Samsung Galaxy A41, Review Spek Dan Harga

Penguasa pasar Android, Samsung secara rutin melepas produk mereka ke pasaran. Beberapa seri Galaxy A terbaru pun dikenalkan belum lama ini. Paling baru adalah kedatangan seri Galaxy A41 yang  mengisi pangsa konsumen midrange dimana produk ini mengedepankan fitur kamera yang mengesankan. Perangkat ini boleh dikatakan sebagai suksesor dari Galaxy A40 yang diluncurkan tahun sebelumnya.  Spesifikasi Samsung Galaxy A41 menawarkan menawarkan banyak hal sesuai ekspektasi konsumen.

 

Bagi konsumen yang menginginkan seri Galaxy S dari Samsung namun terkendala harganya yang mahal, pabrikan Korea Selatan telah menyediakan seri Galaxy A beberapa tahun belakangan ini. Samsung galaxy A Series adalah ponsel dengan perangkat lunak yang sama dan desain yang indah layaknya ponsel premium meski untuk dapur pacu sedikit kurang kuat dibanding flagship. Yang sudah keluar adalah Galaxy A10 dan A20e sebagai pilihan ponsel termurah di kelas ini. Lalu ada Galaxy A80 dan Galaxy A40 dengan fitur lebih baik dengan harga tentunya sedikit lebih mahal.

Nah, pihak pabrikan pun meluncurkan penerus Galaxy A40 dengan kehadiran Galaxy A41. Galaxy A41 bukan smartphone Samsung termurah, tetapi masih sangat terjangkau. Perangkat ini tidak sebesar Galaxy A80, tetapi untuk kisaran harganya ada sejumlah fitur yang mengejutkan. Dari layar Amoled Infinity hingga konfigurasi kamera quad dan pemindai sidik jari. Boleh dikatakan Galaxy A40 memiliki banyak hal yang ditawarkan. Apakah ini smartphone Samsung murah terbaik yang pas untuk Anda? simak ulasan spesifikasi Samsung Galaxy A41 berikut ini.

Baca juga >>
Cara Mengganti Foto Profil (Avatar) Mobile Legends Dengan Foto Sendiri

Samsung Galaxy A41, Review Spek dan Harga

Layar Amoled Premium

Samsung Galaxy A41 dilengkapi dengan layar touchscreen kapasitif 6,1 inci yang menawarkan resolusi 1080 x 2340 piksel dengan jenis panel Super AMOLED.  Ada aksen poni membentuk huruf “U” di pinggir atas layar yang disebut Samsung dengan Infinity-U. Poni tersebut tempat untuk memasang sensor kamera depan yang resolusinya mencapai 25 MP bukaan f/2.2. Resolusi tersebut masih setara dengan yang diberikan untuk Galaxy A40 tahun sebelumnya. Meski ukuran layar termasuk besar namun menggenggam Galaxy A41 tak terasa kikuk di tangan. Ponsel ini cukup mudah dioperasikan menggunakan satu tangan. Itu karena Samsung telah berhasil menjaga bagian tepi di sekitar layar tetap kecil. Di bagian bawah adalah bezel hitam sempit, di bagian atas hanya takik kecil untuk kamera selfie.

Layar Amoled-nya sendiri berfungsi dengan baik. Kecerahan maksimum hanya sedikit di bawah kualitas layar Samsung S10. Jadi pengguna akan disuguhi visual layar yang sangat berwarna dan cemerlang yang memenuhi hampir seluruh bagian depan. Selain itu, A41 menawarkan resolusi HD penuh (2340 x 1080 piksel), yang menghasilkan tidak kurang dari 437 piksel per inci. Ini membuat gambar lebih tajam daripada misalnya, apa yang disebut “Retina Display” dari iPhone XR yang jauh lebih mahal. Dengan menempatkan spesifikasi layar sebagus itu di ponsel murah, A41 langsung terasa jauh lebih premium. Di bagian depan ini pengguna tidak dapat melihat bahwa ini adalah smartphone dengan harga sangat terjangkau di segmen kelas menengah.

Rancangan Premium

Dari aspek fisik, smartphone ini menawarkan ukuran 69.8 x 149.9 x 7.9 mm yang beratnya mencapai 152 gram. Bobot yang cukup ringan sehingga sangat nyaman di tangan untuk penggunaan lama. Lain dengan Galaxy A40 yang memposisikan sensor sidik jari di belakang, Galaxy A41 memasang sensor tersebut di dalam layar atau disebut in display fingerprint. Spesifikasi Galaxy A41 pun membawa ciri khas ponsel premium yaitu sertifikasi IP68 A41 untuk ketahanannya terhadap air sampai kedalaman 1,5 m hingga setengah jam. Itu artinya ponsel yang satu ini sangat cocok untuk pengguna yang kerap beraktifitas outdoor atau mereka yang kerap melakukan travelling.

Baca juga >>
Cara Beli Aplikasi di Google Play Store Dengan GoPay

Prosesor dan Storage Sesuai Ekspektasi

Ponsel ini mengaplikasikan prosesor Octa Core (dual 2.0 GHz + Hexa 1.7 GHz) dikombinasikan dengan keberadaan 4 GB RAM serta ukuran storage default 64GB. Sarana penyimpanan tersebut pun masih bisa diperluas sampai 512 GB dengan bantuan kartu microSD. Ini akan makin memudahkan pengguna dengan hobi mengoleksi konten-konten digital yang kita tahu ukuran file-nya besar-besar. Dari sisi perangkat lunak, Samsung memberikan OS Android terbaru versi 10 dalam antarmuka One UI 2 yang juga terbaru. Secara visual tampilannya sangat berbeda dari yang biasa diberikan stock Android: ada lebih banyak warna dan ikon yang lebih besar secara default dan memiliki latar belakang persegi. Pengaturannya juga sedikit berbeda, sedikit lebih berwarna dan rapi. Selain itu, OneUI secara fungsional hampir selengkap stock Android. Pabrikan memasok cukup banyak aplikasi milik sendiri yang sebagian besarnya mungkin tidak diperlukan. Beberapa fitur menarik seperti : SmartThings (yang dengannya pengguna bisa mengontrol perangkat Samsung pintar lainnya di dalam rumah), Samsung Members (di mana pengguna dapat menemukan penawaran lain dari Samsung) dan beberapa aplikasi Microsoft. Berita baiknya adalah pengguna bisa menghapus bloatware tersebut dengan mudah.

Kamera Utama Triple

Spesifikasi imaging dari Samsung Galaxy A41 untuk kamera utama menggunakan kombinasi sensor 48 MP (f/2.0) + 8 MP (f/2.2) + 5 MP (f/2.4). Triple Camera tersebut sudah dilengkapi dengan LED flash untuk membantu pencahayaan luar. Berbagai fitur yang diberikan kamera utama ini mulai dari pemotretan panorama, HDR, rekam video 2160p@30fps, 1080p@30fps. Di depan, smartphone terbaru ini memanfaatkan kamera selfie 25 MP (f/2.2) yang juga memiliki kemampuan rekam video 1080p@30fps. Kamera utama memiliki opsi HDR Otomatis, yang berarti secara otomatis akan memberikan kontras yang lebih baik antara gambar gelap dan terang.  Kamera utama A41 mampu mengambil foto yang cukup colourfast dan jelas tajam untuk kisaran harga ini. Lensa sudut lebar adalah opsi menarik lainnya. Pengguna bisa memotret foto dengan cakupan sangat lebar. Itu adalah fitur yang bagus karena pengguna bisa menjejalkan gedung-gedung tinggi atau sekelompok orang ke dalam satu foto.

Baca juga >>
Cara Cek Nomor Resi Wahana Online Yang Simpel Dan Gampang

Konektivitas Lengkap

Aspek konektivitas yang ditawarkan Samsung Galaxy A41 sangat lengkap termasuk Wi-Fi 802,11 AC, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, v 5.0, A2DP, LE, 2,0, Type-C 1,0 konektor reversibel, USB OTG, dengan A-GPS, GLONASS,. SIM ganda.

Baterai Standar + Fast Charging

Samsung Galaxy A41 memperoleh daya dari baterai Li-ion 3500 mAh dari tipe non removable atau tak dapat dilepas dari bodi. Kapasitas baterainya cukup rata-rata dalam kisaran harga ini. Masa pakai baterainya pun cukup standar. Pengguna akan mendapat satu hari penuh tanpa perlu mengisi daya antara. Namun jika pengguna memanfaatkannya untuk menonton lebih banyak video, maka konsumsi baterai jelas akan tersedot dengan cepat. Nilai tambah dari sisi baterai ini adalah Samsung telah melengkapinya dengan  pengisi daya 15 Watt. Ini berarti bahwa baterai sudah lebih dari lima puluh persen penuh setelah pengguna mengecas setengah jam.

Harga Sesuai Spek

Handset ini datang dengan tiga opsi warna yaitu Black, Blue, dan White, dengan beberapa pola rapi di bagian belakang yang dinamakan Prism Crush. Perkiraan rilis perdana di awal Mei 2020, harga Samsung Galaxy A41 yang menyasar kalangan konsumen menengah ini kemungkinan akan dibanderol sekitar Rp.5,2 juta. Pasar pertama yang beruntung bisa mencicipi ponsel terbaru ini adalah beberapa negara Eropa. Belum dapat dipastikan kedatangannya ke Indonesia setelah itu mengingat pandemi Corona sedang melanda dunia yang sangat berpengaruh pada daya beli.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat