spesifikasi Oppo Find X2 Pro

Pada awal Maret lalu, Oppo secara resmi merilis ponsel seri Find X2 Pro, yang memiliki layar super-sensitif, chipset terkencang Snapdragon 865 5G, charger super flash 65W dan sistem kamera super-sensing full-focus. Perangkat lunak UI mengadopsi ColorOS 7.1 terbaru, dan menghadirkan pengalaman menonton video super dual anti-shake function. Tentu bukan itu saja, simak ulasan menyeluruh spesifikasi Oppo Find X2 Pro dalam artikel ini.

Sedikit kilas balik, sebagian besar konsumen tentu mengakui jika Oppo Find X yang keluar di tahun 2018 adalah salah satu ponsel yang paling mengesankan. Kian hebat produknya, semakin banyak orang yang mengenalinya. Namun, tren utama pasar elektronik konsumen adalah iterasi. Seiring berjalannya waktu, akhirnya yang ditunggu banyak konsumen, pihak pabrikan pun merilis Oppo Find X2 Pro dengan segudang kelebihan ditawarkan.

spesifikasi Oppo Find X2 Pro

Desain bukan yang utama

Jika konsumen mengharapkan “Find X sequel” di Find X2 Pro, mereka mungkin kecewa pada pandangan pertama. Find X2 Pro pada dasarnya mengadopsi desain yang hampir sama dengan seri sebelumnya. Rancangan depan dan belakang hiperbolik, full view display, tiga sensor kamera dalam satu garis di sudut kiri atas belakang, lebar dagu di bezel depan yang tipis, color tone PU leather untuk sentuhan kesing belakang. Meskipun tidak ada kreativitas seperti seri sebelumnya, tetapi sebagai unggulan, Oppo Find X2 Pro masih cukup menawan.

Baca juga >>
Daftar aplikasi pemutus jaringan wifi Terbaik

Display 120 Hz terbaik di kelasnya

Karena desain bukanlah yang utama lalu dimanakah intinya? Keunggulan utama Oppo Find X2 Pro adalah kualitas layarnya yang mengagumkan. Find X2 Pro menyuguhkan spesifikasi layar resolusi 3K di sisi panjang (3168 × 1440 piksel), refresh 120Hz, 240Hz touch sampling, Samsung E3 AMOLED, dan layar 10bit yang hingga saat ini belum ada duanya. Find X2 Pro mengkalibrasi kedua gamut warna, di antaranya soft mode sRGB dan theater mode baru sesuai dengan P3. Live Mode juga dipertahankan. Dari data yang diukur, kecerahan dan akurasi warna yang dihasilkan sangatlah memuaskan.

Yang kedua adalah kecepatan refresh rate 120Hz. Konsep refresh rate yang tinggi sudah tidak asing lagi bagi semua orang. Selama output gambar full maka semakin tinggi refresh rate akan semakin konsisten tampilan layar dan semakin halus ditangkap oleh mata pengguna. Sedangkan untuk tampilan 10-bit, ini dimaksudkan untuk menunjukkan perubahan warna yang lebih halus melalui distribusi gradasi warna yang lebih halus. Efek yang sebenarnya adalah bahwa tidak ada cacat yang jelas pada layar yang berubah terus menerus dalam terang dan gelap. Dalam tampilan 10-bit transisi warna lebih seragam, sedangkan model 8-bit biasanya akan terlihat cacat yang jelas dilihat dengan mata telanjang. Untuk pengalaman menonton konten yang lebih baik, layar Oppo Find X2 Pro dilengkapi dengan sistem peningkatan tampilan yang sesuai seperti “01 Super Sensitive Image Quality Engine”. Sementara solusi hardware didasarkan pada Iris 5 dari Pixelworks. Fitur utamanya adalah frame tambahan MEMC dan SDR to HDR.

Teknologi MEMC sudah banyak digunakan industri televisi. Jadi intinya teknologi ini bekerja dengan mengamati karakteristik gerak objek, lalu menghitung bingkai yang hilang kemudian menambahkan dan menampilkannya. Find X2 Pro mendukung frame tambahan hingga 60 pada resolusi 1440P, sementara resolusi 1080P akan mendapat tambahan frame hingga 120. Dengan teknologi ini layar Find X2 Pro jauh lebih halus, dan algoritma lebih lengkap, serta tidak ada fragmentasi gambar yang terlihat. SDR to HDR dirancang untuk meningkatkan tampilan dan nuansa, seperti warna gambar dan visibilitas bagian terang dan gelap.

Baca juga >>
Spesifikasi dan Harga OPPO A91

Perangkat Lunak dan Perangkat Keras tak mengecewakan

Seperti kita ketahui, perbedaan mendasar antara flagship dan non-flagship sebenarnya adalah spesifikasi perangkat keras. Semua flagship setidaknya akan memiliki beberapa spesifikasi standar flagship standard. Standar tahun ini adalah Snapdragon 865 + X55. Tentu saja, Find X2 Pro juga menawarkan spesifikasi standar flagship lain misalnya LPDDR. 5. UFS 3.0, USB3.0, dual speaker, NFC, IP68, motor linear horisontal, dan sebagainya. Dalam hal sistem, Find X2 Pro dilengkapi dengan Color OS 7.1 terbaru dari Oppo, yang berbasis pada Android 10.

Dibandingkan dengan Color OS 7 sebelumnya, peningkatan yang cukup jelas adalah pembaruan efek suara. Intinya adalah Oppo Relax, yang dirancang agar ponsel bisa membantu penggunanya beristirahat. Dibandingkan dengan focus mode untuk membuat ponsel tidak mengganggu penggunanya, bisa dikatakan jika Oppo Relax ini lebih lengkap. Dalam implementasi spesifik, Oppo Relax menggunakan metode pemicu yang mirip dengan game kebugaran untuk membantu pernapasan, dan membantu untuk fokus, tidur, dan masih banyak lagi. Mengalunkan musik latar yang menenangkan dan membuat rileks. Beberapa suara ambient juga didasarkan pada Dolby Atmos, yang memang memberikan pengalaman yang sangat santai.

Kamera bersensor Sony IMX689 48 MP terbaru

Selain layar, titik kunci kelebihan lain dari Find X2 Pro adalah bagian kamera. Gagasan Oppo untuk membuat gambar kali ini sebenarnya mirip dengan membuat layar. Intinya harus lebih baik daripada kompetitor dalam hal perangkat keras. Sensor utamanya adalah Sony IMX689 atau QuadBayer 48-megapiksel terbaru, tetapi ukurannya telah ditingkatkan dari 0,8 micrometer menjadi 1,12 micrometer, dan sensitivitasnya telah ditingkatkan secara signifikan. Sensor Sony IMX586 tahun lalu  ditingkatkan kemampuannya. Pada sensor ultra wide angle, tidak hanya menutupi kekurangan piksel sudut lebar tahun lalu, tetapi juga salah satu sensor sudut lebar ultra paling mewah di industri saat ini. Kemudian, ada sensor telefoto periskop yang sama dengan spesifikasi Reno 10x tahun lalu. Dengan tiga focal length, level perangkat keras Find X2 Pro sekarang menjadi yang terbaik.

Baca juga >>
Smartphone Dengan RAM Besar Belum Pasti Lega

Selain itu, agar sesuai dengan tampilan 10-bit, Find X2 Pro juga memungkinkan sistem pencitraan untuk sepenuhnya mendukung perekaman video 10-bit, khususnya foto JPG 8-bit, file RAW 10-bit (dng) untuk sub-foto, RAW 12-bit untuk pengambilan gambar utama, dan 8-bit untuk video biasa, serta liver HDR recording 10bit. Keunggulan dari model Oppo sebelumnya juga dipertahankan, termasuk fitur dual-focus super anti-shake, sub-camera night scene dan sebagainya. Kesan keseluruhan, selain warna cerah yang konsisten, kemampuan kamera Oppo Find X2 pun memiliki rentang dinamis yang sangat baik. Spesifikasi lengkap kamera utama Oppo Find X2 Pro adalah : Ultra Vision Camera System 48MP Wide Angle Camera Sony IMX689 sensor, 1/1.4 sensor size, f/1.7 aperture, 7P lens, OIS, All Pixel Omni-Directional PDAF, Dual Native ISO, 12-bit True Capture, Ultra Night Mode 3.0, Live HDR Video; 48MP Ultra Wide Angle Camera Sony IMX586 sensor, 1/2 sensor size, f/2.2 aperture, 6P lens, 120° field of view, 3cm ultra macro shooting, Ultra Night Mode 3.0, Ultra Steady Video Pro”; dan 13MP Periscope Telephoto Camera f/3.0 aperture, 5P lens, OIS, second-generation 10x hybrid zoom, up to 60x digital zoom, Ultra Night Mode 3.0″. Sementara untuk kamera depan kekuatannya adalah : 32MP Selfie Camera f/2.4 aperture, 5P lens, AI beautification, intelligent fill light mode, dan support night mode algorithms.

Baterai & pengisian daya terbaik

Dalam urusan masa pakai baterai, kapasitas baterai Find X2 Pro adalah 4260mAh, kapasitas standar untuk beberapa merek ponsel flagship tahun ini.  Di sisi pengisian daya, meskipun bukan termasuk peningkatan Find X2 Pro, namun fitur SuperVOOC 2.0 yang diwarisi dari Reno Ace masih yang tercepat dibanding merek lain. Daya maksimum yang diukur bahkan melebihi 55W. Dibutuhkan waktu hanya 33 menit untuk mengisi hingga penuh dari posisi 0.

Baca juga >>
Cara Menggabungkan Foto Dan Video Dalam Satu Bingkai

Harga Oppo Find X2 Pro

Secara umum, meskipun Find X2 Pro memang merupakan sekuel dari Find X, yang pada dasarnya adalah unggulan teratas namun keduanya  berbeda. Oppo Find X tahun sebelumnya menakjubkan karena penampilannya. Sementara Find X2 Pro hari ini lebih berfokus pada layar terbaik yang pernah ada. Terobosan lainnya adalah kemampuan kamera yang sangat hebat ditambah fitur pengisian cepat baterai yang menakjubkan. Bila harga Oppo Find X2 dijual sebesar Rp.14,9 jutaan maka harga Oppo Find X2 Pro dijual lebih mahal di angka Rp.17,9 jutaan.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !