Spesifikasi Huawei P40 Pro 5G Kamera Sempurna Layar Cemerlang

Huawei merupakan satu dari sekian banyak perusahaan yang bergerak dibidang telekomunikasi yang berbasis utama di kota Shenzhen, Guangdong, China. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1987 atas prakarsa seorang yang bernama Liang Hau. Berbagai macam produk telah mereka ciptakan. Tak terkecuali produk ponsel android.

Berbicara mengenai produk ponsel android merk Huawei, mereka berkomitmen untuk menciptakan sebuah ponsel dengan harga yang terjangkau dan memiliki spesifikasi yang sangar. Salah satu produk android yang mereka ciptakan adalah Huawei P40 Pro yang merupakan hp huawei terbaru dan penerus Huawei P30 Pro yang mengesankan. Smartphone ini mengusung spesifikasi hardware dan kamera yang sangat bagus dan layar yang super cemerlang. Mari kita intip spesifikasi lengkapnya bawah ini.

Huawei P30 Pro sukses menarik perhatian konsumen di tahun lalu. Ponsel tersebut memiliki kamera yang sangat baik, hardware yang tinggi, daya tahan baterai yang baik ditambah desain cantik. Huawei P30 Pro sukses menarik perhatian konsumen di tahun lalu. Ponsel tersebut memiliki kamera yang sangat baik, hardware yang tinggi, daya tahan baterai yang baik ditambah desain cantik.

Spesifikasi Huawei P40 Pro 5g Lengkap

Spesifikasi Huawei P40 Pro 5G Lengkap

Desain Body dan Layar yang Indah

Ponsel  P40 Pro terlihat mengadopsi desain Huawei P30 Pro dengan beberapa perbaikan. Perangkat ini mengusung kesing kaca full dengan tepi layar dibuat bulat di semua sisi. Sementara P30 Pro, hanya sisi layar yang melengkung. Desain ini tidak hanya terlihat mewah dan indah, tetapi memastikan tepi layar menjadi lebih tipis. Selain itu, perangkat lunak yang digunakan mampu menangani dengan cerdas tepian melengkung tersebut. Meski akibatnya bisa saja pengguna tidak sengaja mengaktifkan sesuatu di layar saat memegangnya. Layar berukuran 6,58 inci, yang sedikit lebih besar daripada Huawei P30 Pro yang berukuran 6,47 inci. Luas 105.2 cm2 dengan rasio 91.6% screen-to-body.

Layar memiliki resolusi 2640 x 1200 piksel (~441 ppi density) dengan panel OLED capacitive touchscreen, 16M colors yang mampu menampilkan warna dengan sangat cemerlang. Hitam benar-benar hitam dan kecerahannya sangat bagus dan maksimal. Peningkatan yang cukup mengesankan adalah bahwa layar Huawei P40 Pro ini sudah mendukung refresh rate 90Hz DCI-P3, HDR10. Ini berarti layar menampilkan frame gambar sebanyak 90 kali per detik, memberikan gambar lebih cepat dan lebih halus. Efeknya akan terasa terutama saat bermain game atau membuka halaman website yang menawarkan dukungan refresh rate 90Hz.

Baca juga
Anydesk untuk Akses RDP Remote Desktop di Laptop Windows

Yang tak kalah menarik dari layar P40 Pro adalah pada sisi kamera depan seperti tidak ada pembatas sehingga kesan yang ditimbulkan adalah kamera depan menyatu dengan bagian inti dari layar OLED capacitive touchscreen, 16M colors tersebut. Sama seperti kebayakan ponsel android kekinian, Huawei P40 Pro hanya menyisakan sedikit untuk bagian pinggiran layar tersebut. Layarnya memiliki lubang untuk kamera selfie dan sensor inframerah. Ukuran lubangnya sedikit lebih besar daripada kebanyakan smartphone lain sehingga mudah dilihat.

Body dari ponsel P40 Pro memiliki dimensi ukuran sekitar 158.2 x 72.6 x 9 mm (6.23 x 2.86 x 0.35 in). Ponsel Huawei ini memiliki berat total mencapai 209 g (7.37 oz). Material yang digunakan antara lain adalah Glass front, glass back dan juga aluminum frame. Kombinasi tiga material ini memberi kesan yang menarik. Dengan warna yang tidak terlalu cerah, justru menampakan kesan elegan dan indah ketika di pandang. Empat kamera belakang di susun vertical memberi nuansa mewah.

Terdapat gradasi warna sedikit transparan. Desain ponsel Huawei P40 Pro yang sederhana ini sudah sangat cukup dan indah. Tidak perlu menambahkan ornamen-ornamen yang tidak penting yang bisa menyebabkan ponsel tersebut menjadi kelihatan norak.

Desain Layar Huawei P40 Pro

Perangkat Keras Cepat untuk Kinerja Luar Biasa

Dapur pacu smartphone ini ditenagai chip Kirin 990 dengan RAM 8GB, dukungan 5G, dan penyimpanan internal 256GB. Konfigurasi ini lebih dari cukup untuk memastikan kinerja optimal. Performa P40 Pro mampu menjalankan aplikasi dan game dengan mudah dan ringan. Sensor sidik jari optik yang dipasang di bawah layar 30 % lebih cepat dari sensor fingerprint P30 dan P30 Pro. Fitur pengenalan wajah atau face unlock dengan pemindai inframerah di lubang kamera bekerja dengan baik dan cepat, jauh lebih aman daripada pengenalan wajah melalui kamera depan. Selain itu, pemindai inframerah akan memastikan P40 Pro dengan cepat membuka kunci ketika digunakan di ruangan gelap, karena masih dapat “melihat” wajah penggunanya.

Ponsel Huawei P40 Pro memasang sistem operasi Android 10.0 (AOSP + HMS); EMUI 10.1 yang disandingkan dengan chipset HiSilicon Kirin 990 5G (7 nm+). Dapur pacu dari ponsel ini membuat kinerja lebih maksimal dan powerfull. Sementara Huawei P40 Lite menggunakan Cpu Octa-core (2×2.86 GHz Cortex-A76, 2×2.36 GHz Cortex-A76 dan 4×1.95 GHz Cortex-A55). Cpu tersebut berkolaborasi sempurna dengan GPU tipe Mali-G76 MP16.

Baca juga
Fungsi Android TV Box dan Informasi Penting Lainnya

Ponsel P40 Pro memberikan beberapa pilihan memori penyimpanan diantaranya memori internal dengan kapasitas 128GB , 256 GB dan 512 GB dengan ram berkapasitas 8GB RAM. Tak hanya itu, ponsel Huawei P40 Pro juga menyediakan slot untuk memori eksternal dengan kapasitas maksimal mencapai 256GB dan mendukung koneksi UFS 3.0.

Kamera Huawei P40 Pro

Kamera Sempurna Untuk Fotografi

Huawei P30 Pro tahun lalu berhasil meyakinkan dengan kameranya. P40 Pro memiliki kamera yang lebih baik dari pendahulunya. Kamera mampu menghasilkan foto bagus dalam situasi apa pun, bahkan ketika kondisi sangat gelap dengan mode malam. Kamera utama 50 megapiksel mampu mengambil foto yang sangat bagus di siang hari dengan banyak detail dan warna yang indah. Lensa wide 40 megapiksel membuat gambar yang detil dengan sudut lebih besar dengan kualitas sama baiknya dengan kamera utama. Sensor Time of Flight mampu memastikan penentuan kedalaman foto dengan sangat baik.

Terpasang lensa zoom periskopik 12 megapiksel yang dapat memperbesar obyek hingga 5x secara optik, mengambil gambar sangat dekat tanpa mengurangi kualitas. Zoom hibrida di mana perangkat keras kamera dibantu perangkat lunak mampu memperbesar obyek hingga 10x dengan hasil foto yang masih terlihat sangat bagus. Zoom digital naik hingga 50x yang bisa menjadi fitur praktis dalam beberapa situasi meski kualitas gambar agak turun.

Huawei akhirnya menambahkan beberapa fitur keren ke kamera P40 Pro. Misalnya, pengguna dapat menangkap video slow motion pada 7680 bingkai per detik. Juga Zoom Audio, yang dengannya pengguna bisa “memperbesar” suara sesuatu dalam gambar, dan kemudian menyaring suara bising sekitar. Fitur ini serupa dengan yang ditawarkan Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus.

Berikutnya kita bahas tuntas kamera dari ponsel ini. Kamera depan dari Huawei P40 Pro memiliki dua lensa dengan resolusi antara lain adalah 32 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1/2.8″, 0.8µm, AF dan juga lensa dengan resolusi IR TOF 3D, (depth/biometrics sensor).

Fitur kamera depan yang dihadirkan adalah fitur HDR. Kamera depan akan menghasilkan Video dengan kualitas 2160p @30/60fps dan juga 1080p @30/60fps. Kita bisa puas melakukan selfie maupun merekam vlog untuk keperluan eksistensi di media sosial.

Baca juga
Cara back up RKAS 2020

Pada kamera utama, ponsel ini melekatkan empat lensa dengan resolusi masing-masing 50 MP, f/1.9, 23mm (wide), 1/1.28″, 2.44µm, omnidirectional PDAF, OIS, resolusi lensa Periscope 12 MP, f/3.4, 125mm (telephoto), PDAF, OIS, 5x optical zoom, resolusi lensa 40 MP, f/1.8, 18mm (ultrawide), 1/1.54″, PDAF dan resolusi lensa TOF 3D, (depth).

Kamera belakang atau kamera utama dari ponsel ini di tunjang dengan beberapa fitur diantaranya Leica optics, LED flash, panorama serta fitur HDR. Kamera belakang untuk merekam Video akan menghasilkan video dengan kualitas 2160p@30/60fps, 1080p@30/60fps, 720@7680fps, 1080p@960fps dan juga HDR; gyro-EIS.

Baterai 4200 Mah Huawei P40 Pro

Baterai Besar dan Fast Charging

Seperti P30 Pro, Huawei P40 Pro memiliki baterai 4200 mAh, tetapi karena ponsel ini memiliki layar lebih besar dan refresh rate 90Hz yang mengkonsumsi daya lebih besar. Pengguna akan menikmati masa pakai baterai yang lama, tapi tidak selams P30 Pro. Dengan penggunaan normal, pengguna bisa menggunakannya hingga akhir hari atau satu setengah hari tanpa pengisian ulang. Baterai P30 Pro sendiri bisa bertahan selama dua hari tanpa perlu mengisi daya.

Umur baterai memang lebih dari cukup, tetapi kurang mengesankan dibandingkan seri tahun lalu. Untungnya, baterai P40 Pro bisa terisi dengan sangat cepat berkat adaptor charging 40 Watt. Setengah jam mengisi baterai hampir 80 persen dan itu sangat cepat. Pengisian nirkabel cepat juga tersedia dan pengguna dapat mengisi daya perangkat lain dengan menempatkannya di belakang P40 Pro.

Ponsel Huawei P40 Pro memilih menggunakan baterai tanam dengan tipe Non-removable Li-Po yang memiliki kapasitas daya 4200 mAh battery. Untuk ponsel standar, baterai dengan kapasitas daya 4200 mAh terbilang sudah cukup bagus dan layak untuk di pertimbangkan.

Selain itu, baterai yang digunakan oleh ponsel android merk P40 Pro juga di dukung dengan beberapa fitur pengisian yang antara lain adalah Fast charging 40W, Fast wireless charging 27W dan juga fitur Fast reverse wireless charging 27W.

Sensor Lengkap dan Fitur Lain

Proteksi yang di hadirkan oleh ponsel Huawei P40 Pro ini antara lain fingerprint under display optical, Infrared face recognition, gyro, accelerometer, compass, color spectrum dan proximity. Berlanjut pada koneksi Wlan. Beberapa tipe Wlan yang digunakan oleh ponsel ini yaitu Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax, dual-band, Wi-Fi Direct dan juga hotspot. Ponsel P40 Pro mendukung untuk melakukan beberapa koneksi lain seperti halnya Bluetooth, Gps, Nfc, Infrared Port dan juga koneksi Usb.

Baca juga
Cara membuat logo online gratis tanpa watermark

Tidak Ada Aplikasi Google

Karena larangan perdagangan dari Amerika Serikat, Huawei tidak lagi diizinkan untuk bekerja sama dengan Google, yang memiliki konsekuensi besar untuk perangkat lunak pada P40 Pro. Ponsel cerdas ini tidak memiliki semua aplikasi dan layanan Google, seperti Gmail, Google Maps, YouTube, Google Keep dan Play Store. Sebaliknya, aplikasi Android yang dibutuhkan pengguna dapat diunduh dari AppGallery, sebuah toko aplikasi dari Huawei sendiri. Layanan ini berfungsi dengan baik untuk seri ponsel Huawei tetapi masalahnya AppGallery tidak selengkap Play Store. Banyak aplikasi tidak dapat ditemukan, ada banyak aplikasi yang tidak jelas di AppGallery ini. Cukup merepotkan untuk mendapatkan semua aplikasi yang dibutuhkan pengguna di Huawei P40 Pro.

Tetapi Huawei telah menemukan solusi untuk itu: Phone Clone. Dengan alat tersebut, pengguna mentransfer semua aplikasi dari ponsel cerdas lama ke P40 Pro, dan berfungsi dengan baik dan cepat. Dengan kemudahan tersebut pengguna masih bisa mendapatkan aplikasi perbankan dan aplikasi untuk transportasi umum. Masalahnya, aplikasi yang diinstal itu tidak akan diperbarui karena tidak ada di AppGallery. Jadi, pengguna harus mencari versi terbaru untuk semua aplikasi yang terpasang yang agak merepotkan bagi sebagian orang. Secara keseluruhan, perangkat lunak P40 Pro masih jauh dari ideal, dan Huawei belum memiliki solusi yang baik karena kurangnya aplikasi dan layanan Google.

Harga Huawei P40 Pro

Secara spesifikasi perangkat keras dan fitur, P40 Pro tidak kekurangan satu apa pun. Unit ini memiliki desain yang indah, layar 90Hz bagus dan halus, daya tahan baterai yang sangat baik dan kamera yang sangat baik. Terutama kamera yang benar-benar terbaik di kelasnya. Hanya saja kekurangannya adalah semua aplikasi dan layanan Google tidak ada di sini. Mengunduh, menginstal, dan memperbarui aplikasi terlalu merepotkan dan tidak disarankan untuk pengguna kebanyakan. Sangat disayangkan, karena dengan aplikasi Google,  P40 Pro bisa menjadi salah satu smartphone terbaik saat ini.

Harga Huawei P40 Pro  di tahun bulan mei 2021 ini berkisar di Rp 9.800.000 – Rp 10.200.000. Beberapa opsi warna yang bisa kamu pilih ketika akan membeli ponsel merk P40 Pro ini antara lain adalah Silver Frost, Blush Gold, Deep Sea Blue, Ice White dan juga Black.

Baca juga
Cara Mengatasi Sinyal Hilang Tidak Ada Jaringan 3G 4G
5/5 (1 Review)