Solusi ODP Indihome Penuh

Sebelum membahas lebih lanjut tentang jenis ODP (Optical Distribution Point), perlu diingatkan bahwa ODP dan JointBox (JB) itu berbeda. Sedikit ke belakang, sebelum sistem jaringan Fiber Optik digunakan oleh provider seperti Telkom Indonesia dengan produk Indihome.

Bagi Anda yang belajar di bidang jaringan pasti sering mendengar istilah ODP namun untuk yang awam dengan jaringan Fiber Optic sangat jarang mendengar mengenai apa itu ODP.

Apa itu ODP Indihome

ODP adalah singkatan dari Optical Distribution Point yaitu sebuah perangkat yang berfungsi untuk melindungi dan membagi kabel FO atau Fiber Optic ke beberapa saluran atau pelanggan.

Fungsi utama dari ODP adalah membagi satu core optic dari jalur utama (provider) ke beberapa pelanggan, dengan menggunakan komponen passive splitter. ODP berfungsi sebagai titik terminasi kabel drop optik ataupun tempat membagi satu core optic ke beberapa pelanggan.

ODP merupakan tempat terminasi kabel yang mempunyai sifat- sifat tahan korosi, tahan cuaca, kokoh serta kuat dengan konstruksi untuk dipasang di outdoor. Fitur ODP bisa berisi optical pigtail, connector adaptor, splitter room serta dilengkapi ruang manajemen fiber dengan kapasitas tertentu.

Proses registrasi indihome seringkali gagal pemasangan dikarenakan ODP penuh dan tidak ada jaringan baru. Jika ODP indihome di tempat Anda penuh pasti tidak bisa pasang baru Indihome dan harus menunggu hingga pihak indihome menambah slot ODP di tempat Anda.

Odp Indihome

 

Solusi untuk ODP Indihome Penuh

1. Lakukan vote di situs https://vote.indihome.co.id supaya lekas dilakukan penambahan ODP di tempatmu. Semakin banyak orang yang melakukan vote di tempatmu maka penambahan ODP akan semakin cepat dilakukan oleh pihak Telkom.

2. Sharing koneksi internet dengan Indihome tetangga. Paling simple bisa minta password wifi indihome tetangga. Cuman kalau tiba-tiba koneksi jadi lemot jadinya gak enak juga sih sama tetangga.

3. Pasang Indihome alternatif jika memang tersedia di tempatmu. Misalnya Biznet, First Media, Indosat GIG, MNC Play, MyRepublic, Oxygen.id

4. Nyambung ke ODP tempat lain yang belum penuh. Tapi ini biasanya butuh modal buat beli kabelnya supaya bisa nyambung. Kalau jaraknya tidak terlalu jauh saya kira tidak mahal dan teknisi Telkom juga siap membantu.

0/5 (0 Reviews)