Apa Itu Optimasi Speed Website

Hari ini ketika saya upload dokumen cpns di situs sscn.bkn.go.id ada satu file yaitu scan surat lamaran yang gagal terus ketika di upload. Padahal format file sudah benar dalam bentuk file pdf dan juga ukurannya tidak melebihi ketentuan yaitu maksimal 300 KB. Setelah utak-atik akhirnya saya menemukan akar permasalahannya.

Ternyata di situs sscn.bkn.go.id lupa mencantumkan ukuran minimal file yang bisa di upload. Saya yakin ukuran minimal file yang bisa di upload adalah sebesar 100 KB, karena ketika saya upload file scan surat lamaran yang sebesar 88 KB selalu gagal padahal format filenya sudah benar.

Akhirnya saya menemukan trik dan solusi untuk permasalahan ini. Solusinya adalah saya buka file 88 KB saya di laptop kemudian saya screenshot menggunakan aplikasi yang ini : https://app.prntscr.com/en/index.html

Kemudian saya buka Microsoft Word, saya insert gambar hasil screenshot tadi ke Ms. Word kemudian saya save. Kemudian saya buka situs https://www.ilovepdf.com/word_to_pdf

Kemudian saya upload file Ms. Word saya ke situs tersebut dan di convert menjadi file pdf. Setelah saya download besar file pdf saya sudah berubah menjadi lebih dari 100 KB. Dan ketika saya upload ke situs sscn.bkn.go.id langsung sukses tanpa kendala apapun.