Samsung Galaxy S20 Ultra, Kamera Menakjubkan 108 MP

Galaxy S20 Ultra adalah unggulan utama Samsung dengan harga yang rasional. Ekspektasi konsumen untuk seri flagship terbaru Samsung ini cukup tinggi, terutama untuk sektor kamera. Seperti halnya seri Galaxy S10, seri S20 pun terdiri dari tiga varian : Galaxy S20, Galaxy S20 Plus dan S20 Ultra. Ultra adalah perangkat teratas Samsung yang ditujukan untuk konsumen yang menginginkan yang terbaik dari yang terbaik dan juga bersedia membayar mahal untuk itu. Baca lebih lanjut ulasan lengkap Galaxy S20 Ultra berikut ini.

Samsung Galaxy S20 Ultra, Kamera Menakjubkan 108 MP

Desain khas Samsung

Secara tampilan luar, Samsung Galaxy S20 Ultra tidak terlihat sangat berbeda dibanding seri S10 tahun lalu. Desainnya merupakan kombinasi dari Galaxy S10 dan Note 10, tetapi dengan layar yang lebih datar dan bezel yang lebih tipis. Seperti yang diharapkan konsumen, ponsel kasta tertinggi ini terbuat dari kaca, memiliki bingkai aluminium dan mengantongi sertifikat tahan debu dan tahan air. Berbicara tentang layar yang lebih datar tadi, tepian layar tak begitu membulat dibanding seri Galaxy S10. Sebagaimana diketahui, layar datar akan mengurangi kemungkinan pengguna secara tidak sengaja mengetuk bagian tepinya. S20 Ultra mungkin terlihat sedikit kurang futuristik, tetapi masih mampu menampilkan aura mewah.

Hampir seluruh bagian depan terdiri dari layar dan hanya bagian bawah memiliki bezel yang sedikit lebih tebal, meskipun masih lebih tipis dibanding Galaxy S10. Kamera selfie telah dipindahkan ke tengah dan juga sedikit lebih kecil dibanding kamera Galaxy S10. Galaxy S20 Ultra terasa enak di tangan dan terasa mewah sekaligus cukup mulus karena kesing kacanya. Dimensi bodinya di 166,9 x 76 x 8,8 milimeter, yang artinya ponsel ini jauh lebih besar dari S10 Plus tahun lalu. S20 Ultra juga merupakan smartphone yang cukup berat dengan bobot 222 gram. Galaxy S20 Ultra adalah ponsel cerdas yang jelas tidak dapat dioperasikan dengan satu tangan. Pengguna selalu membutuhkan kedua tangan sehingga tidak semua orang menyukainya. Galaxy S10 adalah salah satu dari beberapa smartphone Android kelas atas dengan jack headphone tahun lalu, tetapi pada seri S20 ini menghilang. Namun, Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus pun tidak memiliki port tersebut. Itu artinya pengguna harus bergantung pada adaptor atau headset nirkabel, sama seperti hampir semua ponsel kelas atas lainnya saat ini.

Baca juga >>
Daftar Keyboard Gaming Terbaik 2020

Layar Terlihat Cantik

Layar Galaxy S20 Ultra dalam ukuran 6,9 inci dan terlihat seperti yang biasa dari Samsung, sangat bagus. Warna yang indah, layar selalu terbaca karena kecerahan maksimum yang sangat tinggi dan terlihat sangat tajam berkat resolusinya yang mencapai 3200 x 1440 piksel. Layar pun mendukung fitur hdr10 +. Karena ukurannya yang besar, S20 Ultra sangat ideal untuk menonton konten Netflix maupun film serta video dari YouTube. Peningkatan spesifikasi layar ada hubungannya dengan kecepatan refresh layar. Galaxy S20 Ultra memiliki layar 120Hz, yang berarti akan melakukan refresh hingga 120 kali per detik dan karenanya gambar terlihat lebih halus. Ponsel cerdas ini juga terasa jauh lebih cepat dan pengguna akan merasakannya terutama ketika menggulir melalui antarmuka atau menggulir halaman web yang panjang. Pengguna pun bisa mendapat manfaat dari ini saat mereka bermain game di ponsel, asalkan game tersebut sudah mendukung tampilan 120Hz.

Layar 120Hz secara teori akan lebih halus dari layar 90Hz misalnya pada OnePlus 7T dan Google Pixel 4 XL. Namun dalam praktiknya perbedaan itu tidak terlalu terlihat. Namun yang lebih penting, menavigasi layar Galaxy S20 Ultra terasa sangat cepat dan halus, yang merupakan salah satu fitur ponsel terbaik. Fitur 120Hz hanya berfungsi jika resolusi layar diatur ke full-HD. Jadi tidak mungkin menggunakan 120Hz dengan resolusi QHD tertinggi, tetapi pada full-HD layarnya juga terlihat tajam. Hanya saja yang menjadi kelemahan, layar 120Hz dengan resolusi full-HD akan cukup menekan daya baterai lebih cepat.

Perangkat Keras Terbaik Saat Ini

Spesifikasi utama Samsung Galaxy S20 Ultra ditenagai oleh chip Exynos 990 terbaru, yang sedikit lebih cepat dari chip Exynos 9820 dari Galaxy S10. Perangkat ini juga dilengkapi standar RAM 12GB dan penyimpanan internal 128GB. Jika penyimpanan 128GB tidak cukup, pengguna memiliki opsi untuk memasukkan kartu micro-SD (hingga 1TB) di perangkat. Perangkat menjalankan semua aplikasi dan game dengan sempurna. Tak diragukan lagi, inilah salah satu ponsel Android tercepat saat ini. Galaxy S20 Ultra juga mendukung standar 5G untuk akses ke internet meski operator jaringan belum menyediakannya.

Baca juga >>
Cara edit tulisan graffiti lewat HP

Galaxy S20 Ultra dilengkapi pemindai sidik jari ultrasonik di bawah layar, yang menggunakan gelombang suara dan getaran untuk memindai jari pengguna. Teknologi ini sudah diterapkan di Galaxy S10 dan S10 Plus namun kali ini lebih ditingkatkan sehingga sedikit lebih cepat dari sebelumnya. Pengguna hanya perlu meletakkan jari di layar sebentar dan S20 Ultra segera menampilkan layar beranda. Pengguna juga memiliki opsi untuk membuka kunci layar melalui pengenalan wajah, meski ini jauh lebih tidak aman daripada pemindai sidik jari. Samsung sepenuhnya bergantung pada kamera selfie dan karena layar juga menempati seluruh bagian depan, tidak ada ruang untuk menambahkan fitur pengenalan wajah tingkat lanjut seperti pada Google Pixel 4 (XL) dan iPhone terbaru.

Android 10 dengan OneUI 2.0

Galaxy S20 Ultra berjalan pada Android 10 dengan OneUI 2.0 skin dari Samsung. Perangkat lunak ini sangat berbeda dibanding versi sebelumnya. OneUI 2.0 lebih bagus dan mudah digunakan dan juga ditata secara logis. OneUI 2.0 ini sedikit lebih berat daripada stok Android, terlebih Samsung pun juga menyediakan beberapa aplikasi sendiri, seperti agenda dan aplikasi Note. Meski begitu pengguna dapat dengan mudah menghapusnya bila memang tak dibutuhkan. Salah satu fitur baru yang bagus adalah Quick Share, yang merupakan alternatif dari untuk menyaingi fitur AirDrop dari Apple. Dengan fitur tersebut, pengguna dapat dengan cepat berbagi file besar. Quick Share hanya tersedia untuk ponsel Samsung dengan OneUI, dan karenanya tidak berfungsi untuk ponsel dari merek lain.

Kebijakan update dari Samsung juga OK. Galaxy S20 Ultra mendapat dua upgrade Android utama, yang berarti bahwa ponsel ini akan diperbarui ke Android 11 dan 12. Lagi pula, perangkat ini pun akan menerima pembaruan keamanan setiap bulan selama tiga tahun dan Samsung biasanya meluncurkannya dengan cepat. Meski kemudian pembaharuan keamanan hanya menjadi setiap 4 bulan sekali tetapi pengguna tetap terlindungi dari kerentanan di sistem operasi seluler mereka.

Baca juga >>
✅ Download Mozilla Firefox Quantum Terbaru

Kamera yang Diperbarui

Dengan Galaxy S20 Ultra, Samsung berfokus terutama pada kehebatan kamera. Di kesing belakang adalah “pulau kamera” yang sangat besar yang berisi empat sensor. Itu berisi kamera utama 108 megapiksel, lensa sudut lebar 12 megapiksel, lensa zoom 48 megapiksel dan sensor Time of Flight. Yang terakhir berguna untuk mengumpulkan informasi kedalaman saat memotret. Namun daya tarik utama kamera Galaxy S20 Ultra adalah tentang kamera 108 megapiksel dan lensa zoom periskopik. Kamera 108 megapiksel mengambil gambar 12 megapiksel sebagai standar, menggabungkan piksel untuk menangkap lebih detail, yang akan menghasilkan foto yang lebih baik. Namun, juga dimungkinkan untuk mengambil foto dalam 108 megapiksel penuh, meskipun pengguna harus mengaktifkan opsi ini secara manual di aplikasi kamera.

Foto-foto yang dihasilkan dengan mengaktifkan fitur 108 megapiksel memang mengesankan dan menghasilkan banyak detail dengan warna yang indah. Jika pengguna memilih mode 108-megapiksel, mereka pun dapat dengan mudah memotong bagian-bagian tertentu dari foto karena resolusinya memang sangat tinggi, tanpa mengurangi kualitas. Samsung memamerkan fungsi zoom baru Galaxy S20 Ultra: “Space Zoom”. Ponsel ini memang sudah dilengkapi lensa zoom periskopik, seperti Huawei P30 Pro. Ini memungkinkan 4x optical zoom, tanpa kehilangan kualitas gambar. Selain itu, S20 Ultra menggunakan “hybrid zoom” (kombinasi perangkat keras dan perangkat lunak) untuk memperbesar 10x, dengan foto yang masih terlihat sangat bagus dan tajam. Yang unik adalah pengguna dapat memperbesar gambar hingga 100x, menggunakan zoom digital.

Fitur kamera lain yang juga sangat mengesankan adalah lensa sudut lebar dan mode potret. Foto potret terlihat jauh lebih baik daripada yang dihasilkan Galaxy S10. Kemudian lensa sudut lebar pun tetap menjadi fitur yang sangat berguna untuk misalnya mengambil foto lanskap. Lensa 12 megapiksel mampu mengambil foto yang sangat tajam yang tidak berbeda jauh dari sensor utama, meski kurang terang dan karenanya agak terbatas dalam kondisi gelap. Fitur lain yang jangan sampai ditinggalkan adalah Single Take. Dengan fitur ini pengguna akan mendapatkan semua jenis foto dan video hanya dengan satu jepretan. Pengguna kemudian dapat memilih bidikan mana yang paling bagus. Galaxy S20 Ultra juga memungkinkan untuk merekam video 8K meski akan kesulitan untuk melihat foto sepenuhnya karena keterbatasan perangkat yang bisa mendukungnya.

Baca juga >>
Download Game PUBG Mobile PC Gratis

Baterai Berdaya 5000 mAh

Layar besar 6,9 inci dengan dukungan 120Hz secara alami membutuhkan baterai yang besar, itulah sebabnya Samsung memberikan baterai kapasitas 5.000 mAh. Itu kapasitas yang lumayan, tetapi layar 120Hz memang banyak memberikan tekanan pada baterai sehingga tak bisa bertahan hingga sehari penggunaan. Namun bila pengguna mematikan mode 120Hz dan memilih 60Hz, baterai bisa dengan mudah bertahan hingga seharian. Masalahnya adalah pengguna harus kehilangan salah satu fitur terbaik dari Galaxy S20 Ultra, dan mereka tentu tidak benar-benar menginginkannya. Untungnya, pengisian daya Galaxy S20 Ultra bagus dan cepat, meskipun baterainya sangat besar. Samsung memasok perangkat ini dengan pengisi daya 25 Watt dan dengan itu perusahaan mengucapkan selamat tinggal pada adaptor 15 Watt yang lebih lambat yang telah dipasok untuk keluarga Galaxy S selama bertahun-tahun. Perbedaan kecepatannya sangat signifikan, pengguna dapat mengisi daya penuh perangkat ini hanya dalam waktu sekitar satu jam. Fitur pengisian nirkabel juga lebih cepat dari sebelumnya dan dimungkinkan untuk mengisi daya perangkat lain (seperti earbud nirkabel) dengan hanya menempatkannya di bagian belakang S20 Ultra.

Harga Samsung Galaxy S20 Ultra

Galaxy S20 Ultra mungkin merupakan smartphone Samsung terbaik, karena perangkat kerasnya yang mengesankan, layar 120Hz, baterai 5000 mAh dan kamera baru dengan zoom 100x. Namun, konsumen harus membayar mahal untuk Galaxy S20 Ultra. Harga Samsung Galaxy S20 Ultra ditawarkan Rp 18.499.000 untuk varian 8 GB/128 GB Rp 20.999.000 untuk varian 12 GB/128 GB. Jadi perangkat ini memang bukan untuk semua orang.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !