Samsung Galaxy S20, Kesempurnaan Layar dan Kamera

Sekuel ponsel terbaru dari Samsung resmi melenggang ke pasaran. Sebagai penerus flagship sebelumnya, Galaxy S20 series menawarkan fitur lengkap bagi mereka yang sedang mencari smartphone kelas atas dalam ukuran yang ringkas. Perangkat keras yang dibawanya memastikan bahwa semuanya bisa dilakukan dengan mudah dan lancar. Layar 120 Hz yang indah juga memastikan hal tersebut. Tentu bukan itu saja, review spesifikasi Samsung Galaxy S20 berikut ini menjelaskannya untuk Anda.

Samsung Galaxy S20, Kesempurnaan Layar dan Kamera

Desain Tidak Menonjol

Dari segi desain, Galaxy S20 tidak terlalu menonjol dibanding smartphone flagship lain. Sekilas terlihat hanya sedikit dimodifikasi dibandingkan dengan seri Galaxy S10. Perangkat ini menawarkan tepian layar yang sempit dan tidak ada pemindai sidik jari fisik seperti S10e, pendahulunya. Di bagian bawah pengguna akan menemukan port USB-C dan salah satu speaker, tetapi colokan untuk koneksi headphone hilang. Di bagian atas terdapat slot untuk kartu SIM atau kartu memori micro-SD dan di sebelah kanan terdapat tombol on / off dan tombol volume. Perangkat ini tahan air dan tahan debu berkat sertifikasi IP68 dan pemindai sidik jari ultrasonik disertakan di dalam layar. Ada modul kamera di bagian belakang yang berisi tiga sensor kamera dan flash dan ditempatkan di sudut kiri atas. Untungnya, dimensi Galaxy S20 reguler ini tidak sebesar Galaxy S20 Ultra. Namun, modul kamera tersebut sedikit menonjol, sehingga disarankan untuk menggunakan kesing tambahan. Pengguna bisa memilih dari model abu-abu, merah muda dan biru, sehingga mengakomodasi warna kesukaan kebanyakan orang. Yang juga menjadi kelebihan Galaxy S20 adalah ukuran perangkat. Galaxy S20 memiliki bobot hanya 163 gram dengan lebarnya sekitar 70 milimeter. Dengan layar 6,2 inci dengan bezel minimal maka pengguna akan memiliki perangkat yang dapat dioperasikan dengan cukup baik menggunakan satu tangan. Ponsel cerdas ini juga dengan mudah bisa masuk ke saku celana atau kemeja.

Baca juga >>
Download Aplikasi Plotagraph Android Pro

Layar Resolusi Tinggi

Samsung telah melengkapi Galaxy S20 dengan layar Amoled yang mampu mereproduksi resolusi 3200 x 1440 piksel, membuat semua konten terlihat tajam. Warna terlihat cantik, kontrasnya sangat bagus dan kecerahannya juga bisa sangat tinggi atau rendah. Di menu layar, pengguna juga bisa memilih dua resolusi lain untuk menghemat baterai. Kecepatan refresh juga terkait, yang dapat diatur ke 60Hz atau 120Hz. Angka itu artinya layar akan di-refresh 60 atau 120 kali per detik. Semakin tinggi frekuensi itu, semakin halus tampilan dan pergerakan gambar di layar. Hanya saja angka refresh rate 120Hz itu saat ini tidak mungkin untuk pengaturan resolusi tertinggi. Samsung dikabarkan sedang mengerjakan pembaruan untuk menggunakan mode 120Hz dalam kombinasi dengan resolusi tertinggi.

Perangkat Keras Khas Flagship

Pengguna akan melihat prosesor yang sama sebagaimana terpasang di varian Galaxy S20 lainnya, Exynos 990. Bersama-sama dengan 8GB (atau 12GB pada model 5G) RAM dan penyimpanan internal 128GB, spesifikasi Samsung Galaxy S20 memang diberikan yang terbaik. Aktifitas multitasking tidak ada masalah sama sekali, semuanya terasa mulus dan cepat. Memori juga dapat diperluas dengan kartu memori micro-SD. Fitur pemindai sidik jari di dalam layar dalam penggunaannya bekerja sedikit lebih lambat daripada versi pemindai fisik di Galaxy S10e namun itu tak begitu mengganggu. Koneksi headphone tidak tersedia, sehingga pengguna bisa mendengarkan musik melalui adaptor, headset USB-C, atau headphone nirkabel. Samsung menyediakan earphone dengan colokan USB-C yang memiliki kualitas bagus. Selain itu, pengguna dapat menikmati speaker stereo tanpa headphone, yang menghasilkan suara yang luar biasa.

