Review OnePlus 8 dan 8 Pro, Kenalkan Kamera Setara DSLR

Seri OnePlus sekarang dirilis beberapa kali dalam setahun. Yang terbaru adalah OnePlus 8 dan OnePlus 8 Pro. Kedua smartphone tersebut adalah penerus OnePlus 7T dan 7T Pro yang dirilis pada bulan September dan Oktober 2019 silam. Perangkat terbaru ini memiliki hardware dengan spesifikasi lebih cepat, kamera yang ditingkatkan kemampuannya secara signifikan, dan baterai yang lebih besar. Simak review spesifikasi OnePlus 8 Pro dalam sajian artikel berikut ini.

 

Review OnePlus 8 dan 8 Pro, Kenalkan Kamera Setara DSLR

Hardware Teratas

Seperti yang biasa dari OnePlus, perangkat terbaru ini juga dilengkapi dengan hardware seluler terbaik. Sebagai contoh, chip Snapdragon 865 adalah detak jantung di kedua ponsel terbaru Google tersebut. Prosesor tersebut menjadi yang tercepat dari produsen Qualcomm dan dikombinasikan dengan modem 5G. Itu artinya smartphone terbaru ini siap untuk teknologi masa depan.  Secara default, ada 8GB RAM yang tersedia di kedua tipe, dikombinasikan dengan penyimpanan internal 128GB. Ada juga pilihan (dalam warna tertentu) untuk model dengan RAM 12GB dan penyimpanan internal 256GB. Karena kombinasi perangkat keras tersebut pastinya pengguna tidak perlu mengeluh tentang performa yang mampu diberikan. Game 3D berat atau multitasking semuanya bisa dimulai dengan cepat. Slot khusus untuk kartu memori micro SD memang tidak tersedia, tetapi pengguna dapat menyimpan dua kartu SIM di perangkat.

OnePlus 8 Pro juga memiliki sertifikasi IP68, menjadikan perangkat ini benar-benar tahan debu dan air. 8 Pro ini adalah seri OnePlus pertama yang mendukung pengisian daya nirkabel. Pabrikan secara rasional memilih Android 10, dengan antarmuka OxygenOS. Antarmuka pengguna itu memang terkenal karena kustomisasinya yang sederhana dan fitur tambahan yang bermanfaat. Beberapa aplikasi seperti Netflix, Messenger, Facebook dan Instagram sudah diinstal sebelumnya secara default.

Baca juga >>
Update, Eset Mobile Security License Key 2019 Premium

Ukuran Lebih Besar dengan Warna-Warna Baru

Desain kedua perangkat sebagian besar dibangun meniru pendahulunya. Namun pihak pabrikan telah menawarkan warna-warna segar yang baru. Misalnya, OnePlus 8 Pro tersedia dalam warna hitam dan warna hijau baru. Perusahaan juga telah merilis warna biru baru yaitu “Ultramarine Blue”. OnePlus menggunakan kaca buram jenis baru dalam seri baru ini, yang membuat perangkat ini terlihat chic. Yang mencolok adalah penyempurnaan penampilan, di mana sisi-sisinya disajikan dalam warna matte. Grille speaker di bagian bawah terlihat sedikit lebih modern, slider fisik di sebelah kanan telah menjadi jauh lebih kecil dan alur kecil dapat ditemukan di bagian atas. OnePlus 8 Pro juga lebih sempit 1,5 milimeter dan beberapa milimeter lebih panjang dari 7T Pro.

Sementara OnePlus 8 reguler tidak tersedia dalam warna biru, tetapi akan dirilis kemudian dalam warna baru yaitu Interstellar Glow. Interstellar Glow hampir seperti biru tua hanya saja lebih berpendar. Karena itu warna ini jauh lebih sensitif terhadap jari-jari berminyak, tapi untungnya pengguna akan mendapatkan cover transparan dalam paket pembelian. Untuk versi Pro, pengguna akan mendapatkan empat kamera di bagian belakang sementara OnePlus 8 reguler hanya ada tiga. Namun, pada OnePlus 8 pabrikan telah meninggalkan modul bundar besar yang terlihat di OnePlus 7T. Koneksi headphone tidak tersedia di kedua perangkat, sehingga pengguna hanya dapat mendengarkan musik melalui port USB-C atau secara nirkabel melalui Bluetooth.

Layar Mulus 90Hz dan 120Hz

OnePlus memilih lubang kecil di layar, tempat kamera selfie dipasang. Lubang kecil itu hampir tidak terlihat. OnePlus 8 memiliki layar 6,55 inci dengan resolusi 2400 x 1080 piksel. Panel Amoled dengan tepian rata. Sementara OnePlus 8 Plus memiliki tepi layar yang membulat dan ukuran layar sedikit lebih besar yaitu 6,78 inci. Resolusinya juga jauh lebih tinggi sehingga layar terlihat lebih tajam. OnePlus 8 Pro juga merupakan ponsel OnePlus pertama dengan layar 120Hz, yang artinya mampu menyegarkan layar sampai 120 kali per detik. Sementara OnePlus 8 hanya mampu me-refresh layar maksimal sampai 90 kali per detik. Kedua layar smartphone tersebut terasa sangat halus, dengan perbedaan antara 90 Hz dan 120Hz tak begitu terlihat.

Baca juga >>
Membuat Laporan Stok Data Barang Aplikasi Kasir

Perubahan di Sektor Kamera

Spesifikasi kamera OnePlus 8 seperti pendahulunya memiliki tiga kamera di bagian belakang. Lensa zoom tidak lagi ada, tetapi kamera makro yang terpisah telah dipilih. Ini memungkinkan pengguna mengambil foto, misalnya, bunga dan serangga dari dekat. Kelemahannya? Pengguna melakukannya dalam resolusi hanya dua megapiksel dan itu terlalu rendah untuk menangkap detail yang cukup. Kamera utama memotret gambar hingga 48 megapiksel. Lensa sudut lebar masih ada dan dengan itu pengguna bisa mengambil bidikan yang sedikit lebih lebar hingga 16 megapiksel.

Spesifikasi kamera OnePlus 8 Pro memiliki empat kamera, dan kamera utama juga memotret gambar hingga 48 megapiksel. Namun, sensor kamera dapat menangkap lebih banyak cahaya, yang berarti foto-foto pun akan jauh lebih baik dalam kondisi cahaya yang lebih terbatas. Kamera lain adalah lensa sudut lebar 48 megapiksel, lensa zoom 8 megapiksel dan akhirnya sensor 5 megapiksel. Yang terakhir memiliki lensa khusus, yang melaluinya cahaya akan diproses dengan berbagai cara. Fitur ini akan menghasilkan efek unik dalam setiap foto, yang dapat ditambahkan kemudian melalui perangkat lunak.

OnePlus masih memilih untuk maksimum 3x hybrid zoom dan itu tentu sangat disayangkan. Fitur tersebut menggunakan kombinasi zoom optik dan zoom digital untuk mencapai hasil yang baik. Beberapa smartphone merek lain bahkan sudah dapat memperbesar hingga 10x hybrid. Tidak ada kamera makro yang terpisah, tetapi dengan OnePlus 8 Pro pengguna bisa menggunakan lensa sudut lebar. Yang juga baru adalah fungsi “Audio Zoom”, yang dimungkinkan oleh mikrofon baru. Ini memungkinkan pengguna untuk merekam sumber audio dengan lebih baik. Secara keseluruhan, seri OnePlus terbaru ini cukup memuaskan di sektor kamera.

Baca juga >>
[Work 100%] Cara Reset Epson L120 Gampang Dan Jelas

Daya Baterai Makin Besar

Bila OnePlus 7T memiliki baterai 3800 mAh, maka OnePlus 8 sudah dilengkapi dengan baterai 4300 mAh. Sementara OnePlus 7T Pro memiliki baterai 4085 mAh namun seri 8 Pro harus puas hanya dengan 4510 mAh. Penggunaan wajar kedua ponsel terbaru ini mampu bertahan hingga dua hari. Pengisian daya sangat cepat pada kedua ponsel terbaru ini terutama berkat teknologi OnePlus ‘Warp Charge 30T. OnePlus 8 Pro adalah perangkat pertama dari pabrikan yang mendukung pengisian daya nirkabel, berkat Warp Charge 30 Wireless. Dengan pengisi daya yang disertakan pengguna dapat mengisi baterai 8 Pro hingga penuh hanya dalam waktu setengah jam. Ini jauh lebih cepat daripada kebanyakan pengisian daya nirkabel yang dibawa smartphone merek lain. Namun sangat disayangkan bahwa OnePlus 8 tidak diberikan fitur pengisian daya wireless.

Harga OnePlus 8 dan OnePlus 8 Pro

OnePlus 8 dan 8 Pro lebih disempurnakan dari pendahulunya terutama peningkatan dalam hal perangkat keras. Layar memiliki beberapa fitur baru yang cukup mengesankan. Baterai kini lebih besar dengan pengisian nirkabel yang kini sudah tersedia. Dalam hal kamera dengan sensor yang lebih besar pun cukup menjanjikan. Jeroannya cukup tangguh berkat Chip Snapdragon baru dengan modem 5G dan tak ketinggalan adalah sertifikasi IP68 untuk model Pro. Harga OnePlus 8 dilepas seharga 699 dolar yang bila dikonversi sekitar Rp 10,8 juta untuk versi RAM 8 GB dan memori internal 128 GB, dan 799 dolar atau Rp 12,4 juta untuk versi RAM 12 GB dan ROM 256 GB. Sementara harga OnePlus 8 Pro dihargai lebih mahal mencapai 899 dolar atau sekitar Rp 14 juta untuk versi RAM 8 GB dan memori internal 128 GB, dan juga seharga 999 dolar atau Rp 15 juta untuk versi RAM 12 GB dan penyimpanan internal 256 GB.

Baca juga >>
Cara Menggunakan Smartphone Xiaomi sebagai Remote Control

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !