Di zaman modern saat ini, melakukan pemasaran dari satu rumah ke rumah lainnya cenderung tidak begitu efektif untuk dilakukan. Selain bisa menguras banyak tenaga, juga bisa dianggap mengganggu jika orang yang ditawari tidak begitu suka atau tertarik dengan produk yang kita tawarkan.

Berbeda dengan pemasaran media sosial, promosi sebuah produk bisa begitu efektif dan efisien berkali-kali lipat jika dibandingkan dengan sistem pemasaran konvensional biasa. Anda bisa menggunakan sosial media marketer untuk promosi yang lebih cepat.

Bahkan banyak orang yang mengaku bahwa media sosial memberikan dampak begitu besar bagi penjualan dan aktivitas promosi mereka dalam memperkenalkan merk tertentu, sehingga bisa menciptakan brand awareness diantara orang-orang yang sudah ditarget sebelumnya.

Keuntungan Menggunakan Pemasaran Via Medsos

Dulu kegiatan pemasaran yang biasanya dilakukan selama berjam-jam setiap hari, kini bisa dilakukan dengan cepat dan mudah melalui media sosial. Saking efektifnya, rata-rata para pemasar online hanya menghabiskan waktu sekitar 6 jam per minggu untuk promosi.

Dengan terpangkasnya waktu yang dibutuhkan untuk berpromosi, maka kamu bisa mengalokasikan sisa waktu tersebut ke hal lain. Tak ayal pemasaran online bisa mendatangkan berbagai macam keuntungan buat siapa saja yang melakukannya secara konsisten.

Strategi Pemasaran Media Sosial

Beberapa manfaat yang bisa kamu petik diantaranya adalah:

  • Meningkatkan Brand Awareness. Secara sederhananya, brand awareness merupakan sebuah efek dimana seseorang mengenal merk atau produk kita dan membekas di ingatan mereka. Seperti misalnya, orang sudah tak asing lagi saat mendengar merk Indomie, Coca Cola, Ciptadent, Sozis, dan lain sebagainya. Melalui medsos, kita pun mencoba memperkenalkan merk produk kita agar lebih dikenal publik.
  • Banyak Visitor yang Masuk. Katakanlah kamu menyertakan alamat website pribadi di setiap postingan, maka bisa memberikan visitor secara natural.
  • Meningkatkan website di SERP. Social signal sudah menjadi salah satu bagian dari SEO. Bahkan bisa termasuk ke dalam backlinking.
  • Meningkatkan Konversi. Percuma jika banyak pengunjung tapi pada akhirnya tidak menghasilkan konversi. Salah satu hal terpenting dari promosi adalah membuat visitor menjadi pembeli, dan melalui medsos bisa dilakukan dengan mudah berkat pengunjung yang sudah tertarget.
  • Meningkatkan Loyalitas Sebuah Merk. Seorang pelanggan biasanya akan semakin loyal saat kamu berhasil melakukan interaksi langsung dengan mereka. Ingat, mendapatkan pelanggan yang loyal adalah tujuan dari semua perusahaan.
  • Meningkatkan Kepercayaan. Semakin merk produk kamu dikenal oleh masyarakat, maka otoritas atau tingkat kepercayaannya akan semakin tinggi.
  • Menghemat Biaya. Silahkan bandingkan dengan biaya iklan di TV dan Youtube. Silahkan bandingkan pula biaya banner di jalan utama dengan postingan facebook. Sudah pasti pemasaran media sosial jauh lebih murah.

Jadi sudah jelas jika media sosial marketing jauh lebih efektif dan mendatangkan banyak manfaat jika dibandingkan dengan pemasaran via flatform manapun.

Layanan jejaring sosial sendiri bisa menyediakan perangkat yang dapat diakses dengan mudah oleh banyak orang, yang mana sebagian besar adalah remaja dan dewasa muda. Tentunya usia tersebut merupakan masanya dalam melakukan banyak hal, termasuk berbelanja.

Dengan kata lain, pemasaran media sosial dapat membuat aktivitas promosi kamu menjadi jauh lebih tertarget. Apalagi di beberapa flatform tertentu sudah disediakan fitur-fitur yang memungkinkan kamu untuk menyasar segmentasi pasar tertentu. Benar-benar praktis, kan?

Pentingnya Media Sosial untuk Promosi

Media sosial terbuka untuk semua orang, sehingga memberikan peluang bisnis yang begitu melimpah bagi para pelakunya. Dikarenakan setiap flatform akan meminta kita untuk mengisi data pribadi sesaat sebelum mendaftar, maka data tersebut pun akan mereka gunakan agar para pemasar media sosial bisa mendapatkan calon konsumen yang benar-benar tertarget.

Tak hanya itu saja, beberapa flatform juga akan membaca history dan cookie dari setiap penggunanya sehingga membantu kita dalam menarget audience secara lebih spesifik lagi.

Alhasil, kita pun akan merasa lebih terbantu saat ingin melakukan pemasaran produk kepada calon konsumen tertentu. Belum lagi tingkat interaksinya yang bisa kita lihat secara live time, termasuk target audiens, suka, tidak suka, komentar, dan minat mereka di saat yang bersamaan.

Pentingnya Media Sosial Untuk Promosi

Fitur-fitur ini tentunya bisa membantu kita dalam mengolah informasi, terutama dalam melihat kebutuhan pasar mengenai produk yang kita tawarkan.

Tak perlu dielakkan lagi jika media sosial kini menjadi salah satu aspek terpenting dari pemasaran digital online yang memberikan berbagai macam manfaat luar biasa, karena kemampuannya dalam menjangkau jutaan pelanggan di seluruh dunia.

Dengan kata lain, siapapun target pelanggan kamu, dari negara manapun mereka berasal, berapapun uasia mereka, sudah pasti bisa dikelompokkan secara otomatis oleh flatform media sosial tertentu.

Strategi Pemasaran Media Sosial untuk Promosi Produk

Dimulai dari game hingga bisnis pastinya membutuhkan strategi dalam menjalankannya, begitupun saat kamu ingin memulai pemasaran melalui media sosial.

Tanpa strategi yang mumpuni, maka kamu bisa kalah di medan perang, bahkan sebelum pertempuran itu sendiri dimulai.

Ada beberapa tips dan trik saat memulai media sosial marketing, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Beri pembelajaran gratis. Ini khusus buat kamu yang memiliki produk jasa berupa edukasi. Misalnya, kamu memiliki tempat kursusan bahasa asing, maka jangan terus-menerus promosi tentang tempat kursusan kamu, melainkan memberikan pembelajaran secara gratis. Ini ditujukan untuk memberikan brand awareness dari tempat kursusan yang tengah kamu jalani.
  • Buat Tips dan Trik. Misalnya produk kamu adalah sabun pencuci muka, maka secara rutin kamu harus memberikan tips dan trik bagaimana merawat muka secara alami, kemudian bisa kamu sisipkan produk tersebut setelahnya.
  • Intinya, Jaring Semua Pelanggan Terlebih Dahulu. Mustahil bisa dilakukan jika isi dari postingan kamu berupa promosi terus-menerus. Untuk menjaring calon pelanggan yang tertarget, maka lakukan 2 langkah di atas secara konsisten. Setelah semua terkumpul, maka kamu memiliki data calon pelanggan yang begitu sangat berharga untuk diolah nantinya.
  • Gunakan Influencer. Sekali-kali keluarkan isi dompet kamu untuk menggunakan influencer. Tergantung dari follower atau subscriber yang mereka miliki, harganya pun cenderung berbeda. Pastikan pula kamu melakukan analisa mengenai tipe follower yang mereka miliki.
  • Posting Berkala dan Teratur. Ada kalanya para pembaca kita online di jam-jam tertentu, sehingga kita pun harus menyesuaikan diri dengan mereka – dan bukan sebaliknya. Misalnya, obat insomnia bisa kamu posting di jam-jam larut malam, dan lain sebagainya. Tetapi rata-rata pengguna medsos cenderung online pada jam 4 sore hingga 12 malam.
  • Gunakan Fitur Live Streaming. Ini memungkinkan kamu semakin dekat dengan pelanggan kamu.
  • Hindari Penggunaan Bot Berlebihan. Intinya, jangan sampai melakukan spam karena bisa menggangu pembaca dan follower kita. Bisa-bisa mereka pada kabur dan membuat brand produk kita menjadi jelek di mata mereka.

Jika dilihat dari keseluruhan, pemasaran media sosial ini sangat cocok buat kamu yang memiliki hobi atau kemampuan di bidang teknis. Pasalnya, kamu akan berhadapan langsung dengan data-data yang bisa kamu olah dari waktu ke waktu.

Strategi Pemasaran Produk Bisnis Yang Baik

Dalam membangun sebuah bisnis memang merupakan suatu hal yang wajar jika banyak bermunculan ide-ide baru dari pesaing dalam hal memasarkan produknya.

Oleh karena itu, jika pesaing dapat melakukan strategi bisnis yang lebih baik dari kita, tidak menutup kemungkinan untuk menarik banyak konsumen termasuk pelanggan anda sendiri.

Nah, dengan kondisi yang seperti ini anda harus pintar-pintar membangun strategi bisnis yang dapat membuat bisnis anda berkembang hingga sukses. berikut beberapa strategi bisnis yang baik dalam memasarkan produk anda atau melakukan promosi yang luar biasa.

1. Fokus Pada Solusi

Strategi bisnis yang pertama adalah fokus pada solusi artinya adalah pastikan produk yang anda buat merupakan suatu solusi untuk mengatasi masalah konsumen. Solusi inilah yang merupakan suatu hal yang benar-benar dicari oleh pelanggan.

Strategi bisnis yang dapat anda lakukan adalah dengan menunjukkan dan menawarkan bahwa bisnis andalah yang dapat memecahkan masalah konsumen atau target pasar yang dituju. Anda dapat mengisyaratkan hal tersebut dalam bentuk pesan dengan memanfaatkan berbagai media untuk melakukan promosi.

2. Memiliki Tujuan pada Target Pasar

Jika tidak melakukan strategi bisnis dalam memasarkan produk yang tepat, anda tidak akan mencapai target dan apa yang anda lakukan akan sia-sia dan tidak efisien atau secara tidak langsung anda melakukan pemborosan.

Oleh karena itu, pastikan anda mampu membidik target pasar anda tepat sasaran dengan cara memasarkan produk.
Strategi bisnis yang demikian akan mencapai target pasar yang tergolong menarik, efektif dan sangat efisien. Jadi kuncinya adalah berikan sesuatu yang menarik bagi target pasar anda saat memasarkan produk.

3. Lakukan Branding

Pastikan anda melakukan branding produk yang anda miliki untuk dipasarkan. Branding sendiri merupakan proses yang sangat menentukan untuk mengetahui apakah konsumen menerima produk yang anda buat.

Strategi bisnis ini penting untuk dilakukan untuk memasarkan sebuah produk, walaupun usaha kecil sekalipun pasti membutuhkan brand yang bisa anda buat dalam bentuk gambar, logo dan produk unggulan yang anda hasilkan.

4. Manfaatkan Pemasaran Internet

Keberadaan internet pada saat ini sangat menguntungkan sekali bagi para pelaku bisnis. Anda bisa memanfaatkan adanya internet yang dapat menjangkau pasar lebih luas hingga ke mancanegara sebagai strategi bisnis yang dapat anda lakukan.

Ada banyak fitur internet yang dapat anda lakukan misalnya di media social, website dan sebagainya. Di tambah lagi adanya media sosial pada saat ini juga menyediakan fitur bisnis misalnya seperti instagram dan facebook yang menambahkan fitur iklan bagi pengguna yang ingin mengembangkan bisnisnya.

Jadi, internet marketing merupakan suatu strategi bisnis yang harus anda lakukan pada saat ini. Internet marketing juga tergolong lebih hemat biaya karena anda hanya mengeluarkan modal yang sangat kecil dalam memasarkan produk, dibandingkan dengan cara promosi secara offline yang mana anda harus menyediakan brosur sebagai pendukung.

5. Memilih Lokasi Strategis

Salah satu hal inti dalam ilmu manajemen pemasaran adalah place atau tempat. Lokasi disini sebenarnya dapat anda jadikan sebagai strategi bisnis  dalam memasarkan produk anda.

Jadi, selain anda harus melakukan pemasaran dan promosi produk melalui internet, pastikan anda juga memilih lokasi bisnis yang strategis.

Lokasi yang anda pilih harus sesuai dengan target pasar dan tujuan anda. Salah satu tempat yang paling menguntungkan adalah tempat yang dilalui banyak orang lalu lalang.

Namun, meskipun demikian lokasi yang strategis tidak harus berada di tempat yang ramai. Maksud dari lokasi strategis dalam hal ini adalah lokasi yang memungkinkan untuk mendukung perkembangan bisnis yang sedang anda jalankan.

6. Menjalin Hubungan Baik dengan Konsumen

Strategi bisnis yang harus anda lakukan dalam memasarkan produk yang selanjutnya adalah pastikan anda menjalin hubungan baik dengan konsumen anda.

Hal ini karena tanpa konsumen bisnis anda tidak akan berjaan dengan baik, oleh karena itu anda harus sebisa mungkin memperlakukan konsumen anda dengan baik.

Anda bisa melakukan hubungan baik dengan cara berkomunikasi dengan konsumen anda misalnya dengan menerima kritik dan saran dari produk yang anda pasarkan dan memberi informasi kepada konsumen jika ada promosi terbaru yang akan anda lakukan.

7. Memperluas Relasi

Memperluas relasi merupakan strategi bisnis yang juga dapat anda lakukan untuk mendukung pemasaran produk yang anda miliki. Hal ini karena semakin banyak relasi yang anda miliki, maka akan semakin besar pula kesempatan anda untuk memasarkan produk yang anda miliki.

Misalnya saja, banyak pembisnis yang sudah sukses besar yang mengabaikan hubungan baik dengan pembisnis yang lain. Padahal hal tersebut dapat dijadikan sebagai kesempatan untuk menjalin hubungan kerjasama agar bisnis yang anda lakukan dapat berkembang.

Dengan menjaga dan menjalin hubungan dengan relasi yang anda miliki, anda akan dengan mudah memperoleh informasi bisnis melalui relasi yang anda miliki. Sedangkan itu, anda juga akan dengan mudah untuk mengajukan proposal kerjasama yang menguntungkan untuk bisnis anda.

8. Berpikir Out Of The Box

Dalam suatu bisnis, berpikir out of the box perlu dilakukan oleh seorang pembisnis. Dengan ide kreatif yang dimiliki anda bisa berpikir di luar kotak yang memang bisa diandalkan.

Misalnya saja, strategi bisnis yang dapat anda lakukan adalah dengan menambahkan value added untuk produk yang akan anda pasarkan tanpa harus menurunkan harga dari harga pesaing.

9. Ukur Pencapaian Bisnis

Strategi bisnis dalam memasarkan sebuah produk yang anda miliki selanjutnya adalah dengan memasang target dan mengukur pencapaian yang anda lakukan. Menyusun strategi bisnis untuk mengukur pencapaian merupakan suatu hal yang penting.

Dengan begitu anda akan bisa melihat bisnis anda berkembang secara lebih nyata. Selain itu, strategi bisnis ini juga akan membantu anda untuk menentukan strategi pemasaran dan perluasan pemasaran yang dapat anda lakukan berikutnya.

Mengukur sebuah pencapaian dapat dikatakan merupakan sebuah solusi terhadap apa yang anda lakukan dalam hal mengembangkan bisnis anda selama ini. Dengan begitu anda akan tahu dimana letak kekurangan dan kelebihan dari bisnis yang sedang anda jalankan saat ini.

Misalnya saja dalam hal promosi, anda bisa memasang target dan langkah-langkah yang dapat anda lakukan sebagai strategi bisnis untuk mencapai target yang sudah ditentukan.

Itulah informasi mengenai strategi bisnis untuk memasarkan produk yang anda miliki. Selamat mencoba, semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

Peluang Usaha Modal Kecil melalui Sosial Media

Kali ini kita akan membahas mengenai ide peluang usaha modal kecil dengan menggunakan sosial media sebagai market pemasarannya. Sosial media sebenarnya sangat membantu untuk meningkatkan penjualan dari produk atau jasa bisnis yang anda jalankan.

Hal ini berlaku bila dilakukan dengan benar. Selain itu, sosial media juga sudah banyak digunakan orang lain untuk berkomunikasi hanya ingin sekedar tahu status dari teman atau kerabat.

Ini menjadi peluang yang sangat besar bagi anda untuk mulai menggunakan sosial media sebagai bagian dari promosi bisnis yang dijalankan. Apalagi ada banyak pilihan sosial media yang bisa digunakan untuk mendapatkan profit yang lebih baik.

Misalnya saja dengan instagram, facebook, twitter dan lainnya. Hal yang harus anda ingat adalah sosial media seperti ini membutuhkan waktu yang cukup banyak. Namun begitu peluang untuk mendapatkan penghasilan dengan menjual produk barang atau jasa melalui sosial media cukup menjanjikan.

Di bawah ini kami sajikan 7 ide peluang usaha modal kecil yang dapat anda jalankan dengan memanfaatkan akun sosial media anda. Apalagi bagi seorang mompreneur atau ibu rumah tangga yang ingin mulai membangun bisnis nya di rumah, ide peluang usaha di bawah ini bisa dijadikan referensi.

1. Membuka Bisnis Kosmetik

Salah satu ide peluang usaha menjanjikan bagi wanita biasanya akan berhubungan dengan kosmetik atau perlengkapan kecantikan. Usaha ini memang akan melibatkan banyak elemen atau pihak. Salah satunya media promosi yang digunakan seperti sosial media Instagram.

Beberapa produk kosmetik atau kecantikan yang sering ditampilkan sosial media ini seperti lipstik, bedak, dan lainnya Anda bisa menjadikan ini sebagai pilihan peluang usaha yang menghasilkan keuntungan lebih tinggi.
Bisnis seperti ini bisa dimulai dengan brand sendiri.

Namun perlu diingat bahwa untuk memulai bisnis ini Anda membutuhkan modal yang sangat besar. Semakin besar modal awal yang digunakan untuk membuat promosi tentu saja merk dari kosmetik yang Anda tawarkan juga akan lebih dikenal. Jangan lupa untuk mengurus persyaratan tentang izin legal penjualan produk ini.

2. Jualan Pulsa atau Token Listrik

Ide peluang usaha modal kecil lainnya adalah dengan berjualan pulsa secara online. Anda bisa menawarkan berbagai pilihan pulsa dengan nominal yang berbeda-beda. Perlu diingat bahwa yang dibutuhkan ini memang akan membutuhkan deposit atau modal awal yang cukup besar.

Semakin besar modal awal untuk deposit pulsa anda akan semakin mudah untuk menentukan pilihan dari nominal pulsa itu. Selain itu gunakan juga modal ini untuk memberikan promosi melalui sosial media.

Salah satunya gunakan Instagram untuk menawarkan berbagai produk dari nominal pulsa anda. Layanan lain seperti penjualan data internet atau token listrik. Untuk menggaet calon pembeli yang loyal sebaiknya terapkan tarif yang tidak terlalu mahal.

Selain itu tawarkan juga layanan yang cepat dan berkualitas. Hal ini akan menjadi nilai tambah dari bisnis yang Anda jalankan.

3. Bisnis Fashion Hijab

Fashion juga bisa menjadi salah satu usaha bisnis yang populer. Mungkin anda bisa memulai dengan bisnis fashion hijab. Bahkan Anda juga bisa memiliki brand sendiri.

Tentu saja ditawarkan akan memiliki desain dan kualitas bahan yang lebih baik dibandingkan lainnya. Tawarkan harga yang cukup terjangkau terhadap seluruh produk hijab yang dimiliki.

Anda juga bisa menawarkan produk ini melalui sosial media. Salah satunya adalah dengan Instagram. Sebaiknya Tentukan juga nilai merk dari seluruh produk yang Anda akan tampilkan.

Mungkin anda bisa menampilkan desain mewah dari seluruh fashion hijab ini. Salah satunya dengan membuat metode bisnis atau promosi. Konsep endorsment juga bisa diterapkan untuk fashion hijab. Seluruh metode promosi ini akan membutuhkan biaya yang cukup mahal.

4. Jualan Sprei atau Bedcover

Anda juga bisa menawarkan sprei atau bed cover sebagai bagian dari ide peluang usaha modal kecil . Anda bisa memanfaatkan beberapa sosial media untuk menawarkan produk ini.

Biasanya cara seperti ini menggunakan metode bisnis reseller. Anda harus menentukan distributor yang terpercaya dengan harga yang terjangkau. Semakin terjangkau harga yang ditawarkan Tentu saja Anda juga akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Selain itu jangan lupa untuk mempertimbangkan kualitas dari produk yang ditawarkan.

Gunakan sosial media untuk memberikan tampilan seluruh produk yang dijual. Anda bisa menawarkan tampilan dengan foto profesional. Selain itu berikan rincian harga tentang produk itu. Hal seperti ini akan memudahkan para calon pembeli untuk menentukan pilihan produk. Jangan lupa untuk mencantumkan kontak pada setiap rincian produk.

5. Jualan Minuman Kekinian

Anda bisa menggunakan social media untuk menawarkan usaha bisnis yang populer seperti minuman yang unik. Cara seperti ini memang sangat direkomendasikan untuk produk-produk baru. Apalagi bila produk itu memiliki kemasan yang menarik.

Jangan lupa untuk memaksimalkan brand dari produk itu. Manfaatkan kesan yang dibutuhkan produk untuk meningkatkan nilai jual. Anda bisa menampilkan seluruh produk pada foto-foto di Instagram. Hal yang paling utama adalah memberikan rasa yang terbaik dan berbeda dibandingkan minuman lainnya.

Mungkin anda bisa mempertimbangkan Untuk melakukan riset terhadap kompetitor lain. Hal ini akan berkaitan dengan harga, kemasan, rasa dan metode promosi. Media lain yang bisa memberikan pelayanan cukup baik.

Biasanya beberapa aplikasi layanan pesan singkat seperti Line akan memudahkan interaksi terhadap penjualan produk ini. Metode ini membuat nilai tambah dari produk semakin baik.

6. Jualan Aksesoris Pria dan Wanita

Ide peluang usaha modal kecil lainnya mungkin dengan menawarkan aksesoris pria dan wanita. Anda memiliki kesempatan dan peluang yang sangat besar untuk menawarkan aksesoris seperti ini.

Apalagi anda juga bisa menggunakan banyak bahan baku yang berbeda. Bahan baku yang digunakan untuk aksesoris pria biasanya terdiri dari kulit sintetis. Selain itu Bahan baku untuk aksesoris wanita juga bisa ditawarkan melalui perak, emas dan lainnya.

Tampilkan desain yang unik dan menarik untuk setiap produk. Kemasan dari seluruh produk ini juga harus baik. Ini dilakukan untuk memberikan nilai tambah.

Untuk memulai bisnis ini tentukan juga metode yang dibutuhkan untuk seluruh media promosi dan penjualan. Apalagi beberapa sosial media juga memberikan kesempatan bagi menjual produk untuk menampilkan produk di halaman promosi.

7. Bisnis Makanan Ringan

Makanan ringan juga dianggap sebagai pilihan usaha yang sangat populer di beberapa sosial media. Apalagi ada banyak pilihan makanan ringan dengan kemasan menarik dan bahan baku yang berbeda.

Kemasan yang tampil dengan unik akan menarik perhatian dari banyak orang. Hal ini juga bisa menjadi pertimbangan utama untuk mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Perhitungkan juga modal yang digunakan untuk menerapkan bisnis makanan ringan yang melibatkan sosial media. Beberapa pilihan makanan ringan ini biasanya terdiri dengan menawarkan olahan pisang, singkong, kentang atau lainnya. Berikan rasa yang berbeda.

Tampilan kemasan biasanya memberikan pengaruh yang besar. Apalagi pola seperti ini juga menjadi bagian dari detail yang sangat maksimal terhadap seluruh elemen lainnya.

Rincian harga dan info tentang produk yang ditampilkan di sosial media biasanya memberikan pengaruh terhadap orang yang melihat. Bahkan, bila anda memiliki modal yang lebih besar sebaiknya perhitungkan juga menggunakan metode endorsement.