan Mudah 2018

Tanpa strategi yang mumpuni, maka kamu bisa kalah di medan perang, bahkan sebelum pertempuran itu sendiri dimulai.

Ada beberapa tips dan trik saat memulai media sosial marketing, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Beri pembelajaran gratis. Ini khusus buat kamu yang memiliki produk jasa berupa edukasi. Misalnya, kamu memiliki tempat kursusan bahasa asing, maka jangan terus-menerus promosi tentang tempat kursusan kamu, melainkan memberikan pembelajaran secara gratis. Ini ditujukan untuk memberikan brand awareness dari tempat kursusan yang tengah kamu jalani.
  • Buat Tips dan Trik. Misalnya produk kamu adalah sabun pencuci muka, maka secara rutin kamu harus memberikan tips dan trik bagaimana merawat muka secara alami, kemudian bisa kamu sisipkan produk tersebut setelahnya.
  • Intinya, Jaring Semua Pelanggan Terlebih Dahulu. Mustahil bisa dilakukan jika isi dari postingan kamu berupa promosi terus-menerus. Untuk menjaring calon pelanggan yang tertarget, maka lakukan 2 langkah di atas secara konsisten. Setelah semua terkumpul, maka kamu memiliki data calon pelanggan yang begitu sangat berharga untuk diolah nantinya.
  • Gunakan Influencer. Sekali-kali keluarkan isi dompet kamu untuk menggunakan influencer. Tergantung dari follower atau subscriber yang mereka miliki, harganya pun cenderung berbeda. Pastikan pula kamu melakukan analisa mengenai tipe follower yang mereka miliki.
  • Posting Berkala dan Teratur. Ada kalanya para pembaca kita online di jam-jam tertentu, sehingga kita pun harus menyesuaikan diri dengan mereka – dan bukan sebaliknya. Misalnya, obat insomnia bisa kamu posting di jam-jam larut malam, dan lain sebagainya. Tetapi rata-rata pengguna medsos cenderung online pada jam 4 sore hingga 12 malam.
  • Gunakan Fitur Live Streaming. Ini memungkinkan kamu semakin dekat dengan pelanggan kamu.
  • Hindari Penggunaan Bot Berlebihan. Intinya, jangan sampai melakukan spam karena bisa menggangu pembaca dan follower kita. Bisa-bisa mereka pada kabur dan membuat brand produk kita menjadi jelek di mata mereka.

Jika dilihat dari keseluruhan, pemasaran media sosial ini sangat cocok buat kamu yang memiliki hobi atau kemampuan di bidang teknis. Pasalnya, kamu akan berhadapan langsung dengan data-data yang bisa kamu olah dari waktu ke waktu.

Baca juga
Tips Cara Ampuh dan Cepat Mengatasi Google Sandbox
5/5 (1 Review)