Cluster Cut Nyak Dien

Sumedang, Jawa Barat.

}

Senin - Sabtu

08.00 - 18.00

Phone Whatsapp

0822-1914-1914

Cluster Cut Nyak Dien

Sumedang, Jawa Barat.

}

Senin - Sabtu

08.00 - 18.00

Phone Whatsapp

0822-1914-1914

Review SMS Banking BRI Terbaru 2018 seonindo 09:42

Review SMS Banking BRI Terbaru 2018

Review SMS Banking BRI Terbaru 2018

Review SMS Banking BRI Terbaru 2018

Seiring dengan perkembangan teknologi pada saat ini,khususnya teknologi berupa handphone genggam yang mulai marak digunakan sebelum adanya android ataupun smartphone juga diperhatikan dan dijadikan peluang untuk mempermudah pemberian layanan oleh bank-bank yang ada di Indonesia. Salah satu bank di Indonesia yang sangat peka sekali terhadap perkembangan jaman adalah Bank Rakyat Indonsia atau disingkat BRI.

Sebelum internet banking dan mobile banking marak digunakan, Bank Rakyat Indonesia (BRI) menawarkan kemudahan dan kepraktisan bagi seluruh nasabahnya dalam melakukan transaksi yakni dengan adanya fitur SMS banking.

Apa Sih SMS Banking BRI ?

Jadi SMS Banking BRI merupakan suatu fitur yang diberikan oleh Bank BRI dalam kemudahan, kenyamanan dalam melakukan transaksi pembayaran secara rutin dan dapat terselesaikan hanya dengan menggunakan ponsel saja.

SMS Banking BRI merupakan salah satu bentuk layanan e-channel dari Bank BRI yang dapat diakses melalui ponsel yakni dalam bentuk SMS. Anda dapat menikmatinya melalui aplikasi SMS Bank BRI yang tersedia di ponsel anda. Layanan SMS Banking ini menggunakan kode akses 3300 sebagai nomor tujuan dan dapat diakses melalui operator dari ponsel GSM ataupun CDMA.

Kemudahan dan Kepraktisan SMS Banking BRI

Nasabah dapat melakukan pembayaran dari aneka tagihan secara rutin misalnya pembayaran PLN, Telkom, Halo, Kartu Kredit BRI atau KTA, Citibank,  ANZ, Matrix dan sebagainya hanya dengan menggunakan SMS Banking BRI.

Caranya juga sangat mudah, apabila anda akan membayar suatu tagihan rutin dari PLN. Anda bisa memilih fasilitas SMS Banking BRI dari ponsel anda kemudian pilih smsPAYMENT, setelah itu masukkan nomor pelanggan kemudian PIN SMS Banking BRI lalu kirim ke 3300. Apabila transaksi anda berhasil, maka akan ada pemberitahuan dari pihak BRI dalam bentuk SMS juga.

Perbedaan Internet Banking Mobile Banking dan SMS Banking BRI

Setelah sebelumnya kita sudah membahas dan melakukan review internet Banking BRI dan mobile Banking BRI. Pada artikel ini kami akan mereview produk SMS Banking BRI. Nah, sebelumnya anda harus tahu terlebih dahulu apa sih perbedaan dari ketiga produk Bank BRI tersebut yang meliputi internet Banking BRI, Mobile Banking BRI dan SMS Banking BRI. Yuk kita mulai saja bahas dan lihat dimana letak perbedaan dari ketiga fitur berteknologi tersebut.

Internet Banking BRI atau i-Banking

Pada saat ini, layanan internet banking merupakan salah satu yang menjadi layanan unggulan yang ditawarkan oleh banyak perbankan di Indonesia termasuk Bank Rakyat Indonesi (BRI). Hal ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi para nasabah dalam bertransaksi. Fungsi dari i-banking sendiri sudah mengungguli ATM, kecuali dalam hal tarik tunai yang tentunya anda harus pergi ke ATM dan tidak bisa dilakukan melalui layanan i-Banking.

Beberapa fitur yang diberikan oleh i-Banking antara lain adalah sebagai berikut.

  • Informasi Rekening dan Kartu Kredit

Internet Banking BRI menyediakan informasi mengenai rekening dan kartu kredit yang mencakup informasi mengenai saldo, histori transaksi, daftar rekening (rekening giro, deposito, tabungan rencana dan lainnya). Anda juga dapat melihat informasi mengenai kurs dalam internet banking BRI ini.

  • Transfer Dana

Internet banking juga menyediakan layanan transaksi untuk mentransfer sejumlah dana baik transfer sesama bank BRI ataupun antar bank yang lainnya. selain itu, juga disediakan sebuah fitur transfer terjadwal.

  • Pembayaran

Tidak hanya dapat melihat informasi rekenig,kartu kredit dan juga transfer. Anda juga dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan internet Banking BRI baik pembayaran tagihan listrik, telepon, asuransi, kartu kredit, hingga e-commerce.

Internet banking dapat diakses kapan saja dan dimana saja selama masih ada jaringan internet. Anda dapat mengakses dari gadget, PC, laptop, ataupun tablet. Internet banking BRI juga dilengkapi dengan sistem pengamanan berlapis dengan menggunakan user ID dan password. Namun, meskipun demikian hal yang harus anda perhatikan adalah jangan sembarangan menggunakan PC/laptop, ponsel, dan tablet orang lain karena orang tersebut bisa saja masuk dengan menggunakan identitas anda.

Baca juga  Kumpulan Kode Bank Bri Untuk Transfer Sesama dan Bank Lain

Mobile Banking BRI atau m-Banking

Untuk bisa melakukan transaksi keuangan dengan menggunakan mobile Banking BRI (m-Banking) ini anda dapat mendownload aplikasi BRI Mobile yang ada di play store, hal inilah yang membuat mobile banking berbeda dengan internet banking.

Fitur-fitur yang disediakan juga lebih sedikit jika dibandingkan dengan internet Banking BRI. Berikut beberapa fitur yang dapat anda nikmati dengan menggunakan mobile Banking BRI.

  • Melakukan transfer antar rekening dan antar bank
  • Dapat melakukan aktivitas pembayaran tagihan kartu kredit, telepon, listrik, dan TV yang berlangganan dan membeli pulsa.
  • Anda dapat melakukan pembelan voucher dan e-commerce serta mengetahui informasi rekening dan juga kurs.

Untuk sistem pengamanannya, mobile banking BRI ini mengunakan sistem OTP yang akan dikirim melalui SMS ke ponsel yang bersangkutan  dan sistem ini hanya berlaku untuk satu nomor HP yang didaftarkan.

SMS Banking BRI

Jika dibandingkan dengan layanan yang lainnya, SMS Banking BRI ini memang memiliki beberapa keterbatasan. Namun, anda dapat memanfaatkan layanan ini tanpa menggunakan internet. Jadi, cukup praktis juga bukan pada saat anda berada di suatu daerah yang tidak ada layanan jaringan internetnya.

Beberapa fitur yang disediakan di SMS Banking BRI adalah sebagai berikut.

  • Anda dapat melihat atau mengecek informasi saldo, mutasi rekening, dan informasi mengenai kurs;
  • Selain itu, anda juga dapat melihat informasi mengenai kartu kredit;
  • Anda bisa melakukan kegiatan transfer dana dan melakukan pembayaran dengan menggunakan SMS Banking BRI ni.

Nah, untuk melakukan berbagai macam transaksi dengan menggunakan SMS Banking BRI, anda tinggal memasukkan perintah dan kode akses ke nomor operator dari SMS Banking BRI yakni 3300. Namun, pada saat anda melakukan perintah ini, anda akan dikenakan biaya atau tarif pulsa sesuai dengan biaya layanan yang dikenakan oleh bank BRI.

Kode promo Grab ini memberikan diskon berupa kesempatan menyaksikan pertandingan La Liga langsung dari Spanyol dan mendapat merchandise resmi La Liga dengan tanda tangan pemain favorit kita. Promo ini hanya berlaku khusus untuk pemesanan layanan GrabCar atau GrabBike dengan pembayaran menggunakan aplikasi GrabPay. Hadiah berupa tiket VIP el clasico, merchandise berupa bola resmi yang dipakai di La Liga bertandatangan pemain idola, kaos polo resmi Real Madrid, jersey Barcelona, dan merchandise lain dengan tandatangan pemain favorit kamu tersemat disana.

Kelebihan dan Kekurangan SMS Banking BRI

Setelah anda mengetahui mengenai perbedaan dari ketiga layanan yang diberikan oleh bank BRI yang meliputi internet banking, mobile banking dan juga SMS banking. Berikutnya karena fokus pembahasan artikel ini membahas mengenai review SMS Banking BRI terbaru 2018 maka, anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh SMS Banking BRI ini.

Kelebihan SMS Banking BRI

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh SMS Banking BRI jika dibandingkan dengan layanan Banking yang lainnya.

  • Dapat Diakses Tanpa Jaringan Internet

SMS Banking BRI dapat diakses tanpa harus menggunakan jaringan internet. Hal ini akan sangat membantu sekali bagi masyarakat yang ada di daerah pedesaan yang tidak selalu bisa terhubung ke jaringan internet. SMS Banking BRI dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut.

  • Tidak Harus Menggunakan Smartphone

Selain dapat diakses tanpa jaringan internet, SMS Banking BRI ini juga dapat anda akses untuk bertransaksi tanpa harus menggunakan smartphone atau ponsel pintar. Anda bisa melakukan transaksi dengan mudah, cepat dan praktis.

  • Mudah dan Praktis
Baca juga  10 Bank Terbesar di Indonesia 2018

Ketika anda menggunakan SMS banking BRI, anda hanya perlu mengirimkan kode ke nomor yang sudah ditentukan dalam melakukan transaksi keuangan yang sesuai dengan kebutuhan anda. Hal inilah yang membedakan ketika anda menggunakan internet banking yang memerlukan terlalu banyak tahapan dalam melakukan transaksi. Pada saat anda menggunakan internet banking anda harus memasukkan ID dan Password, kemudian memilih menu yang tersedia.

  • Aman dan Nyaman

Dalam hal keamanan, transaksi keuangan dengan menggunakan SMS Banking BRI akan lebih terjaga karena data dapat dengan mudah di hapus. Seain itu, transaksi ini juga bebas dari gangguan eksternal misalnya seperti gangguan koneksi internet dan pada saat listrik padam.

Kekurangan SMS Banking BRI

Selain memiliki kelebihan, SMS banking BRI juga memiliki kekurangan. Berikut kekurangan yang dimiliki oleh SMS Banking BRI.

  • Kurang Fleksibel

SMS Banking BRI dirasa kurang fleksibel jika dibandingkan dengan internet banking dan mobile banking. Hal ini karena adanya keterbatasan atas pengelolaan transkasi keuangan sehingga tidka dapat membuat transaksi keuangan yang banyak dalam satu waktu sekaligus.

  • Lebih Mahal

Jika dibandingkan dengan internet banking BRI dan mobile Banking BRI, SMS Banking BRI akan lebih mahal karena untuk melakukan sekali transaksi anda akan dikenakan tarif yang lebih mahal untuk biaya SMS Banking BRI. Hal ini berbeda jika kita menggunakan internet banking BRI dan mobile banking BRI yang hanya menggunakan paket data internet yang pada saat ini semua orang pasti memilikinya dan pastinya lebih murah.

Cara Akses SMS Banking BRI

Anda bisa menggunakan dua cara dalam mengakses SMS Banking BRI yakni sebagai berikut.

  • SMS Biasa

Cara akses yang pertama adalah dengan format SMS yang biasa dilakukan dan paling umum digunakan. Anda hanya tinggal mengetik sebuah pesan yang berupa kode tertentu sesuai dengan transaksi yang ingin dilakukan dan setelah itu, anda tinggal harus mengirimkannya ke nomor yang sudah disediakan oleh Bank BRI ke 3300.

Caranya melakukan SMS Biasa juga memiliki format yang mudah sekali, anda hanya perlu mengetikkan (rekening sumber), (rekening tujuan), (nominal) dan (password) untuk melakukan transfer.

  • SMS Toolkit

Cara akses yang kedua adalah dengan menggunakan SMS Toolkit. Disini nasabah  dapat menggunakan SMS Banking melalui menu dari SIM card. Namun, untuk melakukan hal tersebut tergantung pada provider yang anda gunakan. Setiap provider memiliki menu SMS Banking yang berbeda. Nah, untuk bisa melakukan SMS Banking BRI, nasabah harus mendaftarkan ke bank BRI terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan password agar bisa mengakses layanan ini.

Resiko Menggunakan SMS Banking BRI

Setelah kita mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan, selanjutnya akan kami jelaskan mengenai risiko menggunakan SMS Banking BRI sebagai informasi tambahan.

  • Penyadapan

Risiko menggunakan SMS Banking BRI yang pertama adalah adanya risiko terjadinya penyadapan sehingga memungkinkan data terekam dari SMS banking BRI yang cukup membuat nasabah was was. Misalnya saja PIN yang digunakan untuk melakukan transaksi terkadang masih tersimpan di dalam kotak keluar SMS atau SMS outbox.

Hal ini akan berbahaya jika ada orang yang meminjam handphone anda kemudian dapat menemukan atau melihat PIN yang sudah pernah digunakan oleh nasabah dalam bertransaksi. Bayangkan saja, misalnya anda handphone anda hilang dan masih ada history pesan terkirimnya, maka PIN SMS Banking milik anda juga dapat diketahui oleh orang lain yang ada di ponsel anda.

Kecanggihan atas kemajuan teknologi pada saat ini membuat beberapa operator memiliki metode yang dapat digunakan untuk menyadap SMS. Contohnya saja dengan adanya fitur forward dan mengcopy SMS yang akan memberikan kemudahan kepada nasabah dan bahkan bagi setiap orang yang melakukan pengiriman SMS maka pesan yang dikirimkan juga akan dikirimkan kepada orang lain.

  • Tidak Adanya Respon
Baca juga  9 bisnis online syariah rejeki halal dan berkah 2018

Selain itu, pengalaman dari beberapa pengguna yang sedikit mengkhawatirkan saat menggunakan SMS Banking BRI dan ternyata tidak ada respon sama sekali pada saat memberikan perintah SMS banking BRI. Beberapa pengguna juga merasakan cukup sering mengalami situasi tersebut.

Karena ketika pada situasi tersebut maka kemungkinan ada 2 hal yakni apakah transaksi berhasil atau gagal. Untuk bisa mengetahui apakah transaksi yang dilakukan berhasil atau gagal, anda bisa menghubungi call center bank BRI.

Hal yang sering terjadi pada nasabah, biasanya nasabah akan melakukan pengulangan transaksi  tanpa mereka tahu transaksi yang dilakukan berhasil atau tidak. Sehingga risiko yang mungkin terjadi adalah pembayaran dobel.

  • Kurang Praktis

SMS Banking BRI dirasa kurang praktis karena nasabah harus menghafalkan beberapa kode yang dibutuhkan untuk melakukan beberapa transaksi. Hal ini karena, setiap transaksi yang dilakukan menggunakan beberapa kode yang berbeda. Oleh karena itu, nasabah dituntut untuk mengingat kode yang dibutukan, mereka tidak akan bisa melakukan transaksi.

Fasilitas SMS Banking BRI

  • SMS Info

Fasilitas yang dimiliki oleh SMS Banking BRI yang pertama adalah SMS Info yang berisi tentang informasi sado, Telkom, PLN, Kartu Halo, Matrix, Rekening tujuan transfer ke bank lain, Ganti PI, dan bantuan /help.

  • SMS Transfer

Dengan fasilitas ini anda bisa melakukan transfer antar rekening BRI dan transfer antar bank yang lainnya.

  • SMS Prepaid

Selain dapat melakukan transfer anda bisa melakukan pembelian pulsaisi ulang baik pulsa telkomsel, indosat, XL atau Axis.

  • SMS Payment

Dengan menggunakan SMS Banking BRI, anda juga dapat melakukan berbagai macam pembayaran seperti pembayaran kartu kredit, DPLK, pembayaran zakat YBM BRI, Infaq YBM BRI, pembayaran tagihan Citibank, SCB, HSBC, RBS, ANZ, PLN, Telkom, Kartu Halo, Matrik, dan tagihan lainnya. Anda juga bisa melakukan pembayaran infaq dan zakat dompet duafa yang disediakan oleh bank BRI.

  • SMS Purchase

Anda bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk melakukan pembelian secara online ke e-commerce.

Cara dan Persyaratan Daftar SMS Banking BRI

Bagi anda pemilik rekening tabungan BRI baik itu BRI Britama, Britama Junior  ataupun Simpedes serta Giro (perorangan) yang memiliki kartu ATM BRI dan berada pada status yang aktif. Anda dapat melakukan langkah-langkah cara mendaftra SMS Banking BRI berikut ini.

  1. Registrasi di ATM

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mencari ATM terdekat kemudian melakukan registrasi awal untuk bisa melakukan berbagai macam transaksi secara non financial melalui ATM BRI dengan memilih menu “transaksi lain” kemudian pilih menu “Registrasi” dengan cara mendaftarkan nomor HP anda yang masih aktif.

  1. Registrasi di Unit Kerja BRI

Selain di ATM, anda juga bisa melakukan registrasi di unit kerja BRI baik itu di kantor cabang, Kantor cabang pembantu, Kk dan unit untuk melakukan transaksi secara finansial seperti melakukan transfer antar rekening atau bahkan antar bank, melakukan pembelian pulsa dan lainnya yang bersifat finansial.

Nah, pada saat anda melakukan registrasi di Unit Kerja BRI ini anda hanya cukup mengisi formulir permohonan registrasi SMS banking BRI. Persyaratan yang harus anda siapakan adalah melampirkan fotocopy KTP yang masih berlaku dan fotocopy kartu ATM BRI yang anda miliki.

Itulah informasi mengenai review SMS Banking BRI Terbaru 2018 yang dapat kami sampaikan. Jangan lupa like dan share jika anda merasa artikel ini layak untuk dibagi ke orang orang terdekat anda. Salam sukses dari kami SEON One Stop Solution.

Sumber : Bisnis Online Indonesia

😡
☹️
😐
☺️
😍

Previous

Next

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Subscribe Today

We will keep you with useful tips, guides and secrets everyday. Get it soon.
Email address
Spam free & Secure :)

Get Amazing Stories

Email address
Shares