Sejarah Olahraga Golf di Indonesia dan Perkembangannya

Golf adalah permainan luar ruang yang dimainkan secara perorangan atau tim yang berlomba memasukkan bola ke dalam lubang-lubang yang ada di lapangan dengan jumlah pukulan tersedikit mungkin. Bola golf dipukul dengan menggunakan satu set tongkat pemukul yang disebut klab atau stik golf. Artikel ini membahasa sejarah olahraga golf di Indonesia dan perkembangannya.

Golf adalah salah satu dari permainan yang tidak memiliki lapangan permainan yang standar, melainkan dimainkan di padang golf yang masing-masing memiliki desain unik, dan biasanya terdiri dari 9 atau 18 hole. Aturan utama dalam golf adalah “memainkan sebuah bola dengan stik golf dari daerah tee atau teeing ground ke dalam lubang dengan satu pukulan atau beberapa pukulan berikutnya sesuai dengan Aturan”.

Pukulan pertama dimulai dari teeing ground. Pukulan pertama ini dinamakan teeing shot. Rumput di teeing ground dirawat dengan baik. Setelah pukulan pertama, pemain memukul bola lagi dari posisi bola terakhir setelah pukulan pertama. Bola itu bisa mendarat di fairway ataupun di rough. Rumput di fairway dipotong pendek sehingga bola mudah untuk dipukul. Sedangkan di rough, rumputnya lebih panjang daripada di fairway sehingga bola sulit untuk dipukul. Pemain terus memukul hingga bola masuk ke lubang hole atau cup. Setiap hole hanya memiliki satu lubang.

Sejarah Olahraga Golf

Sebagai salah satu bidang olahraga, Golf di Indonesia termasuk jenis permainan olahraga kelas elit. Tak lain karena harga sewa dari lapangan golf beserta peralatannya sangat mahal. Tak heran jika sebagian besar yang memainkan olahraga ini termasuk dari kalangan elit. Terlepas dari itu semua, olahraga dengan lapangan yang sangat luas ini rupanya punya cerita sejarah tersendiri. Berikut selengkapnya!

Sejarah Olahraga Golf Di Indonesia dan Perkembangannya

Menurut informasi dari sejarah, klub golf yang pertama kali didirikan di Indonesia namanya adalah “Batavia Golf Club”. Klub tersebut didirikan di Hindi Belanda pada tahun 1872 oleh Mr. A. Gray dan Mr. T.C Wilson. Pada saat itu, jumlah anggota yang bergabung jumlahnya sekitar 16 orang. Ada pun lapangan golf yang pertama kala itu ada di daerah Gambir, Jakarta Pusat. Tempat ini termasuk Golf pertama di Indonesia dengan nama dahulunya adalah Koningsplein

Namun rupanya, Batavia Golf Club diberitakan pernah vakum selama kurang lebih 20 tahun lamanya. Itu terjadi lantaran tak ada presiden maupun pengurus lainnya di dalam klub tersebut. Kemudian alasan lainnya karena tidak adanya pertandingan-pertandingan golf yang diadakan secara rutin.

Baca juga
Apa Itu Blogspot

Hingga di tahun 1894, terdapat sebuah rapat yang diadakan untuk menghadirkan klub tersebut. Hasilnya pun membuat klub ini semakin berkembang. Hal tersebut turut ditandai dengan diakuinya Batavia Golf Club sebagai badan resmi oleh pihak pemerintah Hindia Belanda.

Lalu, pada tanggal 28 Agustus 1932 ditetapkan sebagai tanggal resmi berdirinya perkumpulan dari Batavia Golf Club. Tapi tak lama kemudian, nama klub tersebut berubah jadi Djakarta Golf Club oleh pasukan Jepang, pada saat menduduki Indonesia.

Hingga pada suatu ketika, klub tersebut tidak lagi didominasi oleh orang-orang Eropa. Sebab ada banyak masyarakat Indonesia yang telah bergabung di sana. Sampai sekarang, masih banyak yang terus aktif dalam olahraga ini. Tidak hanya bagi olahragawan, tapi juga profesi lainnya.

Sejarah Olahraga Golf Di Dunia dan Perkembangannya

Sementara, lain cerita dengan sejarah perkembangan olahraga golf di dunia, yang berdasarkan sejarah kali pertama muncul sekitar tahun 1000-an. Permainan tersebut terinspirasi dari seorang penggembala asal Skotlandia yang suka memukul bebatuan kecil dengan tongkat miliknya. Kemudian, batu kecil tersebut diarahkan ke lubang kelinci. Sekarang, tempat tersebut telah berubah dan namanya adalah The Royal and Ancient Golf Club of St Andrews.

Ada juga ahli sejarah yang berasal dari Universitas Lanzhou yang menyampaikan bahwa olahraga golf tersebut pertama kali ditemukan di Cina. Baginya, olahraga tersebut telah dimainkan di negara tersebut sejak zaman dinasti Tang Selatan.

Malahan, permainan tersebut telah lama dipopulerkan oleh masyarakat Cina, sebelum populer di Skotlandia. Berdasar arsip Cina, para pejabat di masa dinasti Tang Selatan kala itu tengah mengajari putrinya untuk menggali lubang di tanah. Lalu, memasukkan bola ke galian tersebut.

Ada juga cerita lain yang menyebutkan bahwa permainan golf sebetulnya berasal dari Belanda. Masyarakatnya telah memainkan olahraga tersebut sekitar tahun 1297 di kota Leonan Aan De Vecht. Pada saat itu, olahraga ini dimainkan dengan memakai bola kulit dan tongkat.

Kala itu, sebelum dikenal dengan nama golf, olahraga ini disebut dengan nama gouf. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, nama gouf pun berubah menjadi goulf yang mempunyai arti memukul, seperti dalam permainannya sendiri. Uniknya, permainan ini disebutkan sebagai kependekan dari Gentlemen Only Ladies Forbidden. Penyebutan tersebut karena pada fakta sejarah, golf memang dikhususkan untuk para laki-laki, bukan untuk kaum wanita. Berbeda dengan sekarang, yang siapa saja bisa dan boleh memainkan olahraga super keren ini.

Sejarah Olahraga Golf Di Dunia

Di sebuah penelitian pun menyampaikan bahwa lapangan golf tertua di dunia bernama The Old Links, tepatnya ada di Musselburgh Racecourse. Di ceritakan bahwa Ratu Mary yang berasal dari Skotlandia pun pernah bermain golf di sana. Fakta menarik lainnya adalah mengenai lubang yang digunakan dalam golf. Mulanya, jumlah lubang tersebut hanya 11 dan dipakai dengan jarak yang saling berdekatan satu dan lainnya.

Baca juga
Pengertian Produktivitas Menurut Para Ahli Konsep Ekonomi 2021

Tapi pada akhirnya, di tahun 1767 terjadi perubahan lagi untuk jumlah lubang golf yang dipakai. Semula 11 jadi 9 dan dimainkan secara bolak-balik. Sehingga, jumlah semua lubang yang dimainkan ada 18 lubang.

Dulu, tongkat yang dipakai untuk bola terbuat dari kayu, bukan besi seperti stik golf seperti yang digunakan saat ini. Begitu pun dengan bola golfnya sendiri yang juga terbuat dari bahan yang sama, yaitu kayu. Tapi sekarang, bola yang dipakai terbuat dari bahan polimer dan juga karet padat.
Tidak hanya bola dan tongkatnya saja yang mengalami banyak perkembangan, tapi jua permainannya.
Pasalnya, perkembangan golf semakin cepat dan tidak hanya dikenal di kawasan Skotlandia saja, tapi juga ke berbagai penjuru dunia. Kemudian, permainannya tidak hanya untuk kaum pria saja, tapi wanita pun diperbolehkan. Tak heran kan, kalau sekarang ini banyak sekali para wanita yang mengikuti olahraga elit ini? Artinya, olahraga golf tidak lagi membatasi siapa yang memainkannya, bukan? Sebab siapa saja boleh untuk berolahraga golf, baik itu pria maupun wanita.

Dari sejarah golf di dunia, kita dapat melihat adanya perubahan dan perkembangan yang cepat. Hingga sekarang, permainan ini menjadi daya tarik tersendiri untuk diikuti oleh sebagian besar.

Teknik Yang Dipakai Dalam Olahraga Golf

Setelah memahami sejarah olahraga golf di Indonesia dan Dunia, selanjutnya membahas tekniknya. Sebagai salah satu cabang olahraga, permainan golf pun mempunyai beberapa teknik. Di mana, teknik tersebut nantinya digunakan untuk memainkan bola kecil, yang terasa berat, padat dan keras. Bahkan, bola kecil tersebut tidak bisa dibelah dengan kapak, pisau bahkan palu sekalipun. Pasalnya, bola itu terbuat dari berbagai bahan seperti karet, resin, plastik dan juga cairan khusus. Tak heran kan, kalau bolanya sulit untuk dibelah.

Di sebut-sebut sebagai olahraga yang super mahal, golf punya teknik dasar dengan cara memukul bola ke lubang. Agar pukulan tersebut berhasil, maka pemain harus bisa memahami teknik-teknik yang ada. Berikut sederetan teknik dasar dalam permainan golf:

1. Teknik Memegang

Sebelum memukul bola, pemain harus paham betul bagaimana cara pemegang stik/tongkat yang benar. Ada caranya tersendiri agar nantinya tongkat yang diayunkan bisa memukul bola dengan benar. Berikut untuk teknik dalam memegang stik golf:

Baseballl grip yang merupakan teknik seperti memegang tongkat baseball pada tangan kanan dan juga tangan kiri.
Overlapping golf grip, merupakan teknik memegang tongkat dengan hanya memakai tangan kanan dan cenderung ke atas, sehingga jari kelingking berada tepat di antara jari telunjuk.

Baca juga
Download Shigatsu Wa Kimi No Uso Full Movie Sub Indo

Interlocking golf grip merupakan teknik terdahulu yang bisa dilakukan dan digunakan untuk para pemain profesional.

2. Teknik mengayun

Agar pukulan yang diayunkan semakin seimbang dan bertenaga, diperlukan teknik mengayun yang baik dan benar. Berikut beberapa bagian dari teknik mengayun ini:

  • Melakukan backswing yaitu cara mengayunkan stik ke belakang tubuh sampai melewati ke pala dan kemudian mengarahkannya ke depan.
  • Melakukan downsing yaitu cara melakukan backswing dengan ayunan downsing yang ditujukan agar bisa melakukan pukulan yang pas dan mengenai bola kecil.

Teknik Yang Dipakai Dalam Olahraga Golf

3. Teknik memukul

Dalam olahraga golf, pukulan yang tepat dibutuhkan agar bola kecil di tanah lapang bisa diarahkan ke lubang. Di sini, pemain perlu mengerti teknik memukul dengan benar, yang mencakup:

  • Tee shot yaitu teknik yang dipakai untuk pukulan pertama dengan memulai pertandingan menuju ke lubang.
  • Fairway shot merupakan cara yang dipakai oleh pemain setelah menyelesaikan tee shot pada bola kecil.
  • Bungker shot yakni cara yang dipakai ketika bola kecil yang dipukul malah keluar lapangan.
  • Putting merupakan teknik yang dipakai ketika bola golf sudah mendekati lubang, agar nantinya bola kecil bisa masuk ke lubang.
  • Punch merupakan teknik yang umumnya dipakai ketika ada angin yang terhembus ke arah lapangan bermain.

Itulah ketiga teknik dalam permainan golf yang wajib dipahami para pemain agar nantinya bisa bermain dengan baik. Terlebih golf ini termasuk olahraga yang memerlukan keseimbangan dan kekuatan tubuh, maka para pemain harus mengetahui teknik dasar dalam olahraga itu.

Peraturan Dalam Olahraga Golf

Sama seperti bidang olahraga lainnya, golf pun punya peraturannya sendiri. Beberapa peraturan tersebut di antaranya:

  • Permainan harus dilakukan dari teeing ground
  • Para pemain memasukkan bola dengan pukulan paling sedikit.
  • Setiap kali melakukan pukulan, para pemain harus berjalan untuk melakukan pukulan yang selanjutnya.
  • Para pemain tidak boleh bermain dalam posisi apapun di dalam lapangan.
  • Tidak boleh mengangkat maupun membersihkan di dalam lapangan.
  • Setiap lapangan harus memiliki 9-18 lubang untuk dijadikan sasaran pukulan. Di mana, untuk 18 lubang tersebut harus diselesaikan dalam sebuah permainan. Di awali dari teebox dan berakhir dengan memasukkan bola ke lubang atau di area Putting Green.
  • Setiap lubang yang ada harus ditandai dengan bendera warna.
  • Para pemain pemula da profesional harus berada di tempat yang berbeda ketika melakukan pukulan pertama.
  • Pemain profesional laki-laki berada di teebox yang paling jauh dan harus ditandai dengan patok batu hitam.
  • Sementara untuk pemain golf profesional wanita berada di teebox paling depan dan ditandai dengan patok batu berwarna merah. Para pemula, area awalannya ada di belakang pemain profesional wanita, yang ditandai dengan batu patok berwarna putih.
  • Rata-rata tinggi teeboz adalah 100 cm dan tiap-tiap lubang mempunyai rintangannya sendiri. Mulai dari cekungan berisi pasir (bunker) dan air (sungai maupun danau).
    Melihat permainan golf ini termasuk olahraga yang tidak mudah, bukan? Untuk itu, para pemain juga harus memiliki cara tersendiri untuk menaklukkan setiap rintangan yang ada. Hingga bola kecil berhasil masuk ke lubang.
Baca juga
Pengertian Makna Leksikal dan Gramatikal Menurut Para Ahli

Peraturan Dalam Olahraga Golf

Tips Dalam Bermain Olahraga Golf

Setiap permainan olahraga pasti punya tantangannya tersendiri. Tak terkecuali dengan permainan golf. Tidak mudah, tapi kamu bisa memulainya dengan beberapa tips berikut ini:

  • Tidak mudah menyerah dan harus punya keinginan kuat untuk belajar dan terus belajar
  • Pemain bisa belajar dari Putting Green terlebih dulu karena prosesnya yang lebih mudah
  • Kenali dan kuasai berbagai macam tongkat, karena ada beberapa ukuran stick yang digunakan dan dibedakan berdasarkan panjang tertentu
  • Harus menguasai permainan dengan benar atau swing golf
  • Agar performa lebih berkembang dengan cepat, pemain bisa sesering mungkin untuk berlatih.
  • Tidak perlu terburu-buru ke lapangan untuk lapangan sebelum betul-betul bisa menguasai permainan
  • Tingkatkan kinerja dan potensi yang ada dengan mencatat skor di setiap latihan untuk dievaluasi.

Sedikitnya itulah beberapa tips bermain bola kecil atau golf yang bisa kamu coba sendiri nantinya. Tentu saja, masih banyak tips-tips lain yang bisa kamu gunakan untuk bisa bermain golf dengan baik.

Manfaat Dari Olahraga Golf

Melihat detail permainan golf yang tidak mudah ini, rupanya menyimpan beragam manfaat baik bagi kesehatan. Beberapa di antaranya seperti:

1. Menguatkan fisik

Permainan golf sangat membantu dalam menguatkan fisik sekaligus membuat badan jadi sehat.

2. Mengurangi stres

Tahukah kamu, olahraga golf yang dilakukan di lapangan luas berumput hijau tebal menjadikan para pemain seolah dimanjakan dengan situasi yang ada. Udara segar pun begitu terasa menenangkan. Sehingga bisa membantu dalam mengurangi stres maupun beban pikiran. Tak heran jika olahraga mahal ini kerap kali dijadikan solusi untuk melepas penat sembari berolahraga.

3. Melatih dalam konsentrasi

Bagaimana bisa? Tentu bisa. Karena permainan dari olahraga golf ini adalah memasukkan bola kecil ke dalam lubang. Di mana, setiap lubang berada di tempat yang berjauhan dan beda tempatnya. Secara tidak langsung, para pemain harus konsentrasi penuh agar bisa melakukan pukulan dengan akurat dan bola mengenai sasaran.

4. Membakar lemak

Golf termasuk salah satu bidang olahraga yang bisa membantu menurunkan berat badan lho. Bahkan bisa membantu dalam menurunkan lemak berlebih dan kolesterol.

Ada banyak sekali manfaat di balik olahraga elit ini, bukan? Apakah kamu tertarik untuk mengikutinya? Tenang saja, olahraga ini terbuka untuk umum, baik itu pria maupun wanita, dan bisa kamu ikuti dari sekarang juga.

Lapangan Golf Terbaik Di Indonesia

Rekomendasi Lapangan Golf Terbaik Di Indonesia

Di Indonesia sendiri, permainan golf sudah sangat populer. Kamu pun bisa dengan mudah untuk bermain di lapangan tersebut. Berikut adalah beberapa rekomendasi lapangan golf terbaik di Indonesia:

  1. Rancamaya Golf & Country Club yang berlokasi di Jalan Rancamaya Utama Ciawi, 16720 Bogor, Indonesia
  2. Jagorawi Golf & Country Club (Old Course) yang berada di jalan Karanggan Raya, Cibinong – Bogor, West Java, Indonesia
  3. Jagorawi Golf & Country Club (New) yang beralamat di Jalan Karanggan Raya, Cibinong – Bogor, West Java, Indonesia
  4. Rainbow Hills Golf Club yang terletak jalan Bukit Pelangi Raya, Desa Cijayanti, Ciawi Bogor 16720, Indonesia
  5. Bali National Golf Club yang terdapat di Kawasan Wisata, Nusa Dua, 80363, Bali,Indonesia
  6. Taman Dayu Surabaya, yang berada di jalan Raya Surabaya Malang Km.48 Pandaan 67156 Pasuruan Jawa Timur
  7. Ria Bintan (ocean) Golf Resort, yang terletak jalan Perigi Raja, Lagoi North Bintan, Indonesia
  8. Royale Jakarta Golf Club yang berlokasi di jalan Raya Halim Tiga, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Timur 13610, Indonesia
  9. Damai Indah Golf Bumi Serpong Damai yang beralamat lengkap di jalan Bukit Golf I,Serpong,Tangerang 15310,Indonesia
  10. Pondok Indah Golf Course yang berada di jalan Metro Pondok Indah, Jakarta Selatan 12310, Indonesia.
Baca juga
Pengertian Apa Itu Vocabulary dan Istilah Lainnya

Itulah rekomendasi lapangan golf terbaik di Indonesia yang bisa kamu kunjungi. Tentunya masih banyak lagi lapangan golf lainnya yang bisa kamu datangi. Di sana, kamu bisa bermain golf bersama rekan yang lainnya, pasalnya pencinta olahraga Golf di Indonesia tidaklah sedikit.

5/5 (1 Review)