Perangkat Lunak Android 10 dengan shell OneUI 2.1

Ponsel kasta tertinggi Samsung ini juga dilengkapi dengan Android 10 sebagai standar OS. Antarmuka yang digunakan adalah shell OneUI 2.1 buatan Samsung sendiri yang mungkin tak cocok untuk semua orang. Misalnya saja tampilan ikon yang agak kekanak-kanakan atau menu pengaturan pun terkadang tidak jelas. Namun yang pasti pihak Samsung memberikan jaminan akan adanya update ke Android 11 dan Android 12 di masa yang akan datang.

Baca juga >>
Cara Menambahkan Alamat Rumah Di Aplikasi Shopee

Kamera Di bawah Galaxy S20 Ultra

Besaran resolusi kamera tidak menggambarkan segalanya, tentu saja. Tetapi pengguna hanya dapat mengambil foto narsis dengan maksimum resolusi 10 MP dari S20 ini. Ini mengejutkan, karena misalnya Galaxy A71 yang jauh lebih murah malah menawarkan resolusi 32 megapiksel untuk kamera depan. Kemudian untuk kamera utama di bagian belakang hanya ada 3 sensor sementara S20 Ultra menggunakan 4 sensor. Kamera utama Galaxy S20 mengandalkan sensor 12 MP dan ada juga lensa sudut lebar dengan resolusi juga sama. Pengguna pun dapat memperbesar objek dengan lensa telefoto 64 MP sebagai sensor ketiga. Semua fitur lengkap sebagaimana ada pada model Ultra, pengguna hanya tidak mendapatkan sensor Time of Flight.

Antarmuka aplikasi kamera berfungsi dengan baik, pengguna dapat menyesuaikan segala sesuatunya dalam menu pengaturan sehingga mengambil foto dan video menjadi sangat mudah. Foto yang diambil terlihat bagus dalam hal kompisisi warna, ketajaman maupun kontras. Pembesaran obyek dimungkinkan dengan Galaxy S20 hingga 30 kali, yang tentu saja itu hanyalah pembesaran digital. Itu jauh lebih sedikit daripada pembesaran 100 kali yang ditawarkan S20 Ultra. Fitur kamera lain yang dapat digunakan dengan perangkat ini termasuk “Single Take”. Pengguna menekan tombol rana sekali maka semua sensor kamera akan bekerja secara bersamaan. Misalnya, di galeri pengguna tidak melihat hanya satu foto atau video, tetapi sekaligus beberapa. Pengguna pun dapat menggunakan mode profesional untuk bermain-main dengan kecepatan rana, nilai ISO, atau pengaturan lainnya. Mode malam juga tersedia meski hasilnya terkadang tampak agak palsu. Mode otomatis sedikit lebih baik ketika digunakan memotret dalam gelap.

Baterai Standar Berfitur Keren

Galaxy S20 dilengkapi dengan baterai 4000 mAh, yang mengisi daya dengan cepat berkat adaptor 25 Watt yang disertakan. Hanya perlu waktu setengah jam maka baterai telah terisi setengah penuh. Sehingga untuk pengisian penuh baterai membutuhkan waktu lebih dari satu jam. Baterai Galaxy S20 pun dimungkinkan untuk pengisian daya menggunakan charging wireless. Kapasitas baterai jauh lebih besar daripada Galaxy S10 dengan layar 6,1 inci, tetapi kinerjanya tidak berbeda. Itu juga karena dukungan layar 120Hz, yang hanya menghabiskan daya yang lebih besar. Dengan mode 60Hz dan resolusi tertinggi, masa pakai baterai sedikit lebih baik, tetapi tidak terlalu signifikan. Secara keseluruhan, daya tahan baterai Galaxy S20 cukup standar namun adanya fitur fast charging membuat segalanya menjadi menyenangkan.

Baca juga >>
Membuat Laporan Data Petugas Perpustakaan

Harga Samsung Galaxy S20

Di awal peluncuran perdananya, harga Samsung Galaxy S20 reguler ditawarkan mulai Rp.13,5 juta. Namun saat ini harga Samsung Galaxy S20 hanya dibanderol sekitar Rp.12,9 jutaan saja. Ada tawaran cashback hingga Rp.1,5 juta bagi konsumen yang memesan ponsel flagship ini di beberapa situs belanja tertentu. Untuk versi S20 reguler ini pihak produsen menyediakan tiga pilihan warna yaitu Cosmic grey, Cosmic black, dan Cloud Pink.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !